Bagaimana Cara Mengatasi Sandbox Google ?

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Bagaimana cara mengatasi sandbox google ? Pertanyaan bagi para pemilik moneysite yang mendapatkan penalty sandbox dari google.

Salah satu hal yang paling ditakutkan oleh seorang blogger adalah website ataupun blog miliknya terkena sandbox Google. Sandbox Google adalah suatu hukuman yang dikenakan pada suatu website atau blog sehingga artikel atau blog tidak terdeteksi lagi oleh mesin pencarian Google.

Bagaimana Cara Mengatasi Sandbox Google ?

Bagaimana Cara Mengatasi Sandbox Google - cover

Adapun sebab yang paling umum sebuah website atau blog mengalami penurunan trafik adalah jarang bahkan tidak melakukan update artikel secara rutin.




Namun selain itu bisa pula disebabkan terkena sanksi google sandbox. Seperti yang dialami oleh blog penulis yang saat ini kunjungan atau trafik menurun drastis.

Baca Juga : Blogger vs WordPress “Siapa yang Terbaik ?”

Mengenal Google Sandbox

Secara bahasa, google sandbox adalah kotak pasir. Sedangkan menurut istilah, pengertian google sandbox adalah suatu website atau blog yang artikel-artikel di dalamnya dimasukkan ke dalam pasir.

Sehingga tidak terdeteksi oleh mesin pencarian google. Dengan demikian, sebuah website maupun blog yang terkena hukuman google sandbox akan mengalami penurunan trafik yang sangat drastis.

Penyebab Sandbox Google

Adapun penyebab sebuah website dan blog mengalami sanksi sandbox google berbagai macam, antara lain :

1. Berlebihan dalam optimasi

Optimasi SEO google sangat baik diterapkan asalkan tak berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan pastinya kurang baik.Begitupula dalam optimasi SEO terkadang seseorang melakukan upaya yang berlebihan.




Seperti pengulangan kata kunci dalam artikel yang terlalu banyak dan berlebihan. Itu bisa menjadi pemicu blog atau website sobat terkena sanksi google sandbox karena dianggap spam dan melakukan tindakan pelanggaran aturan Google

2. Duplikat

Penyebab lain yang menjadi pemicu terjadinya sanksi google sandbox adalah adanya duplikat konten. Hal tersebut kurang disukai dan melanggar aturan google berupa hak cipta. Sehingga pihak Google memberikan sanksi pada blog atau website yang memiliki artikel duplikat.

Baca Juga :  Belajar SEO Tanpa Modal untuk Pemula

Atas hal inilah, anda harus memastikan artikel dalam blog atau website anda tidak duplikat. Salah satu cara menghindari duplikat konten adalah memasang kode anti copy paste pada artikel sobat.

Penulis mengingatkan kepada para pemilik blog atau website semuanya bahwa tindakan pencurian artikel atau copy paste artikel oleh orang yang tak bertanggungjawab sudah marak di internet akhir-akhir ini.




Sanksi bagi mereka tidak membuat mereka jera bahkan semakin bebas dan liar melakukan pencurian artikel tanpa ijin dari sang pemilik. Oleh sebab itu, sebisa mungkin anda memproteksi blog atau website anda dari tindakan copy paste artikel. Dengan cara memasang kode anti copas.

Mereka yang mencuri atau copy paste artikel milik orang lain adalah mereka yang malas menulis artikel ataupun pemilik blog AGC. Mereka melakukan pelanggaran pencurian artikel.  Bahkan blog besar pun dapat dicopy paste artikelnya oleh mereka tanpa takut.

Hal tersebut merugikan blog atau website yang dicopy paste artikelnya. Dimana blog atau website asilinya akan terkena dampak buruk yaitu terkena sanksi dari google sandbox disebabkan adanya duplikat konten. Padahal ia tak melakukannya.

3. Terkena virus

Penyebab lain sebuah website atau blog terkena google sandbox adalah disebabkan website atau blog tersebut terkena virus. Seperti virus trojan.

Karena google tidak menyukai sebuah blog atau website yang tampil di halaman google dalam keadaan terkena virus. Sebab bisa membahayakan pengguna lain. Google ingin memberikan perlindungan dan sistem keamanan yang baik bagi para pengunjungnya.




Oleh sebab itu, untuk menghindari sanksi google sandbox, sobat harus memastikan blog atau website sobat aman atau terbebas dari segala virus.

Salah satu caranya dengan memasang program anti virus. Kalau sudah terlanjur kena virus maka anda dapat segera membersihkan virus tersebut.

4. Jarang updateblog atau website

Bagi anda yang sibuk dengan pekerjaan sehari-hari di kantor dan di rumah sehingga tidak menyempatkan waktu untuk update blog atau website maka berhati-hatilah.

