8 Cara Membuat Artikel Dengan Mudah Untuk SEO

0
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating (5500 votes)

Jika kita memahami cara membuat artikel atau konten memiliki dampak yang besar bagi SEO. Hal ini yang membuat banyak blogger atau publisher mulai memperhitungkan kualitas artikel. Semakin baik kualitas artikel yang ada di dalam blog atau web biasanya akan memberikan pengaruh pada peringkat di mesin pencari seperti Google.

Bahkan, kualitas dari artikel itu juga membuat banyak pengunjung merasa nyaman dalam waktu yang cukup lama. Hal ini akan memberikan keuntungan yang besar bagi anda untuk mendapatkan peringkat blog atau web yang baik di mesin pencari.

Beberapa publisher atau blogger mungkin akan mencari content writer atau membeli artikel melalui pihak lain. Biasanya konten artikel dengan kualitas terbaik akan memiliki harga yang lebih mahal.

Bila anda memiliki modal yang cukup besar dalam membangun sebuah blog atau web mungkin hal itu tidak menjadi masalah.

Namun, anda juga memiliki peluang untuk membuat artikel sendiri sesuai dengan kebutuhan SEO di blog. Sebenarnya cara membuat artikel tidak terlalu sulit bila anda memiliki metode dan langkah yang benar.

8 Metode Cara Membuat Artikel Mudah dan Cepat

Cara Membuat Artikel - Cover




Anda bisa menggunakan beberapa metode penting dalam membuat konten artikel. Masing-masing dari metode ini memang akan terhubung satu dengan lainnya.

Hal ini juga akan memberikan dampak yang besar terhadap kualitas konten artikel yang anda butuhkan. Namun, anda juga harus menyesuaikan rincian artikel pada kebutuhan pengembangan SEO untuk blog.

Berikut ini ada beberapa langkah penting cara membuat artikel yang patut diperhitungkan, seperti :

Menentukan Topik Artikel

Cara membuat konten akan dimulai dengan menentukan topik. Tentu saja topik ini akan disesuaikan dengan kebutuhan rubrikasi blog.

Fokus dari topik ini memberikan kemudahan untuk mendapatkan artikel yang ideal dan sangat dibutuhkan. Apalagi masing-masing topik memiliki sudut pandang artikel yang berbeda.




Baca Juga :  Cara Menulis Artikel SEO Friendly Terbaik Tahun ini

Bila anda menggunakan topik yang paling banyak dicari atau termasuk dalam kategori populer sebaiknya gunakan detail yang lebih khusus.

Misalnya saja topik kesehatan akan memiliki turunan topik yang akan membahas berbagai rincian dari artikel. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi anda untuk melakukan integrasi terhadap pengaturan SEO di konten artikel.

Menggunakan Keyword

Ini adalah cara yang memang sangat disarankan bila anda menggunakan konten artikel untuk mendukung SEO pada blog atau web. Gunakan keyword untuk mempermudah proses penulisan artikel.

Apalagi keyword ini juga menjadi acuan untuk mendapatkan sudut pandang yang ideal. Anda bisa memanfaatkan berbagai tools agar mendapatkan keyword yang dibutuhkan blog atau web.

Masing-masing dari tools itu juga mempermudah anda dalam melakukan analisa terhadap kompetisi dan kualitas dari keyword. Semakin rendah kompetisi dari keyword itu biasanya akan membuat peringkat blog di mesin pencari semakin baik.

Lakukan Riset Data




Riset data sangat dibutuhkan untuk mendapatkan artikel dengan kualitas terbaik. Data itu biasanya disesuaikan dengan keyword yang digunakan dan topik secara menyeluruh.

Tentu saja data itu harus berasal dari sumber yang valid dan bisa dipercaya. Semakin banyak data yang anda dapatkan maka hal itu akan semakin memudahkan anda mendapatkan kualitas artikel yang lebih baik.

Penggunaan data ini juga harus memiliki penempatan yang sangat baik dalam artikel. Artinya, anda tidak harus menggunakan seluruh data dalam satu artikel. Lakukan kolaborasi sesuai dengan kebutuhan dari informasi yang dingin disampaikan.

