9 Bisnis Anak Muda Yang Fenomenal di Indonesia

Bisnis anak muda sangat digandrungi belakangan ini, telah timbul banyak sekali perusahaan perusahaan baru dengan pemilik nya adalah anak muda. Anak muda adalah masa atau periode produktif untuk bekerja dan menghasilkan uang dalam jumlah besar.

Berdasarkan data dari BPS, jumlah anak muda di Indonesia sangat besar melebihi jumlah anak-anak dan kalangan lansia. Dengan jumlah kawula muda di tanah air tentu merupakan modal berharga bagi bangsa Indonesia untuk memajukan negeri ini melalui pemberdayaan anak muda di Indonesia.

Jika selama ini, anak muda Indonesia lebih memilih untuk bekerja pada orang lain sebagai karyawan. Keadaan nya mulai berbalik sekarang. Banyak kawula muda saat ini yang memutuskan untuk menjadi pengusaha karena lebih bebas mengatur jam kerja dan menghasilkan uang lumayan besar. Lalu bisnis apa saja yang dijalani anak muda Indonesia saat ini ?

9 Bisnis Anak Muda Yang Fenomenal di Indonesia - cover

Besarnya niat anak muda Indonesia untuk membangun bisnis saat ini sangat besar. Hal ini sangat positif untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia. Sebagaimana sebuah patokan yang menyatakan bahwa Indonesia membutuhkan para pengusaha baru untuk menuju Indonesia yang maju.

Negara maju adalah negara yang jumlah pengusahanya sekitar 4 persen dari jumlah penduduk. Sedangkan jumlah pengusaha di tanah air hanyalah 0,5 persen. Sehingga perlu jumlah pengusaha yang lebih banyak di tanah air.

Bagi seorang pemuda yang hendak membuka bisnis dan usaha tak usah bingung. Sekarang banyak panduan dan pedoman dalam memulai suatu bisnis yang sukses.

Langkah pertama, adalah memilih jenis usaha yang sobat senangi berdasarkan minat dan bakat. Berikutnya, adalah melakukan promosi dan penjualan. Dan mayoritas anak muda Indonesia sekarang ini sudah menerapkan hal itu yakni bisnis sesuai passion dan penjualan secara online.

Bisnis Anak Muda Indonesia

Untuk kawula muda yang mau membuka usaha baru, berikut ini referensi bisnis yang bisa dilakoni oleh anak muda Indonesia sekarang ini yang sangat menguntungkan, antara lain :




Baca Juga :  Perdagangan Internasional : Pengertian dan Teori

Bisnis anak muda sebagai online shop

Bisnis online shop merupakan jenis usaha yang dijalankan secara online. Pemasaran dan penjualan dilakukan lewat media internet. Seperti toko online, blog, website, facebook, twitter, instagram dll. Produk yang dapat dijual pada dasarnya hampir semua produk seperti ponsel pintar, casing, baju, pakaian, perabotan, dan produk lainnya.

Baca Juga : Fitur Rahasia Google Drive

Namun untuk membuka bisnis toko online yang sukses dan langsung menguntungkan, anda hendaknya menjual barang-barang yang paling laris dijual di online shop. Seperti produk busana muslimah, produk kecantikan, jam, sepatu, perabotan rumahtangga dan produk terlaris lainnya.

Bisnis ini tidak mementingkan lokasi usaha yang strategis. Di rumah yang berada di gang sempit pun, bisnis online shop dapat dijalankan dengan sangat menguntungkan. Para pembeli tidak usah mendatangi online shop. Tapi barang dikirim ke tempat pemesan lewat jasa pengiriman terpercaya.

Pemasaran bisnis online shop menggunakan marketplace atau e-commerce. Pengiriman barang ke alamat konsumen dilakukan menggunakan jasa ekspedisi terpercaya. Seperti PT Pos Indonesisa, JNE, Tiki, dll.

Di daerah Jawa Barat khususnya di Sumedang, Bandung dan Cimahi menjamur bisnis online shop yang dilakukan oleh anak muda Indonesia. Penghasilan yang didapatkan lumayan besar mengingat pangsa pasar yang sangat luas.

Bisnis anak muda sebagai Reseller

Bisnis anak muda Indonesia lainnya yang kerap dijumpai adalah reseller suatu produk. Misalkan produk busana muslim, perabotan rumah tangga, produk kosmetik, produk herbal kesehatan dan  lain-lain.




Langkah ini diambil sebagai proses belajar cara memasarkan produk orang lain sebelum memasarkan produk sendiri. Dengan menjadi reseller, anda akan tahu jenis produk apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen.

Bisnis anak muda sebagai pengusaha makanan online

Profesi ini sudah banyak dillakukan oleh anak muda Indonesia di perkotaan besar sampai pelosok desa terpencil. Caranya dengan membuat sebuah makanan. Kemudian mempromosikan dari mulut ke mulut dan promosi online di internet. Sampai ada yang memesan makanan yang anda buat.

