Cara Membuat Blog dan Cara Mendaftar Google Adsense

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Terkadang sebagian orang berpikir bahwa membuat suatu website atau blog adalah hal yang sulit dan mahal. Banyak dari mereka belum mengetahui cara membuat blog – membuat blogspot, hingga cara mendaftar google adsense. Di sini, Seobigbang akan membantu anda menjabarkan mudahnya membuat blog hingga dapat menghasilkan  uang dari internet.

Homepage Blogger - Cara Membuat Blog - Membuat Blogspot - Cara Mendaftar Google Adsense

Banyak pilihan platform gratis yang bisa anda temukan seperti membuat blogspot, membuat wordpress, dan lain sebagainya. Sebelumnya kita telah menyinggung cara membuat website gratis dengan wordpress, namun sekarang kami akan memberikan cara membuat blog dengan blogspot.

Kami rasa cara membuat blogspot sudah banyak di internet. Namun akan coba kami jelaskan dengan kalimat dan langkah-langkah yang lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Artikel ini didedikasikan kepada pemula. Tentu jika anda adalah seorang yang expert di bidang webmaster, maka anda tidak memerlukan tips cara membuat blog ini.

CARA MEMBUAT BLOG

Cover Artikel - Cara Membuat Blog - Membuat Blogspot - Cara Mendaftar Google Adsense

Sebelum memulai langkah-langkah yang akan kami jelaskan. Kami akan memberikan beberapa hal penting terkait artikel ini, diantaranya :

  • Pertama, blogspot yang akan dibahas di sini merupakan sebuah platform gratis yang disediakan oleh Google. Google menawarkan hal gratis kepada anda untuk dapat membuat blogspot atau blog secara cuma-cuma.
  • Kedua, jika tujuan anda untuk menghasilkan uang. Dan ingin membangun blog dengan tampilan profesional, maka saran kami gunakan wordpress. WordPress lebih mudah digunakan, dibandingkan membuat blogspot.

 Langkah Demi Langkah Cara Membuat Blog – Membuat Blogspot

Untuk bikin blogspot, anda harus membuka link blogger.com dan lakukan login dengan akun google anda. Akun gmail anda juga termasuk akun google anda yang dapat anda gunakan untuk masuk ke blogger.




Untuk pengguna pertama, anda akan melihat sebuah pilihan (option) yang digunakan untuk identifikasi profile google plus anda. Selain itu anda juga bisa menggunakan akun profile blogger anda untuk itu. Kami merekomendasikan anda untuk menggunakan akun Google Plus.

Sekali anda masuk ke dalam akun blogger, maka anda bisa langsung pilih “new blog” atau “membuat blog baru” : http://draft.blogger.com/create-blog.g?hca=true.

 Beri Nama Blog Anda

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah masukan sebuah nama dan pilih domain yang anda inginkan.

Perlu anda ketahui, bahwa sebaiknya anda hindari penggunaan nama pribadi sebagai nama domain. Kecuali nama pribadi anda merupakan nama brand yang sedang anda tumbuhkan atau bangun.

Setelah itu anda bisa memilih template blogger yang anda inginkan. Anda bisa ubah tampilan template ini kapanpun. Namun perlu anda ingat, setiap perubahan blog akan berdampak pada SERP anda (Search Engine Result Page).

Memilih Template - Cara Membuat Blog - Membuat Blogspot - Cara Mendaftar Google Adsense

Sekarang anda sudah berhasil membuat blogspot, tetapi ini belum sepenuhnya bisa di publish sebagai blog anda.




Masih ada beberapa hal yang harus anda setting saat bikin blogspot siap publish. Hal ini merupakan hal standar yang harus anda lakukan mengenai cara membuat blog dengan blogspot.

Pilihan Overview - Cara Membuat Blog - Membuat Blogspot - Cara Mendaftar Google Adsense

jika anda ingin langsung memulai menulis pada blog anda. Anda bisa arahkan kursor dan klik “posts” > “New Post” lalu anda bisa menulis artikel atau konten pada blog anda.

Anda perlu ingat, sebelum anda memulai menulis artikel sebaiknya anda menuju “pages” dan buat setidaknya satu pages dengan nama “about”. Pages atau halaman ini berfungsi sebagai penjelasan mengenai siapa diri anda dan blog tentang apa yang sedang anda bangun.




Hal yang paling penting adalah anda harus merubah template blog anda menjadi lebih profesional. Karena menurut kami jika anda menggunakan template bawaan (default blogger) dari blogger, maka sudah jelas tampilan blog anda akan membosankan.

