Cara Berjualan di Bukalapak untuk Pemula

Di era teknologi seperti sekarang ini, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya perdagangan online terutama cara berjualan di Bukalapak. Ada banyak platform belanja online yang menawarkan barang dari para pelaku usaha penghasil produk dan jasa, yang biasa disebut marketplace, tempat berkumpulnya para penjual produk.

Bagi kamu yang menjalankan bisnis online, tentu sekarang ini lebih mudah untuk menemukan beragam situs belanja online yang bisa digunakan sebagai tempat memasarkan produkmu. Saat ini, bukan hanya marketplace asal Negeri Tirai Bambu saja yang memiliki gaung situs perdagangan online yang mendunia, namun marketplace Tanah Air pun sudah mulai unjuk gigi. Sehingga semakin memudahkan para pelaku usaha Indonesia untuk memasarkan produknya agar dikenal orang dengan mudah.

Cara Jualan di Bukalapak untuk Pemula

Cara Berjualan di Bukalapak Perdagangan Online 1

Di antara banyak situs belanja online yang populer beberapa tahun terakhir, Bukalapak tentu menjadi salah satu yang paling diminati para seller. Tidak ada salahnya kamu mencoba menjual produkmu di sini, mengingat proses dan prosedurnya pun relatif cukup mudah. Sebagaimana marketplace lainnya, Bukalapak juga memberi kesempatan yang sangat luas untuk para pebisnis untuk bergabung dan menjual produk mereka dengan nyaman di situs tersebut. Apalagi yang kamu tunggu? Buat akun dan pasarkan produk kamu, nikmati keuntungannya!

Lalu, bagaimana cara berjualan di situs belanja online Bukalapak? Berikut caranya :

Buka Laman (Website) Bukalapak

Langkah pertama untuk bisa berjualan di marketplace Bukalapak tentunya dengan mengunjungi situs belanja online resminya, yakni di https://www.bukalapak.com/.

Setelah berhasil masuk laman Bukalapak, daftarkan diri kamu dengan cara berikut ini :

  1. Klik Kolom Daftar. Kolom “Daftar” ini terdapat pada bagian kanan atas halaman utama Bukalapak. Kamu tinggal klik kolom “Daftar” ini dan akan muncul laman baru untuk langkah selanjutnya.
  2. Isi Formulir Pendaftaran. Setelah masuk pada laman berikutnya, selanjutkan kamu harus mengisi “Formulir Pendaftaran” secara lengkap. Jika kamu tidak ingin mendaftar dengan mengisi formulir tersebut, kamu bisa juga daftar menggunakan akun Facebook dan Google. Kamu tinggal klik bagian kolom tersebut, maka kamu akan terdaftar di akun Bukalapak secara otomatis.
  3. Masukkan Nomor Telepon yang Aktif. Pada kolom pendaftaran ini, jangan lupa untuk memasukkan nomor telepon dan alamat e-mail yang valid, sebab proses pendaftaran ini membutuhkan verifikasi dari kedua media tersebut.
  4. Pilih Nama Toko. Selanjutnya, kamu bisa mengetikkan nama toko online kamu di Bukalapak. Gunakan nama yang unik namun mudah diingat, sehingga orang akan mudah mengenalnya.
  5. Ketikkan Password. Berikutnya, ketikkan password yang akan kamu gunakan untuk mengakses akun ini nantinya. pastikan kamu menggunakan password yang mudah diingat, sehingga kelak kamu tidak akan kesulitan atau bahkan mudah lupa.
  6. Baca Syarat dan Ketentuan. Jangan lupa untuk membaca syarat dan ketentuangn yang berlaku dengan baik, sebelum akhirnya kamu mengisi daftar isian (check list) pada kolom “Setuju” sebagai tanda persetujuan kamu terhadap perjanjian perdagangan online atau penjualan dengan Bukalapak.
  7. Klik Daftar Pada Kolom Submit. Jika semua data sudah lengkap dan terisi dengan tepat, maka klik pada kolom “Daftar” yang terdapat pada bagian bawah formulir, sehingga pendaftaran ini akan segera diselesaikan.
  8. Tunggu Konfirmasi E-Mail. Selanjutnya, kamu akan menerima bukti konfirmasi melalui e-mail yang kamu cantumkan, segera klik link yang dikirimkan untuk mengonfirmasi akun Bukalapak kamu ini.
  9. Akun Bukalapak Siap Digunakan. Jika kamu sudah melakukan konfirmasi, maka akun Bukalapak kamu sudah siap untuk dipakai berjualan.
Baca Juga :  15 Ciri ciri Orang Sukses Yang Bisa Kamu Tiru

Cara Berjualan di Bukalapak dengan Melengkapi Profil Toko

Cara Berjualan di Bukalapak Perdagangan Online 2

Sebelum menjual produk kamu di Bukalapak ini, pastikan kamu melengkapi profil toko terlebih dahulu. Hal ini sangat membantu kamu untuk bisa lebih mudah dalam mendatangkan angka penjualan.

