Cara Memilih Hosting Terbaik untuk Website

Diposting pada
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating 5 (36 votes)

Cara Memilih Hosting Terbaik – Kebutuhan internet saat ini memang sudah menjadi prioritas. Hampir setiap kegiatan atau pekerjaan memerlukan fasilitas internet. Melalui internet pun kita bisa melakukan berbagai hal seperti bisnis online, bekerja secara online, ataupun berbelanja online.

Dari sekian kegiatan berbasis online tersebut, ada kebutuhan akan website resmi untuk sebuah perusahaan yang tak lain fungsinya adalah marketing. Sebuah media pengenalan kepada masyarakat secara luas.

Bagaimana cara membuat website sampai web hosting harus dipahami secara benar supaya situsnya bisa diakses oleh sasaran yang dituju dan tujuan pembuatan website tercapai. Proses indexing yang akan dilakukan google pun tergantung dari kemampuan hosting anda. Dalam beberapa kasus proses indexing akan terkendala jika web hosting yang digunakan sering mengalami down.

Nah, berikut akan dibahas bagaimana cara memilih dan memilah hosting terbaik untuk website perusahaanmu.

Cara Memilih Hosting Terbaik

Cara Memilih Hosting Terbaik untuk Website Cover

Hosting Murah Berkualitas

Kebanyakan orang mengatakan lebih baik mencari web hosting murah tapi berkualitas untuk websitemu. Hal ini benar jika kamu memang benar-benar membatasi budget khusus untuk pembuatan hosting.

Nah, kali ini akan dibahas secara detail tentang bagaimana cara memilih hosting terbaik dilihat dari harga yang ditawarkan.

Ketika kamu hendak mencari web hosting dimesin pencari, pasti akan dihadapkan banyak pilihan layanan seperti idhostinger, idwebhost, dewabiz, atau menyohost. Namun, jangan bingung terlebih dahulu.

Tentukan dulu kebutuhan dasar dari websitemu dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut.

Pertama, konten apakah yang akan mendominasi websitemu?

Apakah dominan gambar, video, atau animasi yang punya resolusi tinggi? Tentu hal tersebut akan mempengaruhi harga dari web hosting.

Selanjutnya, pastikan layanan tambahan apa saja yang kamu butuhkan? Pertimbangkan pula jumlah dari add on domain serta email hosting.

Selanjutnya, layanan website seperti apakah yang dibutuhkan?

Apakah melalui email saja sudah mencukupi untuk berinteraksi dengan pelanggan? Atau kamu butuh fasilitas komunikasi lain seperti live chat, telepon, atau layanan lain yang support 24 jam?

Dengan menjawab beberapa pertanyaan tersebut, paling tidak kamu sudah punya bayangan kira-kira fasilitas apa yang benar-benar kamu butuhkan.

Memahami Hosting Terbaik

Nah, cara memilih hosting terbaik adalah dengan memperkirakan layanan yang diberikan dengan harga yang ditawarkan. Pastikan kedua hal tersebut seimbang.

Jadi, jangan berharap layanan lebih jika harga yang diminta murah. Tentu harga berpengaruh terhadap fasilitas.

Misalnya saja kamu memilih fasilitas VPS atau Virtual Private Server. Semua orang tahu jika jika layanan tersebut punya harga lebih tinggi jika dibandingkan dengan layanan hosting unlimited.

Fakta itu tak lain dikarenakan VPS menawarkan layanan yang lebih memadai dibandingkan paket unlimited sehingga performanya jauh lebih baik.

Saran saja, jangan asal memilih harga hosting yang murah tapi tidak bisa diakses oleh sasaran tujuan karena layanan yang kurang baik.

Lebih baik pilih hosting yang sedikit menawarkan harga lebih mahal tapi tujuan adanya website tersebut terpenuhi.

Maka dari itu, perhatikan dengan benar fasilitas yang ditawarkan beserta harga sebelum menyetujui penggunaan layanan web hosting.

Sebagai pertimbangan Seobigbang akan mencoba untuk memberikan review ke beberapa hosting yang kami ketahui, seperti idwebhost, idhostinger, dewabiz, dan menyohost.

Review Singkat Layanan Web Hosting

IDWEBHOST

Cara Memilih Hosting Terbaik untuk Website IDwebhost

IDwebhost sendiri telah berdiri sejak tahun 2004 dan tetap berjalan hingga sekarang. Layanan hosting ini sudah menjadi sebuah perusahaan domain dan hosting yang melakukan claim bahwa mereka adalah yang termurah No. 1 di Indonesia.