Pada artikel yang lain, kami telah memberikan daftar template desain premium gratis kepada anda. Anda bisa memilih template yang tidak membosankan pada daftar tersebut. Untuk merubah template, anda bisa ke “Setting” lalu ke “Template”. Jika anda memiliki file .xml maka anda bisa upload file tersebut pada pilihan backup/restore di pojok kanan atas.

Upload Template - Cara Membuat Blog - Membuat Blogspot - Cara Mendaftar Google Adsense

Cara membuat blog berikutnya adalah kita akan lakukan setting pada layout blogspot anda. Pada layout tersebut anda bisa tambahkan fitur baru / widget baru ataupun bisa anda hapus yang sudah ada. Semua tergantung konsekuensi yang akan anda lakukan.



Ubah Layout - Cara Membuat Blog - Membuat Blogspot - Cara Mendaftar Google Adsense

Setelah anda berhasil melakukan update konten dengan melakukan publish artikel yang cukup banyak. Serta anda sudah melihat banyak artikel anda sudah terindex di Google (baca : agar website terindex google). Maka selanjutnya, anda bisa lakukan setting google adsense untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Caranya adalah pergi ke Setting lalu ke Earning (seperti pada gambar di bawah ini).

Earning Blogspot - Cara Membuat Blog - Membuat Blogspot - Cara Mendaftar Google Adsense

Cara membuat blog di atas yang telah kami jelaskan sudah cukup bagi anda untuk memulai membuat blogspot sendiri dan mendapatkan penghasilan dari blog. Selain cara bikin blog, kami juga akan menjelaskan bagaimana cara mendaftar google adsense untuk anda.



 Cara Mendaftar Google Adsense

Sebagai seorang blogger yang tahu cara membuat blog dengan baik dan profesional. Sudah hal wajib bagi anda untuk mengetahui cara daftar google adsense agar mendapatkan penghasilan di internet.

Perlu diketahui bahwa google adsense merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari Google. Karena salah satu daya tarik google untuk menggiring banyak pengguna nya agar setia kepada Google adalah dengan google adsense. Google adsense memberikan banyak keuntungan bagi blogger karena memberikan penghasilan yang terus menerus setiap bulannya, jika anda memiliki optima blog yang baik.



Kami telah melakukan posting sebelumnya mengenai alternatif selain google adsense yang bisa anda baca, jika anda merasa google adsense tidak cocok bagi anda.

Ada beberapa syarat yang harus anda penuhi jika ingin melakukan pendaftaran ke google adsense, diantaranya :

  • Pertama, tentu saja anda wajib memiliki setidaknya blog gratis seperti blogspot atau lebih baik lagi jika anda memiliki blog/website dengan custom domain (.com dan lainnya)
  • Anda harus terdaftar dengan usia di atas 18 tahun, jika anda di bawah itu. Maka saran kami silahkan gunakan KTP orang tua atau saudara anda yang memiliki usia di atas 18 tahun.

 Mengenal Proses Pembuatan Google Adsense

Akhir-akhir ini google banyak merombak sistem penerimaan (approval) terhadap akun google adsense yang baru, namun beberapa langkah masih sama seperti sebelumnya. Berikut beberapa langkah mendaftar akun google adsense :

  • Daftar google adsense pada menu earning blogspot yang telah dijelaskan di atas
  • Add adsense code ke blog anda
  • Selanjutnya adsense akan melakukan review apakah blog anda diterima atau tidak. Selambatnya anda akan mendapatkan jawaban sekitar 2 minggu dari pengajuan pembuatan akun google adsense

Saat ini akun google adsense sangat sulit didapatkan walaupun anda sudah mengetahui cara mendaftar google adsense, namun bukan berarti anda sudah pasti dapat diterima. Banyak dari blogger putus asa saat dapat penolakan, lalu memutuskan untuk membeli akun google adsense.

Kami sangat tidak menyarankan membeli akun google adsense. Karena disamping harga nya mahal, namun potensi untuk di banned akan lebih besar.

 Langkah-langkah Lengkap Membuat Akun Google Adsense

Pertama, anda bisa manfaatkan fasilitas menu earning pada blogspot dan kemudian melakukan pendaftaran dari link tersebut. Namun jika anda pengguna wordpress, anda bisa kunjungi link : https://www.google.com/adsense/apply

Anda akan melihat pilihan / option pembuatan akun google adsense, atau anda bisa memilih existing Google account jika anda sudah memiliki google account.

