Berjualan Di Instagram Pasti Laris

Diposting pada
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating 4.89 (9 votes)

Dengan pesatnya berkembangan teknologi saat ini, memang telah memberikan kemudahan pada masyarakat salah satunya adalah dalam hal komunikasi. Jika jaman dahulu orang memerlukan waktu untuk bisa mendapatkan atau menngirimkan pesan, pada saat ini semua bisa dilakukan dengan mudah selama mempunyai jaringan internet. Internet sendiri adalah salah satu jaringan yang akan memberikan banyak informasi dan juga memudahkan masyarakat untuk bisa melakukan komunikasi. Salah satu platform yang sering digunakan untuk melakukan komunikasi adalah Instagram. Banyak yang berjualan di instagram dengan harapan dagangan mereka laris manis.

Berjualan di Instagram Pasti Laris

Berjualan di Instagram - endorse - followers

Instagram adalah sebuah platform dimana Anda bisa membagikan gambar atau sebuah video dan diberikan sebuah caption atau informasi yang menarik. Instagram sendiri juga bisa digunakan sebagai akun bisnis yang menjanjikan. Berjualan di Instagram sendiri telah menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan, dimana banyak sekali pengguna instagram pada saat ini. Dengan berjualan pada platform ini sendiri akan memberikan kemudahan bagi para masyarakat yang ingin membeli suatu barang. Ada beberapa cara agar bisa berjualan dengan lancar dan mudah dengan menggunakan Instagram yang bisa Anda aplikasikan.

Tips Dapatkan Banyak Followers

Cara yang pertama yang perlu Anda lakukan untuk bisa berjualan di Instagram adalah dengan mendapat followers yang banyak. Pada platform Instagram sendiri memang menyediakan fitur following dan followers atau bisa disebut juga mengikuti dan diikuti. Di mana pada Instagram sendiri jumlah follower sangat mempengaruhi.

Cara Pertama : Gunakan Hashtag

Untuk bisa mendapatkan banyak follower, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Yang pertama adalah dengan membuat postingan barang yang ada jual dengan menulis caption yang diberikan hashtag.

Dengan memberikan sebuah hashtag ini akan memudahkan calon pembeli atau akun pengguna Instagram untuk menemukan barang yang ada jual, dan pada saat mereka tertarik secara otomatis pasti akan mengikuti akun jualan Anda.

Cara Kedua : Gunakan Kualitas Gambar Terbaik

Selain itu, jika bisa mendapatkan banyak followers dan content yang diposting menarik bisa saja Anda mendapat endorse dari salah satu produk atau jasa.

Untuk bisa berjualan di Instagram yang selanjutnya adalah dengan memposting foto barang yang dijual dengan foto asli dan berkualitas tinggi. Pada saat orang yang ingin berbelanja melalui Instagram, yang pertama kali dilihat adalah foto dari barang tersebut.

Jika foto dari barang jualan terlihat bagus, akan menambah rasa ketertarikan dari pengguna instagram. Selain itu juga akan meningkatkan rasa percaya dari pengguna akan keaslian dan pelayanan yang ada dalam online shop yang Anda kelola.

Untuk bisa membuat video dan gambar yang bagus, Anda tidak perlu mempunyai kamera mahal jika memang diawal, cukup dengan menggunakan ponsel yang sudah mempunyai fitur kamera yang mumpuni.

Cara Ketiga : Nama Brand = Akun Instagram

Cara berjualan di Instagram yang selanjutnya adalah dengan menggunakan nama brand Anda sebagai akun Instagram. Dengan menggunakan nama brand yang Anda jual, dapat meningkatkan reputasi dan juga nama brand bisa lebih dikenal.

Dalam menjual produk atau jasa di Instgram bukan hanya menjual apa yang Anda punya, akan tetapi juga menjual nama brand agar bisa lebih dikenal dan mendapatkan penilaian yang bagus di mata pembeli.

Saat brand yang Anda jual mendapatkan feedback yang sangat bagus, tentu saja barang tersebut akan menarik para pembeli. Dalam melakukan promosi pada brand Anda sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan memberikan give away.

Pada pemberian giftaway ini sendiri juga akan membantu mendapatkan followers yang banyak dalam waktu singkat.

