Blogger VS WordPress : Siapa yang Terbaik ?

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Jika anda seorang blogger, tentu anda mengenal kedua platform blogger dan wordpress. Namun blogger vs wordpress menurut anda lebih baik mana ? Pada artikel ini kami akan membahas sisi baik dari kedua nya, hingga dapat ditemukan siapa yang terbaik !

Kegiatan blogging menjadi sebuah aktifitas yang tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Ia bukanlah aktifitas yang sia-sia. Karena terbukti dari kegiatan blogging setiap hari mampu menghasilkan uang dalam jumlah besar. Bagi anda yang mau mengikuti para blogger sukses pastinya harus mengawalinya dari membuat sebuah blog.

Untuk membuat blog ada dua cara yang bisa dipilih yaitu menggunakan platform blogspot maupun wordpress. Bagi mereka yang masih pemula dan bingung harus memilih membuat blog menggunakan blogspot atau wordpress maka artikel ini akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Blogger VS WordPress “Siapa yang Terbaik ?”

Blogger vs wordpress - Siapa yang Terbaik - cover

Di dunia ini ada banyak platform untuk membuat blog berkualitas baik dan profesional. Yang paling populer dan paling direkomendasikan adalah Tumblr, WordPress dan Blogspot.




Namun karena Tumblr diblokir oleh pemerintah maka hanya ada dua pilihan terbaik yakni menggunakan BlogSpot atau WordPress. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui yang terbaik dari Blogger vs WordPress.

Baca Juga : Bisnis Menguntungkan di Bekasi

Kelebihan WordPress

Platform WordPress memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh BlogSpot yakni dari hosting sendiri atau self hosted. Sehingga sangat cocok bagi anda yang berniat memulai karir ngeblog dalam jangka panjang.

Sedangkan untuk pemula yang masih belum mengenal blogging, sangat bagus untuk memulai membuat blog di blogspot yang gratisan dan mudah dalam pembuatan.

Blog platform WordPress Sel Hosted membuat anda mempunyai kontrol penuh terhadap blog anda. Inilah yang membuat para blogger profesional dan kawakan lebih memilih membuat blog wordpress dengan tujuan menghasilkan uang yang aman, nyaman dan bersifat jangka panjang.

Berbeda dengan blog platform blogspot yang mana anda tidak mempunyai kontrol sepenuhnya terhadap blog anda. Karena anda menumpang hosting di blogspot yang kepunyaan perusahaan Google.

Baca Juga :  Mempercepat Loading Website Wordpress Pemula




Sewaktu-waktu jika blog anda melanggar kebijakan Google maka blog anda bisa dihapus oleh pihak Google tanpa pemberitahuan apapun. Dan hal ini sudah sering dialami oleh para blogger di tanah air. Yang membuat mereka lebih memilih membuat blog wordpress self-hosted.

Dalam ringkasan kami memberi beberapa kelebihan wordpress yang mungkin bisa anda jadikan acuan dalam memilih platform terbaik. Diantaranya :

  • Bisa tetap menggunakan subdomain wordpress artinya anda tetap bisa menggunakan wordpress secara gratis
  • Pengaturan layout dan script website menjadi lebih mudah karena adanya fasilitas plugin
  • WordPress lebih banyak digunakan oleh para blogger professional dalam memonetasi website mereka
  • Anda tidak perlu khawatir website anda ditutup sepihak oleh google layaknya platform blogger
  • Sangat banyak pilihan pengaturan website dengan menggunakan plugin, memudahkan anda memaksimalkan tampilan, fungsi, bahkan meningkatkan kecepatan website anda tanpa perlu anda pusing memahami coding, script, html, dan lain sebagainya

Kelebihan Platform Blogger

Adapun yang menjadi kelebihan blogspot atau blogger dibandingkan wordpress adalah :

1. Gratis. Inilah salah satu kelebihan blogger yang tidak dimiliki oleh platform wordpress sebagai self hosted. Dengan bersifat gratis, anda bisa membuat banyak blog secara gratis. Platform ini sangat cocok untuk pemula sebelum memasuki tahap baru sebagai blogger profesional.

Bagi mereka yang ingin ngeblog untuk menghasilkan uang tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun untuk biaya domain dan hosting sangat tepat untuk memilih platform blogspot. Anda tidak akan mengalami kerugian jika blog yang anda bangun gagal. Paling banter, rugi waktu.




Berbeda halnya jika anda membuat dan membangun blog dengan cms wordpress yang harus mengeluarkan modal untuk biaya hosting dan domain. Ketika blog yang dibangun mengalami kegagalan maka anda bukan hanya rugi waktu tapi juga uang.

2. Milik Google. Blogger saat ini dikuasai oleh perusahaan Google Inc. Sehingga sangat mudah masuk ke mesin pencarian google. Akun blogger terhubungdengan akun google yang lain seperti gmail, google drive, google maps, Feed Burner, Picasa Web, dan Google Analytics.

Sedangkan blog yang dibuat dengan platform wordpress bersifat mandiri atau berdiri sendiri dan tidak terintegrasi dengan layanan perusahaan lain. Nama besar Google menjadi jaminan bahwa membuat blog di blogger atau blogspot dijamin aman dan berkualitas terbaik sebab didukung oleh layanan Google.