Sebab blog atau website sobat yang jarang diupdate atau terlalu lama diupdate bisa terkena sanksi google sandbox. Yang dimulai dari penurunan peringkat kata kunci, popularitas blog hingga semua artikel tidak terindeks google lagi. Google sangat menyukai sebuah blog ataupun website yang sering diupdate setiap hari.

Baca Juga :  Meningkatkan Pengunjung Website Secara Efektif

5. Menyediakan paid review dan paid links

Cara ini sangat dibensi oleh google karena dinilai kurang netral dan tak alamiah. Sehingga menurunkan kredibilitas blog atau website.

Dampak Sandbox Google

Dampak yang dialami oleh sebuah website maupun blog yang terkena sandbox google tentunya negatif. Seperti semua artikel di dalam website atau blog menjadi tidak terindeks lagi di mesin pencarian google.



Yang kemudian berlanjut pada penurunan trafik yang signifikan. Jika blog atau website anda hari ini mengalami penurunan kunjungan perhari sangat besar, cobalah untuk mengecek kemungkinan terkena sanksi dari google sandbox.

Cara Mengecek Blog Atau Website Terkena Sandbox Atau Tidak

Untuk mengetahui apakah sebuah website atau blog terkena sandbox google ataukah tidak sangat mudah. Anda dapat melihat trafik blog atau website hari ini dibanding hari kemarin.

Apabila mengalami penurunan trafik yang drastis maka itu pertanda website atau blog anda terkena sanksi google sandbox. Jika biasanya trafik 1000 perday maka tiba-tiba menjadi 500 unik visitor perday.

Cara lain yang bisa ditempuh adalah melihat semua keyword yang ada di artikel anda. Cek satu persatu artikel  sobat sesuai kata kunci masing-masing di mesin pencarian google.

Jika kata kunci yang anda bidik di dalam artikel sobat tidak terdeteksi google lagi maka itu pertanda blog atau website anda terkena sanksi google sandbox yang mengerikan. Dalam arti, semua artikel di website atau blog sobat menjadi hilang di mesin pencarian google.



Sanksi Google sandbox adalah sebuah hukuman yang jarang diketahui orang. Karena tidak adanya pemberitahuan. Namun semua itu memerlukan pengamatan tinggi.

Seperti yang blog penulis alami, kata kunci artikel blog penulis yang selalu mendapat ranking di peringkat satu google tiba-tiba menjadi tidak terdeteksi lagi oleh mesin pencarian google. Setelah ditelusuri, penyebabnya adalah adanya blog yang copy paste artikel penulis tersebut.

Selain itu, untuk mengecek blog dan website terkena google sandbox atau tidak bisa dilakukan dengan melihat sumber kunjungan.

Apabila sumber kunjungan dari mesin pencarian google menjadi sangat sedikit bahkan tidak ada sama sekali maka besar kemungkinan itu disebabkan oleh sanksi google sandbox.

Baca Juga :  Cara Membangun SEO Pemula Tanpa Ribet

Dan anda harus mengatasinya secara cepat. Supaya blog atau website anda kembali normal atau lepas dari sanksi google sandbox yang merugikan.

Bagaimana Cara Mengatasi Sandbox Google

Jika blog atau website sobat terkena sanksi google sandbox maka anda jangan panik. Anda mesti tenang dan harus secepat mungkin mengatasinya. Sebab proses perbaikan atau keluar dari sanksi google sandbox cukup lama bisa sekitar 1 bulan lebih.

Berikut ini cara mengatasi sandbox google pada blog atau website anda secara mudah, antara lain :

1. Melakukan pembersihan

Apabila blog atau website sobat terkena penalti google sandbox disebabkan adanya virus maupun trojan pada blog ataupun website sobat maka anda harus secepatnya membersihkan dan menghilangkan virus tersebut. Dengan cara menggunakan program clean up atau anti virus

2. Menghentikan paid review dan paid links

Google tidak menyukai sebuah blog atau website yang dipasang paid review dan paid links. Karena terkesan tidak alamiah dengan memakai script atau plugin tertentu.

Jika anda ingin benar-benar menghasilkan uang dari paid review dan paid links maka anda harus membuat satu buah blog atau website yang khusus didedikasikan untuk kepentingan tersebut.

3. Update blog atau website

Jangan biarkan blog atau website anda terbengkalai terlalu lama. Sebab bisa membuat popularitas artikel di dalam blog atau website anda akan semakin turun. Anda harus menjadwalkan secara rutin untuk melakukan update blog. Misalkan tiga artikel per hari.

Demikianlah gambaran singkat bagaimana cara mengatasi sandbox google yang terbukti efektif dan berhasil. Semoga anda dapat terbantu melalui artikel ini.