Belajar Marketing Facebook untuk Pemula

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Sebagian pebisnis online seharusnya sudah belajar marketing facebook untuk kepentingan dirinya. Tahapan demi tahapan akan dijelaskan lengkap pada artikel ini. Sebelum belajar lebih dalam mengenai marketing facebook ada baiknya, anda memahami teori dasar marketing.

Pengertian marketing yaitu sebuah upaya yang dilakukan secara terus menerus dalam rangka memasarkan suatu barang atau jasa kepada khalayak umum dengan sistematis dalam cakupan sangat luas. Sehingga barang yang dipasarkan dapat disenangi dan dibeli oleh konsumen sebanyak-banyaknya di semua tempat.

Pemasaran suatu barang atau produk tidaklah dilakukan secara sembarangan. Melainkan setelah melalui proses analisa mendalam terhadap kebutuhan masyarakat sekitar dan pemetaan wilayah.

Adapun tujuan marketing adalah untuk mendapatkan keuntungan atau laba sebesar-besarnya dengan biaya produksi dan biaya pengiriman serendah mungkin. Bisa dibilang, marketing merupakan mediator antara pasar yang membutuhkan barang dengan pemilik barang tersebut.

Adapun cakupan marketing dalam arti modern saat ini bukan hanya memasarkan barang saja. Tapi juga termasuk atau meliputi pemberian pelayanan yang memuaskan konsumen.

Apa Itu Marketing Facebook

Belajar Marketing Facebook untuk Pemula - cover

Jika ditanya apa itu marketing Facebook maka jawabannya sangat mudah yaitu suatu kegiatan memasarkan suatu barang dan jasa menggunakan media sosial Facebook.




Sama seperti di dunia nyata, dalam facebook terkumpul banyak orang dari berbagai daerah, komunitas dan latar belakang. Anda bisa memasarkan barang atau produk di facebook dengan segala kelebihan yang ada. Salah satunya mampu membidik pasar tertarget sesuai target produk anda.

Baca Juga : Belajar Google Adwords untuk Pemula

Seberapa Efektif Marketing Facebook

Banyak pebisnis online yang merasakan kedahsyatan marketing facebook. Salah satunya mentor penulis yang menghasilkan uang puluhan juta rupiah perbulan dari berjualan sepatu di Facebook.

Kemudian disusul oleh para pebisnis online sukses lainnya semenjak menggunakan Facebook sebagai alat marketing. Lalu penulis merasakan kehebatan marketing Facebook yang mampu meningkatkan penjualan dan pelanggan.

Baca Juga :  Berjualan Mudah di Instagram di Era Milenial

Facebook Alat Marketing yang Ampuh

Ada banyak alasan yang membuat Facebook menjadi alat atau sarana marketing dan promosi yng ampuh, antara lain:

1. Jumlah pengguna Facebook naik setiap tahun

Facebok merupakan media sosial yang paling banyak digunakan orang di Indonesia. Diperkirakan jumlah pengguna Facebook di tanah air saat ini mencapai 80 juta pengguna. Dan pada tahun mendatang diperkirakan naik mencapai 120 juta pengguna. Inilah pangsa pasar yang sangat besar dan potensial dari bisnis anda

2. Tools yang lengkap

Di media sosial facebook disediakan berbagai alat dan layanan marketing. Seperti alat untuk melihat jangkauan halaman, halaman facebook, layanan berbagi grup, komunitas, update status, Facebook Ads dan layanan promosi lainnya yang berbayar maupun gratisan.




Belajar Marketing Facebook untuk Pemula

Mengingat betapa efektifnya facebook dijadikan alat marketing maupun promosi membuat banyak orang atau pebisnis pemula untuk mulai belajar menguasai marketing facebook. Mereka melakukan dari dasar secara otodidak maupun belajar kepada para marketer facebook yang telah sukses dan berpengalaman.

Di internet, mesin pencarian google, facebook, forum, grup, youtube, dan buku-buku yang berkaitan dengan internet banyak sekali yang memberikan tutor mengenai marketing facebook dari tingkat pemula sampai tingkat mahir. Tutorial marketing facebook bisa berupa video, gambar, tulisan artikel maupun ebook yang menjelaskan langkah demi langkah marketing facebook.

Namun terkadang panduan marketing facebook tersebut sudah jadul dan ketinggalan jaman. Sehingga tidak ampuh dan berlaku lagi di jaman sekarang. Panduan tersebut hanya berlaku berhasil dalam masa dua tahun sampai tiga tahun ke belakang.

Hal ini disebabkan perkembangan media sosial Facebook yang terus berubah pesat dari tahun ke tahun. Sehingga ilmu yang berlaku di masa ini tidak akan berlaku lagi pada masa depan. Untuk itulah, anda harus benar-benar selektif dalam memilih panduan belajar marketing Facebook.