Beberapa prestasi yang sudah IDwebhost raih (sesuai dengan apa yang ada pada website mereka), antara lain :

  • Sudah Menjadi Hosting Terbaik sejak tahun 2005 (sebagai webhosting di Indonesia) hingga saat ini
  • Sudah mengantongi ICANN Accredited yang pertama di Indonesia, yaitu pada tahun 2009
  • Mengklaim bahwa mereka merupakan layanan webhosting yang sudah diakui oleh Internasional sebagai reseller domain terbesar di Indonesia

Saat ini IDwebhost sudah memiliki 3 kantor cabang di Yogyakarta, Jakarta, dan Semarang. Total keseluruhan pengguna saat ini sudah mencapai lebih dari 75.000 pengguna dengan jumlah domain lebih dari 122.000 domain aktif. IDwebhost sendiri didukung oleh shared server di atas 100 server.

Cara Memilih Hosting Terbaik untuk Website IDwebhost Cabang

Paket Web Hosting IDwebhost

Cara Memilih Hosting Terbaik untuk Website IDwebhost Paket Hosting

Kunjungi website IDwebhost

IDHostinger

Cara Memilih Hosting Terbaik untuk Website IDHostinger Logo

Sama seperti IDwebhost yang telah memiliki perusahaan resmi yang menaungi layanan web hosting nya. IDHostinger sudah memiliki perusahaan sebagai pemegang layanan web hosting yang bernama PT. Web Media Technology Indonesia.

Bagian menarik dari layanan web hosting IDHostinger adalah mereka mengklaim bahwa mereka memilki paket yang dijamin murah untuk para pengguna nya.

Tidak hanya itu, mereka memiliki DDOS Protection dari BitNinja yang mampu menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna layanan mereka.

Layanan IDHostinger memberikan layanan uji coba selama 30 hari kepada calon pelanggan nya. Menurut saya layanan ini sangat menarik dan bisa dijadikan sebagai bahwa percobaan jika selama 30 hari terjadi kendala atau agar anda tidak menyesal ketika membeli layanan ini.

Paket Web Hosting IDHostinger

Cara Memilih Hosting Terbaik untuk Website IDHostinger Paket Hosting

Kunjungi website IDHostinger

DewaBiz

Cara Memilih Hosting Terbaik untuk Website DewaBiz Logo

Beda hal dengan IDwebhost dan IDHostinger, kali ini adalah layanan web hosting yang dijalankan secara pribadi oleh pemiliknya, dalam artian DewaBiz sendiri belum memiliki perusahaan resmi.

DewaBiz sendiri dijalankan oleh Muhammad Rizqy yang berlokasi di Aceh, tepatnya Kota Lhokseumawe.

Layanan dari web hosting DewaBiz sangat terjangkau bagi anda yang ingin memulai membuat website dengan sasaran target pengunjung orang Indonesia. Paket dari dewabiz sendiri dimulai dari Rp 10.000 per bulan dengan 1GB Storage dan unlimited bandwith.

Paket Web Hosting DewaBiz

Cara Memilih Hosting Terbaik untuk Website DewaBiz Paket Hosting

Kunjungi website DewaBiz

MenyoHost

Cara Memilih Hosting Terbaik untuk Website MenyoHost

Layanan web hosting MenyoHost sendiri merupakan layanan hosting seperti DewaBiz yaitu dijalankan secara pribadi dan bukan perusahaan seperti IDHostinger dan IDwebhost. Tentu, karena dijalankan secara pribadi maka layanan ini cenderung memiliki harga yang lebih murah dibandingkan yang dijalankan secara perusahaan.

MenyoHost sendiri memiliki paket yang cukup menggiurkan yaitu paket serba unlimited, yaitu Storage dan Bandwith Unlimited yang sangat cocok bagi pemula yang memiliki kantong ngepas.

MenyoHost menggunakan Server USA sebagai pendukung layanan serba unlimitednya.

MenyoHost memiliki 2 kantor yang terletak di Jakarta Barat sebagai Head Office dan Klaten Jawa Tengah sebagai representative office.

MenyoHost dijalankan oleh Agustinus Dion Adi Wibowo (setidaknya ini adalah nama yang tampil pada nomor rekening penerima pembayaran).

Paket Web Hosting MenyoHost

Cara Memilih Hosting Terbaik untuk Website MenyoHost Paket Hosting

Saat ini MenyoHost membagikan kupon diskon paket web hosting Micro Blog dan Start Up , silahkan masukan kode kupon di bawah ini untuk mendapatkan harga spesial (diskon hingga 77%).

KUPON PROMO MENYOHOST

Paket Micro Blog (first Year): Rp. 75rb/thn (10 Slot)

Kupon: mcr2

======

Paket Micro Blog (First Year):Rp. 99rb/thn (50 Slot)

Kupon: mcr3

======

Paket Start Up (recurring): Rp.150rb/tahun (slot 10)

Kupon: str2

======

Paket Start Up (recurring): Rp. 200rb/tahun (Slot 30)

Kupon: str3

Kunjungi Website MenyoHost

Hosting Terpercaya

Selain memperhatikan faktor harga, ada hal lain yang perlu dicermati untuk memperoleh web hosting terpercaya.

