Belajar Google Adwords Untuk Pemula

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Belajar google adwords untuk pemula sangat penting, terutama sudah banyak orang yang bertanya, “Bagaimana cara ngiklan di google?”. Untuk beriklan di google sudah sangat gampang. Sekarang sudah ada yang namanya Google Adwords.

Google Adwords merupakan fitur periklanan yang dibuat oleh Google Inc untuk para pelaku bisnis online di seluruh dunia yang ingin websitenya langsung menempati halaman satu mesin pencarian google dengan keyword tertentu yang dibidik.

Google Adwords adalah iklan berbayar atau paid search yang dapat kita saksikan pada saat melakukan pencarian di Google. Iklan Google Adwords ini selalu muncul di peringkat atas mesin pencarian Google. Barangsiapa yangingin websitenya berada di peringkat kesatu Google tanpa susah payah menggunakan teknik SEO, bisa memakai layanan iklan Google Adwords dengan bayaran per klik.

Seiring dengan perkembangan jaman, platform iklan Google Adwords pada tanggal 24 Juli 2018 mengalami perubahan nama jadi Google Ads. Namun cara memakai layanan ini sama seperti Google Adwords yang dulu. Yang berbeda dari segi penamaan. Dimana sebagian orang masih menggunakan nama Google Adwords untuk pemberian nama layanan iklan terbaru, Google Ads.

Belajar Google Adwords Untuk Pemula

Belajar Google Adwords Untuk Pemula - cover

Di tengah era teknologi canggih yang merasuk semua kehidupan manusia maka cara beriklan metode lama sudah tidak berlaku lagi dan mulai ditinggalkan orang. Karena dinilai sudah tidak efektif lagi.




Saat ini metode promosi dan periklanan modern lebih banyak digunakan pebisnis untuk menjangkau pasar dan konsumen yang lebih luas dan tertarget. Seseorang tidak lagi dapatmengandalkan satu media beriklan di tengah jaman yang kian kompleks.

Baca Juga : Belajar Google Adsense Pemula Tanpa Ribet

Banyaknya media periklanan yang dapat digunakan oleh para pebisnis membuat para pebisnisonline dan fisik harus lebih bervariatif dalam memilihdan memasang iklan di media tertentu. Ia harus bisa memilih untuk memasang iklan yang efektif mendatangkan penjualan dan pelanggan.

Baca Juga :  Transaksi Online Aman via Danamon Online Banking

Salah satunya yang terkenal adalah beriklan di Google Adwords yang dapat menjangkau satu wilayah hingga semua wilayah secara luas dan efektif dengan biaya murah.

Beriklan di Google Adwords dapat dilakukan oleh siapapun yang memiliki bisnis apapun. Namun untuk memasang iklan Google Adwords, seseorang dituntut untuk menguasai cara pembuatan iklan Google Adwords yang baik dan benar.

Yang dimulai dari riset kata kunci memakai Google Keyword Planner. Berikutnya, melakukan pendaftaran akun Google Adwords. Dilanjutkan dengan pembuatan campaign iklan sampai iklan dapat tayang di mesin pencarian Google.

Bagi anda pemula yang belum sama sekali beriklan di Google Adwords bisa belajar untuk membuat sekaligus memasang iklan Google Adwords. Ada banyak tempat dan sumber pembelajaran yang bisa digunakan untuk menimba ilmu tentang Google Adwords.  Berikut ini berbagai sumber untuk belajar Google Adwords untuk pemula, antara lain :

1. Google

Di mesin pencarian Google terdapat banyak panduan untuk menguasai Google Adword bagi pemula. Anda bisa mempelajarinya dari para master yang sudah berpengalaman




2. Youtube

Di media Yotube juga sudah banyak mentor yang memberikan panduan bagaimana bermain dan belajar Google Adwords. Pemberian materi dilakukan menggunakan media video yang lebih terarah dan jelas.

3. Buku dan majalah

Di tokobuku ada banyak buku dan majalah yang membahas tentang Google Adwords dan cara pemasangan iklan secara mudah dan efektif.

Manfaat Belajar Google Adwords

Dengan menguasai google adwords dan cara pembuatan iklannya akan ada banyak manfaatnya bagi anda. Salah satunya terhadap trafik website atau blog anda yang dipasang iklan google adwords akan meningkat pesat dan trafik yang tertarget. Blog atau website anda akan memiliki tingkat popularitas yang sangat tinggi.

Selain itu, omset bersih penjualan akan bertambah hingga 90 persen. Walaupun pihak Google tidak bisa menjaminnya. Disebabkan banyak aspek. Contohnya bidang usaha, anggaran iklan, keyword yang dibidik dan lain-lain. Mengingat besarnya manfaat beriklan di Google Adwords maka anda harus sungguh-sungguh belajar Google Adwords sampai mahir.

