Cara Membalik Layar Laptop Yang Jarang Diketahui

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Artikel ini menjelaskan tentang bagaimana cara membalik layar laptop. Dijelaskan sesuai alur dari latarbelakang hingga trik dan tips jitu nya. Sebelum membahas lebih lanjut, seobigbang akan membuka pembahasan dengan pengantar atau latar belakang.

Pada suatu hari, penulis dikagetkan dengan beberapa komputer dan laptop yang ada di kantor semua layarnya terbalik. Para karyawan meminta bantuan penulis bagaimana untuk memperbaikinya.

Penulis menduga layar laptop dan komputer tersebut mengalami kerusakan dari segi hardware. Namun ternyata, layar laptop dan komputer yang terbalik merupakan keisengan salah satu karyawan di kantor. Setelah diperbaiki maka layar laptop dalam keadaan normal kembali.

Sejak saat itulah, saya menyadari bahwa tampilan layar komputer atau laptop yang terbalik bukanlah suatu kerusakan. Tapi memang semua layar komputer dan laptop bisa dibalik atau diputar sesuai yang kita kehendaki.

Ilmu ini hanya sedikit diketahui oleh pengguna komputer dan laptop. Bahkan orang yang terbiasa bekerja sehar-hari menggunakan komputer, laptop atau netbook masih banyak yang belum mengetahui trik ini.

Pendek kata, jika anda sudah terbiasa melihat layar smartphone terbalik dan dapat dibolak balik sesuai selera menggunakan fitur Putar Otomatis. Anda pun bisa membuat hal demikian pada layar laptop. Caranya mudah sekali dan tidak memerlukan koneksi internet maupun aplikasi.

Cara membalik layar di smartphone dengan terlebih dulu menyalakan ponsel pintar. Lalu klik Pengaturan. Ceklis tulisan Rotasi Layar Otomatis. Cara lain dengan klik menu Potret menjadi Rotasi Otomatis.

Baca Juga : Cara Menggunakan Whatsapp Web di Komputer

Dengan sendirinya secara otomatis layar smartphone akan terbalik jika anda membalikkan smartphone. Fitur ini berguna untuk membaca ebook di hp agar lebih leluasa dan mudah.

Manfaat Layar Laptop Dibalik

Cara Membalik Layar Laptop Yang Jarang Diketahui - cover

Dengan menguasai teknik memutar layar laptop ada banyak manfaat yang bisa dimaksimalkan. Berikut ini sejumlah manfaat layar laptop dibalik atau diputar 90 derajat maupun 180 derajat, antara lain :

Baca Juga :  Masuk Safe Mode Windows 7 : Ini Cara Terbaiknya !




1. Menghindari penggunaan laptop dari orang yang tak bertanggungjawab

Ketika anda sedang mengerjakan tugas pekerjaan di laptop. Namun karena ada suatu keperluan mendadak perlu meninggalkan laptop maka anda bisa memutar balik tammpilan layar laptop. Supaya tidak ada seorang pun menggunakan laptop anda dari orang di sekitar anda.

2. Menyaksikan objek gambar, foto atau tulisan dari sudut pandang berbeda

Bagi seorang seniman seperti pelukis perlu melihat suatu objek dari sudut pandang yang berbeda. Sehingga nampak kelebihan dan kekurangan atas objek gambar atau foto tersebut.

Begitupula, bagi seorang pembaca yang bosan membaca ebook di komputer secara normal maka bisa mencobanya untuk membaca ebook atau tulisan agak miring atau terbalik. Namun semua itu adalah pilihan bagi mereka yang ingin merasakan sesuatu yang berbeda.

3. Melihattulisan dan gambar dengan lebih nyaman

Seringkali seseorang membuat  tulisan maupun gambar dengan posisi yang terbalik. Untuk melihat gambar, atau tulisan yang terbalik pastinya tidak nyaman.

Tidak mungkin anda membalikkan laptop anda. Namun semua itu dapat dengan mudah dilakukan dengan cara memutar tampilan layar laptop anda maka anda bisa membaca tulisan, dan melihat gambar dengan sangat nyaman.

4. Menjahili rekan kerja atau teman

Perbuatan jahil tidak selamanya berkesan negatif jika anda berniat untuk berbuat baik. Misalkan anda berniat untuk menguji keterampilan ilmu komputer rekan kerja maupun teman maka anda bisa mencobanya dengan cara membalikkan atau memutar tampilan layar laptop milik teman anda tersebut tanpa sepengetahuannya.

Apalagi teman kerja anda termasuk orang yang suka berbuat jahil maka anda bisa melakukan perbuatan jahil kepadanya kembali untuk memberikn efek jera tak melakukan tindakan jahil lagi pada orang lain khususnya anda. Karena perbuatan jahil tidak enak dirasakan oleh dirinya dan begitupula yang dirasakan oleh orang lain.

Setelah teman atau rekan kerja anda itu tidak bisa berbuat apa-apa untuk memperbaiki penampilan layar laptop yang terbalik maka anda bisa menolongnya dengan mengembalikan tampilan layar laptop ke posisi normal atau semula. Cara menjahili ini tidak berbahaya.

