6 SEO Ranking Checker Terbaik Tahun ini

SEO Ranking sebuah website bisa dikatakan dapat menempati posisi yang baik pada hasil penelusuran yang dilakukan oleh search engine seperti Google jika offpage seo dan on page seo sebuah website maksimal.

On page seo merupakan optimasi yang dilakukan di dalam tubuh website yang mencakup banyak hal, diantaranya adalah artikel yang berkualitas dan penempatan kata kunci yang tepat dan sesuai kaedah dasar seo.

6 SEO Ranking Checker Terbaik Tahun ini - Cover

Adapun off page seo merupakan bentuk optimasi website dari luar, berupa pemberian backlink berkualitas untuk meningkatkan peringkat sebuah website di halaman hasil pencarian search engine.

Jika sudah melakukan optimasi yang terbaik untuk website Anda, sebaiknya lakukan pengecekan rangking di halaman hasil pencarian search engine seperti Google dengan menggunakan tools tertentu yang disebut dengan Seo Ranking Checker.

Kenapa Harus Melakukan Cek Peringkat Website di Google ?

Mungkin diantara kita ada yang pernah memikirkan pertanyaan tersebut. Perlu diketahui bahwa alasan utama kenapa kita harus melakukan pengecekan peringkat website kita Google agar kita mengetahui sejauh mana kinerja dari SEO di dalam artikel/website kita yang sudah berjalan dengan baik.




Jika tidak mendapatkan ranking yang bagus, tentu harus melakukan pembenahan terhadap kinerja SEO website kita, baik off page seo maupun on page seo.

Saat ini ada beberapa tools Seo Ranking Checker yang bisa dipergunakan untuk memantau sejauh mana peringkat website kita di search engine dengan kata kunci yang ditargetkan.

Tools tersebut ada yang gratis dan ada yang berbayar. Untuk lebih jelasnya akan saya detailkan di bawah ini.

1. SERPROBOT

SERPRobot merupakan website Seo Ranking Checker gratis yang menyediakan layanan SERP analisis. Anda bisa menggunakan website ini untuk melakukan pemantauan terhadap fluktuasi ranking suatu konten dan kata kunci yang ditargetkan.

Fitur yang disediakan oleh website Seo Ranking Checker adalah pengecekan ranking website sehingga bisa mendapatkan hasil yang akurat.

Baca Juga : Cara Membuka Waptrick dan Website Blokir

Saat menggunakannya, Anda tinggal memilih target negara atau lokasi secara spesific. Selain hal tersebut ada SERBLabs anda juga bisa melakukan pengecekan masing-masing keyword terhadap SERP sebanyak lebih dari 10 keywords.

2. What’s My SERP

Whatsmyserp juga merupakan website Seo Ranking Checker gratis yang menyediakan layanan SERP analisis. Melalui aplikasi ini Anda bisa melakukan pengecekan peringkat website di mesin pencarian Google. Anda bisa memasukkan lebih dari 10 kata kunci secara bersamaan untuk melihat peringkat website tersebut di Google.




Baca Juga :  Cara Agar Website Terindex Google 2019

Cara penggunaannya, cukup masukkan domain yang Anda kelola, lalu masukkan juga beberapa kata kunci yang menjadi target, kemudian eksekusi. Sistem tersebut secara otomatis akan melakukan pencarian dan analisa ranking situs pada kata kunci yang sudah dimasukkan sebelumnya.

3. SERPChecker

Serpchecker juga merupakan website Seo Ranking Checker gratis yang menyediakan layanan SERP analisis. Dibandingkan dengan beberapa aplikasi gratis lain, SERPChecker termasuk salah satu aplikasi atau tools yang menampilkan informasi pengecekan ranking situs secara lengkap dan tentu saja gratis.

Namun, penggunaan aplikasi ini terbatas hanya diperbolehkan bagi user terdaftar dengan maksimal jumlah pencarian sebanyak 5 kali sehari.

Proses pencarian dilakukan dengan cara memasukkan salah satu kata kunci yang ditargetkan. Kemudian lokasi dan perangkat yang dijadikan target. Anda juga bisa melakukan perbandingan dengan pesaing.

Kemudian lakukan analisis fitur SERP pada hasil pencarian di Google Search.

