Cara Membuat Blog Gratis : Panduan Bikin Blog Gratis

Ulasan kami kali ini akan membahas tentang cara membuat blog gratis. Dengan panduan bikin blog gratis ini, kami harap anda mampu memahami nya dengan mudah. Namun sebelumnya jawablah pertanyaan ini, “Apa alasan Anda ingin membuat blog?”

Mungkin terpikir membuat blog  karena Anda bukan karyawan kantor, atau karena ingin memiliki dunia baru? Apakah Anda tahu kalau blog bisa menghasilkan uang?




Seandainya itu benar, tidak masalah. Motivasi setiap orang membuat blog itu bermacam-macam, dan salah satunya adalah ingin mendapatkan penghasilan (income) dari blog. Selanjutnya kami akan merangkum panduan bikin blog gratis khusus untuk Anda.

Seperti seorang penulis, mereka harus tahu arti “Why” kebanyakan orang hanya ingin sukses karena melihat yang lain sukses. Boleh saja, namun alangkah bijak, jika kita sebaiknya tahu apa tujuan dari suatu proses pembuatan.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com (Blogspot)

Cara Membuat Blog Gratis - Panduan Bikin Blog Gratis - Cover

Sebenarnya kami sangat mendukung rencana pembuatan blog Anda, untuk itu kami akan mengulas sedikit tentang cara membuat blog gratis beserta panduan bikin blog.

Apapun alasannya setiap orang harus menjadi lebih baik, terlebih urusan finansial bukan? Nah, sebelum membuat blog, lebih baik kita belajar mengenal istilah-istilah dalam dunia blogging. Yuk kita simak!

Blog adalah sejenis jurnal atau diary di internet

Blogger adalah pembuat blog yang membagikan berbagai informasi, cerita, dan hasil pikiran melalui blog.




Blogging adalah aktivitas pembuatan blog. Blogging kini semakin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya blogger baru dengan berbagai gaya penulisan yang memiliki berbagai topik yang berbeda. Ada juga di blog mereka yang menjabarkan tentang cara membuat blog gratis yang juga dilengkapi dengan panduan bikin blog gratis.

Untuk membuat blog, sebenarnya ada banyak platform yang bisa kita gunakan, antara lain; WordPress, Tumblr, Blogger, Weebly, Webs, Jigsy, serta masih banyak lagi.

Pada umumnya para blogger di Indonesia hanya menggunakan WordPress dan Blogger (blogspot). Sehingga InsyaAllah kami hanya akan menjelaskan tentang dua platform ini.

Adapun langkah-langkah membuat blog gratis di Blogger.com

  • Membuka situs Blogger.com, kemudian klik link berikut untuk membuka Blogger berbahasa Indonesia pada browser Anda Blogger.com
  • Pada halaman Blogger.com klik tombol “Buat Blog” atau tombol “Masuk” . Anda akan diarahkan ke halaman untuk masuk ke akun Google. Kemudian masukkan alamat email Gmail ke kolom yang telah disediakan, lalu klik tombol berikutnya. Intinya membuat blog di blogspot harus terlebih dahulu Login ke akun Google
  • Masukkan pasword email Anda ke kolom yang telah disediakan, kemudian klik tombol berikutnya
  • Jika Anda baru kali ini membuat blog di Blogger, maka Anda akan dimita untuk mengisi profil akun Google yang akan digunakan. Anda dapat menggunakan akun Blogger biasa maupun Akun Google+ . Kami menganjurkan untuk menggunakan akun Google+ saja. Caranya klik tombol buat profil Google+
  • Selanjutnya formulir pengisian data di profil Google+ Anda akan terisi secara otomatis. Namun jika Anda ingin mengedit sebagian data juga boleh. Halaman ini memang khusus untuk kesepakatan profil antara Anda dan Google+. Setelah selesai klik “Buat Profile”.




Baca Juga :  Cara Mengelola Blog Agar Menarik Perhatian Pengunjung
  • Arahan selanjutnya adalah halaman untuk diisi dengan foto profil pada akun Google Anda. Jika tidak ingin menggunakan foto, maka Anda langsung klik “Lewati”. Namun jika Anda ingin menambah foto profil, maka pilih logo kamera pada halaman tersebut, kemudian upload gambar. Setelah proses upload selesai klik tombol “Simpan”
  • Saat ini Anda sudah selesai membuat akun Google+ . Selanjutnya Anda klik “Lanjutkan ke Blogger”
  • Untuk memulai membuat blog baru, pilih tombol “Buat Blog Baru”
  • Anda akan diarahkan ke halaman selanjutnya di mana Anda bisa membuat “Judul Blog” pun menentukan alamat atau nama subdomainnya serta memilih tema dari blog Anda.
  • Setelah semua terisi, kemudian klik tombol “Buat Blog”
  • Sampai di sini Anda sudah memiliki blog baru, tapi sebenarnya belum selesai, selanjutnya Anda harus melakukan beberapa pengaturan dan mempelajari beberapa navigasi di halaman kerja Blogger.




