14 Cara Ampuh Mendapatkan Uang dari Blog

Mendapatkan uang dari blog di jaman serba teknologi seperti saat ini dapat disebut makin gampang. Kita cuma dituntut untuk kreatif serta tidak enggan mengalirkan hoby serta talenta apa pun. Sebab dengan tehnologi, kita gampang untuk mengenalkan beberapa hasil karya pada orang yang lain.

Karena saat ini, orang seakan tidak dapat terlepas dari smartphone serta jaringan internet untuk lakukan beberapa kegiatan. Dari mulai jual-beli barang dengan online, belajar atau kuliah dengan online, bahkan juga mencari pengalaman juga dapat dikerjakan dengan online.

Nah, dari pergantian pola hidup ini, Anda dapat memakainya untuk membuahkan uang. Buat Anda yang hoby menulis atau membahas suatu, Anda juga dapat membuahkan uang lewat website yang isinya bisa Anda buat sendiri.

Akan tetapi kadang, sekalinya mempunyai minat dii dunia menulis, seringkali ditempatkan masalah sulitnya temukan inspirasi yang akan dituangkan dalam website itu. Kurangnya pengalaman ataupun potensi tehnis, seringkali menghantui blogger pemula.

14 Cara Ampuh Mendapatkan Uang dari Blog

14 Cara Ampuh Mendapatkan Uang dari Blog - Cover

Seobigbang.com merilis banyak cara sebanyak 14 cara untuk menghasilkan pendapatan online dari blog anda. Cara ini dapat digunakan oleh blogger pemula hingga pemain lama di dunia online.




1. Bikin Website Sekarang !

Perihal yang pertama yang perlu dikerjakan ialah mengawalinya terlebih dulu apakah yang ingin dikerjakan. Keharusan penting jadi seseorang blogger tentu saja mempunyai basis website agar bisa membuahkan konten-konten yang berguna.

Seringkali perihal ini membuat beberapa orang terhalang karena tidak mempunyai potensi tehnis dalam memakai basis website. Walau sebenarnya, ada sangat banyak panduan membuat website di internet, dari yang gratis sampai berbayar.

2. Pilih Basis Website

Pilih basis website yang akan Anda pakai untuk mengupload content yang Anda punya. Beberapa basis itu salah satunya ialah WordPress, Blogspot, dan lain-lain. Tiap-tiap basis mempunyai keunggulan serta kekurangan semasing.

Untuk Anda yang suka mengotak-atik kode HTML, Anda dapat memakai blogspot karena tawarkan kustomisasi layout dengan bebas. Sedang menjadi blogger pemula, Anda dapat memakai basis WordPress.

Beberapa keunggulan WordPress salah satunya ialah tawarkan akses gratis, gampang dipakai, kegiatan yang digerakkan aman, serta Anda juga bebas pilih topik website sesuai dengan keperluan Anda.

3. Buat Nama Domain Website

Sesudah Anda pilih basis website yang akan dipakai, langkah setelah itu memastikan nama domain atau alamat website, supaya website yang Anda punya memiliki rumah dengan online. Panduan dalam membuat domain website ialah yakinkan kejelasan domain name website Anda dan mempunyai keselarasan dengan content website yang tengah Anda rancang.




Baca Juga :  Bisnis Ibu Rumah Tangga : Usaha Sampingan Terbaru

Setelah itu, sesudah Anda memastikan nama domain website yang Anda punya, Anda dapat lakukan konfigurasi website. Pada umumnya wordpress tampilkan menu yang memang lebih kompleks dibanding blogspot. Akan tetapi dengan menu yang kompeks itu juga Anda bisa memberikan Search Engine Optimizer (SEO) Optimizer dan konfigurasi SEO tiap-tiap artikel yang Anda bikin memakai taggar ataupun kata kunci (keyword).

4. Kreasikan Website Semenarik Mungkin

Sesudah Anda mengkonfigurasi website yang Anda punya, setelah itu Anda dapat merubah design website supaya lebih menarik pembaca. Pilih design yang sama dengan content website yang Anda punya. Untuk merubah topik website, Anda dapat manfaatkan panduan yang tersedia banyak di internet.

Sedang pilihan topik, Anda dapat memakai topik gratis sampai yang berbayar. Satu panduan yang butuh Anda lihat, janganlah sangsi untuk memakai topik berbayar sebab lebih ramah pada mesin penelusuran seperti google, dan ramah untuk mobile browser sampai desktop.

