Cara Mendapatkan Investor Bisnis : Terbaru 2020 !

Kalau kamu berniat memulai bisnis, tentu kamu mesti tahu cara mendapatkan investor bisnis bukan? Bagaimana caranya? Apa saja yang mesti diperhatikan? Temukan saja jawabannya di paparan bawah ini ya.

Cara Mendapatkan Investor Bisnis

Cara Mendapatkan Investor Bisnis cover

Agar kamu bisa memulai bisnis, simak dan perhatikan beberapa cara mendapatkan investor bisnis di bawah ya.

Cari Tahu Hal Yang Dilihat Para Investor Dari Bisnis

Salah satu cara mendapatkan investor bisnis adalah dengan mengetahui apa saja yang mereka lihat sebelum memutuskan berinvestasi di suatu bisnis tertentu.

  • Ide produk maupun jasa yang unik dan menarik serta memiliki ciri khasnya sendiri.
  • Bisnis plan, termasuk diantaranya analisa pasar dan eksekusi produk maupun jasa.
  • Tim manajemen bisnis tersebut, misalnya pengalaman serta pendidikan.
  • Proyeksi keuntungan serta data keuangan lain seperti keuntungan dan pengeluaran.
  • Keuntungan apa saja yang bakal mereka dapatkan dari bisnis tersebut.

Cari Tahu Sumber Modal Usaha

Kalau mau tahu cara mendapatkan investor bisnis, tentu saja mesti tahu terlebih dulu siapa saja para investor yang bisa memberikan modal usaha bisnis kamu bukan ?



Modal Ventura

Cara Mendapatkan Investor Bisnis modal ventura

Cara mendapatkan investor bisnis yang pertama adalah anda bisa memulai dengan memberikan proposal kepada para pemodal ventura biasanya bagian dari jaringan besar seperti anggota dewan, pengembang bisnis dan lainnya yang bakal berinvestasi pada bisnis baru atau usaha kecil pemula yang mereka yakini bakal sukses dalam jangka waktu dekat.

Pendanaannya biasanya berupa modal ekuitas dimana kamu mesti rela memberikan sebagian kepemilikan perusahaan kamu atau ekuitas sebagai imbalan modal yang diberikan. Dengan begitu, kamu tidak mesti membayar pinjaman seperti halnya dana modal ventura konvensional.

Angel Investor

Cara Mendapatkan Investor Bisnis Angel Investor

Investor tipe ini bukan cuma bantu membiayai bisnis, namun juga sekalian memberi bimbingan serta bantuan buat mengembangkan bisnis kamu.

Baca Juga :  3 Tips Mencari Inspirasi dan Ide Bisnis untuk Pemula

Ada dua perbedaan mendasar antara Modal Ventura dan Angel Investor, yaitu :

  • Angel Investor biasanya individu, sementara Modal Ventura lebih cenderung kepada perusahaan.
  • Angel Investor lebih proaktif terlibat dalam bisnis dibanding Modal Ventura, soalnya kesuksesan bisnis yang mereka danai sangatlah penting bagi mereka.

Para Angel Investor fokus membiayai perusahaan yang memiliki tingkat pertumbuhan tinggi di tahap awal pengembangan, dan cenderung menghindari bisnis mapan, stabil dengan pertumbuhan rendah.



Beberapa nama Angel Investor adalah Sandiaga Uno, Andrew Darwis, atau Marie Elka Pangestu.

Equity Crowdfunding

Cara Mendapatkan Investor Bisnis Equity Crowdfunding

Para investor di Equity Crowdfunding bakal mengambil kepemilikan perusahaan berupa saham dan menerima bagian dari keuntungan jika perusahaan atau bisnis kamu sukses. Walau imbalan bisa jauh lebih besar dan menggiurkan, namun resikonya juga tinggi, karena tidak ada jaminan pengembalian.

Bisnis startup biasanya tidak bakal membayar bunga atau dividen di masa-masa awal, serta memiliki sedikit perlindungan hukum.

Peer-to-peer Lending

Investor Bisnis Peer to peer Lending

Cara mendapatkan investor bisnis berikutnya adalah dengan menggunakan P2P. Para investor di P2P Lending ini bakal memberikan dana yang mereka investasikan disalurkan dalam bentuk pinjaman modal usaha.




Kamu bisa pilih tenor pengembalian berdasarkan kemampuan kamu, dimana bunga pinjaman bakal dihitung sebagai keuntungan buat investor.

Bunga pinjaman di P2P bisa disesuaikan dengan skor kredit kamu, jadi tidak perlu kuatir tidak bisa bayar pinjaman ya.

IDX Incubator

Sebagai bagian dari Bursa Saham Indonesia atau Indonesian Stock Exchange, IDX kini turut berpartisipasi dalam membangun jaringan demi mendapatkan investor buat mengelola bisnis.

