5 Cara Membangun Bisnis Startup Buat Para Pemula

Kalau kamu merasa jenuh dengan kerja kantoran berarti kamu mesti tahu cara membangun bisnis startup. Apalagi di zaman canggih dimana teknologi sudah semakin berkembang dengan pesat.

Pengertian Bisnis Startup

Tapi sebelum langsung lakukan pencarian mengenai cara membangun bisnis startup, tentu kamu pertama-tama mesti cari tahu dulu apa itu pengertian bisnis startup. Startup itu sendiri biasanya bisnis rintisan yang usianya belum lama dan masih dalam tahap pengembangan.



Pengertian bisnis startup tidak terbatas pada lingkup teknologi internet dan website saja, namun karena saat mulai dikenal pada akhir tahun 1990 an, istilah startup muncul bersamaan dengan teknologi internet dan website, jadi ketiganya selalu dikaitkan.

Nah, setelah tahu pengertian bisnis startup, cara membangun bisnis startup selanjutnya tentu saja menebak contoh-contoh bisnis startup bukan? Seperti startup e-commerce, startup game, startup fintech, dan sebagainya. Seiring perkembangan teknologi, pengertian bisnis startup tidak terbatas pada website saja, namun sudah mulai merambah ke aplikasi mobile yang menjanjikan.

Jenis-jenis Startup

Cara membangun bisnis startup selanjutnya adalah mengetahui apa saja jenis-jenis startup itu. Mau tahu? Buat menjawab pertanyaan kamu, simak paparan jenis-jenis startup di bawah ini ya.

Buyable Startup

Cara Membangun Bisnis Startup Buyable Startup

Jenis-jenis startup yang ada sekarang ini semakin banyak, salah satunya adalah Buyable Startup yaitu startup yang melibatkan banyak orang. Cara membangun bisnis startup ini pun kamu mesti cermat, pintar serta mampu mempengaruhi orang buat gabung dan berinvestasi ke startup kamu. Selain itu tentu saja mesti percaya diri, gigih serta pantang menyerah dalam memajukan startup kamu.

Ciri khasnya adalah kamu mencari modal dari investasi para investor, jadi bukan dengan cara tradisional. Keuntungan besar bisa kamu dapatkan saat startup sudah berjalan dan berhasil dijual ke pihak ketiga. Walau baru mulai berkembang, namun masa depan startup jenis ini sangat cerah dan menjanjikan serta bakal banyak diminati.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Investor Bisnis : Terbaru 2020 !

Startup Bisnis Kecil

Sebagai salah satu jenis dari jenis-jenis startup yang ada, jenis ini sesuai namanya, tidak termasuk bisnis startup yang mau dikembangkan sangat besar.



Jenis keuntungan yang didapat juga minim dan tidak terlalu banyak. Jenis ini cocok buat kamu para pemula yang baru mau menekuni bisnis startup.

Namun kamu mesti siapin mental, pantang menyerah, jangan mudah mengeluh dan juga rajinlah menabung agar bisa dipakai buat memajukan bisnis startup kamu.

Social Startup

Cara Membangun Bisnis Startup Social Startup

Dari jenis-jenis startup lainnya, social startup termasuk startup yang dirintis demi kepentingan serta manfaat bersama atas asas sosial. Fokusnya adalah pada kegiatan sosial yang bakal berdampak besar buat pemecahan masalah sosial yang ada dalam masyarakat.

Karena itulah tujuan dari bisnis startup jenis ini bukan untuk mencari keuntungan, walau ada juga beberapa yang bertujuan tersebut. Jadi kalau kamu berjiwa individualis dan berniat mencari keuntungan besar, jenis bisnis startup satu ini bukanlah buat kamu.  Sebaliknya kalau kamu memiliki panggilan buat perbaiki masalah sosial sekitar kami, maka jenis startup ini sempurna buat kamu.

Salah satu contohnya adalah kitabisa.com. Selain kamu bisa memperbaiki masalah sosial yang ada, kamu juga sekalian membuka lapangan kerja bagi para pengangguran yang masih banyak di Indonesia ini.

Startup Lifestyle

Dibanding jenis-jenis startup lainnya, jenis startup ini merupakan favorit kebanyakan anak muda yang berpikiran kreatif serta memiliki ide-ide segar yang kadang tidak terpikirkan.



Selain kamu bisa menjalani hobi kesukaan kamu, kamu juga sekalian mendapatkan keuntungan dari menjalankannya. Ada rasa puas serta bangga karena bisa menghidupi diri sembari menjalani hobi kesukaan. Jadi mulailah cari tahu hobi kesukaan kamu yang bisa menambah pundi-pundi penghasilan kamu.

Salah satu contohnya adalah ruang guru, yaitu penyedia jasa kursus les privat online. Bagi pendirinya, mengajar adalah merupakan passion yang kemudian dituangkan dalam aplikasi berupa ruang guru yang bertujuan memberi edukasi secara online.

