Arti Endorse Menurut Para Ahli Yang Penting Diketahui

Ditanya mengenai arti endorse mungkin sebagian besar orang awam belum mengetahuinya. Masih banyak orang yang belum  paham dan mengetahui betul apa itu pengertian endorse secara umum dan khusus. Mengingat istilah ini sangat populer di kalangan pebisnis.

Arti endorse secara umum adalah suatu wujud rekomendasi ataupun dukungan pada suatu produk atau merk tertentu yang diberikan oleh seseorang yang sangat berpengaruh di tengah masyarakat. Seperti selebritis, artis, public figure dan lainnya yang pernah menggunakannya.

Adapun tujuan pembuatan endorse itu sendiri sebagai sarana promosi untuk menarik perhatian masyarakat luas sehingga mereka membeli produk yang direkomendasikan oleh selebritis tersebut.

Karena sang idolanya menggunakan [produk tersebut maka para penggemarnya yang sangat besar jumlah akan langsung menggunakannya pula.

Pendek kata, endorse suatu metode promosi penjualan dan pemasaran yang paling ampuh dengan menggunakan selebritis maupun tokoh publik dalam memberikan dukungan dan rekomendasi atas suatu produk.

Baca Juga : Trend Bisnis Internet Menjanjikan di Indonesia

Yang mencakup kelebihannya. Harga endorse artis yang sudah terkenal dan memiliki banyak fans bisa mencapai miliaran rupiah per sekali endorse.

Dari pengertian itulah, endorse berkaitan erat dengan dunia penjualan, marketing, asuransi, bisnis atau pemasaran produk. Suatu brand, merek ataupun produk yang belum dikenal masyarakat luas dapat langsung terkenal dalam waktu singkat menggunakan teknik promosi endorse.

Hal inilah yang membuat beberapa perusahaan memakai promosi sistem endorse yang menggaet para selebritis, artis dan tokoh publik yang terkenal lainnya.

Berdasarkan pengalaman para perusahaan yang telah menggunakan sistem promosi endorse menyatakan kepuasan atas hasilnya. Pernyataan  endorsement dari kalangan tokoh publik seperti selebritis terbukti dapat membuat sebuah produk atau brand tertentu menjadi laris manis dalam waktu singkat. Hasil positif inilah yang membuat banyak perusahaan yang menggunakan sistem pemasaran ini secara offline maupun online.

Arti Endorse Menurut Para Ahli

Arti Endorse Menurut Para Ahli Yang Penting Diketahui - cover

Menurut para ahli, endorse terbagi ke dalam berbagai jenis dan macam. Misalkan endorse artis, endorsement dalam asuransi, endorsement dalam sosial media seperti endorse di ig dan lain sebagainya.




Baca Juga :  Pengertian Kerjasama, Manfaat, dan Landasannya

Sementara itu, arti endorse menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah memberi saran atau mendukung atas suatu produk. Arti endorse menurut wikipedia adalah dukungan selebritis.

Arti endorse di dalam penggunaan nya pada bisnis online

Apabila anda saat ini sedang menggeluti bisnis online atau toko online dengan menggunakan media sosial di internet. Misalkan Facebook, instagram, twitter, blog, website, situs dan lain sebagainya dan ingin meledakkan penjualan maka tak ada salahnya untuk menggunakan teknik promosi endorse.

Strategi ini terbukti dapat membuat bisnis lesu menjadi laris pembeli. Dari angka penjualan perbulan yang sangat kecil menjadi besar.

Bagi anda yang terbiasa dengan dunia pemasaran online pastinya sangat mudah mendapatkan contoh dan kalimat endorse dari beberapa artis terkenal di media sosial.

Baca Juga : Cara Membuat Blog di Google

Paling khusus kalimat endorse sangat mudah dijumpai di instagram. Harga endorsement artis terkenal lumayan mahal. Namun sebanding dengan imbal hasil yang didapatkan.

Banyak kalangan selebritis yang memperoleh banyak pesanan endorse atas suatu produk atau brand. Salah satunya Jessica Iskandar yang akrab disapa Jeddar.

Artis ini dikenal ratu endorse karena sering diminta untuk membuat endorsement atau rekomendasi dan dukungan atas sebuah brand atau produk tertentu di akun instagramnya. Sehingga penghasilan dari bisnis endorse saja sudah cukup besar disamping profesinya sebagai presenter, dan artis.

Disamping itu, banyak artis ternama lainnya yang kerap dimintakan untuk membuat endorse. Seperti Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Pevita Pearce, Ariel Noah, Baim Wong, Paula Verhoppen, Ahmad Dhani, Soimah dan selebritis papan atas lainnya.

