Cara Membuat Blog Adsense dan Cara Monetize Blog

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating 5 (5 votes)

Peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari blog adsense sebenarnya cukup besar. Hal ini akan disesuaikan dengan niat dan kesabaran kamu untuk membangun sebuah blog. Tentu anda harus mengetahui cara membuat blog adsense beserta cara monetize blog tersebut. Apalagi Google juga sering melakukan pembaruan terhadap algoritma yang dianggap mempengaruhi posisi dari blog hingga metode pencarian dari artikel.

Selain itu, kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal penting yang berkaitan dengan kualitas dari blog itu sendiri. Semakin baik kualitas dari konten dan tampilan dari blog itu juga akan memberikan pengaruh terhadap kenyamanan dari banyak pembaca. Ada banyak metode dan cara membuat blog adsense yang bisa kamu terapkan dengan mudah. Namun, perlu diingat bahwa metode itu juga membutuhkan modal.

8 Komponen Penting Cara Membuat Blog Adsense

Cara Membuat Blog Adsense - Cara Monetize Blog - Cover

Untuk membuat blog adsense kamu harus memperhatikan beberapa komponen penting. Tentu saja komponen dari blog itu akan saling berkaitan satu dengan lainnya. Bahkan, beberapa komponen juga sangat dibutuhkan bagi kamu untuk melakukan monetize sehingga memberikan penghasilan yang lebih baik. Berikut ini beberapa komponen penting yang harus dimaksimalkan dari cara membuat blog adsense, seperti :




1. Mulai menentukan nama blog

Ini adalah cara bikin blog adsense yang harus diperhitungkan dengan sangat baik. Nama akan menjadi pertimbangan bagi banyak pengunjung yang melakukan pencarian melalui Google Search Engine. Cobalah menggunakan nama yang sesuai dengan kategori atau konten dari blog itu.

Misalnya saja dengan mengambil istilah kesehatan bila kamu ingin membuat blog dengan konten yang berkaitan dengan kesehatan. Nama seperti ini juga akan digunakan pada domain blog kamu. Semakin baik nama yang digunakan biasanya akan membuat orang lain mudah mengingatnya.

2. Memilih platform yang ideal

Saat ini ada banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog yang digunakan untuk adsense. Namun, beberapa publisher atau blogger lebih banyak memilih untuk menggunakan platform Blogspot dan WordPress.

Masing-masing dari publisher memiliki alasan yang berbeda untuk menentukan pilihan platform itu. Sebagian dari mereka menganggap bahwa Blogspot sangat ideal untuk digunakan dalam adsense.




Alasan logisnya adalah Blogspot merupakan produk yang berasal dari Google sehingga lebih mendapatkan prioritas. Namun, sebagian dari blogger lainnya menggunakan WordPress karena lebih mudah untuk menerapkan perubahan dan dukungan plugin.

3. Menentukan kategori blog yang baik

Rekomendasi dari cara membuat blog adsense lainnya adalah dengan menentukan kategori blog yang sangat baik. Cobalah kamu pilih kategori blog yang sesuai dengan kemampuan kamu untuk mengelola. Selain itu, kategori seperti ini juga akan memberikan kemudahan terhadap seluruh konten yang dibutuhkan.

Mungkin kamu bisa mempertimbangkan beberapa kategori populer seperti bisnis, kesehatan, dekorasi interior, wisata, kecantikan atau lainnya. Namun, untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang signifikan dalam waktu yang lebih cepat mungkin bisa mencoba untuk memilih kategori yang lebih khusus. Misalnya saja dengan kategori asuransi kesehatan jiwa, kategori sosial media, kategori aplikasi android dan lainnya.

4. Menggunakan template mobile friendly

Masing-masing dari platform yang kamu gunakan untuk membuat blog adsense sebaiknya didukung dengan template atau theme yang baik dan tidak terlalu berlebihan.

Hal ini selalu dikaitkan dengan template mobile friendly. Semakin baik template itu biasanya akan membuat pengunjung lain dengan sangat mudah untuk membuka melalui smartphone atau perangkat mobile lainnya.




