Belajar Menjadi Penulis Artikel Online untuk Pemula

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Artikel ini akan memeberikan tips seputar belajar menjadi penulis artikel online, terdapat beberapa poin yang bisa anda pelajari dan pahami agar bisa mencapai tujuan tersebut.

Keterampilan menulis adalah salah satu keterampilan yang diajarkan pada anak kecil ketika ia duduk di bangku TK atau sekolah dasar. Ketika seorang anak beranjak remaja barulah diketahui bakat menulis seorang anak yang sebenarnya. Ada yang berbakat mengarang, bercerita, menyanyi, menulis cerpen, ataupun menulis artikel.  Dan ada pula yang kurang tertarik dalam dunia literasi.

Bakat menulis merupakan karunia dari Allah SWT. Karena tidak setiap orang diberikan bakat dan keterampilan menulis. Ada orang yang mampu menulis artikel dengan baik dalam waktu cepat. Dan banyak orang yang tidak mampu menulis satu artikel pun dalam satu hari.

Oleh sebab itu, jika anda mempunyai bakat dan keterampilan dalam menulis artikel maka bersyukurlah dengan memanfaatkan keterampilan menulis ini secara baik.

Bagi anda yang mempunyai keterampilan menulis artikel yang baik maka ada banyak peluang usaha yang bisa dijalani dari bakat ini. Apalagi di era teknologi internet yang semakin maju dan dinamis ini.

Profesi sebagai penulis sangat menjanjikan penghasilan tinggi. Seperti menjadi penulis artikel lepas online, penulis cerpen, penulis buku novel, penulis naskah drama, dan penulis di berbagai media cetak dan website.

Prospek usaha menjadi penulis artikel online sangat menjanjikan. Karena setiap hari tumbuh website-website dan blog baru. Berdasarkan pihak Google dalam satu hari lahir jutaan blog dan website baru di dunia ini.

Baca Juga : Belajar Memahami Keamanan Website untuk Pemula

Baik blog atau website personal, perusahaan dan pemerintah. Sedangkan blog dan website baru tersebut membutuhkan banyak artikel untuk tetap up to date. Inilah yang membuat usaha jasa penulis artikel dibutuhkan saat ini dengan pangsa pasar sangat luas.

Baca Juga :  Membuat Website Dengan Artikel SEO Friendly 2019

Peralatan Yang Dibutuhkan Dalam Belajar Menjadi Penulis

Belajar Menjadi Penulis Artikel Online untuk Pemula - cover

Berikut ini modal yang harus dipersiapkan untuk memulai belajar menjadi penulis artikel online, antara lain :




1. Satu set komputer atau laptop

Peralatan ini berguna untuk menulis artikel. Anda bisa membeli laptop atau komputer baru seharga Rp 3 jutaan di pasaran. Namun jika anda ingin mendapatkan harga laptop yang lebih murah maka anda bisa membelinya yang bekas tapi masih dalam kondisi baik.

Namun apabila anda tidak mempunyai uang sama sekali untuk membeli komputer maka dapat menjalankan bisnis penulis artikel online tanpa modal. Dengan cara meminjam komputer atau laptop kepada anggota keluarga atau sanak kerabat terdekat.

2. Koneksi internet

Berikutnya yang harus dipersiapkan dalam belajar menjadi penulis artikel online adalah koneksi internet. Anda bisa mendapatkan koneksi internet secara gratis maupun berbayar.

Untuk memperoleh koneksi internet gratis dapat mengunjungi lokasi yang terdapat wifi. Namun saran penulis untuk membeli modem plus kartu paket internet untuk memulai bisnis menjadi penulis artikel. Supaya hasilnya lebih maksimal.

Belajar Menjadi Penulis Artikel Online

Untuk belajar menjadi penulis artikel online di website maupun blog maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, antara lain :

1. Keinginan kuat untuk menjadi penulis

Setelah mempunyai satu set perangkat komputer dan koneksi internet, berikutnya yang harus ada dalam diri seseorang yang sedang belajar menjadi penulis artikel online adalah adanya keinginan yang kuat untuk menjadi penulis artikel. Dengan sikap dan tekad kuat ini segala hambatan dan kendala dapat dilalui dengan baik.




2. Mencintai dunia menulis

Karena anda memutuskan untuk belajar menjadi penulis artikel maka anda harus menyukai dunia tulis menulis artikel. Dengan demikian, menulis artikel setiap hari bukan lagi menjadi sebuah kewajiban tapi sudah menjadi sebuah kebutuhan.

3. Banyak membaca

Salah satu kendala yang sering dialami oleh penulis pemula atau penulis yang sedang belajar menulis artikel adalah buntunya ide. Ide macet di tengah tulisan yang membuat menulis artikel tidak berjalan lancar. Untuk mengatasi kebuntuan dalam menulis maka anda perlu membaca banyak buku. Supaya mendapatkan ide-ide baru yang berkaitan dengan topik yang anda tulis.