Gunakan Kerangka Artikel

Setiap konten artikel pasti akan memiliki kerangka konsep. Biasanya kerangka konsep ini akan memberikan alur yang jelas terhadap pemahaman dari informasi yang ingin disampaikan.

Kerangka dari konten artikel akan terdiri dari judul, pengantar artikel, sub judul, isi hingga penutup. Selain itu, anda juga bisa menggunakan konsep lain yang akan mempengaruhi bentuk dari konten artikel itu.




Misalnya saja dengan membuat konten artikel yang memiliki rincian seperti story telling hingga listicle. Masing-masing dari model konten artikel itu akan menggunakan pola yang berbeda. Sebaiknya anda menggunakna kerangka artikel yang sesuai dengan kebutuhan.

Tentukan Judul Sesuai Kebutuhan

Beberapa blogger atau publisher menganggap bahwa judul memiliki peran yang sangat penting dalam mendatangkan pengunjung. Apalagi sebagian dari mereka juga menampilkan judul yang menarik perhatian.

Semakin menarik judul yang ditampilkan biasanya jumlah pengunjung akan semakin meningkatn. Cara seperti ini sering dilakukan untuk judul konten artikel yang masuk dalam kategori clickbait.

Detail judul yang digunakan kadang terlihat hiperbolis dan sangat panjang. Tentu saja penggunaan judul ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dari blog anda.




Baca Juga :  Membuat Website Dengan Artikel SEO Friendly 2019

Beberapa blog atau web dengan konten artikel yang menyasar kaum milenial sebaiknya menggunakan judul clickbait. Namun, bila anda memiliki web atau blog yang menggunakan kaum intelektual sebagai acuan sebaiknya pilih judul yang informatif.

Buat Pengantar Artikel dan Bagian Penutup

Elemen penting lainnya yang dibutuhkan dari cara membuat artikel adalah bagian pengantar dan penutup. Bagian seperti ini akan memberikan dampak yang besar terhadap kepuasan dari para pembaca.

Mulailah dengan membuat pengantar artikel dengan konsep yang tidak bertele-tele. Pengantar ini akan menjadi referensi penting bagi pembaca untuk melanjutkan pada bagian isi dari artikel itu.



Namun, anda harus menampilkan pengantar artikel yang tidak berlebihan dan tidak terlalu panjang. Selain itu, pada bagian artikel juga harus memiliki penutup. Ini adalah bagian dari kesimpulan konten artikel yang anda buat.

Gabungkan Seluruh Data

Isi dari bagian artikel biasanya merupakan gabungan dari seluruh data yang anda gunakan. Data seperti ini harus memiliki pemahaman dan perspektif yang sama.

Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses pembacaan seluruh informasi dari sumber yang berbeda. Namun, anda harus ingat bahwa data yang digunakan sebaiknya dibatasi.



Biasanya data yang terlalu berlebihan pada sebuah konten artikel akan membuat pengunjung blog atau web merasa bosan. Bila anda merasa seluruh data itu penting untuk ditampilkan sebaiknya gunakan konsep listicle pada bagian konten artikel.

Cara seperti ini dilakukan untuk membuat para pembaca tidak bosan. Bahkan, anda juga bisa dengan mudah membuat sub judul pada setiap bagian pembahasan dari data baru.

Baca Ulang dan Lakukan Revisi Bila Diperlukan

Bagian ini dianggap sangat penting bagi sebagian publisher dan blogger. Bila anda sudah menyelesaikan pembuatan konten artikel yang akan diposting sebaiknya lakukan pemeriksaan terakhir.

Pemeriksaan ini biasanya dilakukan dengan membaca ulang seluruh bagian dari konten. Bahkan, data yang digunakan harus dilihat secara matang. Hal ini untuk menghindari penggunaan kata atau tanda baca yang salah.

Selain itu, pembacaan ulang juga memudahkan anda untuk melakukan revisi bila topik atau pembahasan dari konten itu tidak sesuai dengan kebutuhan blog.

Pemeriksaan pada artikel ini sebaiknya menggunakan tambahan tools seperti copyscape untuk menghindari plagiat atau penggunaan kalimat yang sama pada artikel. Metode ini juga bisa digunakan untuk artikel bahasa Inggris.

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Refresh