Bisnis Online Melalui Android Google PlayStore

Jutaan orang tidak menyadari bahwa banyak sekali bisnis online yang bisa anda lakukan salah satunya dengan melalui android di Google Playstore. Sejauh ini anda hanya mengetahui bahwa usaha online hanya melalui sosial media dan website saja. Namun ada banyak sebenarnya yang bisa anda manfaatkan di era digitalisasi ini.

Usaha di dunia maya dalam bentuk aplikasi masih menjadi salah satu faktor luar biasa dahsyat yang bisa anda kembangkan. Serta anda bisa menghasilkan pundi pundi hingga puluhan juta dari bisnis online melalui aplikasi pada google playstore ini.

Tidak bisa dipungkiri hasil yang besar pasti sebanding dengan usaha yang harus dilakukan, jika anda menekuni dengan sungguh-sungguh usaha online ini, maka saya yakin anda bisa berhasil di dalamnya.

Bisnis Online Melalui Android Google PlayStore

Bisnis Online melalui android - Cover

Salah satu mengapa saya mengangkat tema ini pada blog saya, adalah karena potensi yang dihasilkan sangat besar dari bisnis aplikasi pada gplay atau dengan nama panjang Google PlayStore.

Memang tidak mudah, karena anda harus dapat membuat aplikasi terlebih dahulu sebelum anda mendaftarkan pada Google PlayStore.

Melalui artikel ini, saya akan berikan beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan dalam mengembangkan bisnis online melalui android pada Google Playstore. Saya akan usahakan jelaskan dengan rinci cara termudah bisnis online di Google Playstore.

Cara Gampang Membuat Aplikasi Android

Saya akan berikan cara – cara gampang untuk anda memulai bisnis online melalui android pada Google Playstore. Cara ini sebenarnya bisa digunakan oleh pemula sekalipun yang ingin coba menekuni bisnis digital yang berbasis aplikasi android.




Bahkan cara ini bisa anda gunakan sekalipun anda tidak bisa membuat aplikasi, karena akan saya beberkan cara mudah bisnis online melalui android di google playstore dengan hanya menginput saja (tanpa coding).

Baca Juga :  Transaksi Online Aman via Danamon Online Banking

Daftar Andromo

Saya yakin ada banyak tutorial yang memberikan cara cara mudah mendaftar pada andromo. Tapi apa anda mengetahui apa fungsi dari andromo itu sendiri ?

Pada sub bab ini, saya akan memberikan ulasang mengenai fungsi dari andromo itu sendiri. Andromo memiliki fungsi agar setiap orang bisa memulai bisnis online melalui android tanpa perlu coding, namun yang perlu anda pikirkan adalah adanya biaya berlangganan atau biaya account andromo yang tidak murah.

Pertama anda bisa buka situs andromo.com

Bisnis Online melalui android - Daftar Andromo

Lalu lakukan signup, dan kemudian login lah pada andromo tersebut. Besarnya biaya yang ada pada andromo cukup mahal menurut saya yaitu berkisar antara $8 hingga $28 per bulan. Tergantung paket apa yang diambil, apakah bulanan atau tahunan dan apakah paket professional ataupun starter, semua itu bisa anda lihat sendiri untuk kelengkapan fitur yang ditawarkan setiap paket.

Saat anda sudah memiliki akun andromo, barulah anda masuk ke tahap selanjutnya.

Create Project Andromo

Bisnis Online melalui android - Create Project

Pada bagian ini anda bisa melakukan atau menentukan nama dari projek yang akan anda buat pada akun andromo anda. Ingat untuk selalu memberikan nama project berbeda pada setiap aplikasi yang anda buat, hal ini untuk memudahkan anda melakukan manage aplikasi di andromo.

Bisnis Online melalui android - Project andromo seobigbang

Terdapat lebih dari 19 jenis aktivitas yang bisa anda pilih hanya dari bagian about activity dan youtube activity. Jenis jenis dari aktivitas ini merupakan suatu tools utama yang dibutuh saat membuat aplikasi.




Building

Pada bagian ini merupakan bagian dimana anda melakukan proses pembuatan APK atau aplikasi android itu sendri.

Bisnis Online melalui android - Building andromo seobigbang

Cara menggunakannya pun cukup mudah, anda tinggal klik tombol hijau bertuliskan “Build My App” (bisa anda lihat pada gambar di atas).

