Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Terupdate !

Diposting pada
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating 5 (23 votes)

Mendapatkan backlink berkualitas – Website menjadi salah satu metode pemasaran untuk bisa menawarkan berbagai produk atau jasa. Hal ini menjadi pilihan bagi sebagian besar orang mengingat gadget dan teknologi komunikasi kian berkembang dan diminati oleh masyarakat terutama anak muda.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Website Authority Tinggi

Tak jarang dari mereka yang sukses berkat pemasaran secara online dan bisnis online. Ingin menjadi salah satu dari mereka bukan?

Maka, tak ada salahnya kamu belajar tentang teknik online marketing yaitu SEO.

Apa itu SEO? Ada banyak cara untuk bisa pandai dalam bidang SEO seperti on page dan off page. Jika SEO on page berupa pemaksimalan konten website supaya bisa menarik para pengunjung.

Sedangkan SEO off page lebih cenderung pada pencarian pihak ketiga untuk menjadi perantara bagi pengunjung untuk bisa menuju ke websitemu.

Cara SEO off page ini ditempuh setelah SEO on page telah kamu lakukan. Salah satu cara pemaksimalan SEO off page berupa menggunakan backlink. Berikut ulasan cara mendapatkan backlink berkualitas.

Apa Itu Backlink ?

Sebelum mengupas lebih lanjut tentang cara mendapatkan backlink berkualitas, terlebih dulu pahami pengertian dari apa itu backlink.

Ya, backlink merupakan link dari salah satu halaman websitemu yang ditaruh pada salah satu situs populer. Memang perlu ada kesepakatan dari kedua belah pihak untuk bisa melakukan hal tersebut.

Disamping itu, kamu perlu memilih situs yang berkualitas supaya berpengaruh pada peningkatan trafik website maupun pencarian google. Berikut kriteria dari backlink yang berkualitas dan potensi untuk meningkatkan traffic.

Pertama, pastikan jika topik yang dibahas pada situs backlink sangat relevan dan berkualitas.

Hal ini sangat berpengaruh pada pengunjung yang hendak mencari bacaan yang berkaitan dan tentunya masih dalam topik yang sama serta mengalir natural alias tidak dibuat-buat.

Kriteria dari backlink rekomended dalam upaya mendapatkan backlink berkualitas yang kedua adalah pastikan jika topik yang dibahas dalam backlink populer.

Ya, tema yang demikian sangat disukai oleh search engine. Maka, upayakan kamu sanggup dalam mencari backlink yang selain punya topik menarik juga sekaligus sesuai dengan konten dalam websitemu.

Tiap website yang punya arus pengunjung yang tinggi akan dihadiahi oleh google berupa authority dan trusted yang tinggi melalui pageran.

Semakin tinggi nilai pagerank yang diberikan, maka akan semakin tinggi pula autority website tersebut.

Hal itu akan berpengaruh pada kepopuleran website dan berpeluang muncul di halaman pertama pada google search. Tidak hanya itu, website dengan tingkat authority tinggi biasanya akan mendapatkan penghasilan google adsense yang berpotensi tinggi.

Namun, sekarang pagerank tersebut sudah tidak update dan digunakan sejak tahun 2012 lalu.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa menggunakan cara lain berupa DA PA. Yaitu singkatan dari domain authority dan page authority yang perhitungannya akan semakin bagus jika nilainya tinggi.

Bagaimana Website Ber-Authority ?

Suatu web dikatakan punya authority yang tinggi secara otomatis biasanya umur website tersebut sudah lama.

Artinya cara mendapatkan backlink berkualitas selanjutnya adalah pastikan untuk mencari website yang telah berumur seperti mendapatkan PR4 atau bisa juga PR5.

Mungkin ada website seumur jagung yang telah mendapatkan authority sedemikian tinggi, namun dikhawatirkan statusnya berupa website fake, atau bisa juga website dari domain drop dan redirect.

Namun diutamakan untuk memilih situs yang telah berumur karena biasanya proses index akan lebih cepat.

