Cara Mendapatkan Pembeli Banyak Dari Facebook

Pernah terpikirkan untuk mengetahui cara mendapatkan pembeli banyak dari facebook ? Siapa sih yang tidak kenal dengan media sosial Facebook? Setiap orang terutama kawula muda pasti mengenalnya. Bahkan menjadi aplikasi yang sudah tertanam di ponsel pintarnya.

Dan aplikasi sosial media buatan Mark Zuckenberg ini sering dipakai sehari-hari oleh semua orang untuk kegiatan bersosialisasi di internet, curhat, aktifitas jual beli online, tampil eksis dan narsis, bermain game, hingga kursus online.

Namun dari semua aktifitas di media sosial Facebook yang paling menghasilkan uang adalah kegiatan bisnis atau jual beli online di Facebook.

Bisnis jual beli online di Facebook bisa dilakukan secara pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi terpecaya. Seperti JNE, Pos, JNT, Tiki dan lainnya. Dan dapat pula dijalankan menggunakan sistem Cash on delivery (COD).

Intinya, saat ini fungsi Facebook sangat beragam. Bukan hanya sebagai media sosial tapi juga sebagai media bisnis dan promosi. Para pengusaha atau pelaku bisnis banyak memilih Facebook sebagai sarana promosi dan penjualan serta pemasaran produknya.

Cara Mendapatkan Pembeli Banyak Dari Facebook Bagi Pemula

Cara Mendapatkan Pembeli Banyak Dari Facebook - cover

Aktifitas promosi produk di media sosial Facebook lebih praktis, mudah dan gratis serta daya jangkau pangsa pasar yang lebih luas.




Untuk memulai promosi dan penjualan di Facebook diharuskan ia memiliki modal utama yaitu smartphone yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Baca Juga : Sejarah Kesuksesan Perusahaan Google

Cara untuk mendapatkan pembeli hanya dengan cara berpromosi. Sarana promosi saat ini sangat banyak. Misalkan memasang spanduk, promosi dari mulut ke mulut, beriklan di radio, surat kabar, televisi, memasang pamflet, reklame, membagikan brosur dan lain-lain.

Dari cara konvensional tersebut ada suatu cara yang terbukti ampuh mendatangkan pembeli tanpa modal besar yaitu promosi di media sosial Facebook.

Penulis merasakan sendiri berpromosi di Facebook dapat mendatangkan pembeli dalam jumlah banyak dalam sekali klik. Penjualan meningkat secara tajam sejak melakukan promosi di media sosial Facebook.

Yang namanya bisnis tidak dapat dilepaskan dari kegiatan promosi dan penjualan. Promosi dan penjualan merupakan ujung tombak kesuksesan sebuah usaha.

Baca Juga :  Berjualan Mudah di Instagram di Era Milenial

Sebuah aktifitas promosi dapat dikatakan berhasil jika mampu mendapatkan pembeli atau pelanggan dalam jumlah lebih banyak atau melimpah.

Dan suatu aktifitas promosi dikatakan gagal apabila jumlah pembeli yang didapatkan sangat kecil bahkan nol.

Atas hal inilah banyak perusahaan fokus dan lebih memperhatikan aspek promosi. Mereka berani mengeluarkan biaya sangat besar untuk berpromosi di media televisi secara nasional.




Supaya penjualan dapat meningkat pesat, merk produk semakin kuat di hati masyarakat dan pelanggan bertambah banyak terus setiap harinya.

Anda harus bisa membedakan antara konsumen atau pembeli dan pelanggan. Pelanggan adalah orang yang loyal dan senantiasa rutin membeli produk anda.

Sedangkan pembeli atau konsumen adalah mereka yang membeli produk dari anda pertama kali. Pembeli dapat berubah jadi pelanggan jika konsumen merasakan kepuasan atas pembelian produk dari anda.

Para pebisnis pemula pastinya akan merasakan kesulitan dalam mendapatkan para pembeli dan pelanggan secara melimpah dari media sosial Facebook.

Karena kurang pengetahuan dan pengalaman. Padahal kalau ia mengetahui bahwa sangat mudah mendapatkan pembeli dari Facebook dalam jumlah besar tanpa perlu capek.

Bagi anda yang ingin menguasai teknik promosi yang baik dan benar, berikut ini cara mendapatkan pembeli banyak dari Facebook  bagi pemula dalam waktu singkat, antara lain :

Maksimalkan Halaman Facebook

Halaman Facebook merupakan salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi produk anda untuk mendapatkan konsumen dan pelanggan di media sosial FB.

Caranya dengan membuat Halaman Facebook tentang nama produk anda. Dilanjutkan dengan pembuatan dan pemasangan foto atau gambar cover produk anda pada Halaman Facebook.

Pastikan gambar cover berukuran besar dan sangat menarik sehingga memperoleh perhatian besar dari para calon konsumen. Yang bisa mendatangkan pembeli dan pelanggan.




Lalu tambahkan tagline pada gambar cover yang menjelaskan beberapa keuntungan pokok jika pengunjung bersedia menekan tombol suka atau like di halaman Facebook sobat.

Jangan lupa pada menu Tentang atau About tulis secara lengkap gambaran dan profil bisnis anda secara sangat menarik. Untuk bisa diindeks oleh mesin pencarian Google maka masukkan kata kunci pada menu About.

Baca Juga :  Tools Optimasi Instagram Marketing siap Praktek !

Pada menu Tentang ini pula, sobat dapat melengkapinya dengan sejumlah testimonial dari pembeli dan pelanggan serta mencatumkan link website yang sobat kehendaki.

