Cara Membangun Website Berita Traffic Tinggi

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Salah satu cara atau jenis membangun website yang berpotensial menghasilkan keuntungan besar dengan jumlah trafik tinggi adalah website berita atau situs portal tertentu. Karena website berita sangat mudah untuk populer dan setiap orang selalu mencari berita terbaru.

Baik dalam soal berita selebritis, olahraga, kesehatan, teknologi, ekonomi, politik, dan lain sebagainya. Situs portal pun sangat mudah masuk ke halaman pertama search engine optimization google serta mudah masuk ke google trend.

Cara Membangun Website Berita

Cara Membangun Website Berita Traffic Tinggi - cover




Kompetitor website berita sangat tinggi. Baik di dalam negeri maupun luarnegeri. Ada berbagai macam situs portal yang ada di Indonesia. Baik yang dimiliki oleh kalangan personal, pemerintah maupun perusahaan.

Kompetitor yang sangat besar itulah yang membuat sebagian website berita mengalami kegagalan dan hanya sebagian kecil mendapatkan kesuksesan.

Baca Juga : Tempat Liburan Favorit Surabaya

Walaupun tingkat persaingan bisnis website berita sangat ketat di dalam negeri dan mancanegara.Tak menyurutkan berbagai perusahaan dan para blogger profesional untuk menggarap niche ini.

Karena pangsa pasar sangat luas. Dan setiap hari orang membutuhkan berita terbaru untuk mengetahui berita terupdate.

Di luar negeri ada salah satu surat kabar terkenal yang memutuskan untuk tidak menerbitkan surat kabar cetak lagi. Perusahaan ini lebih memilih untuk menerbitkan berita secara online atau digital. Karena surat kabar cetak sudah ketinggalan jaman dan tidak menjanjikan lagi.

Pemilihan bisnis media massa secara digital yang lebih dikenal website berita sangatlah tepat. Dimana di jaman modern ini kebanyakan orang lebih memilih membaca berita secara online di media website berita portal ketimbang membaca di media massa cetak. Adapun cara membangun website berita berbeda dengan membangun website niche lain.

Persaingan Website Berita

Untuk contoh web portal berita sangat banyak. Seperti kompas, liputan6, tribunnews dan lain-lain. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini cara membangun website berita online dari awal sampai berdiri, antara lain :

Baca Juga :  Panduan Pemula : Cara Membuat Blog Secara Gratis

1. Merekrut tenaga penulis atau content writer

Website berita membutuhkan update setiap hari. Karena kuantitas artikel yang diposting di situs portal harus sangat banyak. Minimal lima artikel perhari. Sehingga website berita tetap up to date dan menarik.

Jika anda mampu menulis artikel berita terbaru dalam jumlah banyak minimal 5 artikel maka anda bisa menjadi content writer bagi website berita anda. Hal ini akan menghemat biaya pengeluaran dalam usaha membangun web berita.

Baca Juga : Cara Transfer Pulsa Semua Operator

Apabila anda mempunyai modal usaha yang cukup besar alangkah baiknya untuk mempekerjakan minimal dua orang penulis atau content writer.




Adapun berita yang ditulis dalam website berita milik anda adalah berita-berita terbaru soal teknologi, smartphone, ekonomi, politik, bisnis, selebritis, dan tema lainnya yang bersumber dari portal berita besar yang terpercaya. Seperti tempo.com, liputan6.com, detik.com, dan website berita besar lainnya.

Karena website berita yang anda buat bukan website perusahaan melainkan bersifat personal maka anda bisa merewrite artikel-artikel berita dari beberapa situs portal berita besar tersebut dari dalam negeri atau luar negeri.

Secara perlahan trafik perhari akan naik sedikit demi sedikit hingga jutaan trafik perhari. Yang dibutuhkan adalah kesabaran dan ketekunan.

Jika anda membangun website berita secara profesional seperti menggunakan tenaga reportase atau wartawan maupun content writer tetap.Tetap saja membutuhkan artikel hasil rewrite dari portal berita besar.

Karena hasil reportase tidak selamanya diperoleh setiap hari. Website berita adalah identik dengan update setiap hari bahkan setiap detik yang dinanti-nanti oleh pembaca.

Sehingga setiap hari harus melakukan update beberapa kali disebabkan para pengunjung tetap menanti-nanti berita terbaru setiap detik.

Berdasarkan patokan website berita mesti diupdate setiap jam atau sekurang-sekurangnya 21 artikel sampai 25 artikel perhari atau 24 jam. Untuk lebih mudahnya dilakukan penjadwalan penulisan artikel berita per satu jam satu artikel.

