3 Cara Melacak Seseorang Melalui WhatsApp

Cara melacak seseorang melalui WhatsApp akan dibahas dalam artikel ini. Pernahkah kamu merasa heran dan ragu ketika teman atau pacar kamu mengirimkan pesan “otw” namun tidak kunjung datang? Atau ketika anggota keluarga kamu pergi keluar namun tidak kunjung pulang ke rumah?




Apakah kamu tahu sebenarnya kamu bisa melacak orang tersebut melalui aplikasi chatting paling populer saat ini yakni Whatsapp? Meskipun caranya sedikit rumit, namun perlu kamu coba! Lantas bagaimana sih caranya? Simak terus artikel kami ya.

Fungsi Melacak Lokasi Seseorang

Melalui Nomor WhatsApp

CARA MELACAK SESEORANG MELALUI WHATSAPP

Kamu jangan berpikiran negatif dahulu mengenai artikel cara melacak seseorang melalui WhatsApp, yang sebenarnya memiliki banyak manfaat dan fungsi yang positif jika digunakan secara benar.  Pada saat kamu bertujuan untuk melacak lokasi nomor whatsapp seseorang maka akan mengurangi kecemasan kamu sebab mengetahui lokasi dari orang yang kamu lacak atau pada saat kamu khawatir akan ditinggal oleh orang yang kamu sayangi.



Atau adik kamu yang kerap pergi dengan gadget namun tidak ijin terlebih dulu maupun lagi mencurigai pacar kamu yang tiba-tiba hilang tanpa kabar serta sering mengabaikan pesan WA kamu padahal doi sedang online. Maka dari itu artikel cara melacak seseorang melalui WhatsApp ini akan memberikan informasi tentang perbedaan dalam melacak dan menyadap nomor WhatsApp.

Perbedaan Melacak Lokasi & Menyadap Nomor pada WhatsApp

Apabila ditinjau melalui tujuan serta maksudnya, cara melacak seseorang melalui WhatsApp dengan melihat lokasi seseorang merupakan hal yang wajar dan masuk akal. Hal tersebut berbeda dengan meng-hack atau menyadap yang secara umum mempunyai konotasi negatif. Lantas apa perbedaan di antara kedua hal tersebut?




1. Menyadap (Hack)

  • Menyadap dari KBBI mempunyai artian mendengarkan/merekam) informasi mengenai rahasia, pembicaraan orang lain dengan sengaja tanpa diketahui oleh orangnya.
  • Menyadap dilakukan guna memperoleh informasi pribadi yang dilakukan sembunyi-sembunyi tanpa diketahui dan dipersetujui orang yang bersangkutan.
  • Menyadap memiliki tujuan yang negatif yang bisa mengakibatkan permasalahan hukum dengan orang tersebut.
Baca Juga :  7 Cara Menambah Penjualan dengan Instagram

2. Melacak (Monitoring)

  • Melacak atau monitoring dari KBBI yakni mengawasi, mengamati, atau mengecek dengan cermat, terutama dengan tujuan khusus; memantau.
  • Monitoring tidak mempunyai intensi maupun tujuan yang merugikan orang lain. Lebih pada langkah preventif dalam mengawasi sekaligus melindungi orang lain dari ancaman yang ada

Apabilah ditinjau dari konteksnya, jelas bahwa melacak lokasi WhatsApp mestinya masuk pada kategori melacak atau monitoring, bukan menyadap atau meng-hack. Jadi Cara melacak seseorang melalui WhatsApp yang akan dibahas dalam artikel ini dengan melacak nomor WA ini dimaksudkan untuk memastikan lokasi dari orang lain yang menjadi kenalan kamu. Akan tetapi tujuan erta maksud pastinya kembali pada tangan kamu masing-masing.

Kumpulan Cara Melacak Lokasi Seseorang Melalui WhatsApp

Cara melacak seseorang melalui WhatsApp ditunjang dengan fitur-fitur di WhatsApp terbaru memang cukup bermanfaat bagi penggunanya, termasuk di dalamnya fitur cara mengetahui lokasi seseorang melalui WA yang terdapat dalam kontak kamu. Tentu saja, selain dari fitur resmi yang dimiliki, ada pula metode dalam melacak lokasi seseorang melalui WhatsApp pada HP tanpa bisa diketahui orang lain.




1. Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Melalui WhatsApp Resmi

Seperti diulas di pembahasan awal, cara melacak seseorang melalui WhatsApp juga mempunyai fitur dalam melacak lokasi dari orang lain bahkan secara real-time atau langsung. Dalam hal ini tentu kamu mesti mengenal orang yang akan kamu lacak lokasinya serta meminta mereka untuk menggunakan fitur dari WA yakni Live Location. Nah, untuk bisa memanfaatkan fitur cara melacak lokasi melalui WA ini, kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang akan kami berikan di bawah ini.