Jadi kamu para calon pebisnis bisa mendapatkan investasi dari individu maupun perusahaan yang tergabung di Bursa Saham Indonesia. Bukan cuma itu, IDX juga memberikan mentoring buat kamu para calon pebisnis yang tertarik serta berminat mengembangkan ide-ide bisnis yang kreatif serta unik.

Baca Juga :  Usaha Rumahan : 50 Ide Usaha Untuk Anda




Sejak didirikan tahun 2017, IDX Incubator juga menyediakan fasilitas buat kamu, seperti ruang pelatihan, ruang rapat, serta ruang kerja buat bertemu da mempresentasikan ide bisnis kamu.

Kejora Ventures

Cara mendapatkan investor bisnis yang sudah berpengalaman adalah di Kejora Ventures yang sudah bergelut lama dan menghasilkan pebisnis handal di bidangnya, terutama bisnis online. Para pemilik modal bisa menginvestasikan uang mereka di startup digital di Kejora Ventures.

Di tahun 2016, Kejora Ventures sudah memiliki 28 investor, dan menghasilkan beberapa bisnis online yang cukup sukses, seperti CekAja, Investree, dan Qerja. Para investor di Kejora mesti punya nilai yang bisa membantu para calon pebisnis online seperti misalnya networking.

Ciputra GEPI

Atas dasar inisiatif Global Entrepreneurship Program atau GEP, Ciputra bersama GEPI mendirikan Ciputra GEPI di tahun 2011 yang sejak itu menjadi bagian salah satu pekerjaan rutin Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.




Ciputra GEPI menyiapkan berbagai program inkubasi, event space, serta co-working space buat para calon pebisnis online dengan tujuan mengembangkan semangat kewirausahaan negara berkembang, seperti Indonesia. Yang terpenting adalah kamu para calon pebisnis online diberi kesempatan buat mengembangkan ide bisnis kamu sembari mencari investor buat mendanai.

Jakarta Creative Hub

Sebagai sarana pelatihan buat kamu para calon pebisnis Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM, Jakarta Creative Hub yang diprakarsai pemerintah Provinsi DKI Jakarta didirikan bulan Maret 2017.

Selain program Financial Solution yang bertujuan memberikan kesempatan para calon pebisnis UMKM buat mencari modal atau tambahan modal, Jakarta Creative Hub juga menyediakan program lain seperti Production Solution, Supply Chain Solution, Distribution Solution, Offices Solution, dan Sales and Marketing Solution.

East Ventures

Cara mendapatkan investor bisnis terutama bisnis online adalah perusahaan kapital, East Ventures yang dikenal sudah mendanai beberapa perusahaan bisnis online ternama, seperti Berrybenka, Kudo, Traveloka, dan Adskom.

Selain memberikan bantuan modal buat mengembangkan bisnis online Indonesia, East Ventures juga membuka EV Hive, yaitu Co-Working Space bagi para calon pebisnis buat saling bertukar ide, mengembangkan ide bisnis, mengadakan rapat sampai menyiapkan kantor sendiri.

Baca Juga :  Perdagangan Internasional : Pengertian dan Teori

Mengikuti Berbagai Kompetisi Dan Seminar

Cara mendapatkan investor lainnya adalah dengan mengikuti berbagai seminar maupun kompetisi.

Startup Competition

Startup Competition makin marak di Indonesia, terutama bagi bisnis yang bakal dijalankan online. Para calon pebisnis online bakal lakukan proses Pitching dimana mereka bakal memaparkan konsep serta ide bisnis pada juri yang terdiri dari para CEO, founder bisnis startup yang sudah sukses maupun para pemilik modal.




Beberapa contoh Startup Competition yang sudah lumayan terkenal adalah The NextDev sampai yang terbaru Gerakan 1000 Startup. Para calon pebisnis yang menang berhak dapatkan sejumlah yang bisa dipakai sebagai modal bisnis mereka.

Seminar Kewirausahaan

Bisnis konvensional tetap tidak dilupakan walau bisnis online seakan mendominasi saat ini. Beberapa media serta pemerintah masih sering mengadakan seminar kewirausahaan seperti misalnya media Marketing atau Marketeers yang membuka kesempatan buat calon pebisnis buat mengembangkan bisnis dengan mengadakan berbagai seminar maupun event.

Sementara Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah juga tidak mau kalah, mereka memiliki berbagai program buat mendukung calon pebisnis mengembangkan bisnis mereka tiap bulannya, termasuk peluang bagi mereka buat mendapatkan investor melalui berbagai macam pertemuan singkat dengan pemilik modal.

Baca Juga : Peluang Bisnis di Indonesia

Sekian artikel terkait cara mendapatkan investor bisnis. Semoga membantu kamu ya dalam mencari modal bisnis yang mau kamu geluti.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1532

No votes so far! Be the first to rate this post.