Adapun harga endorse tergantung banyaknya jumlah pengikut di akun instagramnya. Semakin banyak pengikutnya maka semakin mahal harga endorse sang artis. Begitu sebaliknya, semakin sedikit jumlah pengikutnya maka semakin murah harga endorsement.

Endorse merupakan salah satu cara mencari uang lewat instagram. Ada banyak selebgram yang kaya raya berkat bisnis endorse. Jumlah pengikut yang dimilikinya sangat banyak dan benar-benar akun yang real bukannya fake account. Dengan besarnya jumlah follower membuat tingkat keberhasilan endorse sebagai sarana pemasaran sangat tinggi.

Keunggulan Promosi Lewat Endorse

Berikut ini beberapa keunggulan cara promosi menggunakan endorse, yakni :

1. Sarana promosi yang paling efisien dan ampuh

Tak ada yang lebih hebat dari cara promosi kecuali ini. Yaitu dengan memanfaatkan nama besar sang artis dan tokoh publik yang dikenal dan dipercayai oleh masyarakat luas. Dengan jumlah penggemar sangat besar yang selalu mengikuti gerak gerik artis membuat strategi pemasaran ini terbukti efektif mendongkrak angka penjualan secara signifikan.




Baca Juga :  9 Cara Membangun Bisnis Online Paling Jitu !

Setiap orang yang mengidolakan sang artis akan selalu mengikuti gerak geriknya di dunia maya ataupun nyata. Mereka senantiasa mencari kabar terbaru tentang mereka. Seperti produk baju yang sering dikenakannya, merk tas yang selalu dibawanya dan lain sebagainya.

Baca Juga : 10 Langkah Pemula Belajar SEO

Untuk di dunia online, setiap selebritis idolanya memposting sebuah postingan produk atau sejenisnya di akun medsos facebook, instagram, dan twitter akan dilihat banyak orang sebagai penggemarnya. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh sang artis dengan melakukan bisnis endorsement dengan tarif yang disesuaikan.

Untuk contoh endorse yang baik adalah sang selebritis atau tokoh publik benar-benar mengungkapkan kelebihan produk tersebut yang telah dipakainya. Dan tak lupa mencantumkan link atau akun instagram pemilik produk. Dengan demikian, akun pemilik produk akan langsung tenar sejak diberikan endorse produk oleh sang artis.

2. Penghematan biaya marketing

Dengan melakukan promosi teknik endorse akan membuat terjadinya penghematan besar-besaran dalam biaya promosi. Karena promosi endorse cukup efektif dilakukan sekali dan langsung mendapatkan banyak penjualan. Bandingkan dengan biaya promosi di iklan televisi, radio dan media massa cetak yang belum tentu efektif dan menghabiskan banyak uang berkali-kali untuk promosi.

Cara Bisnis Endorse

Siapapun sebenarnya anda, profesi, latar belakang maupun status anda maka bisa saja membuka bisnis endorse. Namun syaratnya adalah mempunyai jumlah follower yang sangat banyak.

Sehingga promosi produk secara endorsement dapat dilihat banyak orang. Yang tentu saja hal ini biasanya dimiliki oleh seseorang yang sudah terkenal. Seperti artis, pejabat, tokoh publik dll.

Langkah pertama untuk memulai bisnis endorse adalah mencari perusahaan yang hendak mempromosikan produknya lewat endorsement. Kemudian pihak perusahaan menanyakan biaya endorse.

Sang selebritis menetapkan biayanya yang harus ditransfer. Berikutnya, perusahaan mentransfer uang lalu mengirimkan contoh produk pada sang selebritis untuk dikenakan dan diberi review atau endorse.

Bagi perusahaan yang hendak mempromosikan produk lewat endorse harus memilih artis dengan tepat. Jika produk yang hendak dipromosikan adalah suatu barang kosmetik atau kecantikan maka ia dapat memilih artis yang memiliki wajah cantik dan menarik.

Bagi sang artis yang dimintakan untuk membuat endorse maka sang artis dapat membuat endorse dengan berbagai cara. Seperti membuat endorse lewat chatting, membuat status di media sosial dan lain-lain.

Yang berarti mengajak fansnya menggunakan produk tersebut. Dengan jumlah follower sangat tinggi dipastikan penjualan produk meledak dan laku keras.

Berbagai toko online saat ini sering memanfaatkan artis atau orang terkenal untuk meningkatkan penjualannya. Sang artis diberikan produk gratis yang kemudian dimintakan membuat endorse atas produk tersebut sebagai bagian dari promosi dengan biaya yang sudah ditentukan.

Sang artis mendapatkan uang sekaligus produk secara gratis. Contoh kalimat endorse artis adalah secara tak langsung mengajak para penggemarnya untuk menggunakan produk serupa.