Cara Berjualan di Shopee dengan Mudah untuk Pemula

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating 5 (4 votes)

Saat ini pertumbuhan marketplace semakin baik. Bahkan, sudah banyak pilihan marketplace yang menawarkan kemudahan dan keuntungan yang cukup besar. Salah satunya adalah shopee. Selain itu masih banyak yang belum mengetahui cara berjualan di shopee. Keuntungan seperti ini tidak hanya dinikmati para pengguna layanan atau pembeli saja. Namun, marketplace juga dianggap memberikan keuntungan besar bagi para penjual atau pemilik produk.

Tentu saja hal ini juga disesuaikan dengan seluruh produk yang anda tawarkan dengan berbagai promo yang terintegrasi dari layanan marketplace itu.

Misalnya saja layanan ongkos kirim gratis yang membuat banyak pengguna dan pembeli tertarik. Salah satu marketplace yang patut diperhitungkan adalah Shopee.

Shopee dianggap menjadi salah satu marketplace yang menguntungkan bagi banyak penjual. Hal ini yang membuat pertumbuhan angka penjual dan pemilik produk di Shopee terus meningkat. Kemudahan transaksi yang ditawarkan juga menjadi pertimbangan bagi banyak penjual.

Bahkan, anda memiliki peluang dan kesempatan yang besar untuk menjadi penjual di Shopee. Status pemula tidak akan menjadi penghalang untuk menggunakan layanan Shopee. Apalagi cara berjualan di Shopee juga cukup mudah dan gratis.

Tahapan Cara berjualan di Shopee yang Harus anda Tahu

Cara Berjualan di Shopee - Cover

Ada beberapa tahapan penting yang harus anda pahami dan kuasai sebelum berjualan produk di Shopee. Seluruh tahapan ini harus dilakukan dengan maksimal untuk memudahkan proses penjualan dan menarik perhatian banyak pembeli.




Apalagi kompetisi di dalam marketplace tentu saja sangat tinggi karena setiap orang juga dianggap memiliki peluang yang sama. Selain itu, anda juga harus mempertimbangkan nilai dan kualitas dari produk yang ditawarkan.

Shopee memiliki kebijakan yang berkaitan dengan jenis produk yang ditawarkan melalui layanan dan aplikasi mereka. Berikut ini ada beberapa tahapan cara berjualan via Shopee yang wajib anda kuasai seperti :

Menyiapkan Produk yang akan Dijual

Salah satu tahapan dari cara berjualan di Shopee tentu saja menyiapkan seluruh produk yang akan dijual. Anda harus menentukan pilihan produk dengan kualitas yang terbaik.

Selain itu, kuantitas dari produk itu juga harus diperhitungkan. Hal ini untuk menjaga antisipasi terhadap pemesanan atau order dengan jumlah yang banyak.

Tampilan produk memang menjadi pertimbangan bagi banyak pembeli. Ini membuat anda harus membuat tampilan produk lewat packaging yang menarik. Biasanya tampilan ini juga akan disesuaikan lewat foto.

Membuat Deskripsi Produk

Setiap produk yang akan dijual dan ditawarkan melalui Shopee akan membutuhkan deskripsi. Tentu saja deskripsi sangat penting ditampilkan pada bagian produk.




Beberapa pembeli atau orang yang berminat terhadap produk anda akan membaca seluruh deskripsi yang ditampilkan. Hal ini juga akan berkaitan langsung dengan deskripsi dari kualitas dan ketersediaan barang.

Semakin rinci deskripsi yang anda tampilkan biasanya hal itu akan semakin memudahkan orang lain untuk memilih produk anda.

Memahami Seluruh Ketentuan Shopee

Shopee memiliki ketentuan yang harus anda pahami. Hal ini berkaitan dengan jenis produk yang bisa dijual melalui layanan marketplace itu. Anda harus mentaati seluruh ketentuan yang telah dimiliki.

Jenis produk atau barang yang masuk dalam daftar terlarang terdapat di bagian ketentuan layanan. Anda juga bisa bertanya langsung kepada pihak customer representative untuk berkonsultasi terhadap jenis produk yang bisa dijual secara langsung.

Ketentuan lain juga berkaitan dengan retur atau pengembalian produk hingga permintaan pengiriman dana yang berasal dari pembeli.