Baca Juga :  Belajar Memahami Keamanan Website untuk Pemula

3. Lebih gampang. Pembuatan blog di blogspot sangat sederhana dan mudah ketimbang membuat blog di wordpress. Bahkan bagi seorang pemula sekalipun. Hanya dalam hitungan waktu lima menit, seorang pemula dapat membuat blog dengan blogspot secara mudah dan mulai posting tanpa kendala berarti.

Hal ini diakui oleh semua orang berdasarkan survey terbaru bahwa 100 persen blogger mengaku membuat blog di blogspot lebih gampang dibandingkan membuat blog di wordpress.

4. Pilihan nama domain bervariasi. Seseorang yang menggunakan layanan blogger pastinya di ujung blognya bertulis ekstention blogspot. Misalkan : caripeluangusahabaru.blogspot.com . Jika anda ingin mengubah nama domain dengan lebih singkat maka anda bisa mengajukan diri. Seperti : caripeluangusahabaru.com.

5. Mudah pengaturan template. Blogger juga mempunyai tampilan template berbeda-beda. Anda bisa mengatur template sesuai yang anda inginkan.

Kekurangan Blogger

Kelebihan yang dimiliki oleh blog platform blogspot atau blogger tidak mengenyampingkan adanya kekurangan. Yang menjadi kekurangan utama blogspot adalah nama domain yang panjang dan tampak tidak profesional. Contohnya : peluangusaha.blogspot.com . Nama yang kurang profesional dan terkesan tidak serius.



Coba bandingkan dengan blog platform WordPress.Org dengan nama domain : peluangusaha.com yang tampak lebih serius dan profesional.

Selain itu, penggunaan blog dengan blogspot.com akan membatasi jumlah pemirsa atau pengunjung sebab beberapa lembaga publik dan sekolah melakukan pemblokiran terhadap blog berplatform blogspot. Bahkan sebagian master mengatakan bahwa jumlah trafik di blog platform blogspot dibatasi di angka tertentu.

Tujuan seseorang ngeblog mungkin berbeda-beda. Ada yang bertujuan sekedar menyalurkan hobi dan bakat menulis, ada yang sekedar membuat backup data, curhat layaknya buku diary, melakukan tugas sekolah dan ada pula yang fokus bertujuan untuk menghasilkan uang dari blog.

Pembuatan blog menggunakan blogspot tak kalah bagus dengan platform WordPress.Org. Anda bisa menggunakan layanan blogspot atau blogger untuk membuat blog berita, blog personal maupun toko online.

Sebagai bagian dari Google akan membuat blog berplatform blogger atau blogspot akan mudah terindeks mesin pencarian google dan masuk di halaman pertama google dengan kata kunci tertentu.

Namun jika anda ingin benar-benar menghasilkan uang dari blog secara serius maka anda lebih baik menggunakan blog platform WordPress Self-Hosted yang lebih tampil profesional dan lebih mudah dimonetisasi.

Baca Juga :  Cara Membuat Blog Gratis : Panduan Bikin Blog Gratis

Blog wordpress tld lebih mudah diterima oleh google adsense ketimbang blog platform blogspot yang gratisan. Hal ini menunjukkan keseriusan dalam menghasilkan uang lewat blog.



Untuk membuat blog wordpress maupun blogspot sangat mudah. Anda bisa mendapatkan panduannya di mesin pencarian google.

Dalam hitungan kurang dari lima menit anda sudah dapat membuat blog berplatform blogspot. Sedangkan untuk membuat blog wordpress Self-Hosted dibutuhkan waktu kurang lebih 60 menit.

Cara Membuat Blog Di Blogspot

Untuk membuat blog di blogger atau blogspot maka langkah pertama adalah mengunjungi website resmi blogger yaitu blogger.com. Kemudian anda akan mendapatkan halaman blogspot.

Apabila anda sudah mempunyai akun google maka anda bisa log in memakai akun google tersebut. Namun jika anda belum mempunyai akun google maka anda bisa membuatnya secara gratis dengan daftar terlebih dulu.

Setelah masuk ke halaman blogger maka pilih menu NEW BLOG dengan mengkliknya. Lalu akan terbuka halaman baru dan pilih CREATE A FREE BLOG.

Berikutnya, anda tinggal memasukkan nama halaman blog anda dan domain. Kemudian memilih template yang anda kehendaki. Pemilihan template ini wajib dan bebas sekehendak hati anda. Dan bisa berubah sewaktu-waktu kapan anda mau. Setelah selesai klik tombol CREATE BLOG.

Blog anda sudah jadi. Selanjutnya adalah melakukan postingan pertama di dashboard. Dengan cara mengklik tulisan NEW POST di menu Posts. Lakukan penulisan artikel sebanyak 500 kata kemudian posting disertai gambar. Setelah selesai, anda bisa masuk ke menu PAGES untuk menambahkan halaman About, Police And Privacy, dll.

Kemudian supaya blog anda tampil sempurna maka ada sejumlah pengaturan yang harus dilakukan. Caranya dengan masuk ke dashboard blog dan klik Setting. Lakukan pengaturan sesuai yang anda inginkan.

Demikianlah blogger vs wordpress. Jika anda masih dalam tahap pemula lebih baik anda belajar membuat blog dengan blogspot.Karena layanan yang diberikan gratis.

Setelah mempunyai pengalaman, pengetahuan dan keterampilan dasar blogging yang memadai maka anda bisa naik ke tingkat lanjut dengan membuat blog platform WordPress self hosted yang lebih profesional dan menjanjikan.