Welcome Page Google Adsense - Cara Membuat Blog - Membuat Blogspot - Cara Mendaftar Google Adsense



Catatan : Jika anda memiliki custom domain seperti seobigbang.com dan anda sedang menggunakan aplikasi gmail. Kami sarankan anda memilih cara mendaftar dengan akun tersebut agar dapat mudah terkontrol oleh anda. Ketika anda melihat alamat email dengan spesifik domain di dalamnya, misal admin@seobigbang.com . Maka hal ini dapat meningkatkan keberhasilan penerimaan google adsense menjadi lebih besar.

Welcome Page Google Adsense 2 - Cara Membuat Blog - Membuat Blogspot - Cara Mendaftar Google Adsense

Form di atas merupakan form yang jelas secara langsung (tidak bertele-tele) untuk menanyakan informasi anda. Anda bisa klik save and continue.

 Informasi Kontak Anda pada Google Adsense

Adsense Application - Cara Membuat Blog - Membuat Blogspot - Cara Mendaftar Google Adsense

Hal yang paling penting dan harus diingat adalah anda harus benar-benar memasukan bagian “payee name” sesuai dengan nama pada kartu identitas anda (KTP atau kartu SIM).



Jadi pastikan bahwa nama terdaftar “Payee name” dan nama pada akun bank anda adalah sama, agar memudahkan proses penarikan dana.

Selanjutnya, anda bisa memasukan data tambahan sesuai dengan perintah yang tertera.

 Terima Semua Adsense Policies

Anda harus melakukan ceklis pada setiap box kosong pada adsense policies di bawah ini.

Adsense Policies - Cara Membuat Blog - Membuat Blogspot - Cara Mendaftar Google Adsense

Hal ini menandakan bahwa anda sudah benar-benar setuju dengan segala peraturan google adsense.

 Daftar dengan Akun Email Anda

Cara mendaftar google adsense berikutnya adalah anda harus memasukan alamat atau akun email google yang akan digunakan sebagai login google adsense anda.

Anda harus memasukannya dengan benar dan pastikan bahwa akun email yang anda daftarkan belum pernah digunakan sebagai pendaftaran google adsense. Anda juga harus memastikan bahwa pada saat itu tidak ada login akun google adsense lain yang sedang terbuka.

Adsense Sign Up - Cara Membuat Blog - Membuat Blogspot - Cara Mendaftar Google Adsense

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwa sebaiknya anda menggunakan alamat atau akun email yang sudah ada dibandingkan membuat baru khusus untuk google adsense.




Sebaiknya anda mendaftar dengan menggunakan alamat email yang memiliki domain custom di dalamnya seperti admin@seobigbang.com . Ini lebih cepat proses penerimaannya.

 Permintaan PIN Google Adsense

Di saat earning anda sudah mencapai batas tertentu , atau asumsikan saja di angka Rp 150.000 (akun Indonesia) dan $13 (akun USA). Maka anda bisa melakukan “request PIN” agar google adsense dapat melakukan verifikasi kembali terhadap alamat anda.

PIN tersebut akan dikirimkan ke alamat anda sesuai dengan alamat yang tertera pada akun google adsense anda. Google adsense asumsi bahwa PIN akan sampai kurang lebih 1 – 2 bulan sejak pengajuan PIN. Namun pada kasus seobigbang.com sendiri PIN datang hanya berkisar kurang lebih 5 hari.

Jadi yang selanjutnya dari cara mendaftar google adsense, dan perlu anda masukan datanya adalah :




  • Tax information
  • PIN Google adsense

Contoh di bawah ini adalah untuk akun USA dan India Publisher

Submit Tax Information Adsense - Cara Membuat Blog - Membuat Blogspot - Cara Mendaftar Google Adsense

 Memasukan Adsense PIN

Ketika anda sudah menerima PIN, maka hal yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :

Nomor PIN Google Adsense - Cara Membuat Blog - Membuat Blogspot - Cara Mendaftar Google Adsense

Submit Adsense PIN - Cara Membuat Blog - Membuat Blogspot - Cara Mendaftar Google Adsense

Perlu diingat, jika akun google adsense anda sudah mencapai Rp 1.300.000 atau $100 maka anda bisa menerima pembayaran anda dengan bebeapa pilihan withdrawal, antara lain :

  • Menggunakan Western Union
  • Transfer langsung ke rekening bank anda

Jika akun anda pada dasarnya memiliki mata uang rupiah dan anda ingin melakukan pencairan dana metode transfer bank (wire transfer) maka tidak ada potongan. Namun jika akun anda memiliki mata uang $ (dollar) dan ingin transfer ke rekening bank indonesia (mata uang rupiah), maka akan ada potongan yang cukup besar.




Selesai sudah pembahasan seobigbang mengenai cara membuat blog, membuat blogspot, hingga cara mendaftar google adsense.

Kami harap artikel ini dapat membantu anda

Leave a Reply