Cara Keempat : Lengkapi Detail Profile Akun

Berjualan di Instagram sendiri juga harus memperhatikan akun yang Anda gunakan, salah satunya adalah pengisian profile pada akun tersebut. Anda harus bisa membuat sebuah profile yang lengkap dan dapat menunjukan bahwa akun Anda bisa dipercaya. Membuat calon pembeli percaya adalah hal yang nomor satu, dimana kepercayaan ini bukan hanya dari keaslian barang tetapi juga dari pelayanan serta kualitas barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Dengan mengisi lengkap semua profile yang diperlukan termasuk alamat dan juga nama pemilik akan memudahkan calon pembeli untuk menilai akun Anda. Yang perlu Anda isi dalam pofile akun Instagram adalah bioadata dan website.

Jika memang ada atau akun lain yang bisa membuat pembeli percaya, nomor telepon adalah hal yang paling wajib dan yang terakhir adalah memasang foto profile yang berhubungan dengan brand yang Anda jual.

“Saat berjualan di Instagram Anda perlu memasang foto, akan tetapi tidak hanya foto saja yang harus Anda pasang. Dalam memposting barang dagangan, Anda harus membuat caption yang berisi keterangan lengkap yang menjelaskan tentang kondisi barang.”

Misalnya Anda menjual sebuah produk pakaian, disarankan untuk menyertakan keterangan seperti warna, ukuran yang tersedia, ukuran baju, jumlah, nama brand, model, harga dan juga diskon. Serta data penting lainnya.

Jika sudah memberikan data keterangan bahan yang lengkap ini, tentu saja memudahkan seorang calon pembeli dan juga memudahkan Anda untuk mengecek barang yang ada. Selain itu, juga akan memberikan rasa kepercayaan pembeli pada akun dan juga kualitas barang yang Anda jual.

Cara Kelima : Pamerkan Testimonial

Cara berjualan di Instagram yang selanjutnya adalah dengan memajang hasil testimoni pembeli yang pernah berbelanja pada akun Anda. Dengan memajang testimony dari para pembeli akan membuat calon pembeli pada online shop Anda percaya dengan pelayanan dan kualitas barang yang Anda jual.

Tentu saja ini menjadi hal yang paling penting, karena kepercayaan pelanggan menjadi nomor satu dalam berjualan dengan menggunakan media sosial.

Semua testimonial yang pernah anda dapatkan melalui akun seperti dm atau direct message, WhatsApp, BBM dan akun lainnya. Bisa anda sceenshoot dan anda posting pada akun Instagram anda, jangan lupa untuk memajang resi pengiriman dan juga foto barang yang akan dikirim.

Cara Keenam : Lakukan Teknik Soft Selling

Cara selanjutnya untuk berjualan di Instagram adalah dengan melakukan teknik soft selling dan tidak harus selalu melakukan promosi barang. Teknik soft selling sendiri adalah salah satu cara yang sering digunakan untuk bisa memberikan kedekatan dengan semua calon pelanggan Anda.

Caranya adalah dengan memberikan berbagai informasi yang bermanfaat atau juga humor yang akan membuat calon pembeli mendapatkan hiburan, sehingga tidak akan bosan untuk terus mengunjungi akun brand jualan Anda.

Terkadang ada banyak pengguna instagram yang merasa terganggu dengan sebuah akun olshop yang hanya melakukan promosi secara terus menerus. Pada saat merasa terganggu ini lah kemungkinan besar akan membuat calon pelanggan atau follower berhenti mengikuti Akun Anda. Jadi belajarlah untuk melakukan teknik soft selling ini.

Cara Ketujuh : Jadi Penjual Yang Fast Respon

Cara yang paling terakhir agar barang yang anda jual bisa laris adalah dengan merespon semua pertanyaan tentang produk yang ditanyakan oleh para calon pembeli. Dengan merespon semua pertanyaan akan membuat pembeli merasa lebih nyaman saat berbelanja produk yang Anda jual. Mendapatkan feedback yang positif sendiri akan membantu meningkatkan nama brand yang Anda jual, dan juga dapat meningkatkan kepercayaan bagi para calon pembeli.