Related Posts
Baca Juga :  Contoh Proposal Usaha Makanan Terbaru

Pengiriman bisa secara COD atau cash of delivery maupun dikirim langsung ke tempat pemesan. Bisnis ini pun supaya sukses, anda hendaknya memilih usaha makanan online yang paling laris. Contohnya, pizza, martabak, nugget pisang, nasi goreng, bakso, kue kering, soto, dll.

Bisnis laundry

Bisnis anak muda Indonesia lainnya adalah laundry. Jenis usaha ini sangat mudah dijumpai di daerah dekat kampus, pusat perkantoran, kost-kostan, rumah-rumah kontrakan dll. Dengan gaya hidup masyarakat Indonesia yang ingin serba praktis dan mudah membuat bisnis laundry laris manis.

Baca Juga : TMCblog – Junjungannya para blogger otomotif

Bisnis laundry tidak akan pernah sepi pelanggan dan peminat. Walaupun di beberapa tempat, usaha laundry kiloan maupun satuan persaingan sangat ketap tetap saja menjanjikan.Mengingat besarnya pasar yang ada.

Untuk memulai bisnis laundry, anda bisa mempersiapkan modal usaha. Yang meliputi pembelian mesin cuci sebanyak dua buah,mesin pengering pakaian, setrika, dan lain-lain. Karena ini merupakan bentuk usaha jasa maka anda harus mengutamakan kepuasan konsumen.




Dengan konsumen puas maka akan menjadi pelanggan tetap yang loyal. Cara memuaskan konsumen dapat menggunakan sistem pengambilan pakaian cucian secara gratis begitupula dengan pengirimannya, harga jasa cuci laundry lebih murah dari pesaing, pakaian yang sudah dicuci disetrika sangat rapi dan dikemas menarik dan cara lainnya.

Jasa Pengetikan

Keterampilan mengetik cepat di komputer jangan anda sia-siakan. Anda dapat membuka usaha jasa pengetikan. Pangsa pasar dari usaha ini adalah kalangan mahasiswa S3, S2 dan S1 yang sibuk dengan pekerjaan sehari-hari sehingga tidak menyempatkan waktu untuk menulis makalah, tugas maupun skripsi.

Peluang usaha ini sangat mudah dijalankan dengan hanya modal komputer atau laptop serta printer. Harga jasa pengetikan biasanya dibayar perhalaman sebesar Rp 5000 perhalaman.

Bisnis kerajinan tangan

Para kawula muda Indonesia yang kreatif dan inovatif dalam membuat sebuah benda dengaan tangannya bisa membuka bisnis kerajinan tangan. Contohnya membuat hiasan rumah, cincin, kalung, gelang, aksesoris jilbab,kerajinan tangan dari eceng gondok, limbah sampah, kerajinan tangan dari kain perca, dll.

Pastikan produk kerajinan tangan yang dibuat sangat unik dan diminati banyak orang. Untuk pemasaran dan penjualan dapat dilakukan dari mulut ke mulut. Sampai promosi secara online dan dititipkan di sejumlah toko aksesoris dan oleh-oleh.

Bisnis anak muda sebagai Fotografer profesional

Bisnis anak muda di tanah air yang sudah lumrah adalah usaha jasa fotografer. Dengan modal kamera DSLR dan sedikit pengerahuan akan ilmu fotografi maka anda dapat menjalani usaha ini secara sampingan dan utama.




Baca Juga :  Daftar Ecommerce Raksasa Indonesia : Update 2019

Baca Juga : Cara Ampuh Mendapatkan Uang dari Blog

Ada banyak pihak yang membutuhkan usaha fotografer seperti pengusaha makanan, orang yang akan menikah dan mengadakan pesta hajatan, orang yang berlibur di suatu objek wisata dll.

Bisnis bimbingan belajar dan les privat

Bisnis yang banyak digeluti oleh anak muda Indonesia lainnya adalah usaha les privat atau bimbingan belajar. Usaha ini tidak membutuhkan modal besar. Dengan bekal ilmu dan pengetahuan akan suatu bidang dan mata pelajaran maka anda dapat membuka les privat secara rumahan maupun dari rumah ke rumah.

Misalkan mengadakan les privat bahasa inggris, les privat bermain alat musik piano, gitar dll. Usaha ini terbilang laris manis apalagi saat menjelang ujian nasional.

Bisnis cafe

Anak muda Indonesia pun ada sebagian yang memilih membuka bisnis cafe. Dari mulai cafe kecil-kecilan yang sangat sederhana sampai skala besar. Konsep cafe bisa berupa lesehan dengan beragam menu makanan dan minuman yang menarik dan harga terjangkau.

Pastikan lokasi cafe dekat dengan pasar yang dituju. Misalkan anda membidik kalangan mahasiswa maka lokasi cafe haruslah dekat kampus. Cafe menjadi tempat yang paling sering dikunjungi oleh anak muda saat ini untuk sekedar nongkrong maupun menikmati makanan sambil bercengkerama dengan teman maupun mengerjakan tugas.