Buatlah profil yang menarik dan tentunya sesuai dengan ketentuan yang diterapkan Bukalapak sejak awal. Ini bisa kamu lakukan dengan membuka menu “Pengaturan” yang terdapat di halaman akun kamu.

Jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon kamu, sehingga para calon pembeli bisa menghubungi kamu dengan mudah. Sertakan juga beragam pengaturan yang kamu anggap perlu dan sesuai, seperti: syarat pengiriman, pembayaran, jumlah produk, dan sebagainya.

Buat akun ini semenarik mungkin agar calon pembeli tertarik dan mengunjungi toko online kamu di Bukalapak. Tentu terlebih lagi adalah akan sangat menyenangkan bila kamu bisa kebanjiran order untuk produk yang kamu jual di toko online ini.

Unggah Foto Produk

Jika semua langkah di atas telah selesai kamu lakukan, maka persiapkan produk kamu dengan baik untuk siap dijual. Caranya, upload (unggah) foto produk kamu di bagian kolom yang tersedia.

Gunakan foto yang jelas dan layak, sehingga orang mudah memahami dan mengerti tentang produk tersebut. Ini juga penting diperhatikan untuk meningkatkan kepercayaan calom pembeli.

Lengkapi semua kolom dengan deskripsi produk yang jelas, termasuk syarat pembayaran, juga pengiriman yang kamu inginkan. Selanjutnya, kamu sudah bisa mulai berjualan di Bukalapak.

Melakukan Pengemasan Dan Mengirimkan Barang

Jika ada yang membeli produk Anda, maka akan muncul notifikasi melalui dashboard akun Bukalapak, SMS, maupun email. Jika status transaksi tertuliskan “DIBAYAR”, maka Anda harus melakukan pengemasan dan segera mengirim barang yang diinginkan oleh customer Anda.

Cara Berjualan di Bukalapak Perdagangan Online 3

Setelah Anda mengirimkan produk Anda, ubahlah status transaksi menjadi “DIKIRIM” pada laman transaksi. Lengkapilah nomor resi dan juga nama jasa pengiriman pada pop-up “KONFIRMASI PENGIRIMAN BARANG”.

Baca Juga :  Cara Menjual Buku Bekas Agar Cepat Laku

Meningkatkan Reputasi Toko Anda

Reputasi merupakan elemen yang penting dalam transaksi jual beli online. Nah, cara menjual barang di Bukalapak berikut akan memberikan potensi keuntungan yang besar bagi toko online Anda. Memiliki reputasi yang baik akan menjadikan lahan bisnis online Anda lebih dipercaya oleh pembeli.

Memantau Transaksi

Untuk memantau segala transaksi pada akun Bukalapak Anda, pilihlah menu MYLAPAK » PENGATURAN » TRANSAKSI. Bukan hanya  penjualan saja, Anda juga dapat memantau tagihan, pembelian, dan komplain/return. Setiap transaksi mempunyai 5 status seperti dibawah ini :

  • Menunggu : Barang dipesan namun belum dibayar oleh pembeli.
  • Dibayar : Barang telah dibayar oleh pembeli. Anda harus mengirim barang ke alamat yang dituju kemudian melakukan konfirmasi pengiriman.
  • Diproses : Barang dalam masa pengiriman.
  • Dikirim : Barang sudah dikirim.
  • Sampai Tujuan : Barang sampai ke alamat tertuju menurut tracking jasa pengiriman.
  • Diterima dan Selesai : Barang diterima oleh pembeli dan uang akan ditransfer ke Buka Dompet

Menikmati Perdagangan Online dengan Memahami Cara Berjualan di Bukalapak

Menjadi salah satu situs belanja online terbesar di Indonesia, Bukalapak juga memberikan kesempatan untuk bergabung menjadi penjual. Kamu bisa dengan mudah mendaftar dan memiliki akun di sana, sehingga kamu dapat berjualan dengan cepat. Pastikan kamu memenuhi semua syarat yang ditetapkan oleh marketplacetersebut, supaya kamu bisa menjual produkmu dengan lancar.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai cara menjual barang di bukalapak beserta dengan langka-langkahnya semoga dari artikel ini dapat bermanfaat untuk anda terima kasih.