Baca Juga :  8 Cara Membuat Artikel Dengan Mudah Untuk SEO

Dengan banyak membaca juga, anda akan mampu menghasilkan banyak artikel perhari. Hal ini sesuai dengan hukum alam bahwasanya banyak membaca akan membuat banyak karya tulisan. Input sama dengan output.

Di tengah ketatnya persaingan bisnis jasa penulis artikel online maka produktifitas menulis artikel perlu ditingkatkan. Salah satu caranya dengan banyak membaca buku atau membaca referensi di lingkungan sekitar. Selain itu, dengan produktifitas yang tinggi dalam menulis artikel akan membuat penghasilan akan semakin besar.

4. Menguasai satu topik

Artikel terdiri dari berbagai macam tema atau topik. Ada artikel teknologi, pendidikan, bahasa, artikel kuliner, humor, artikel berita, artikel kesehatan, ekonomi, budaya, sosial, agama, politik, keuangan, bisnis, investasi dan  tema lainnya.

Anda mesti memilih salah satu topik yang anda sukai sehingga anda bisa menguasai secara dalam dan menjadi salah satu kelebihan dari anda.




Misalkan anda merupakan lulusan S1 dalam bidang pendidikan agama Islam maka anda bisa menulis artikel tentang agama Islam. Begitupula jika anda merupakan mahasiswa jurusan ekonomi maka anda bisa menulis artikel yang berkaitan dengan ekonomi.

Inilah yang akan membedakan bisnis jasa penulis artikel online anda dengan orang lain. Jika anda mahasiswa jurusan sosial politik yang pastinya menguasai ilmu politik maka anda bisa menulis artikel yang berkaitan dengan politik.

5. Menguasai semua tema

Setalah anda menguasai satu topik sesuai minat dan disiplin ilmu yang anda pelajari di bangku sekolah, maka berikutnya anda dituntut untuk belalar menguasai segala macam topik.

Anda bisa mempelajari semua topik artikel dengan sangat mudah saat ini seiring dengan hadirnya teknologi mesin pencarian Google. Karena penulis artikel online saat ini dituntut untuk menguasai segala macam topik blog supaya dapat eksis dan bersaing dengan penulis artikel online lainnya. Minimal menguasai topik teknologi, kesehatan, bisnis dan agama yang mayoritas dipesan para pemilik blog atau website.

6. Kualitas artikel yang baik

Saat anda belajar menjadi penulis artikel online pastikan artikel yang anda buat benar-benar berkualitas baik. Yang bisa dilihat dari susunan kalimat terstrukur dengan baik, mengandung banyak gagasan dan ide kreatif yang segar, mengikuti kaidah tata bahasa EYD yang baik dan benar, bahasa yang mengalir dan mudah dicerna, SEO Firendly dan lain-lain.

Baca Juga :  Cara Menentukan Judul Konten Memikat Pengunjung




7. Membuat judul yang menarik

Salah satu hal paling mendasar dalam belajar menjadi penulis artikel adalah belajar memahami cara membuat judul artikel yang baik dan benar. Judul artikel adalah hal pertama yang dilihat oleh pembaca.

Jika judul artikel menarik maka pembaca akan meneruskan untuk membaca artikel tersebut sampai tamat. Judul artikel yang baik adalah singkat, padat dan jelas serta menggambarkan isi dari artikel.

8. Belajar menjadi penulis artikel : Kalimat pembuka

Selain judul yang menarik, perlu juga belajar untuk membuat kalimat pembuka yang menarik sehingga para pembaca terus membaca artikel anda sampai tuntas.

Anda bisa belajar membuat paragraf atau kalimat pembuka yang baik dengan cara melihat contoh-contoh artikel yang memiliki kalimat pembuka yang baik.

9. Menjaga keaslian tulisan

Salah satu cara belajar menjadi penulis artikel online adalah menjaga keaslian artikel. Jangan sampai anda melakukan plagiat atau mengcopy paste tulisan orang lain. Kegiatan tersebut kurang disukai oleh mesin pencarian google dan melanggar hak cipta. Buatlah tulisan yang orisinal buatan anda dengan gaya bahasa anda sendiri.

10. Belajar menjadi penulis artikel : Sering latihan

Untuk belajar menjadi penulis artikel yang sukses dibutuhkan latihan dan latihan. Untuk melatih kemampuan menulis artikel anda maka anda bisa membuat sebuah blog.

Yang kemudian anda isi dengan artikel-artikel buatan anda. Kemudian anda bisa mencoba mengirimkan tulisan anda ke sejumlah media massa cetak dan media portal.

Seperti Kompas, detik.com, pikiran rakyat, dan media lain sebagainya. Jangan lupa untuk mengikuti berbagai lomba dan kejuaraan menulis untuk memantau sejauhmana perkembangan kemampuan anda dalam menulis artikel yang baik dan benar serta menarik.

Demikianlah cara belajar menjadi penulis artikel online. Yang penting adalah kemauan dan tekad yang kuat untuk menjadi penulis artikel yang berhasil. Dengan cara praktek dan praktek dalam menulis artikel di blog atau website milik anda. Dengan sendirinya tulisan anda akan semakin baik setiap harinya.