Belajar SEO Gratis : 10 Tahapan Ideal Pemula

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating 5 (4 votes)

Belajar SEO Gratis – Mempelajari SEO sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai metode. Apalagi beberapa metode ideal yang dibutuhkan juga sangat mudah dan gratis. Metode yang biasanya diterapkan untuk mempelajari SEO secara gratis harus terintegrasi satu dengan lainnya.

Hal ini juga tergantung dari kebutuhan anda untuk menggunakan perspektif yang berbeda. Namun, anda harus tahu bahwa semakin banyak metode yang dipelajari tentang SEO tentu saja akan memberikan keuntungan yang sangat besar bagi anda. Apalagi cara seperti ini juga bisa diterapkan untuk jangka waktu yang cukup lama.

10 Tahapan Ideal untuk Belajar SEO Gratis

10 Tahapan Ideal untuk Belajar SEO Gratis - Cover

Seluruh metode yang biasanya digunakan untuk belajar SEO bisa diterapkan dengan sangat mudah. Bahkan, metode ini memang disarankan untuk diintegrasikan secara bersamaan dengan menyeluruh.




Hal ini dilakukan untuk memberikan dampak yang baik dari hasil yang diinginkan. Pengaturan ideal untuk metode pembelajaran SEO itu juga dilakukan dengan gratis. Berikut ini ada 10 metode dan langkah penting untuk diterapkan dalam belajar SEO gratis seperti:

Pengaturan Awal

Salah satu materi penting untuk belajar SEO tanpa modal adalah dengan menerapkan pengaturan awal pada website atau blog. Pengaturan ini menjadi dasar penting untuk membangun blog atau web yang siap untuk bersaing melalui mesin pencari seperti Google.

Dukungan berbagai tools juga harus diterapkan dengan sangat baik. Misalnya saja penggunaan dari Google Analytic, Adwords hingga websmaster tools. Masing-masing dari tools itu akan membantu anda untuk menentukan arah dari pengembangan web atau blog dalam waktu yang cukup lama.

Fungsi Google Analytics




Tools ini akan memberikan fungsi untuk melakukan analisis terhadap kunjungan situs hingga halaman populer dalam blog anda. Selain itu, anda juga bisa melakukan analisis terhadap demografi dari pengunjung situs.

Fungsi Google Adwords

Tools ini berfungsi untuk memudahkan anda dalam mendapatkan keyword ideal yang sesuai dengan kebutuhan blog. Bahkan, anda juga bisa melakukan perbandingan keyword dengan kompetisi yang cukup rendah.

Fungsi Webmaster Tools

Untuk memudahkan index melalui mesin pencari sebaiknya terapkan Webmaster Tools pada blog atau web. Tools ini akan membuat seluruh konten dari blog terindex dengan baik dalam waktu yang lebih cepat.

Pemeriksaan Terhadap Rincian Situs

Materi lain dari pembelajaran SEO adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap rincian situs itu. Perkembangan situs memang akan melibatkan beberapa bagian penting.




Misalnya saja dengan melakukan pemeriksaan terhadap kekuatan domain, peringkat situs hingga dukungan backlink. Saat ini ada banyak tools yang bisa anda gunakan dengan sangat mudah untuk mendapatkan seluruh rincian itu.

Anda bisa melakukan pemeriksaan terhadap kekuatan domain seperti Domain Age hingga Page Authority. Selain itu, ada juga tools yang digunakan untuk memeriksa dukungan jumlah dan kualitas dari backlink pada situs itu.

Penggunaan integrasi www hingga https

Integrasi sistem pada web atau blog juga harus diperhatikan lebih rinci. Apalagi metode dari belajar SEO gratis seperti ini juga akan mempengaruhi peringkat web di mesin pencari seperti Google.




Anda harus menerapkan sistem yang sangat mudah seperti penggunaan dari www atau tidak sama sekali. Hal ini akan memberikan pengaruh terhadap pemahaman dan kemudahan orang lain untuk mengakses. Sebagian orang menganggap bahwa web tanpa pengaturan www akan mudah diingat.