Berikut cara memilih hosting terbaik untuk websitemu. Nah, salah satu ciri dari hosting terpercaya adalah punya fasilitas chat atau customer service yang aktif selama 24 jam.

Hal ini tentu berkaitan dengan bagaimana CS pihak perusahaan hosting tersebut membantu pelanggan menghadapi permasalahan layanannya terutama jika terjadi permasalahan.

Jika layanan customer service aktif selama 24 jam, pelanggan akan langsung bisa mengurusnya saat gangguan itu terjadi tanpa batasan waktu. Pastikan juga jika petugas CS yang bertanggung jawab punya sopan santun yang  baik.

Hal itu bisa jadi parameter situs hosting tersebut terpercaya. Akan lebih baik pula jika ada beragam pilihan cara berkomunikasi dengan pihak web hosting seperti live chat, email, panggilan telepon, atau tiket bantuan.

Cara memilih hosting terbaik lain yang bisa kamu lakukan adalah perhatikan bagaimana kualitas performa server yang diberikan. Jangan sampai karena kurang teliti, kamu memilih web hosting abal-abal dengan fasilitas server yang kurang maksimal.

Tentu kamu tidak mau bukan sudah membayar mahal-mahal tapi server website sulit diakses oleh para pelanggan. Maka dari itu, perhatikan lokasi server hosting tersebut.

Akan lebih baik jika lokasinya sama dengan sasaran pelanggan yang kamu pilih. Jangan sampai kamu memilih lokasi server luar negeri tapi sasaran pelanggan ada didalam negeri. Tentu masalah koneksi sever akan jadi masalah jika sulit diakses lantaran crowded.

Selain itu, perhatikan spesifikasi dari server. Kamu harus tahu bagaimana teknologi yang digunakan server tersebut, bagaimana kecepatan prosesor, kapasitas RAM yang tersedia, kecepatanjaringan, sampai hardisk yang digunakan apakah sudah SSD atau tidak tidak.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang spesifikasi web hosting, silakan hubungi CS layanan tersebut.

Setelah memastikan beberapa hal diatas perhatikan lagi cara memilih hosting terbaik berikut. Yaitu pilih layanan hosting yang menawarkan garansi uang kembali.

Perhatikan Review Pelanggan

Memang kita seringkali bimbang dengan fasilitas yang diberikan apakah benar-benar mampu menarik perhatian dari pelanggan websitemu? Bagaimana jika sudah membayar layanan web hosting dalam nominal besar tapi tetap respon pelanggan terhadap websitemu tidak ada peningkatan? Nah, cara ini bisa jadi solusi terbaik.

Memang hampir setiap web hosting punya fasilitas terbaik ini, namun seringkali mereka mencantumkan syarat yang menyesatkan. Atau dengan kata lain syarat tersebut sulit dipenuhi sehingga tidak berhak mendapatkan garansi uang kembali tersebut.

Maka dari itu perhatikan sistem pengembalian, nominal yang akan didapatkan kembali, sampai berapa lama waktu pencairan sebelum menyetujui menggunakan web hosting tersebut.

Cara memilih hosting terbaik selanjutnya adalah pastikan layanan tersebut menyediakan fitur tambahan yang menarik. Yang paling umum disediakan adalah fitur keamanan dan proteksi yang diberikan supaya website perusahaanmu aman dari serangan hacker, malware, botnet, dan ulah tangan usil lainnya.

Begitupula dengan fitur proteksi yang mengatasi masalah spam message pada website yang harus ada. Ya, fitur tersebut penting sekali diinstal dan diperhatikan supaya website mu bisa berjalan dengan aman tanpa ganguan.

Kamu bisa menanyakan lebih lanjut terkait fitur tambahan tersebut pada pihak CS perusahaan.

Terakhir, cara memilih hosting terbaik adalah dengan melihat bagaimana review dari pelanggan. Cara ini adalah yang paling efektif karena kamu bisa melihat bagaimana respon dari pelanggan layanan tersebut terkait layanan yang diberikan oleh web hosting tersebut.

Apakah responnya positif atau negatif. Jika negatif, jangan berpikir lama lagi dan langsung dari web hosting lain. Begitu pula ketika responnya positif, maka bisa kamu mantapkan lagi untuk mendalami lagi terkait fitur-fitur yang ditawarkan web hosting.

Dalam memilih web hosting, tidak semua layanan yang diberikan unggu. Artinya setiap web hosting pasti punya kekurangan dan kelebihannya.

Nah, itulah beberapa cara yang perlu kamu perhatikan ketika memilih web hosting untuk website perusahaanmu. Supaya hasil yang diberikan baik, pastikan dengan benar web hosting pilihanmu memiliki ciri-ciri yang baik. Jika web hosting sudah memumpuni dan proses indexing sudah berjalan lancar, maka langka selanjutnya anda harus melakukan teknik SEO On page dan SEO Off page.