Baca Juga :  14 Cara Ampuh Mendapatkan Uang dari Blog

Keuntungan Iklan Google Adwords

Segala sesuatu kegiatan promosi menggunakan media tertentu pastinya harus mampu melihat keuntungan dari beriklan di media bersangkutan. Sama halnya beriklan di Google Adwords perlu diketahui kelebihan dan keuntungannya. Berikut ini sejumlah keuntungan iklan Google Adwords bagi anda sekalian, antara lain :




1. Menguasai pasar luas dari mesin pencarian

Mesin pencarian yang ada di dunia bukan hanya Google tapi juga Yandex, Bing, Yahoo dan lain-lain. Namun yang paling banyak digunakan orang di seluruh dunia adalah mesin pencarian Google hampir mencapai 90 persen terutama di tanah air. Inilah yang membuat beriklan di mesin pencarian Google atau Google Adwords sangat tepat.

Berdasarkan data dari lembaga survey ternama, mesin pencarian yang paling banyak digunakan oleh semua orang di seluruh dunia adalah :

    • Google dengan persentase 92,74 persen.
    • Yahoo diperingkat kedua dengan persentase2,32 persen
    • Bing yang hanya mencapai 2,17 persen

Sedangkan penggunaan mesin pencarian Google di Indonesia mencapai 97,09 persen. Sisanya Yahoo sebesar 1,66 persen. Dan Bing hanya 0,77 persen. Ini menunjukkan dominasi yang sangat besar penggunaan mesin pencarian Google ketimbang mesin pencarian yang lain. Hal inilah yang membuat beriklan di Google Adwords lebih menjanjikan dengan pasarsangat luas dan tertarget.

2. Pengaturan iklan berdasarkan lokasi

Anda dapat menargetkan audience atau pangsa pasar dari suatu daerah lokal. Misalkan satu kota, satu propinsi dan lain-lain. Bahkan iklan anda dapat dibuat lebih luas suntuk menjangkau ke seluruh wilayah di tanah air.




Hal ini menjadi kelebihan tersendiri dari Google Adwords dalam menjangkau audience di suatu daerah yang lebih sempit atau lebih luas disesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

3. Pengaturan iklan berdasarkan perangkat

Selain iklan Google Adwords bisa diatur menurut wilayah, dapat juga diatur berdasarkan tampilan iklan di sejumlah perangkatyang ditentukan. Misalkan anda bisa memilih supaya Google Adwords anda hanya tampil di smartphone, tablet, komputer desktop maupun kesemuanya perangkat tersebut.

4. Pengaturan iklan berdasarkan waktu

Anda dapat melakukan setting iklan Google Adwordssupaya tampil pada jam dan hari tertentu. Hal ini bisa disesuaikan dengan jam buka bisnis anda. Contohnya bisnis online yang anda jalani mempunya jam operasional dari pukul 8 pagi sampai pukul 16.00 WIB maka sobat dapat mengatur iklan Google Adwords dapat tampil pada jam-jam tersebut.

Baca Juga :  Panduan Penggunaan Google Docs untuk Pemula

5. Biaya investasi kecil

Mengapa beriklan di Google Adwords sebagai investasi? Karena hasil timbal balik dari beriklan di Google Adwords lebih besar ketimbang biaya yang dikeluarkan untuk biaya iklan tersebut.

Ada banyak para pebisnis online yang telah membuktikan dan merasakannya. Sehingga mereka memutuskan untuk terus berlanggganan memasang iklan Google Adwords secara rutin.

Untuk beriklan di perusahaan raksasa semisal Google Inc pastinya asumsi anda mengatakan bahwasanya biaya pemasangan iklan yang dikeluarkan sangatlah besar. Namun kenyataannya tidak demikian.

Beriklan di perusahaan Google tidak mahal. Biaya beriklan di Google sangat murah. Untuk jangkauan pasar di tanah air saja hanya membutuhkan biaya iklan sebesar Rp 300.000 setiap bulan.

Dengan kelebihan dan keuntungan beriklan di Google Adwords itulah yang membuat anda jangan ragu untuk beriklan di perusahaan Google yang terpercaya dan ternama di dunia.

Demikianlah cara belajar Google Adwords untuk pemula beserta keuntungannya. Cara yang paling gampang tentu saja berguru langsung pada mereka yang telah berpengalaman dan menguasai cara beriklan di Google Adwords.

Pastikan anda beriklan di Google Adwords secara baik dan benar dan menghasilkan keuntungan lebih besar. Selamat mencoba beriklan di Google Adwords!