Belajar marketing facebook begitu mudah saat ini. Seperti yang dilakukan oleh penulis saat ini. Dimana belajar marketing facebook dapat dilakukan secara gratis menggunakan panduan dari mesin pencarian google, youtube dan ebook. Untuk mempraktekannya dibutuhkan smartphone, laptop ataupun komputer desktop.

Baca Juga :  Cara Dapat Endorse di Instagram Mudah dan Cepat




Tahapan Mempelajari Marketing Facebook

Berikut langkah dan tahapan belajar marketing facebook, antara lain :

1. Gunakan teknik ATM

Seorang yang baru terjun dalam pemasaran facebook pastinya akan kesulitan dari mana mulainya marketing facebook. Sehingga mereka berbuat serampangan. Yang terkadang tidak efektif untuk mendapatkan penjualan dan keuntungan. Salah satu cara termudah belajar facebook marketing adalah menggunakan sistem Amati, tiru dan modifikasi yang disingkat ATM.

Anda harus mengetahui bagaimana cara membuat iklan yang paling efektif di facebook. Dengan melihat contoh dari para pesaing yang telah berhasil.

2. Masuk ke akun facebook

Kemudian pada kolom CARI yang terletak di atas, klik dan masukkan industri atau bisnis anda. Seperti contoh : mesin cukur rambut. Klik tombol pencarian. Akan tampak puluhan halaman facebook pesaing yang menjual alat mesin cukur rambut listrik dan elektrik.

Pilihlah halaman facebook pesaing yang memiliki banyak like dan komentar. Abaikan halaman facebook pesaing yang memiliki sedikit like dan pengikut. Lalu lihat atau pelajari bagaimana posting yang membuat banyak like dan komentar.  Lihat pula jam seberapa postingan yang mempunyai banyak like, komentar dan orderan.




Contoh postingan di halaman facebook pesaing yang mendapatkan banyak komentar, like dan pesanan adalah : Jual alat mesin cukur rambut clipper Wahl Super Taper Classic Series USA. Mau diskon besar 15 persen. Ketik mau di kolom komentar. Harga Rp 230 ribu jadi Rp 200 ribu. Order 085xxxxx.

Setelah diamati lebih dalam, ternyata minimal dua hari sekali membuat postingan di halaman facebook sangat efektif untuk membuat halaman facebook tersebut banyak pengikut, like dan komentar serta penjualan. Anda dapat meniru gaya dan metode pesaing dalam mendapatkan banyak like, penjualan dan pelanggan.

Kemudian tak kalah penting, untuk melihat siapa saja yang suka terhadap halaman facebook pesaing. Yang berarti mereka tertarik terhadap bisnis itu dan merupakan prospek atau target pasar dari bisnis anda.

3. Membuat halaman Facebook yang sangat menarik

Kalau anda sudah membuat halaman facebook berkaitan dengan bisnis anda maka itu menjadi toko online bagi bisnis sobat. Pastikan halaman facebook layaknya toko harus didesain menarik, bersih dan rapi.

Baca Juga :  Cara Menambah Followers Instagram 2019

Dimulai dari penamaan halaman facebook yang baik, tepat, serius, menarik dan unik. Dengan demikian, banyak orang tertarik untuk mengunjungi halaman facebook anda.



Untuk membuat halaman facebook sudah banyak tutorial di internet. Anda dapat membuatnya secara mudah dan gratis. Dengan cara membuka situs resmi facebook.com.

Lalu tekan tulisan : Halaman. Kemudian klik pada bagian bawah : Buat halaman. Klik Mulai. Beri nama halaman sesuai yang anda inginkan berkaitan dengan bisnis anda.

Beri centang pada bagian tulisan : saya ingin menggunakan halaman ini untuk menjual produk. Klik tombol :  Selanjutnya.

Isikan kategori pada kolom Pilih Kategori. Kemudian klik tombol : Selanjutnya. Selamat halaman facebook bisnis anda telah jadi. Tinggal menambahkan foto cover.

Lalu mulailah posting update dengan menuliskan sesuatu yang berkaitan dengan bisnis anda beserta nomor kontak anda yang dapat dihubungi.

Pastikan setiap hari, anda memposting satu buah artikel di halaman Facebook anda. Supaya postingan artikel dapat populer dan selalu muncul di halaman pertama pencarian di facebook.Yang dilanjutkan, postingan tersebut dibagikan kepada grup-grup di Facebook yang di dalamnya terdapat target pasar potensial yang anda inginkan. Dengan demikian, promosi dan marketing iklan anda di facebook semakin luas jangkauan pasar.

Belajar marketing Facebook itu sangat sulit bagi pemula. Belajar yang kebanyakan tak membuahkan hasil. Cara tercepat dan paling mudah menguasai ilmu marketing facebook adalah dengan meniru mereka yang sukses dalam pemasaran menggunakan FB.

Anda dapat meniru gaya mereka dengan sedikit modifikasi yang cocok bagi anda. Dengan kiat tersebut, tak akan lama lagi anda akan menguasai marketing facebook dan mendapatkan banyak manfaat darinya.