Update konten secara rajin dan berkala

Halaman Facebook berikutnya harus dilakukan update konten secara berkala setiap hari. Hal ini akan berguna untuk menambah kata kunci lebih banyak terindeks google dan lebih meningkatkan promosi dan penjualan.

Kalaulah anda tidak rutin mengupdate konten maka biasanya pihak Facebook sendiri yang akan mengingatkan dan memberitahukan kepada anda bahwa halaman Facebook anda belum diupdate. Maka segera lakukan update untuk menjangkau semakin banyak orang.

Sama seperti ngeblog, kegiatan update konten harus sering dilakukan di halaman Facebook bisnis anda. Konten berupa artikel, gambar maupun video untuk menarik semakin banyak pembeli atau pelanggan. Namun pastikan konten yang diposting tidak asal sembarangan. Tapi berkaitan dengan bisnis anda.

Setelah posting atau update konten selanjutnya bagikan kepada grup atau komunitas yang berkaitan dengan bisnis anda. Pastikan konten dibuat semenarik mungkin sehingga bisa menarik banyak konsumen dan pelanggan.

Supaya anda dan orang lain tidak bosan maka anda dapat melakukan update konten secara bervariasi. Misalkan update konten lucu atau lelucon, links, foto, gambar, tips dan triks, sampai berita bisnis dan perjalanan bisnis anda.




Mengingat banyak orang yang menyukai hal-hal tersebut dan banyak pengguna Facebook menyukai sesuatu yang berbau lucu atau hiburan. Selain Facebook sebagai sarana bersosialisasi.

Manfaat atau kegunaan lainnya dari banyaknya melakukan update konten di halaman Facebook akan mendatangkan banyak like, komentar hingga banyak dibagikan.

Yang ujungnya anda akan mendapatkan banyak konsumen dan pelanggan. Oleh karena itu, update konten harus sesering mungkin. Minimal satu hari dua kali posting konten. Jangan terlalu lama tak melakukan update konten. Kalau bisnis anda tak mau tenggelam.

Melakukan interaksi dengan halaman Facebook lain

Halaman Facebook yang digunakan sebagai sarana bisnis haruslah berinteraksi dengan halaman Facebook lainnya yang satu topik atau berbeda topik. Supaya diketahui dan dikenal oleh banyak orang. Hal ini sesuai dengan fungsi Facebook yang dibuat sebagai sarana bersosialisasi.

Sangat bagus jika anda berinteraksi ataupun berhubungan dengan halaman Facebook yang berkaitan atau seniche dengan bisnis anda. Salah satu contoh interaksi dengan halaman Facebook lain adalah memberikan komentar yang positif dan memberikan suka pada postingan  halaman Facebook orang lain memakai akun halaman Facebook sobat.

Baca Juga :  Cara Dapat Endorse di Instagram Mudah dan Cepat

Memakai profil pribadi

Untuk mendapatkan pembeli di Facebook maka anda dapat memakai profil prbadi. Karena orang lebih menyukai dan mempercayai membeli barang kepada orang yang bersifat pribadi.




Bisnis menciptakan pribadi anda. Jangan pernah mencoba menjual barang dengan akun Facebook anda yang bernama produk dan foto profil produk anda.

Berpromosi di Grup Facebook

Untuk mendapatkan pembeli dari facebook, anda dapat membuat postingan promosi tentang produk anda yang dijual. Dimulai dari nama produk, deskripsi produk, harga barang, nomor kontak dan gambar barang.

Kemudian selesai di posting di Facebook, bagikan kepada grup Facebook yang pangsa pasar utama terdapat di dalamnya.

Misalkan bisnis anda berada di daerah Bandung maka anda bisa mempromosikan bisnis anda di grup-grup Bandung. Cara ini terbukti efektif untuk mendapatkan pembeli dalam jumlah banyak secara mudah dan cepat

Promosi atau beriklan di Marketplace

Facebook mempunyai fitur Marketplace yang bisa anda manfaatkan untuk menjual barang atau produk anda. Caranya masuk ke menu utama Facebook.




Kemudian pada kanan atas ada logo gambar rumah maka tinggal anda klik. Lalu akan tampak menu Jual, Cari, Kategori dan Barang Anda. Pilih menu Jual. Selanjutnya, isi kolom : apa yang anda jual, harga dalam mata uang rupiah, kategori, lokasi,dan keterangan.

Lalu jangan lupa untuk tambahkan foto. Setelah selesai maka anda tinggal klik tombol kirim. Untuk mendapatkan pembeli lebih banyak maka anda dapat membagikan postingan iklan anda ke berbagai grup yang sekota dengan anda.

Amati, tiru dan modifikasi

Unntuk lebih mudahnya cara mendapatkan pembeli dari Facebook maka anda bisa melihat toko online atau perusahaan besar yang telah sukses dalam menggaet konsumen melalui halaman Facebook.

Pelajarilah tekniknya. Lalu ikuti dan modifikasi sedikit sehingga cocok dan efektif bagi anda. Jika mereka berhasil maka anda pun bisa berhasil.

Demikianlah cara mendapatkan pembeli banyak dari Facebook bagi pemula. Sangat disayangkan masih banyak para pelaku bisnis yang belum mengetahui ilmu ini sehingga bisnis yang mereka jalani bersifat stagnan.

Jika usaha anda ingin berkembang maju maka anda harus mengetahui dan menguasai teknik di atas. Semoga bermanfaat.