  • Langkah Pertama : Buka aplikasi WhatsApp kemudian pilih orang maupun grup yang akan kamu bagikan live location. Tap di ikon paperclip pada bagian bawah dan  kamu bisa pilih opsi Lokasi. Untuk bisa meng-share live location kamu tap pada opsi Berbagi lokasi terkini.
Baca Juga :  Berjualan Di Instagram Pasti Laris
  • Langkah Kedua : Isikan durasi dari berbagi live location dan isikan pula pesan pada kolom yang disediakan, tap Send guna mulai mengirim. Orang lain yang telah mendapatkan pesan kamu sekarang dapat melihat lokasi kamu secara langsung, termasuk ketika kamu berpindah tempat.




Cukup mudah, bukan Cara melacak seseorang melalui WhatsApp? Fitur Live Location pada WhatsApp ini juga akan secara otomatis berhenti sesudah durasi yang telah ditentukan habis. Kamu pun dapat menghentikan pelacakan tersebut sebelum durasi habis melalui tap Berhenti berbagi di pesan lokasi yang telah kamu bagikan tadi.

2. Cara Melacak Nomor WhatsApp melalui Aplikasi HLR Lookup

Cara melacak seseorang melalui WhatsApp yang kedua dengan cara melacak nomor WA kedua, kamu dapat memanfaatkan aplikasi bernama HLR Lookup. Di aplikasi ini kamu dapat melacak HLR (Home Location Register) yang bisa memberi tahu provider serta lokasi dari pelanggan.

Cara yang satu ini sangat dapat kamu gunakan contohnya pada saat memperoleh pesan penipuan dari WhatsApp dan kamu hendak mengetahui lokasi dari si pelaku. Kamu dapat mengetahui lokasi tersebut melalui WhatsApp pada HP kamu tanpa bisa diketahui dengan cukup gampang. Lantas bagaimanakah sih caranya?




  • Langkah Pertama : Download dan install aplikasi HLR Lookup melalui google play store ataupun google pencarian.
  • Langkah Kedua : Buka aplikasi HLR Lookup dan kamu hanya perlu memasukkan nomor dari penipu WhatsApp yang ingin kamu lacak lokasinya. Apabila sudah silakan kamu tap pada tombol Send.
  • Langkah Ketiga : Tunggu beberapa waktu sampai kamu diberitahukan detail dari kode area, layanan provider, negara, wilayah, serta kota daripada nomor tersebut. Kamu juga dapat membagikan informasi tersebut dengan tap ikon Share pada bagian bawah.

Metode dalam melacak nomor WhatsApp yang satu ini memang agak kurang akurat dan tidak bisa memberikan kamu lokasi yang pasti dari orang yang ingin kamu lacak. Akan tetapi setidaknya, kamu dapat memiliki perkiraan dari mana asal pelaku. Terutama melalui informasi yang mana nomor tersebut telah didaftarkan.

Baca Juga :  Cara Hack Instagram Berhasil Dan Mudah

3. Cara Melihat Lokasi Teman WhatsApp melalui Google Maps

Cara melacak seseorang melalui WhatsApp dengan melacak lokasi melalui WhatsApp yang terakhir ini ialah dengan memanfaatkan aplikasi bawaan di HP Android, yaitu Google Maps. Selain dapat digunakan untuk navigasi, ternyata aplikasi dari Google ini juga memiliki banyak fitur yang bermanfaat.

Salah satunya ialah berbagi lokasi secara real-time dengan memiliki tingkat keakuratan yang cukup tinggi. Pada poin ini kamu juga dapat meng-share lokasi dari Google Maps melalui WhatsApp dengan kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini.




  • Langkah Pertama : Buka aplikasi Google Maps yang terdapat pada HP Android kamu. Di halaman utama silakan tap pada ikon hamburger serta pilih opsi Berbagi lokasi.
  • Langkah Kedua : Untuk bisa mulai membagikan supaya orang lain dapat melacak lokasi, kamu hanya perlu men-tap Mulai. Maka kan nampak muncul beberapa opsi untuk membagikan, pada langkah ini kamu hanya perlu memilih WhatsApp.
  • Langkah Ketiga : Pilih kontak yang akan kamu kirimi lokasinya. Maka kan muncul link, nah link tersebut nantinya akan mengarahkan kamu pada Google Maps untuk bisa melacak lokasi dari orang tersebut.

Cara melacak seseorang melalui whatsapp ini hanya perlu kamu beri tahukan serta terapkan, entah itu kepada teman, keluarga, maupun pacar yang akan kamu lacak lokasinya. Dengan cara yang relatif mudah tadi kamu tidak akan kesulitan kan pastinya?

Kesimpulan

Demikian artikel kami mengenai Cara Melacak Seseorang Melalui Whatsapp. Dengan membaca artikel kami di atas, sekarang kamu dapat mengetahuui mengenai lokasi dari teman, keluarga ataupun pacar kamu.



Kamu tidak akan lagi khawatir dan risau terhadap kenalan kamu jika tidak ada kabar darinya. Dan manfaat lainnya kamu bisa lebih mengamankan teman atau diri kamu sendiri ketika sedang bepergian. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.