Baca Juga :  Peluang Usaha Terbaru dan Terlaris Tahun ini

Baca Juga : Terjemahkan Bahasa di Sini : Lebih Baik dari Google !

Setelah proses ini selesai maka anda akan diarahkan pada bagian generate atau download file apk anda.

Download APK andromo seobigbang

Download APK

Anda tinggal lakukan refresh pada browser anda, setelah proses building selesai. Baru deh anda bisa lakukan download APK tersebut.

Download APK Menu andromo seobigbang

Setelah anda berhasil menciptakan aplikasi andromo pertama anda, maka anda bisa mulai untuk ke tahap selanjutnya yaitu melakukan pendaftaran Google Play Developer.

Anda bisa membuat aplikasi apapun dengan selera dan keinginan anda, anda bisa membuat aplikasi lagu kamen rider ataupun aplikasi game.

Cara Gampang Mendaftar Google Play Developer

Ok langsung saja akan kita bahas bagaimana anda dapat selangkah lebih dekat dari bisnis online melalui android di Google Playstore. Tentu dong, sebelumnya anda harus memiliki google play developer terlebih dahulu. Caranya tuh mudah banget agar anda memiliki akun ini.

Berikut akan saya jelaskan cara gampang bikin Google Play Developer nya, sebagai berikut :




  1. Kunjungi https://play.google.com/apps/publish/signup/
  2. Lalu baca dan ceklis Google Play Developer distribution agreement 
  3. Selanjutnya, anda harus mengisi biodata dan membayar registration fee
  4. Isi Google Play Developer Profile
  5. Selanjutnya pilih “Publish an Android App…..” ya karena yang penting bisa upload apk saja ke Gplay
  6. Selesai

Nah sampai saat ini anda sudah selesai, selanjutnya anda tinggal ikutin saja alur yang ada dari setiap menu, tinggal anda upload apk atau aplikasi android anda.

Bisnis Online Melalui Android dengan Optimasi Pendapatan Admob

Masih belum keluar dari tujuan kita yaitu bisnis online melalui android di Google Playstore, seperti yang saya pernah singgung bahwa untuk mendapatkan pundi pundi uang di playstore itu bisa dari 3 hal :

  1. Membuat aplikasi berbayar, artinya anda akan menerima uang dari hasil pengguna yang membeli aplikasi anda di playstore
  2. Membuat aplikasi gratis namun dengan fitur khusus yang diwajibkan membayar. Jadi anda selain mendapatkan uang dari monetise aplikasi gratis, tetapi anda juga bisa mendapatkan cash keras karena pembelian aplikasi anda
  3. Membuat aplikasi yang sepenuhnya gratis. Mungkin menurut anda apa bisa menghasilkan uang dari aplikasi yang sepenuhnya gratis ? mari, akan saya bahas di bawah ini.
Baca Juga :  Tips Menjual Barang di Shopee untuk Pemula

Seperti yang sudah saya singgung di atas pada point nomor 3 mengenai anda bisa mendapatkan uang atau bisa bisnis online melalui android di Google Play hanya dengan melakukan upload aplikasi gratis ! Tetapi perlu dicatat bahwasanya, tidak hanya upload aplikasi ke google play store lalu selesai gitu aja. Tidak ! bukan seperti itu, kalau seperti itu saya juga mau hehehe..

Tetapi di sini anda harus memiliki admob terlebih dahulu.

Apa itu Admob ?

Apa ya admob ? mari kita tanya om google..

Apa itu admob

Berdasarkan hasil search google pada gambar di atas, sudah jelas bahwa admob masih merupakan salah satu perusahaan advertising dari google yang didirikan pada tanggal 10 April 2006.

Antara admob dan adsense memiliki perbedaan, namun bukan di artikel saya akan membahas tentang perbedaan tersebut. Saya lebih akan membahas bagaimana cara memulai bisnis online melalui android di Google Playstore. Anda bisa melakukan pendaftaran admob pada link berikut : https://admob.google.com/home/.

Pada artikel selanjutnya saya akan membahas lebih lanjut mengenai Cara Optimasi Admob agar Hasilkan Puluhan Juta Per Bulan. Sampai bertemu pada artikel selanjutnya ^_^ /.