5 Langkah Bisnis Online untuk Pemula

5 Langkah Bisnis Online untuk Pemula – Cara memulai bisnis online sebenarnya cukup mudah. Bahkan hanya dengan 5 langkah saja bisnis online bisa berjalan dengan mulus dan lancar jaya. Namun meskipun terbilang mudah dan bisa dikatakan cukup hanya dengan 5 langkah, fakta yang beredar di lapangan masih banyak orang yang tidak berhasil dengan bisnis online.

Atau mungkin Anda pernah melihat orang – orang yang terus menerus mencari tahu bagaimana sih memulai bisnis online padahal dia sudah berjualan online bertahun – tahun lamanya. Lantas, mengapa hal ini bisa terjadi?

Jawabannya cukup mengejutkan. Satu faktor penyebabnya adalah masih banyak yang belum paham cara dan 5 langkah itu apa saja. Oke, tak perlu berbelit – belit lagi, disini kami akan berusaha memberikan informasi mengenai bagaimana sih yang paling tepat untuk memulai bisnis online? Dan 5 langkah yang perlu dilakukan ini apa saja? Disini jawabannya!

5 Langkah Bisnis Online untuk Pemula

5 Langkah Jitu Bisnis Melalui Online untuk Pemula

Memang benar, sangat simple dan hanya 5 langkah saja untuk memulai bisnis online dan berhasil. 5 Langkah tersebut yang harus Anda tahu dan lakukan yaitu :

Ketahui Pasar

Cara untuk mengetahui pasar adalah dengan mengetahui pasar yang ada dimana kita harus mampu tahu bahwa saat ini apa yang sedang menjadi permintaan pasar. Contoh gampangnya seperti ini.

Misalnya saat ini orang – orang mencari smartphone Samsung, maka lebih baik kita menjual smartphone secara umum dan juga menjual smartphone ASUS secara khusus dengan jumlah yang lebih banyak.

Tujuannya disini agar kita dapat memenuhi kebutuhan pasar atas minat masyarakat seluruhnya. Tetapi tentu Anda perlu melihat juga seberapa besar tingkat permintaan pasar atas produk tersebut.

Buat Juga Toko Online

Yang satu ini sekarang sudah wajib dilakukan untuk seorang pebisnis. Ada dua alasan mengapa toko online dikatakan sebagai komponen wajib alat marketing pebisnis. Alasan pertama karena dengan toko online kita dapat menjual apa saja, kapan saja dan dimana saja tanpa ada batas waktu.

Baca Juga :  Kiat Promosi Produk dan Contoh Bisnis yang Sukses




Dan yang kedua target market kita bisa luas dengan adanya toko online. Kita tidak akan hanya menjangkau satu daerah melainkan banyak daerah akan bisa kita jangkau. Bahkan dengan toko online walaupun Anda tidak punya toko offline akan lebih berhasil dibandingkan mereka yang punya toko offline tetapi tidak punya toko online.

Lakukan Promosi

Tidak bisa dipungkiri bahwa kompetitor pasti ada. Dan di dunia bisnis online kita juga harus tahu cara memulai bisnis online termasuk juga cara mengetahui kompetitor persaingannya. Jika kita tidak tahu soal hal tersebut, maka kesempatan bersaing akan minim untuk kita.

Satu hal juga yang perlu Anda tahu bahwa dari waktu ke waktu toko online di Indonesia semakin bertambah saja. Karena itu jika kita tidak mampu mempromosikan secara pandai maka toko online kita akan kalah saing dan kurang dilirik oleh pasar.

Cara berpromosipun juga harus dipahami. Upayakan Anda cari tempat promosi yang baik dengan budget yang ringan. Anda juga bisa ikut promo iklan adwords.

Strategi

Strategi adalah bagian penting dan merupakan induk dari promosi. Artinya, bahwa strategi adalah senjata ampuh untuk mempermudah promosi. Tanpa strategi promosi yang relevan juga akan sulit tercapai.