5. Hasilkan Content yang Berguna serta Menarik




Setelah itu Anda mulai bisa menulis content website yang berguna dan menarik. Hingga gampang diketemukan serta bermanfaat buat beberapa orang. Prinsipnya, content satu website yang menarik ialah website yang memberikan inspirasi, menghibur, penyelesaian permasalahan, dan dapat merubah pola hidup yang lebih baik buat pembaca.

Satu perihal yang perlu Anda jauhi ialah jauhi ialah memakai content jiplakan, atau sebarkan info palsu. Tidak ada kelirunya juga Anda lakukan riset atau pengumpulan bahan yang dapat Anda buat jadi topik tulisan atau penjelasan artikel website.

6. Mencari Pembaca Website

Menjadi seseorang blogger pemula, seringkali sangat konsentrasi untuk membuat blog dengan tehnis. Bila Anda ingin mendapatkan uang dari blog website yang Anda punya, jauhi cuma terlalu fokus pada satu perihal, seperti cuma membuat blog saja. Akan tetapi awalilah untuk pikirkan tujuan pembaca website Anda.




Untuk merajut komunikasi, Anda dapat lakukan riset kecil dengan bertanya pada pembaca, dari tempat mana mereka berasal serta dimana mereka bergabung. Hingga website Anda sama dengan tujuan pembaca.

7. Bangun Kedekatan dengan Pembaca Website Anda

Sesudah Anda membuat content website serta di data statistik sudah menimbulkan pembaca, gantilah konsentrasi Anda untuk mendekati pembaca. Bila perlu, awalilah untuk bikin komunitas website yang Anda punya untuk merajut kedekatan dengan pembaca.

Bila di rasa jumlahnya pengunjung website Anda belumlah kebanyakan, akan tetapi pembaca sudah memberi tanggapan berbentuk komentar di tiap-tiap upload, Anda dapat memberi tanggapan pada komentar itu supaya mereka terasa lebih dihargai.

Kerjakan apa pun untuk bikin pembaca hadir kembali pada website Anda. Contoh, lewat cara memberi kuis atau hadiah menarik untuk menjaga traffic website Anda. Hingga data statistik pengunjung website Anda akan bertambah. Bila perlu, mintalah pada pembaca untuk sebarkan content yang Anda catat supaya website yang Anda punya makin diketahui oleh netizen.

8. Perbaiki Penampilan Website

Nah sesudah website/ web telah ada, lalu topik website pun sudah dipastikan, saat ini waktunya melakukan perbaikan penampilan website. Penampilan website adalah first impression pengunjung web.

Makin banyak pengujung website maka semakin anda bisa mendapatkan uang dari blog yang akan didapat. Untuk WordPress, terdapat beberapa template yang dapat kamu pilih.

Bahkan juga untuk memberikan slider gambar atau video, kamu dapat memakai plugin penambahan. Yakinkan kamu cocokkan penampilan website dengan topik yang akan dibicarakan dalam website.

Related Posts
Baca Juga :  Tips Menentukan Target Market untuk Bisnis Apapun

Jangan pernah penampilan website kamu cuma berwarna hitam sedang yang dibicarakan ialah resep masakan.

9. Affiliate Marketing

Masuk dalam satu program affiliasi ialah salah satunya langkah membuahkan uang dari website yang cukuplah banyak dijalani beberapa blogger.




Butuh dilihat jika program affiliasi yang kita ikuti semestinya sama dengan tema website yang kita bangun. Contohnya satu website topiknya mengenai internet marketing, jadi program affiliasi yang kita ikuti mesti terkait dengan niche ini.

Pengalaman saya saat membuat blog untuk program affiliasi, saya terlebih dulu memastikan produk yang akan saya jual, baru saya bangun situsnya.

Contohnya waktu saya membuat blog untuk mempromokan produk dari Amazon.com, saya lakukan penelitian terlebih dulu.

Produk apakah yang akan dipropagandakan, kata kunci (keyword) apa yang bisa menunjung SEO, serta bagaimanakah cara bangun isinya.

Yang harus kita lihat ialah content di dalam website yang kita bangun mesti miliki value serta berguna buat beberapa audience.

Makin baik content Anda, kemungkinan makin tinggi konversi penjualan dari website itu. Dari program affiliasi Amazon saja, saya dapat memperoleh beberapa ratus sampai beberapa ribu dollar. Jika saya dapat, Anda pasti juga dapat.

10. Ruangan Iklan di Website

Satu website yang mempunyai trafik tinggi biasanyalebih sukses memperoleh pengiklan yang mungkin. Pengalaman saya, ruangan iklan mandiri di website saya disewa dengan cost Rp 500ribu – Rp 1,5 juta untuk setiap spot iklan tiap-tiap bulannya, menurut saya itu cukup.

