Berjualan Mudah di Instagram di Era Milenial

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Berjualan mudah di instagram menjadi salah satu hal yang dicari para pencari pendapatan sampingan bagi siapapun. Bagi mereka instagram masih memiliki potensi baik dalam mendatangkan pundi uang. Artikel ini akan membahas hal tersebut dan berharap pembaca bisa langsung mempraktekan nya.

Perkembangan jaringan internet sudah memasuki wilayah kota dan desa. Sehingga dipastikan seluruh wilayah di Indonesia sudah terkoneksi jaringan internet. Hal ini menggembirakan bagi semua masyarakat ditanah air. Sebab dengan kehadiran internet segala komunikasi dan informasi dapat diraih dengan mudah.

Selain itu, mereka bisa menjadikan aktifitas berinternet dapat dilakukan dimana sajadan kapan saja. Yang membuat aktifitas di internet dapat berjalan lancar dan dapat dilakukan di perkotaan dan pedesaan terpencil sekalipun.

Kehidupan manusia modern saat ini tak bisa dilepaskan dari internet. Untuk mencari informasi dan berita terbaru mereka menggunakan internet lewat mesin pencarian google.

Untuk berbelanja mereka menggunakan marketplace dan toko online lewat internet. Untuk belajar menggunakan internet. Dan untuk menjual barang secara online di media sosial Facebook mereka menggunakan internet.

Cara Berjualan Mudah di Instagram

Berjualan Mudah di Instagram di Era Milenial - cover




Pendek kata, kebutuhan utama manusia  sekarang bukan hanya sandang, pangan dan papan. Tapi sudah ada tambahan yakni kebutuhan internet.

Baca Juga : Tempat Hiburan Terbaik di Jakarta

Hal ini dibuktikan dengan banyak orang yang rela untuk tidak jajan asalkan kebutuhan internet terpenuhi. Seolah-olah internet menjadi sebuah gaya hidup dengan beragam aktifitasnya yang menarik. Seperti bisnis online, chatting, eksis di sosial media, nonton youtube, mencari informasi, browsing dan lain-lain.

Salah satu yang paling disukai orang di internet adalah menghasilkan uang menggunakan martketplace, sosial media Facebook dan website.

Ada banyak cara menghasilkan uang di internet. Seperti membuat blog adsense, youtuber adsense, selebgram, penulis artikel online, jasa pembuatan website, ppc, ppm, jasa sewa iklan, review, jasa backlink, toko online, dan lain sebagainya.

Namun yang paling mudah dan menguntungkan serta paling banyak digunakan orang  adalah berbisnis menggunakan media sosial. Seperti twitter, facebook, instagram, whatsapp dll.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Pembeli Banyak Dari Facebook

Salah satu media sosial yang terbanyak dipakai orang untuk berpromosi dan penjualan online adalah instagram setelah facebook.

Karena aplikasi ini sangat mudah digunakan untuk penjualan online dengan berbagai fitur yang sangat lengkap dan membantu penjualan cepat dalam jumlah banyak.

Instagram merupakan medsos untuk berbagi video dan foto yang mayoritas penggunanya kalangan anak muda.

Seiring dengan perkembangan jaman, aplikasi media sosial Instagram mendapatkan beberapa perubahan yang sangat cepat. Terutama dari segi fitur. Saat ini ada tambahan fitur IG TV dan Instastory.

Fitur ini sangat berguna untuk mengoptimalkan penjualan secara online di instagram. Yang tentu saja bermanfaat bagi para pelaku bisnis toko online yang ingin mendapatkan laba besar dari penjualan di instagram.




Cara berjualan di instagram dengan di dunia nyata sangat berbeda jauh. Berjualan di instagram atau media sosial tidak perlu keluar rumah. Anda cukup duduk manis di kursi.

Lalu menggunakan smartphone melakukan klik ke sana kemari dalam rangka promosi penjualan. Berbeda dengan berjualan di dunia nyata dimana anda harus keluar rumah dan mengirimkan barang sampai ke tangan konsumen.

Strategi penjualan di instagram dengan dunia nyata pun berbeda juga. Namun pada soal teknik sama. Yaitu berpromosi secara gencar atas suatu produk agar dapat sampai ditarget pasar untuk menarik dan mendapatkan penjualan.

Bagi anda yang memilih fokus pada bisnis online di media sosial instagram atau ig, berikut ini cara berjualan mudah di instagram dan dijamin laris manis khusus bagi pemula, antara lain :

Membuat akun di Instagram

Namanya jualan barang atau produk di Instagram mengharuskan anda membuat akun tersendiri di instagram dengan nama khusus yang tepat berkaitan dengan produk anda. Misalkan Anda menjual buku bacaan anak maka akun ig yang dibuat adalah @jualbukuanakjakarta.

Baca Juga : Teori Bisnis Kanvas

Hal tersebut supaya akun instagram yang dibuat tampak lebih meyakinkan konsumen atau profesional. Anda menjual baju gamis maka anda dapat membuat akun di instagram dengan nama @jualgamismurah.

Dari sinilah sangat jelas, akun yang dibuat harus mengandung kata kunci dengan nama yang berkaitan dengan nama bisnis anda. Dan pastikan nama akun singkat, jelas dan menarik dengan tingkat pencarian yang banyak di instagram.