Selain itu, Google juga sudah menerapkan konfigurasi yang lebih mengutamakan web dengan dukungan https. Google menganggap bahwa web atau situs dengan https lebih aman.

Memaksimalkan Keyword

Anda harus memiliki keyakinan bahwa keyword juga berdampak besar dalam pengembangan SEO untuk sebuah web atau blog. Keyword bisa menjadi landasan penting dalam membuat konten berkualitas.

Selain itu, keyword yang ideal akan menjadi kekuatan baru untuk berkompetisi dengan web lain yang memiliki kategori sama. Semakin berkualitas keyword yang anda gunakan dalam setiap bagian konten maka peluang untuk menang dalam kompetisi juga semakin besar.

Anda bisa menggunakan banyak tools yang ideal dalam mendapatkan keyword berkualitas. Apalagi bila anda memiliki dukungan keyword turunan yang masih berkaitan langsung dengan keyword utama.

Penerapan Navigasi Situs

Setiap web atau blog yang dibangun memang memiliki dukungan navigasi. Keuntungan dari penerapan navigasi ini memang akan berdampak pada mesin pencari hingga para pengunjung.




Mesin pencari seperti Google akan melakukan indeks terhadap seluruh navigasi yang ada di dalam web atau situs. Bila navigasi yang dimiliki blog itu sangat baik maka hal ini akan berdampak pada link yang terintegrasi satu dengan lainnya. Selain itu, para pengunjung blog atau web juga akan mudah menemukan konten yang diinginkan melalui navigasi.

Memilih Konten yang Berkualitas

Anda harus tahu bahwa materi penting lain dari pembelajaran SEO adalah dukungan konten yang berkualitas. Bila anda ingin membangun sebuah blog atau web dengan dukungan SEO terbaik cobalah gunakan konten yang baik.

Konten seperti ini dibuat secara manual dan terhindar dari sistem plagiat. Google memiliki algoritma dan mesin yang canggih untuk mendeteksi konten-konten hasil plagiat.



Bahkan, Google tidak segan untuk menghapus seluruh indeks konten yang dianggap tidak berkualitas. Konten yang berkualitas juga akan membuat pengunjung betah dalam membaca. Semakin baik kualitas konten maka itu akan mempengaruhi Page Authority.

Penggunaan Meta Tags

SEO juga akan berkaitan dengan meta tags. Deskripsi seperti ini selalu pada pada setiap hasil pencarian yang ada di mesin seperti Google.

Bahkan, sebagian besar pengunjung juga akan dipengaruhi oleh meta tags yang ditampilkan pada search engine. Biasanya meta tags ini memiliki 160 karakter dengan ulasan yang menarik.

Semakin menarik meta tags itu maka akan membuat banyak pengunjung yang mengklik. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi anda.

Tampilan Mobile Friendly

Anda harus tahu bahwa tampilan dari situs akan memberikan pengaruh terhadap kenyamanan para pembaca. Hal ini juga berdampak pada kualitas SEO yang dimiliki blog atau web itu.



Tampilan mobile friendly memang sangat dibutuhkan saat ini. Hal ini dilakukan untuk memudahkan para pengunjung yang menggunakan perangkat mobile untuk mengakses situs anda.

Apalagi Google juga akan memberikan peringkat yang baik bagi situs dengan tampilan mobile friendly.

Penggunaan Sitemap

Materi lain yang penting untuk dipelajari adalah tentang sitemap. Setiap situs yang masuk dalam mesin pencarian Google tentu saja akan membutuhkan indeks yang ideal. Biasanya indeks ini akan memberikan peluang terhadap jumlah indeks dalam mesin pencari.

Penggunaan sitemap merupakan direktori yang ideal untuk membuat seluruh konten dan link bisa masuk dalam mesin pencari. Tentu saja ini akan sangat menguntungkan bagi anda.



Dukungan SEO off-page

Peningkatan SEO tidak hanya berkaitan dengan dukungan dari konten dan hal yang berkaitan dengan situs langsung. Namun, anda juga harus memberikan dukungan melalui off-page.

Hal ini bisa dilakukan dengan meningkatkan jumlah backlink. Anda bisa membagikan link dari konten itu di berbagai platform seperti sosial media hingga forum online.