4. Google Search Console

Google Search Console atau yang yang juga dikenal dengan Google Webmasters Tools merupakan kumpulan alat yang diediakan oleh google untuk membantu para webmasters dalam meningkatkan website mereka agar dapat mempunyai performa baik di dalam mesin pencari.

Anda juga bisa memanfaatkan Google Search Console untuk melihat performa website pada hasil pencarian, impresi, dan banyaknya klik, peringkat dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Informasi Seputar EDU Backlinks

Aplikasi ini juga mengizinkan Anda untuk menambahkan XML sitemap yang sangat membantu Google untuk mengenali website Anda dengan baik.




Anda cukup masuk ke dalam halaman Google Search Console untuk langsung dapat menggunakannya untuk digunakan email Gmail. Namun, sebelum Anda menggunakan aplikasi ini diperlukan file HTML yang diunggah ke website kemudian melakukan verifikasi.

Tools yang disediakan oleh Google secara gratis ini mempunyai beberapa batasan, sehingga informasi yang diberikan terkadang kurang update. Namun dengan mengetahui fungsi-fungsi yang ada di dalamnya, tentu penggunaan dapat dimaksimalkan.

Keempat aplikasi di atas tidk berbayar alisa gratis. Ada juga beberapa aplikasi berbayar yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengecekan peringkat website di Google. Aplikasi berbayar ini biasanya digunakan oleh perusahaan maupun blogger yang telah memiliki komunitas besar untuk mengelola dan menganalisa performa SEO website mereka.

Daftar Seo Ranking Checker yang Berbayar

1. Ahrefs

Ahrefs merupakan Seo Ranking Checker yang berbayar dan sangat populer di kalangan blogger dan seo expert. Aplikasi ini menawarkan interface yang cenderung mudah dipahami dan informasi yang ada di dalamnya mudah dimengerti meskipun digunakan oleh user baru.




Baca Juga :  Memahami Google Hummingbird Lebih Dalam

Proses analisis yang dilakukan cukup sederhana. Tinggal masukkan domain Anda di dalam kotak pencarian, dan secara otomatis Ahrefs akan melakukan analisis lalu memunculkan informasi terkait dengan performa dan kualitas website menggunakan diagram dan grafik menarik.

Peringkat kata kunci (keyword) bisa Anda temukan di bawah bagian laporan organic keyword. Di situ Anda bisa melihat besarnya volume pencarian, posisi ranking kata kunci, keyword density, serta masih banyak lagi yang lainnya.

2. SEMRush

Semrush juga merupakan salah satu Seo Ranking Checker yang berbayar dan sangat populer di kalangan blogger dan seo expert. Di dalam aplikasi tersebut terdapat beragam fitur analisis SEO yang bisa Anda manfaatkan.

Sebagaimana Ahrefs, SEMRush memiliki banyak fungsi untuk meneliti bagaimana kinerja SEO dari website. Tool ini juga bisa menampilkan peringkat keywords dari berbagai macam website dengan berbagai informasi lainnya.



Tentu saja Anda bisa menggunakan alat ini untuk metode pemasaran supaya website Anda bisa tampil di halaman pertama hasil pencarian search engine.

Demikianlah informasi seputar Seo Ranking Checker yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Semoga informasi ini bisa membantu Anda dalam menganalisa peringkat website Anda di halaman hasil pencarian Google.

Selain itu, SEMRush juga mempunyai beberapa fitur untuk membandingkan situs Anda dengan beberapa situs lain. Termasuk perkiraan penghasilan dari situs lain, trafik, keyword yang digunakan pemasaran, dan informasi yang berguna lainnya.

Kesimpulan

Ada banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk cek pengecekan peringkat website di Google. Anda dapat memilih salah satu: tersedia juga pilihan aplikasi berbayar dan gratis. Meskipun aplikasi yang berbayar mempunyai banyak fitur dan menampilkan hasil informasi yang lebih detail, tapi kami sarankan untuk tetap menyesuaikan dengan kebutuhan saja.

Kami berharap artikel ini bisa membantu Anda untuk memastikan artikel WordPress Anda ada di peringkat yang sesuai dengan kata kunci. Anda mungkin ingin membaca beberapa artikel kami terkait dengan WordPress di bawah ini: