Belajar Memahami Keamanan Website untuk Pemula

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating 5 (1 vote)

Salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik website adalah bagaimana mereka belajar memahami keamanan website. Berdasarkan penelitian, website yang ada di dunia ini sekitar 85 persen tidak memiliki tingkat keamanan yang baik. Ada satu dua celah yang dapat dimanfaatkan oleh hacker untuk membobol website tersebut yang merupakan website personal maupun perusahaan besar.

Melihat kenyataan di atas maka tak aneh jika sekarang ini terjadi beberapa peristiwa pembobolan website oleh hacker. Website dihack dan menjadi rusak olehnya. Bahkan data-data dicuri dan uang pun dibawa kabur.

Oleh sebab itu, keamanan website menjadi prioritas utama yang sangat penting untuk menjamin kenyamanan dan keamanan selama memiliki website. Sebagaimana sebuah kalimat bijak :”Kami Mengutamakan Keselamatan”.

Apalah artinya jika anda mempunyai website yang mudah dibobol hacker. Pastinya website anda rawan rusak. Membangun website yang dilakukan bertahun-tahun lamanya menjadi website besar bisa menjadi rusak citranya dalam waktu sekejap oleh tindakan hacker.

Belajar Memahami Keamanan Website

Belajar Memahami Keamanan Website untuk Pemula - cover

Untuk membuat website sekarang ini sudah sangat gampang memakai platform CMS Drupal, Joomla maupun WordPress. Namun terkadang yang sering dilupakan orang adalah membangun tingkat keamanan website tersebut.




Hal tersebut bisa berakibat fatal yakni mudah dihack dan dirusak website bersangkutan. Kejadian tersebut bukanlah satu dua kali terjadi. Tapi sering kali terjadi pada website pribadi, perusahaan maupun website pemerintah.

Baca Juga : Belajar Marketing Facebook untuk Pemula

Adapun yang menjadi penyebab sebuah website memiliki tingkat keamanan yang sangat rendah ada banyak aspek. Salah satunya yang paling utama adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan pemilik website dalam meningkatkan keamanan websitenya. Selain itu, kurang pedulinya pemilik website untuk menjaga keamanan website miliknya dari serangan hacker.

Persoalan website menjadi sangat komplek sekarang ini. Dengan banyak dan tumbuhnya website baru. Banyak orang yang memakai internet. Salah satu hal yang menjadi pelik adalah kasusnya cloning website yang dilakukan oleh orang tak bertanggungjawab.

Baca Juga :  Langkah Awal Memulai Blog untuk Pemula

Dan ditambah lagi dengan berbagai website yang berhasil  dihack. Bagi orang awam akan sangat sulit mengatasi website yang dicloning atau dihack oleh orang lain. Sebagaimana sebuah petuah bijak mengatakan : “Mencegah lebih baik daripada mengobati”.




Mencegah website dihack oleh orang lain sangat gampang. Dengan cara meningkatkan kemampuan dan keterampilan anda dalam meningkatkan keamanan website.

Ada banyak panduan dalam meningkatkan keamanan website berupa buku, ebook, video, artikel dan gambar yang bisa diperoleh oleh anda di internet.

Semua itu sebagai referensi berharga yang bisa bersumber dari para ahli untuk menambah pengetahuan dan keterampilan anda meningkatkan website semakin aman dari serangan hacker.

Berikut ini berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah serangan hacker dan semakin meningkatkan keamanan website anda, antara lain :

1. Senantiasa backup file dan data sobat

Website yang anda miliki sangat perlu dilengkapi dengan Fitur Time Machine Backup. Yang mana data dan file di dalam website anda bisa secara otomatis dibackup setiap hari. Sehingga jika terjadi suatu musibah berupa kehilangan data dan file di website bisa diantisipasi dengan baik.

2. Update dan update

Untuk meningkatkan keamanan website supaya tidak mudah dihack adalah dengan melakukan update plugin dan cms terbaru sesering mungkin. Sebab plugin atau software yang terpasang di website dan jarang diupdate akan mengakibatkan tingkat keamanan website menjadi sangat rendah. Oleh karena itu, bagi pemilik website platform WordPress untuk memakai plugin WP Update Notifier.




3. Password

Inilah cara paling penting untuk menjaga keamaman website anda dari tangan-tangan jahil yaitu dengan menggunakan password yang sulit ditebak oleh orang lain dan hanya anda sendiri yang mengetahui password tersebut. Password yang sulit diterka adalah password yang panjang.

Semakin panjang password semakin sukar ditebak hacker. Kemudian ciri password yang sukar ditebak adalah gabungan antara huruf besar dan kecil beserta angka dan tambahan simbol. Contohnya : tmsbloghebat jadi Tm5b10gh3ba4t.

Jangan pernah anda memakai password yang gampang diterka oleh orang lain. Seperti nama istri, nama anak, nama suami, tanggal kelahiran, tanggal ulangtahun dan lain sebagainya. Karena semua itu memudahkan hacker untuk menghack password dan username anda. Kemudian menguasai dan merusak website anda tanpa anda sadari.

Baca Juga :  Tutorial Lengkap : Cara Membuat Website Dengan PHP Dari Awal Part 1

Hal yang perlu dihindari lainnya adalah jangan pernah menggunakan username dan password yang sama pada semua layanan situs di internet. Karena memudahkan hacker untuk mengetahui username dan password website anda.

Contoh Website Yang Di Hack

Dengan tingkat keamanan website yang rendah akan memudahkan para hacker untuk membobol dan merusak website besar maupun kecil. Oleh sebab itu, diperlukan perhatian yang dalam terhadap keamanan website itu sendiri dan melengkapi website dengan tingkat keamanan super tinggi.




Ada banyak website besar yang berhasil dihack dan dirusak oleh hacker. Seperti website tempat menukar Bitcoin di negara Tiongkok yang dibobol oleh hacker. Sehingga uang sebesar 1,75 juta dolar amerika berhasil dibawa kabur.

Lalu di tahun 2012, website besar Godaddy sebagai provider domain dan hosting juga dibobol dan dirusak. Bukan hanya situs perusahaan besar yang berhasil dihack oleh orang tak bertanggung jawab.

Namun situs milik pemerintah pun sering mengalami serangan hacker hingga dapat dibobol dan menjadi rusak.

Di atas sebagian contoh dari website besar yang  berhasil dihack oleh orang yang tak bertanggungjawab akibat tingkat keamanan website yang minim. Kasus di atas merupakan sebagian contoh kecil diantara banyak contoh website besar yang berhasil di hack.

Belajar dari berbagai pengalaman dan peristiwa pembobolan website besar di atas maka kita harus waspada terhadap serangan hacker ke website milik kita.

Dengan cara belajar meningkatkan keamanan website kita. Sehingga tidak ada celah yang bisa digunakan oleh hacker untuk membobol atau menghack website milik kita.

Pentingnya Memiliki Website yang Aman

Apabila sobat ingin mendapatkan penjelasan lengkap mengenai alasan pentingnya dan manfaat website yang memiliki tingkat keamanan sangat tinggi sangat tepat untuk membaca artikel ini sampai tuntas.

Berikut ini beberapa alasan pentingnya bagi anda memiliki website yang aman dengan tingkat keamanan tinggi, antara lain :

1. Mencegah tindakan penyalahgunaan

Website yang memiliki tingkat keamanan yng rendah sangat mudah untuk dihack atau diretas oleh hacker yang kemudian disalahgunakan untuk kepentingan pribadi dan golongannya.

Baca Juga :  Blogger VS Wordpress : Siapa yang Terbaik ?



Saat ini banyak kasus website perusahaan besar, menengah dan kecil dirusak oleh hacker. Begitupula website personal dan pemerintah kerapkali mengalami peretasan oleh orang yang tak bertanggungjawab.

Ada banyak kerugian jika sebuah website dihack oleh orang tak bertanggungjawab. Seperti kerugian materi dalam bentuk kehilangan uang maupun non materi berupa rusaknya nama baik atau citra diri yang tercoreng akibat ulah hacker yang jahat. Oleh karenanya, dengan memiliki website dengan keamanan tinggi maka anda akan aman dan terhindar dari peretasan oleh hacker.

2. Mencegah kehilangan data berharga

Siapa sih yang tidak ingin kehilangan data dan artikel di websitenya? Hal ini biasanya bisa disebabkan oleh serangan hacker yang mencuri data dan file penting.

Oleh karena itu, anda harus melengkapi dengan  sistem keamanan super tinggi untuk mencegah kehilangan data, file dan artikel di dalam website anda. Sehingga website anda aman.

3. Penggunaan Website Tetap Nyaman

Kenyamanan adalah hal utama yang harus ada dalam sebuah website supaya mendapatkan tanggapan positif dari pengguna dan tak memperoleh penilaian dan komentar negatif.

Dengan cara meningkatkan keamanan website tersebut sehingga tidak mudah dibobol atau dihack oleh orang tak bertanggung jawab yang bisa merusak website anda.

Demikianlah apa yang dapat disampaikan penulis. Semoga dapat membuat anda belajar memahami keamanan website dengan baik. Mudah-mudahan bermanfaat bagi sobat sekalian.