Sedikit keterangan tentang menu atau navigasi dashboard Blogger :

  • Pos : Daftar artikel yang telah ditulis, sudah diterbitkan, dan artikel yang masih dalam bentuk draft.
  • Statistik : Data statistik tentang blog Anda. Diantaranya adalah jumlah pengunjung, jumlah postingan, dan jumlah artikel.
  • Komentar : Pada halaman ini Anda dapat melihat komentar yang masuk. Anda juga bisa mengedit atau bahkan menghapus komentar yang tidak diinginkan.
  • Kampanye : Menampilkan menu yang berhubungan dengan adword, yaitu layanan periklanan milik Google. Mungkin Anda belum butuh fitur ini sekarang, jadi lebih baik dilewati sajam

Itulah beberapa istilah di homepage blog.

WordPress sendiri ada WordPress.com dengan murni gratis dan WordPress.org yang berbayar sekitar 300 ribu per tahun untuk domain dan hosting pada akun tersebut. Hosting sendiri adalah tempat file pada blog Anda, seperti harddisk kalau di komputer.

Perlu diingat penulisan artikel ini khusus untuk Anda yang membutuhkan informasi tentang cara membuat blog gratis. Jadi jika Anda sudah mengerti caranya, kami rasa Anda tidak perlu membaca panduan bikin blog gratis di artikel ini.

Bagi Anda yang maksa untuk baca artikel ini, siap-siap ya. Semoga berkenan. Aamiin.

Panduan Bikin Blog Gratis Termudah

Langkah selanjutnya adalah posting konten di Blogger.

  1. Klik tombol entri baru
  2. Buat judul
  3. Tulis artikel atau konten tekt, gambar, pun video yang Anda inginkan. Anda juga bisa memasukkan link dengan format text. Lalu klik tombol “Selesai” di bagian bawah.

Persamaan platform WordPress dan Blogger adalah memberikan layanan gratis bagi penggunanya. Di dalam platform ini Anda akan diarahkan dan tahu cara membuat blog gratis beserta panduan bikin blog gratis Kedua platform ini sama sekali tidak mengeluarkan biaya.



Namun harus rela dengan fitur yang terbatas, dengan nama website Anda ada tulisan blogspot di belakannya. Bahkan rela blog Anda terhapus jika Anda melanggar peraturan dari pemilik blogspot atau WordPress.com.

Blogging tidak dikenakan biaya. Namun pasti jika ada kesamaan pasti ada perbedaan. Oleh sebab itu Anda dapat mempelajari terlebih dahulu keunggulan dan kelemahannya, sehingga Anda dapat menemukan yang paling cocok bagi Anda.

Ketika Anda telah memilih platform yang cocok dengan keinginan Anda, selanjutnya pilihlah nama domain, kemudian pilih web hosting dan instal perangkat lunak blog, dan terakhir pilih design.

Sebenarnya blogging platform ada banyak, dua contoh umum adalah hosted dan self-hosted.

Hosted platform biasanya gratis, karena sebenarnya Anda hanya menumpang pada website mereka, contohnya adalah blogspot. Contoh alamat blog ini adalah, blogsaya.blogspot.com.

Berbeda dengan self-hosted  yang artinya Anda memiliki blog sendiri, namun Anda harus membayar nama domain dan hostingnya, platform yang digunakan adalah WordPress.

Blogging platform di Indonesia untuk Anda yang mungkin berkeinginan membuat blog di sana adalah UCNews, Blog. Detik.com, Kompasiana.com.



Fungsi nama domain adalah untuk mengidentifikasi Anda di jaringan internet. Nama inilah yang akan diketik pembaca di pencarian untuk menemukan blog Anda pada browser atau Google.

Akan lebih baik jika Anda membuat nama sesuai topik yang Anda bagikan, sebaiknya buatlah nama yang unik agar mudah diingat pembaca serta artikel yang enak dibaca pada blog Anda.

Blogger.com adalah platform blogging gratisan milik perusahaan Google. Anda dapat membuat blog gratis di Blogger, boleh menggunakan subdomain serta hosting gratis, atau boleh juga menggunakan domain sendiri dengan hosting gratis di Blogger.

InsyaAllah yang kami ulas adalah tentang pengguaan subdomain dan hosting gratis untuk membuat blog dari Blogger.com.

Kami sarankan untuk terlebih dahulu Anda memiliki akun email di Google mail(gratis) sebelum memutuskan membuat blog.



Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses pembuatan blog. Pastikan Anda sekarang sudah punya akun email di Gmail, lalu selanjutnya bisa mengikuti proses pembuatan blog di blogspot.

Demikian ulasan kami tentang Cara membuat blog gratis serta panduan bikin blog. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terimakasih karena telah membacanya. Salam Santun dari kami.