Strategi ini bisa meliputi banyak hal mulai dari inovasi produk, teknik menjual, terobosan bonus – bonus dan masih banyak yang lainnya.

Interaksi

Namanya mungkin tidak terlalu mengejutkan dan terasa biasa saja. Akan tetapi satu hal yang perlu Anda ingat bahwa pembeli selalu ingin melakukan interaksi dengan penjual mereka. Alasannya karena dengan interaksi mereka bisa komplain ketika ada kendala dan bisa menyanjung ketika ada kelebihan atas produk yang dipesannya.




Dengan interaksi mereka bisa mengadu dengan cepat kepada pemilik sehingga menambah tingkat kepercayaan konsumen juga. Gampangnya seperti ini, kalau ada pembeli handphone, maka mereka akan sangat senang jika Anda sebagai penjual melakukan interaksi kepada pelanggan Anda. Karena itu dibuat media tempat menampung keluh kesah para pelanggan Anda. Dan cara yang bisa Anda gunakan adalah sosial media.

Baca Juga :  Bisnis Ibu Rumah Tangga : Usaha Sampingan Terbaru

Trik Bisnis Online Sederhana

Ya, mungkin masih ada perusahaan yang bingung untuk menaikkan omset perusahaan mereka. Bahkan mereka telah melakukan berbagai macam cara untuk menaikkan omset dari perusahaan mereka sampai mereka hampir putus asa. Tetapi itu sia sia, tidak hanya menaikkan omset perusahaannya saja tetapi juga tidak menaikkan penjualan perusahaan.

Dan yang perlu anda ketahui, jika anda hanya memasarkan produk anda di lingkup yang kecil maka jangan berharap bahwa omset dari perusahaan anda akan naik. Dan anda jangan khawatir, karena kami akan memberikan fakta dari bisnis online untuk meningkatkan omset perusahaan anda. Dengan cara begitu omset perusahaan anda akan naik dari biasanya.

Pemasaran yang lebih luas dari biasanya

Mungkin awalnya perusahaan anda hanyalah mempromosikan produk atau barang anda ini hanya di negara ini saja. Nah, mungkin itu salah satu penyebab menurunnya omset perusahaan anda ini.

Tetapi dengan anda menggunakan situs bisnis online ini maka kemungkinan akan membuat omset perusahaan anda naik. Sebab dengan bisnis online barang atau produk perusahaan anda tidak akan di pasarkan di lingkup negara ini saja melainkan pada lingkup luar negeri juga.

Online marketing dengan cara melalui iklan

Mungkin di internet ada beragam jenis iklan yang dapat anda manfaatkan untuk memasarkan produk-produk yang anda miliki ini.

Sebenarnya sangat banyak sekali macam dan juga model bentuk online marketing ini yang digunakan melaui iklan tetapi hanya sebagian yang dipilih banyak masyarakat. Nah, berikut ini jenis periklanan online yang kerap di pakai para pebisnis online.




PPC (pay per click), yakni sebuah metode periklanan di mana para pemasang iklan hanya perlu membayar ketika iklan mereka diklik oleh orang-orang di internet.

Online marketing dengan cara menggunakan blog

Bagi anda yang melakukan bisnis online ini anda dapat menggunakan situs blog ini sebagai  tempat memasarkan atau pun memplubikasikan barang atau produk yang anda miliki itu.

Dengan begitu maka akan banyak sekali para pebisnis yang menggunakan situs blog ini untuk meningkatkan omset pada perusahaannya. Karena menurut mereka situs blog ini sangat cocok untuk digunakan sebagai salah satu penunjang bisnis mereka agar lebih sukses.

Baca Juga :  Ide Bisnis Kreatif : Contoh Dari Kumpulan Usaha Kekinian

Demikian sedikit informasi yang bisa kami berikan. Terapkan langkah jitu diatas dan dijamin bisnis online Anda akan berkembang super pesat. Semoga informasi diatas mengenai 5 Langkah Jitu Memulai Bisnis Online bermanfaat dan mudah Anda terapkan.