Cara seperti ini juga menjadi syarat dari Google untuk membuat posisi dari blog kamu cukup baik di Search Engine. Kamu bisa mendapatkan template atau theme itu secara gratis atau dengan berbayar.

5. Memposting konten berkualitas

Konten menjadi hal yang memberikan pengaruh besar dari kualitas blog kamu. Mulailah dengan memposting konten yang sangat berkualitas. Cara seperti ini akan meningkatkan jumlah pengunjung yang berasal dari search engine.

Konten yang berkualitas biasanya bebas dari plagiat dan memiliki jumlah kata yang cukup banyak. Selain itu, pembahasan dari konten itu juga tidak bertele-tele dan langsung pada point penting yang akan dibahas.

Untuk memaksimakan kualitas dari konten itu sebaiknya tambahkan gambar pendukung setiap poin penting.

6. Membuat daftar isian blog

Untuk memenuhi persyaratan dari blog adsense tambahkan daftar isian. Biasanya daftar isian seperti ini merupakan list seluruh konten dari blog yang telah diposting.




Setiap platform yang kamu gunakan biasanya memiliki cara yang berbeda untuk menampilkan daftar isian.

7. Mendaftarkan blog ke webmaster tools

Setelah blog kamu selesai dibangun dengan dukungan banyak konten sebaiknya daftarkan segera ke Webmaster Tools. Fungsi dari tools ini adalah untuk mempermudah index setiap konten yang telah diposting dalam waktu yang lebih cepat. Selain itu, Google juga menyarankan untuk melakukan cara ini sebagai persyaratan untuk mengikuti program adsense.

8. Integrasi dengan Google Analytic

Google Analytic memang dianggap memberikan pengaruh terhadap perkembangan blog kamu. Tools yang berasal dari Google ini bisa memberikan data penting berupa jumlah pengunjung hingga konten atau kata kunci populer. Biasanya seluruh hasil data itu akan menjadi evaluasi terhadap konten berikutnya yang akan kamu posting.




Cara Monetize Blog yang Harus Anda Pahami

Blog yang sudah dibangun dengan berbagai dukungan komponen berkualitas biasanya akan mendapatkan jumlah pengunjung yang signifikan.

Untuk menerapkan cara monetize blog seperti ini sebaiknya pertimbangkan kebijakan yang telah dimiliki oleh Google. Hal ini akan berkaitan dengan umur blog, jumlah pengunjung hingga konten yang ada di blog itu sendiri.



Bila blog kamu sudah memenuhi syarat itu tentu saja akan semakin mudah untuk menerapkan monetize melalui Google Adsense. Ada beberapa hal penting yang harus diperhitungkan dari panduan monetize blog, seperti:

1. Menggunakan Google adsense

Salah satu dari cara monetize blog yang sangat populer dengan menggunakan Google Adsense. Ini adalah program kerja sama antara publisher dengan Google untuk menempatkan iklan di bagian halaman blog. Kamu bisa mendaftarkan langsung blog itu ke google.com/adsense.

Ada beberapa form yang harus diisi lengkap dengan persyaratan yang harus diikuti. Program ini bisa memberikan penghasilan yang cukup signifikan bila pengunjung blog kamu juga cukup banyak.



Apalagi bila konten blog kamu sangat berkualitas itu akan mempengaruhi nilai iklan yang muncul.

2. Mencoba Content Placement

Saat ini sudah banyak perusahaan atau institusi bisnis tertentu yang bekerja sama dengan para publisher atau blogger dengan program Content Placement.

Biasanya cara seperti ini diterapkan dengan menempatkan konten tertentu yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan itu. Selain itu, konten review juga menjadi bagian dari Content Placement.

3. Program Afiliasi

Beberapa publisher dan blogger juga sudah mulai mempertimbangkan program afiliasi untuk monetize blog. Metode seperti ini biasanya dipengaruhi oleh topik dari konten yang ada di blog kamu.

Misalnya saja dengan menggunakan blog yang memiliki konten wisata dan mencoba program afiliasi dari travel agent tertentu. Penghasilan yang kamu dapatkan biasanya dengan komisi dari penjualan tiket atau booking hotel.

Leave a Reply