Dengan demikian, membuat dan membangun website berita membutuhkan biaya dan tenaga kerja yang banyak. Karena dikelola secara bersama-sama.

Baca Juga :  10 Website Penyedia Belajar Pembuatan Website

Tenaga kerja yang dibutuhkan adalah bagian Editor yang bertugas untuk mengedit setiap artikel yang masuk dari para content writer atau penulis. Mengedit artikel artinya memperbaiki artikel yang kurang bagus dalam susunan kata atau menambahkan gambar yang kurang lengkap.

2. Clickbait

Persaingan website berita sangat tinggi. Sehingga website berita anda harus memiliki nilai lebih atau keunggulan ketimbang pesaing. Dan menurut pihak Google setiap detiknya bermunculan ribuan hingga jutaan artikel yang diposting di website.




Inilah yang membuat artikel berita yang anda buat harus mampu bersaing. Salah satu caranya dengan membuat artikel berita terbaru dengan judul menarik atau fantastis tapi bukan hoax.

Kemudian pastikan panjang artikel di atas 500 kata. Yang membuat mudah terindeks mesin pencarian google di halaman pertama.

3. Promosi

Kehadiran website berita yang terupdate setiap hari akan percuma jika tidak ada pengunjungnya sama sekali. Karena trafik sama dengan uang. Oleh sebab itu, perlu upaya promosi untuk mengenalkan website berita anda kepada orang lain atau netizen.

Seperti dengan cara teknik SEO ataupun membagikan konten artikel berita terbaru lewat media sosial, forum, komentar di website orang lain dll. Jangan lupa untuk mencantumkan link konten.

Baca Juga : Cara Membangun Website Berita Traffic Tinggi

Pendek kata, banyak sekali cara promosi website berita yang bisa dilakukan. Seperti Google Adwords, iklan di televisi, radio, pasang iklan dan lain-lain. Dari mulai berbayar atau yang gratisan.

Namun dari semua cara promosi website berita yang terbaik adalah promosi lewat mesin pencarian atau search engine optimization google (SEO).Yaitu sebuah artikel yang dapat masuk di halaman pertama mesin pencarian google.




Caranya gampang. Dengan melakukan promosi website berita anda di blog atau website bertrafik tinggi. Sehingga anda secara tak langsung memasang backlink dofollow. Yang membuat artikel berita anda cepat masuk ke dalam halaman pertama google.

Website berita yang cepat terkenal pun melakukan demikian pada tahap awalnya. Dengan cara berpromosi website berita secara gencardi website trafik tinggi maka trafik secara perlahan akan naik drastis dan optimal yang bersumber dari trafik organik dan non organik. Namun pastikan promosi dilakukan secara baik dan benar. Tidak melakukan spam dan aturan terlarang dari Google.

Baca Juga :  Cara Membuat Blog Safelink Sesuai TOS Google

4. Sabar

Salah satu keunggulan website berita yang harus anda pertahankan adalah kemampuan update yang sangat tinggi perhari, perjam, permenit dan perdetik. Inilah kesulitan yang harus dilalui oleh website berita baru.

Tenaga tercurah sepenuhnya kepada website portal yang setiap detik, menit harus diupdate dengan artikel yang banyak untuk mendapatkan pengunjung sebanyak mungkin. Tidak bagus jika website berita hanya menyajikan berita yang sudah kedaluarsa atau basi.

Sebelum memutuskan membuat website berita maka anda harus bertanya dulu kemampuan anda dalam menulis berita perhari dan sebanyak mungkin.




Di waktu sibuk pun anda harus menyempatkan diri untuk menulis berita update bukan hanya satu tapi puluhan atau minimal 8 artikel.

Sama seperti membangun website niche, membangun website berita membutuhkan kesabaran ekstra. Di bulan pertama, mungkin website berita anda belum mendapatkan pengunjung sama sekali.

Sebab belum terindeks google semua artikel berita. Di bulan kedua, jumlah pengunjung website masih sangat sedikit dikisaran puluhan perhari. Dan di bulan ketiga, trafik bisa mencapai ratusan perhari. Begitu seterusnya.

5. Monetisasi website berita

Setelah website berita yang anda bangun mempunyai trafik tinggi perhari maka anda bisa segera memonetisasi dengan berbagai cara. Seperti menjual artikel review, menyewakan space iklan mandiri, iklan adsense, popcash, dan lain sebagainya.

Demikianlah cara mengelola dan membangun website berita. Yang ternyata memerlukan modal besar untuk biaya jasa upah content writer, beli host dan lain-sebagainya. Semoga bermanfaat bagi anda semua.