Baca Juga :  Cara Mengembalikan File Terhapus Di HP Android

Cara Membalik Layar Laptop

Cara membalik dan memutar tampilan layar laptop merupakan sebuah tutorial yang sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Bahkan oleh orang awam sekalipun.

Teknik ini sangat praktis dapat dilakukan di laptop anda maupun orang lain. Sungguh mengasyikkan menguasai metode ini yang membuat anda akan dipandang ahli komputer oleh orang di sekitar.

Berikut ini beberapa cara membalik layar laptop yang mudah sekali bagi anda, antara lain :




1. Membalikkan layar laptop memakai aplikasi iRotate

Untuk mulai menggunakan iRotate maka anda diharuskan mendownload aplikasi ini terlebih dahulu. Silahkan pada mesin pencarian Google masukkan kalimat : Download gratis iRotate.

Maka anda akan mendapatkan banyak situs yang menyediakan aplikasi iRotate yang dapat diunduh secara gratis di laptop anda. Pastikan koneksi internet sangat cepat dan stabil supaya proses download dilakukan secara cepat dan lancar.

2. Akses ke Screen Resolution

Anda dapat pula melakukan pemutaran atau rotasi layar laptop dengan mengakses Screen Resolution yang terdapat di komputer atau laptop sobat yang menggunakan Windows 7 dan 8. Caranya dengan kembali ke home atau halaman desktop utama laptop sobat. Klik kanan maka akan ada tampilan menu.

Pilih tulisan Screen Resolution.  Akan tampak sebuah jendela baru. Pilihlah Orientation dan anda bisa memilih tampilan layar sesuai selera, yaitu : Portrait Flipped, Landscape Flipped, Portrait, dan Landscape. Setelah menentukan pilihan, tekan Ok. Klik Keep Change.

Untuk sobat yang memakai laptop dengan sistem operasi Windows XP pastinya tidak bisa melakukan teknik membalikkan layar laptop seperti di atas.

Karena hanya berlaku untuk laptop OS windows 7 dan 8. Namun anda sebagai pengguna laptop OS windows XP bisa mengakalinya dengan cara klik kanan pada halaman desktop. Pilih Properties. Klik Display. Pilihlah orientasi layar sesuai yang dikehendaki.

3. Menggunakan Kartu Grafis

Cara membalikkan tampilan layar laptop dapat pula menggunakan kartu grafis yang terdapat pada laptop. Cek terlebih dahulu kartu grafis yang terdapat pada laptop sobat.



Klik tombol Start. Pada kolom pencarian masukkan kalimat : “Device Manager” hingga tampak tulisan Device manager di atasnya. Lalu klik tulisan Device Manager.  Setelah masuk ke menu Device Manager, pilih Display Adapters. Anda akan mengetahui kartu grafis anda.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

4. Kombinasi Keyboard

Ada banyak jalan menuju Roma. Itulah berlaku dalam cara membalik layar laptop. Anda bisa mencoba cara satu ini.Cara ini dilakukan jika anda tidak bisa memutar layar memakai AMD Catalyst, Nvidia Control Panel, Intel Graphic Option, dan lain-lain. Jika gagal bisa mencari cara lain.

Namun dari semua itu yang paling mudah adalah memakai keyboard. Dengan cara ini anda dapat memutar layar laptop sampai 180 derajat. Tentu ini sangat mengasyikkan dan memberikan perspektif berbeda dalam melihat objek foto, gambar dan tulisan di layar laptop.

Untuk melakukan rotasi layar laptop, anda tinggal menekan tombol CTRL + ALT + Arrow bawah untuk memutar layar laptop pada keyboard. Menekan Ctrl + Alt + panah kanan untuk memutar layar laptop ke arah kanan sampai 90 derajat. Menekan tombol CTRL + ALT + panah kiri untuk memutar layar ke kiri sebanyak 90 derajat. Menekan tombol CTRL + ALT+ panah atas untuk mengembalikan layar laptop ke posisi semula.

Sejak sekarang apabila anda melihat tampilan layar laptop yang terbalik atau miring maka tidak usah kaget lagi. Karena itu sudah disetting sedemikian rupa oleh pemiliknya supaya tidak diganggu oleh pihak yang tak berwenang.

Cara mengembalikan layar laptop seperti semula gampang sekali. Layar laptop yang terbalik bukanlah suatu kerusakan hardware atau software melainkan sebuah fitur tambahan layaknya di sebuah ponsel pintar. Cara memutar layar laptop dan komputer ini bisa dilakukan pada windows xp, windows 7, 8, 9 dan 10.

Demikianlah cara membalik layar laptop secara mudah. Jika teknik ini tidak bekerja dengan baik di perangkat laptop mungkin disebabkan banyak hal. Seperti produsen laptop anda telah menonaktifkan fitur membalikkan layar di laptop sobat, dan driver yang harus diperbaharui.