7 Langkah Termudah Cara Jualan di Tokopedia

Pada artikel kali ini kami akan membahasan tentang 7 Langkah Termudah Cara jualan di Tokopedia. Tokopedia adalah suatu situs belanja online yang berisi banyak produk yang beragam jenisnya dan cara kita berjualan didalmnya juga sangat mudah kami akan membeerikan langkah-langkahnya.

Dan yang terpenting, semuanya gratis ! Anda hanya tinggal bermodal internet saja. Yuk, simak saja bagaimana cara jualan di tokopedia.

Sebelum kita membahas cara menjual di tokopedia hendaknya terlebih dahulu kita mengetahui cara memberikan nama pada produk kita. Di era yang serba digital ini, siapa pun bisa memulai bisnis onlinenya.

Di Tokopedia sendiri, ada lebih dari 5 juta penjual yang mengembangkan bisnisnya secara digital. Ditengah ketatnya persaingan bisnis, bagaimana caranya agar bisnismu tetap dilirik pembeli ? Berikut 7 Langkah Cara Jualan di Tokopedia yang siapapun bisa lakukan ini !

Baca Juga : Cara Menjual Buku Bekas Agar Cepat Laku

Cara Jualan di Tokopedia

7 Langkah Cara Jualan di Tokopedia - cover

Berikut ini langkah-langkah atau cara menjual barang di tokopedia :



#1 Registrasi

Pertama, Anda perlu membuat akun di tokopedia terlebih dahulu (jika sudah punya, lewati saja langkah ini). Cara membuatnya sebagai berikut. Klik pada gambar untuk memperbesar gambar.

  • Masuk ke https://www.tokopedia.com/register.pl
  • Selanjutnya, akan ada tampilan berikut. Anda dapat registrasi melalui Facebook, Google+, Yahoo, atau pun secara manual dengan mengisi data yang disediakan.
  • Pada gambar tersebut, saya melakukan registrasi dengan mengisi data. Setelah melengkapinya, klik “Daftar Akun”.
  • Selanjutnya, akan ada tampilan berikut. Anda akan menerima email konfirmasi dari Tokopedia.
  • Cek email Anda. Jika dalam waktu yang cukup lama Anda belum juga mendapat email dari Tokopedia, klik “Kirim Ulang Email Aktivasi”
  • Isi email aktivasi akan berbentuk seperti berikut. Klik pada “Aktifkan Akun Anda”.

#2 Verifikasi Nomor Ponsel

Setelah mengaktifkan akun Tokopedia Anda, akan muncul tampilan berikut. Selanjutnya, untuk dapat membuka toko di Tokopedia, Anda perlu memasukkan nomor ponsel aktif. Klik pada “Verifikasi Sekarang”.




Masukkan nomor ponsel aktif Anda. Lalu, tunggu SMS dari tokopedia yang berisi kode verifikasi. Lalu, masukkan kode tersebut pada form yang telah disediakan, klik “Submit”. Setelah itu, akan ada konfirmasi bahwa nomor ponsel Anda telah diverifikasi, lalu klik “Kembali ke Beranda”

Baca Juga :  Kiat Promosi Produk dan Contoh Bisnis yang Sukses

Sekarang, Anda telah dapat membuka toko di Tokopedia.

#3 Buka Toko Anda

Untuk membuka toko, klik ikon toko seperti pada gambar. Lalu, klik “Buka Toko”.

Isi seluruh seluruh data yang diperlukan. Berhati-hatilah pada saat mengisi Nama Toko, karena tidak dapat diubah lagi. Klik “Cek Nama Toko” untuk mengetahui apakah nama tersebut telah digunakan atau belum. Jika sudah digunakan, Anda harus menggantinya dengan nama lain.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mengisi nama domain toko Anda. Nama domain pun tidak boleh sama dengan orang lain. Klik “Cek Domain” untuk mengetahuinya.

Jika Anda menggulung layar ke atas, akan terdapat tampilan peta. Isi alamat toko Anda pada kolom berwarna putih. Jika alamat tersebut sudah dipastikan benar, klik pada “Gunakan Lokasi Ini”.

Setelah memilih jasa pengiriman dan cara pembayaran, klik “Buka Toko”. Selamat, kini Anda telah memiliki sebuah toko online di Tokopedia. Selanjutnya, Anda perlu menampilkan produk-produk yang akan dijual. Klik pada “Tambahkan Produk Pertama Anda”.

#4 Masukkan Produk Anda

Isi seluruh data yang berkaitan dengan produk Anda. Meliputi foto dan detail produk.




