Cara Membuat dan Contoh CV Yang Menarik

Cara membuat dan contoh CV yang menarik menjadi salah satu poin inti yang dibutuhkan bagi para pencari kerja. Dalam mencari pekerjaan tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, diantaranya yaitu surat lamaran kerja yang tentu saja dilampirkan dengan Curriculum Vitae atau yang lebih sering dikenal sebagai CV.

Alasan perusahaan memerlukan CV dari si pelamar kerja adalah untuk memudahkan mengevaluasi kompetensi atau kemampuan pelamar kerja. Melalui CV ini, perusahaan bisa melihat profile dan garis besar kehidupanmu seperti riwayat pendidikan dan pengalaman di dunia kerja. Hal ini sudah pasti akan menjadi reverensi bagi pihak perusahaan yang akan mewawancaraimu apakah mereka tertarik untuk merekrutmu atau tidak.

Namun demikian, seringkali surat lamaran tidak dibaca dengan seksama dan bahkan tidak diminati pihak perusahaan karena kualitas CV yang kurang menarik. Nah, dibawah ini ada beberapa contoh penulisan dan desain CV yang menarik (baik dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) sehingga  dapat memikat hati  bagian HRD  untuk membacanya sebelum memasuki proses wawancara.

Cara Membuat dan Contoh CV Yang Menarik

Cara Membuat dan Contoh CV yang Menarik - cover

Sebelum anda membuat CV, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencari informasi secara detail tentang perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan kamu lamar, bisa melalui secara online atau menanyakan informasi kepada teman dan kenalanmu yang mungkin kerja di sana.



Catat dan pelajari segala informasi berkenaan dengan segala persyaratan pelamar secara teliti, seperti kualifikasi pekerjaan, keterampilan atau keahlian, usia kadang juga menjadi persyaratan juga.

Baca Juga : Cara Menutup Akun Facebook Sementara / Permanen

Tata Cara Membuat Curriculum Vitae

Selain ini kamu juga harus mencari informasi mengenai visi dan misi dan nilai nilai etos kerja yang diimplementasikan dalam perusahaan tersebut apakah sesuai dengan visi dan misimu sendiri apa tidak.

Melalui semua informasi tersebut, kamu dapat menyaring kira-kira perusahaan mana yang akan tertarik dengan surat lamaran kerja berikut CV mu.

Baca Juga :  Tutorial Membuat Iklan Adwords : Cara Mudah Pemula

Berikut ada beberapa konten yang terdapat pada CV secara umumnya antara  lain :




  • Indentitas diri : Nama lengkap, alamat, no telepon dan alamat email
  • Pendidikan : Pendidikan terakhir, jurusan dan IPK
  • Personalita : Gambaran singkat karakter dirimu
  • Keterampilan : Keterampilan yang kamu miliki
  • Pengalaman kerja : Hal yang sudah dicapai pada pekerjaan sebelumnya atau penghargaan yang pernah didapatkan
  • Informasi lain : Hobi, refenrensi tentang dirimu yang berhubungan dengan pekerjaan yang dilamar.

Berikut merupakan contoh CV yang benar dan langkah untuk membuatnya yang mudah.

Masukkan Data Identitas Dengan Benar

Di contoh CV yang benar untuk ditulis adalah masukkan data diri atau data identitas dengan benar dan jujur. Mulai dari menulis nama panjang,alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email, dan alamat sosial media lainnya. Pastikan bahwa sosial mediamu terlihat normal ya. Sebab bisa jadi perusahaan yang kamu tuju benar-benar melihat sosial mediamu.

Kemudian di contoh CV, deskripsikan dirimu dengan baik. Deskripsi diri ini termasuk usia, kondisi kesehatan, kemampuan berbahasa, dan sedikit menyinggung tentang pendidikan terakhir yang kamu jalani. Seperti contohnya adalah kamu berasal dari lulusan mana dengan nilai yang memuaskan.

Masukkan Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan adalah hal yang penting lainnya di contoh CV. Tak perlu menulis secara urut mulai dari pendidikan di taman kanak-kanak. Cukup dari pendidikan di masa sekolah dasar, sekolah lanjutan pertama, sekolah menengah atas, dan universitas. Cantumkan pula durasi kamu menempuh pendidikan di masing-masing. Jika kamu memiliki riwayat pendidikan informal lainnya, bisa kamu cantumkan pula di bagian contoh CV ini.




Jika Ada, Masukkan Pengalaman Kerja Atau Pengalaman Berorganisasi

Jika sebelum melamar pekerjaan ini, kamu ternyata sudah memiliki pengalaman bekerja maka jangan ragu untuk menuliskan seperti yang ada di contoh CV. Tuliskan secara detail di perusahaan apa kamu bekerja, durasi bekerja, posisi, dan tingkatan atau jenjang karir yang kamu dapatkan. Meski bukan dari perusahaan besar, jangan ragu untuk menuliskannya di contoh CV.