Selain itu, akan lebih aman mencari website dengan tipe tersebut karena dibandingkan dengan website seumur jagung, indeknya masih belum stabil.

Kriteria selanjutnya dari website berkualitas untuk backlink adalah pastikan jika alamat IP yang digunakan berbeda.

Tahukah kamu jika puluhan backlink dari IP yang berbeda lebih baik ketimbang ratusan backlink, tapi pada nyatanya hanya berasal dari 1 website saja.

Secara logika, jika alamat IP berbeda-beda, maka ada kemungkinan sedikit manipulasi yang dilakukan sehingga sulit untuk dideteksi oleh penguin goole.

Dalam memaksimalkan pagerank sering orang melakukan cara yang salah dengan menggunakan backlink otomatis.

Namun, tahukah kamu jika resiko langkah ini sangat berat? Hal ini karena ada google penguin yang akan mendeteksi dan memberikan sanksi atau hukuman yang berat pada website tersebut.

Maka, tak heran jika orang lebih memilih cara backlink secara manual karena tidak akan berefek buruk yaitu dengan mendapatkan backlink berkualitas.

Nah, kriteria selanjutnya dari cara mendapatkan backlink yang bagus adalah dengan menerapkan konsep one way link.

Apa artinya? Jadi, pada beberapa tahun lalu orang akan saling bekerja sama dengan bertukar link untuk alamat blognya.

Hal ini lumrah dilakukan demi meningkatkan traffic rank. Namun, nyatanya malah cara ini tidak lagi bernilai oleh algoritma google.

Artinya two way link ini lebih dihindari dan disarankan untuk melakukan one way link saja.

Manfaat Backlink Website

Bagi beberapa orang, pasti belum mengerti untuk apa susah payah mendapatkan backlink berkualitas?

Jelas  saja, hal ini sangat berpengaruh pada SEO. Artinya, suatu website akan dinilai populer salah satunya dilihat dari faktor backlink-nya.

Apalagi jika kamu berhasil menyisipkan backlink pada situs yang telah direkomendasikan oleh search engine.

Memang bukan jaminan jika baclink banyak maka situs akan baik pula dimata search engine.

Namun, kamu bisa mendapatkan hal tersebut jika memahami benar pedoman backlink yang baik terutama pada SEO dan hindari backlink yang buruk terhadap SEO.

Analisis Backlink Kompetitor

Dalam SEO off page selain mendapatkan backlink berkualitas, juga perlu dilakukan analsis backlink kompetitor.

Mengapa hal ini penting? Hal ini demi persaingan popularitas pada dua website yang sedang bersaing tersebut.

Ya, dalam dunia maya khususnya website pasti ada 2 atau 3 situs yang bersaing untuk mendapatkan citra dari masyarakat atau page rank yang lebih baik dari situs yang lain.

Maka, untuk bisa terus bersaing, salah satunya dengan melakukan analisis pada backlink kompetitor.

Langkahnya, kamu bisa mencari kira-kira website mana yang digunakan oleh website kompetitor kita dalam melakukan backlink.

Nah, melalui beberapa pencarian, kamu bisa mengetahuinya dan menggunakan website tersebut pula untuk menjadi backlink kita.

Untuk melihat backlink kompetitor pada blog tersebut, biasaanya ada tools tertentu yang digunakan.

Pentingnya Link Building

Banyak hal yang bisa dilakukan dalam rangka pemaksimalan pada SEO off page pada saat mendapatkan backlink berkualitas.

Diantaranya adalah membangun link building. Apa itu link building?

Pada hal ini link building merupakan penyebaran suatu artikel pada website kita ke situs lain berupa laman sosial media.

Ya, hal ini bertujuan untuk meningkatkan link masuk dari berbagai arah sehingga mampu meningkatkan pengunjung sekaligus page rank.

Nah, itulah beberapa ulasan dan poin penting yang bisa kamu perhatikan ketika mencari backlink berkualitas.

Usahakan kamu benar-benar mendapatkan backlink yang sesuai dengan kriteria.

Karena satu backlink berkualitas akan lebih baik page rank-nya ketimbang puluhan link masuk dari sekian banyak sosial media.