Scalable Startup

Related Posts
Baca Juga :  Usaha Yang Menjanjikan 2019 : Rekomendasi Penulis

Jenis startup ini cocok buat kamu yang berambisi membuat startup terkenal yang bisa menghasilkan keuntungan sangat besar serta membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Kreativitas tinggi merupakan kunci utama startup jenis ini, selain tentu saja kepandaian mempengaruhi para investor buat berinvestasi, kegigihan, pantang menyerah, keuletan serta tentu saja modal yang cukup besar.



Kamu mesti bisa meyakinkan para investor agar mereka mau menanamkan investasi di mereka, misalnya dengan mempresentasikan bisnis startup kamu dan memproyeksikan bahwa bisnis itu bakal sukses dan mampu memberi timbal balik keuntungan maksimal buat mereka.

Misalnya adalah bisnis startup e-commerce yang semakin berkembang pesat saat ini hingga menarik minat para investor buat menaruh investasi maupun saham di dalamnya. Terutama ditambah faktor pengiriman logistik yang bisa menjangkau hingga ke daerah terpencil sekalipun serta semakin banyaknya orang memilih belanja online buat kebutuhan mereka.

Bisnis e-commerce yang bisa dicontoh adalah Tokopedia, Shopee, dan lainnya yang mendapatkan pendanaan serta investasi dari investor. Akhir-akhir ini penjualan barang online dan jasa yang mereka tawarkan sangatlah pesat peningkatannya. Selain mendapat keuntungan, jenis bisnis startup ini juga sekalian membantu jutaan penjual serta pedagang online memasarkan produk maupun jasa mereka dari berbagai penjuru.

Cara Membangun Bisnis Startup

Cara Membangun Bisnis Startup cover

Nah, kalau kamu mau tahu beberapa cara membangun bisnis startup terutama buat kamu para pemula, baca saja ulasan di bawah ini ya.

Tentukan Produk Atau Jasa Unik Dan Kreatif

Ini cara membangun bisnis startup yang penting, karena kalau produk maupun jasa yang kamu promosikan termasuk pasaran, maka bakal sulit buat kamu untuk bersaing dengan bisnis startup lainnya.

Baca Juga : Peluang Usaha yang Menjanjikan

Selain itu jangan memilih produk berdasarkan trend saja, karena trend itu cuma bersifat sementara, biasanya setelah booming maka akan mengalami penurunan.

Tentukan Analisa Pasar

Sebelum menjalankan bisnis, ada baiknya kamu mengidentifikasi target pasar yang mau kamu gapai buat menjual produk maupun jasa kamu.




Dengan begitu kamu bisa tahu kondisi masyarakat saat itu, terutama di bidang sosial ekonomi. Tentu kamu mau tetapkan harga yang tepat sesuai kemampuan kondisi pembeli bukan?

Baca Juga :  3 Besar Daftar Perusahaan Tbk di Jakarta Berdasarkan IDX

Tentukan Bisnis Plan Startup

Cara membangun bisnis startup terpenting yang mesti diperhatikan adalah penentuan bisnis plan startup, soalnya ini merupakan jantung dari bisnis kamu. Apapun jenis bisnis kamu, entah itu digital maupun tradisional, bisnis plan adalah elemen terpenting.

Walau garis besarnya sama, tapi cara pengaplikasiannya sedikit berbeda, sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada. Kalau dulu promosi atau pemasaran hanya melalui iklan TV atau radio, kini seiring perkembangan teknologi internet, maka bisa merambah hingga aplikasi online, website maupun media sosial seperti Instagram, Twitter, atau lainnya.

Kamu bisa membuat bisnis plan startup sederhana dengan memakai Domainesia maupun dengan model bisnis kanvas yang dikembangkan Alexander Osterwalder.

Tentukan Budaya Bisnis Startup Sejak Hari Pertama

Ini juga termasuk faktor penting dari cara membangun bisnis startup, karena bisnis maupun perusahaan apapun mesti memiliki budaya yang kuat di dalamnya.




Karena dengan budaya bisnis yang baik, akan terbentuk karakter yang baik juga. Ada baiknya budaya bisnis dibentuk dengan memikirkan selain kemajuan bisnis, juga kesejahteraan para karyawannya.

Bentuk Tim Kreatif, Solid Dan Positif

Tentukan anggota tim yang memiliki visi yang sama juga merupakan bagian dari cara membangun bisnis startup, berwawasan luas serta memiliki pemikiran kreatif dan out of the box.




Dengan begitu maka kamu bakal terbantu mengembangkan bisnis startup kamu. Kamu bisa berdiskusi dan bersama-sama mencari pemecahan dari berbagai permasalahan yang bisa saja terjadi.

Nah, demikianlah berbagai cara membangun bisnis startup, mulailah dengan memikirkan ide sederhana yang unik dan kreatif, kemudian jalani semua cara di atas. Selamat mencoba!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1354

No votes so far! Be the first to rate this post.