Jika telah selesai, klik “Simpan”. Atau klik “Simpan & Tambah Baru” jika ingin menambahkan produk lain. Jika Anda mengeklik “Simpan” maka akan ada tampilan berikut. Produk Anda telah masuk ke dalam etalase toko dan siap untuk dijual.

#5 Tunggu Pesanan Datang

Selanjutnya, Anda tinggal menunggu pesanan datang dari pelanggan. Tokopedia akan mengirimkan email pemberitahuan jika ada pesanan yang datang. Anda pun harus sering-sering mampir ke toko Anda dan memberikan respons secepat mungkin bagi pelanggan.

Untuk setiap pesanan yang datang, Tokopedia memberikan waktu 3 hari bagi Anda untuk merenpos. Anda dapat menerima ataupun menolak pesanan tersebut. Tentu saja, berikan alasan yang jelas jika Anda menolaknya.

Baca Juga :  Tips Menambah Subscriber Youtube dengan Aman

#6 Kirim Pesanan Pelanggan Anda

Setelah pelanggan mentransfer dana ke Tokopedia, Anda harus segera mengirimkan barang pesanan tersebut. Anda pun perlu memasukkan nomor resi pengiriman. Agar pembeli dapat dengan mudah melacak paketnya.

#7 Terima Dana Hasil Penjualan Anda

Setelah paket sampai di tangan pembeli, pembeli akan melakukan konfirmasi. Lalu, Tokopedia pun akan meneruskan dana hasil penjualan tersebut ke saldo Tokopedia Anda.




Lalu, bagaimana jika pembeli tidak melakukan konfirmasi, padahal barang sudah sampai? Jangan khawatir, ya. Jika setelah 2 hari sejak barang dinyatakan sampai oleh sistem dan tidak ada konfirmasi dari pembeli, dana hasil penjualan tersebut akan diteruskan ke saldo Tokopedia Anda.

Ketika calon pembeli masuk ke website sebuah marketplace, hal pertama yang dilakukan adalah mengetik nama produk yang ingin dilihat.

Berikut ini adalah tips pemberian nama untuk produk jualanmu agar dapat lebih mudah ditemukan pembeli.

Cek Faktor Penting Dalam Penulisan Nama Produk

  1. Beri nama produk dengan kata kunci yang sering diketik calon pembeli pada kolom pencarian.
  2. Hindari penamaan produk dengan kode-kode tertentu, di mana hanya kamu atau karyawanmu yang mengetahuinya.
  3. Gunakan sinonim nama produk untuk menambah peluang kemunculannya di halaman pencarian. Contoh produk: Flashdisk > Flash Disk / Flash Drive / USB (Merek Produk) 128 GB.
  4. Maksimalkan 70 karakter yang diberikan oleh Tokopedia untuk nama produk.
  5. Gunakan rumus dasar penamaan produk

[Jenis + Merk + Keterangan + Kata Promosi]

Contoh benar: Kaos Tokopedia Original Bahan Berkualitas

Setelah itu, calon pembeli akan melihat-lihat produk melalui foto produk.

Foto produk merupakan senjata utama dalam bisnis online karena calon pembeli biasanya memutuskan membeli sebuah produk setelah melihat visual atau foto produk.

Lebih dari 70% calon konsumen yang tertarik pada foto produk, akan langsung mengeliminasi produk lain dari otak mereka. Foto produk terbaik akan memberikan kesan indah pada pandangan pertama.

Hasil riset pun menyimpulkan 80% calon pembeli berhasil melakukan transaksi berdasarkan pandangan pertama.

Selanjutnya, jika calon pembeli menemukan beberapa produk menarik yang dicari, maka calon pembeli akan membandingkan harga dan melihat deskripsi produk.

Baca Juga :  Panduan Penggunaan Google Place : Step by Step

Dengan memberikan harga produk yang tepat, kamu bisa meningkatkan skor produkmu sehingga mendorong kemungkinan produk iklanmu muncul di halaman depan.

Hal ini akan semakin baik jika produkmu dilengkapi dengan deskripsi produk yang lengkap dan jelas. Terbukti, lebih dari 50% calon pembeli melakukan transaksi berdasarkan harga dan deskripsi produk.

Tips Dalam Membuat Deskripsi Produk Yang Baik :

  1. Berikan deskripsi singkat, padat dan jelas sehingga mudah dibaca secara cepat serta tepat.
  2. Tulis informasi untuk target konsumen toko.
  3. Paparkan  manfaat produk (bukan fitur)
  4. Hindari kata atau istilah yang bersifat subjektif

Demikianlah beberapa ulasan mengenai cara menjual barang di tokopedia semoga dari artikel ini dapat bermanfaat untuk anda terima kasih.