Download Aplikasi

Tahapan berikutnya yang harus anda lakukan tentu saja dengan mengunduh aplikasi Shoppe. Layanan ini tersedia untuk berbagai platform mobile.




Salah satu saran yang akan memudahkan proses penjualan produk sebaiknya dengan menggunakan smartphone atau perangkat mobile dengan spesifikasi yang sangat tinggi.

Ini akan memudahkan anda untuk memantau secara langsung permintaan produk. Apalagi ada beberapa fitur dari layanan Shopee yang membutuhkan respon sangat cepat seperti chat online.

Upload Produk di Shopee

Mulailah dengan mengupload produk yang dijual. Tentu saja anda juga harus menyesuaikan dengan ketentuan dan peraturan upload produk yang dimiliki oleh layanan Shopee.

Ada beberapa hal penting yang akan memudahkan proses upload produk itu. Beberapa diantaranya seperti menampilkan foto yang berkualitas, mengisi kolom yang telah disediakan dan memberikan deskripsi secara rinci.

Bahkan, judul dari produk yang anda jual akan memberikan pengaruh terhadap ketertarikan banyak pembeli.

Cara Menggunakan Aplikasi dan Layanan Shopee untuk Berjualan

Untuk memudahkan proses penjualan produk sebaiknya gunakan aplikasi Shopee. Aplikasi seperti ini memang menawarkan banyak layanan yang akan menjangkau lebih banyak pembeli.




Cara penggunaan aplikasi yang mudah tentu saja memberikan dampak yang sangat baik untuk perkembangan bisnis anda.

Cara berjualan di Shopee lewat aplikasi tentu saja sangat mudah untuk diterapkan dengan beberapa langkah, seperti :

Mengunduh Aplikasi

Untuk menggunakan layanan Shopee sebaiknya unduh atau download aplikasi. Anda bisa menggunakan berbagai perangkat mobile.

Aplikasi ini juga tersedia secara gratis. Untuk memudahkan proses penjualan produk gunakan aplikasi dengan versi terbaru atau yang sudah mendapatkan pembaruan.

Lengkapi Profil dan Kontak

Setelah anda mengunduh aplikasi itu lengkapi seluruh kolom profil dan kontak. Hal ini sangat penting karena akan menjadi pertimbangan bagi banyak pembeli untuk melihat reputasi atau kontak yang anda miliki.




Isi seluruh kolom dengan data yang benar sehingga orang lain juga bisa menghubungi anda dengan mudah.

Membuka Aplikasi dan Upload Produk

Mulailah membuka aplikasi lalu upload produk. Kemudahan upload produk ini juga hanya dengan menekan beberapa tombol lalu mengisi kolom yang telah disediakan. Tombol untuk upload produk terdapat di halaman layar utama.

Deskripsi Produk

Buat deskripsi pada masing-masing produk. Rincian deskripsi ini memang berfungsi untuk meyakinkan para pembeli. Semakin baik deskripsi itu tentu saja akan membuat orang lain tertarik.

Gunakan Pengaturan Maksimal

Shopee menerapkan pilihan pengaturan dari setiap bagian halaman produk. Biasanya pengaturan ini akan memberikan informasi tentang ketersediaan barang, kuantitas, metode pengiriman hingga ketentuan lainya.



Seluruh informasi seperti ini harus dilakukan melalui kolom pengaturan yang telah disediakan. Anda harus menggunakan pengaturan itu secara maksimal agar para calon pembeli tidak kebingungan.

Lengkapi Sistem Pembayaran

Sistem pembayaran juga harus ditampilkan secara menyeluruh. Hal ini berkaitan dengan kemudahan transaksi yang anda tawarkan kepada pihak pembeli.

Kemudahan ini dengan memberikan pilihan sistem pembayaran secara transfer atau dengan metode cicilan menggunakan kartu kredit. Pengaturan ini sudah diintegrasikan pada saat anda akan melakukan upload produk.



Maksimalkan Fitur Chat Online

Untuk memudahkan proses komunikasi dengan para pembeli, Shopee juga memberikan fitur tambahan. Salah satunya adalah layanan chat online dengan auto reply.

Untuk menggunakan fitur ini anda bisa masuk ke bagian pengaturan Akun Saya  lalu pilih Pengaturan Chat. Pada bagian itu gunakan fitur Auto-Reply. Gunakan kata-kata awal untuk pengaturan auto-reply.

Leave a Reply