Selain pengalaman bekerja, pengalaman dalam berorganisasi juga bisa menjadi nilai plusmu. Apalagi jika dalam berorganisasi kamu menduduki atau memegang jabatan yang cukup berharga. Tuliskan atau deskripsikan secara detail dari kegiatan yang kamu lakukan dan pengaruhnya pada pengembangan dirimu.

Baca Juga :  Tips Pasang iklan Google Ads untuk Pemula

Jelaskan Kualifikasi Diri Yang Dimiliki

Selain pendidikan yang berkualitas, perusahaan juga akan melirik kualifikasi khusus yang kamu miliki. Apalagi jika kamu berhasil mencapai sesuatu berkat kemampuan tersebut. Sehingga jangan ragu untuk menuliskan di contoh CV.

Tuliskan Keahlian Pribadi Yang Menunjang Kemampuan

Tak hanya mencantumkan data diri dan riwayat pendidikan, perusahaan juga ingin mengetahui kepribadianmu seutuhnya. Sehingga kamu bisa menuliskan atau menjelaskan keahlian pribadi yang kemudian menunjang kemampuanmu dalam bekerja. Sehingga jangan lupa untuk mencantumkannya di contoh CV.

Tuliskan Capaian Atau Penghargaan Yang Pernah Kamu Raih

Jika kamu memiliki capaian khusus, maka hal tersebut adalah sebuah nilai lebih. Tuliskan capaian atau penghargaan yang pernah kamu dapatkan secara detail, termasuk di tahun berapa, di mana, dan seberapa besar pengaruhnya.




Tuliskan Secara Singkat, Padat, Dan Jelas

Setelah kamu melengkapi contoh CV dengan lengkap, pastikan bahwa kamu bisa menjelaskannya secara singkat, padat, dan jelas. Gunakan dengan kata yang kaya makna, terdengar cerdas, dan efisien. Kemudian tuliskan setiap alur riwayat hidup dengan runtut. Termasuk di jenjang pendidikan, pengalaman kerja, atau prestasi yang pernah kamu raih. Jangan menuliskannya secara melompat-lompat.

Serta di contoh CV, jangan menggunakan nama yang berlebihan atau aneh untuk alamat email seperti celaluimuth@gmail.com.

Itulah beberapa langkah cara membuat dan contoh CV yang menarik, dan mudah dibuat oleh para pemula. CV biasanya dibuat  dalam bentuk document atau dalam bentuk word, namun seringkali perusahaan meminta contoh CV dalam bentuk PDF. Oleh sebab itu anda harus mengonversikannya ke bentuk PDF. 

Contoh CV dalam Bahasa Indonesia

Beberapa perusahaan, terutama perusahaan local, biasanya menerima CV dalam Bahasa Indonesia. Ada kelemahannya menggunakan CV dengan Bahasa Indonesia karena perekrut tidak akan tahu apa kamu bisa berbahasa asing atau tidak. Kalaupun tahu karena tertulis di resume, perusahaan tidak akan tahu seberapa fasih kamu menggunakannya.

Baca Juga :  Ide Bisnis Kreatif : Contoh Dari Kumpulan Usaha Kekinian



Tentunya bila bisa bahasa asing, hal ini akan memberimu nilai plus. Tapi sekali lagi, apakah CV diserahkan dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris itu tergantung dari perusahaan perekrut dan yang terpenting tetap saja kontennya. Berikut beberapa contoh CV dalam Bahasa Indonesia:

DATA PRIBADI

Nama: Rio
Tempat/ Tanggal Lahir: Riau, 15 Juli 1988
Alamat: Jl. Komplek Harlap No. 21, Srengseng Sawah, Rt/Rw 001/024, Jagakarsa, Jakarta Selatan
Nomor HP: 081256298917
Jenis Kelamin: Laki-Laki
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Status: Belum Menikah
Email: misalnyario@gmail.com
Hobbi: Komputer, Sport

 

PENDIDIKAN FORMAL

  • SDN 1 Depok
  • SMPN 12 Depok
  • SMU Depok
  • Universitas Indonesia Depok

PENDIDIKAN NON FORMAL

  • English Course EF (English First)
  • AutoCad Online Course
  • Photoshop Online Course
  • Pelatihan Manajemen Prasetiya Mulya

KEAHLIAN KHUSUS

  • Menggambar (Autocad, 3D Studio Max)
  • Desain (Photoshop, CorelDraw)
  • Management Construction Expert

PENGALAMAN KERJA

  • Drafter di Waskita Karya
  • Pelaksana lapangangan proyek jalan raya Lebak Bulus
  • Koordinator pelaksana proyek Mal Pejaten Village

PENGALAMAN ORGANISASI

  • Ketua BEM Universitas Indonesia periode  2014-2015

Demikianlah daftar riwayat hidup ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Hormat saya,

Rio

Demikianlah beberapa ulasan mengenai cara dan contoh membuat curiculum vitae yang baik dan benar semoga dari artikel ini dapat bermanfaat untuk anda terima kasih.