Baca Juga :  Cara Menambah Followers Instagram 2019




Intinya, jangan pernah membuat akun pribadi untuk bercampur baur dengan kepentingan berjualan. Misalkan akun pribadi atas nama anda dipakai untuk berjualan. Karena tampak tidak nyambung dan profesional.

Untuk lebih mudahnya dalam memberi nama akun untuk jualan di instagram maka anda dapat melakukan riset kata kunci di google. Misalkan anda menjual busana muslimah di instagram maka anda dapat mengetikkan busana muslimah di google.

Maka akan banyak kata-kata LSI yang banyak dicari orang. Kata-kata LSI itulah yang bisa dijadikan nama akun jualan di instagram. Seperti @jualjilbabbandung.

Berjualan mudah di instagram : Followers tertarget

Selepas pembuatan akun jualan di instagram berhasil dengan baik, anda harus melanjutkan dengan langkah kedua yaitu mencari follower sebanyak mungkin dan tertarget. Contoh jika anda menjual pakaian anak maka anda tinggal mencari follower yang tertarik terhadap baju anak.

Caranya dengan mencari follower tersebut di akun komunitas seperti komunitas pengusaha pakaian anak, komunitas jual beli baju anak, komunitas cinta anak dan komunitas lain yang peduli terhadap anak.

Baca Juga : Usaha Menguntungkan dengan Ide Bisnis Profit Besar

Untuk anda yang membuat akun di instagram untuk berjualan kuliner maka anda dapat mencari follower di akun komunitas pengusaha makanan, jual beli kuliner online dan komunitas lain di ig yang masih berkaitan dengan bisnis kuliner.

Dan anda dapat memfollow 30 orang dalam lima waktu berbeda. Sehingga dalam sehari anda dapat memfollow 200 orang. Hal tersebut jika dilakukan secara konsisten dapat membuat anda memiliki banyak follower.




Misalkan 100 ribu follower. Setelah mempunyai jumlah follower yang banyak maka anda dapat melakukan private akun yang menimbulkan rasa penasaran orang lain terhadap barang yang sobat jual.

Berjualan mudah di instagram : Photo produk

Hal itu dilakukan untuk menarik perhatian calon konsumen hingga terjadi transaksi penjualan. Jumlah foto atau gambar produk yang diupload pada tahap permulaan bisa sekitar 40 foto atau gambar.

Waktu yang terbaik untuk melakukan upload foto produk di instagram adalah pada waktu jam 8.00 sampai 9.00 Pagi. Dan jam 12.000 sampai 13.000 wib. Lalu jam 16.00 sampai 17.00 wib. Serta jam 20.00 hingga 21.000 wib.

Baca Juga :  Mengenal Fungsi Aplikasi Facebook Terbaru Tahun ini

Waktu tersebut adalah saat banyak orang sedang bermain aplikasi media sosial instagram. Sehingga mampu meningkatkan penjualan.

Pastikan foto produk yang diupload di instagram berkualitas bagus, sangat jelas dengan tingkat pencahayaan yang baik serta detail sehingga tidak memunculkan perbedaan persepsi.

Pastikan kamera yang digunakan adalah kamera beresolusi tinggi yang mampu menangkap objek gambar dengan sangat jernih.




Setelah mendapatkan poto produk yang jelas, detail dan jernih, kemudian anda wajib menuliskan caption terhadap foto tersebut. Caption yang berisi tentang semua informasi berkaitan dengan barang itu.

Tulisan caption harus berfungsi sebagai sarana promosi yang sifatnya jelas, padat dan singkat. Lalu masukkan deskripsi produk.

Misalkan : ukuran gamis, warna gamis, bahan gamis, berat dan harga gamis, dan lain sebagainya. Tentu saja deskripsi sebuah produk berbeda dengan produk lainnya. Silahkan disesuaikan.

Berjualan mudah di instagram : Gunakan Hashtag yang relevan

Hashtag adalah suatu kata kunci yang sering dipergunakan orang dalam memudahkan pencarian. Sehingga dapat menemukan akun anda. Istilah hashtag populer sekali di dunia instagram.

Baca Juga : Bisnis Ibu Rumah Tangga

Penggunaan hashtag bermanfaat untuk meningkatkan penjualan. Pada saat sobat telah melakukan upload foto produk beserta caption, dan keterangan deskripsi maka berikan juga hashtag yang relevan.

Jika anda kesulitan dalam membuat hashtag terbaik maka anda dapat memdownload aplikasi Hashtag di Google Playstore. Setelah selesai mendownloadnya maka masukkan nama produk yang anda jual.

Contohnya : baju gamis. Dengan sendirinya aplikasi ini akan menguraikan beberapa referensi hashtag yang pas dan banyak dicari orang. Anda pun dapat menuliskannya di instagram. Termasuk hashtag nama merk barang sobat.

Upload beberapa testimoni pelanggan

Cara ini dilakukan untuk meyakinkan calon konsumen terhadap kualitas produk anda. Untuk mendapatkan testimoni biasanya diberikan oleh pelanggan yang puas terhadap produk anda melalui berbagai jalur. Seperti mengirim pesan singkat SMS maupun email dan chatting.

Demikian cara berjualan mudah di instagram. Mudah-mudahan jualan anda di instagram dapat laris manis dengan mempraktekan tips di atas. Sehingga dapat mendongkrak keuntungan dalam bisnis toko online dua kali lipat.