Yang harus dilihat ialah produk atau web yang kita iklankan mesti sesuai dengan tema dari web/ website yang kita bangun.

Contohnya tema web Anda mengenai kesempatan usaha atau internet marketing, jadi type iklan yang dapat Anda terima ialah produk atau web yang terkait dengan niche itu.




Semestinya kita TIDAK terima iklan yang mempromokan produk atau web yang benar-benar tidak terkait dengan niche web kita sebab ini akan memusingkan audience serta umumnya konversinya buruk.

Contohnya web Anda mengenai internet marketing, lantas Anda menempatkan iklan dari advertiser yang mempromokan produk penumbuh rambut.

11. Coba untuk Menjual Produk / Jasa Milik Anda Sendiri

Cara lain dalam mendapatkan uang dari blog adalah dengan menjual produk atau jasa milik sendiri. Ini berarti Anda miliki usaha yang memang ingin di tawarkan ke audience Anda. Saya seringkali temukan website yang dibikin lewat cara yang kreatif, di website itu si blogger menulis mengenai kegiatannya keseharian, hobinya, dan kepiawaiannya pada bagian spesifik. Website semacam ini seringkali kita dapatkan ya.

Nah, si pemilik website itu jual produk, hoby, atau jasanya pada beberapa pembaca situsnya. Jadi, tidak hanya memperoleh rekan-rekan blogger di internet, ia pun mendapatkan pendapatan lewat cara jual ketrampilan atau produknya di website itu. Begitu kreatif.

12. Usaha Konten Writer serta Bisnis Review Usaha

Pekerjaan ini umumnya dimaksud dengan Paid for Ulasan. Terdapat beberapa lho perusahaan yang ingin supaya usaha mereka dibahas di website orang yang lain.

Umumnya perusahaan itu bersedia membayar cukuplah mahal untuk satu artikel ulasan. Berdasar pada pengalaman saya, satu artikel ulasan umumnya dapat dibayar sebesar Rp 300ribu – Rp 500ribu, bergantung negosiasi.



Akan tetapi, tidak gampang memperoleh Advertiser yang ingin membayar untuk artikel ulasan. Saya kurang tahu pengalaman rekan-rekan, tetapi dari pengalaman saya pihak Advertiserlah yang tetap mengontak saya ke e-mail serta meminta dibuatkan artikel yang membahas mengenai usaha mereka.

13. Jual Beli Domain atau Website

Ini ialah langkah membuahkan uang dari website buat mereka yang menyukai membuat serta jual website atau web. Juga bakal begitu berat untuk jual satu website yang telah kita bangun dengan sulit payah, tetapi jika memang Anda tidak ada waktu atau tidak dapat memantain website itu, pilihan ini dapat Anda pilih.

Jual website akan berasa susah bila kita tidak paham triknya ataukah tidak miliki jaringan rekan yang dapat menolong jual website/ web.

Pengalaman saya, mengontak seseorang broker atau pengantara akan begitu menolong untuk temukan calon buyer yang mungkin.

Dua dari web/website affiliasi Amazon punya saya sempat terjual semasing $1000 dengan pertolongan broker. Beberapa dari uang hasil penjualan web itu saya pakai untuk modal membentuk bisnis yang lainnya.



14. Jadi Penerbit/publisher Google Adsense

Cara terakhir dari 14 cara ampuh mendapatkan uang dari blogger adalah dengan menjadi publisher. Biasanya blogger ingin menjadi publisher Google Adsense, karena berpikir ini adalah salah satu cara menggapai pasif income online.

Google Adsense ialah salah satunya langkah membuahkan uang dari website yang banyak dikerjakan oleh beberapa blogger.

Program PPC ini sangat populer serta sangat banyak dibarengi oleh penerbit/publisher di semua dunia, termasuk juga di Indonesia.

Menjadi penerbit/publisher serta memperoleh uang serta memperoleh uang dari Google Adsense, kita mesti miliki web/ website yang mempunyai trafik yang lumayan besar.

Pendapatan penerbit/publisher didapat dari click valid iklan Adsense yang berada di web/ website, tetapi jangan sampai berfikir untuk lakukan click pada iklan Anda sendiri sebab ini dilarang oleh pihak Google Adsense.

Sekarang ini ada sangat banyak blog-blog besar, baik lokal ataupun internasional yang masuk jadi penerbit/publisher Google Adsense.

Beberapa web besar lokal yang masuk di Google Adsense ialah Detik.com, Kompas.com, Tribunnews.com, Kaskus.co.id, Merdeka.com, Kapanlagi.com, Vemale.com, dan sebagainya.