Cara Menentukan Judul Konten Memikat Pengunjung

Sebelum membahas mengenai cara menentukan judul konten yang mampu memikat penginjung. Kami akan membahas hal lebih mendasar terlebih dahulu. Yaitu pembahasan mengenai pengertian judul dalam arti luas.

Judul jika diibaratkan dalam organ tubuh manusia adalah kepala. Ia yang pertama kali dilihat. Apabila kesan pertama judul tidak menarik maka akan ditinggalkan para pembaca sebelum selesai dibacanya.

Oleh demikian, peranan judul dalam sebuah konten sangat penting. Yang membuat anda mesti menguasai cara membuat judul yang menarik dan memikat pembaca.

Sebelum orang membaca isi artikel pastinya ia akan membaca judulnya terlebih dulu. Kalau judulnya menarik maka ia akan dengan rela hati membaca isi artikel selanjutnya. Mengingat pentingnya judul artikel untuk membuat pembaca membaca isi artikel maka berbagai orang membuat judul konten dengan sangat menarik.

Namun seringkali saat ini untuk mendapatkan banyak pembaca, terkadang sebuah artikel diberikan judul konten yang bombastis dan dibesar-besarkan. Dan isi artikel terkadang melenceng dari judul yang ada. Jika melakukan hal seperti itu berarti melakukan teknik jurnalistik dan penulisan yang salah. Alih-alih isi artikel akan dibaca sampai tuntas. Justeru orang akan enggan membaca artikel tersebut. Dan terbatas hanya sampai membaca judul.

Pendek kata, ada beberapa karakteristik orang ketika hendak membaca artikel. Pertama, ia mencari informasi yang dibutuhkan. Ada sejumlah artikel yang berkaitan dengan itu. Ia melihat judul artikel yang menarik lalu membacanya sampai tamat. Kemudian ada orang yang melihat judul artikel tak menarik dan tak membaca isi artikel tersebut.

Mengingat pentingnya judul konten untuk menarik pembaca membaca lebih lanjut maka dalam membuat artikel hendaknya kita membuat judul artikel tidaklah boleh sembarangan. Harus dipilih judul artikel yang bagus, sangat menarik dan sesuai dengan isi konten. Judul yang baik akan mampu meningkatkan minat baca terhadap artikel tersebut. Di dunia ini setiap hari bermunculan artikel-artikel dan buku-buku baru. Namun yang dibaca orang sampai tamat hanya sebagian artikel dan buku. Karena judulnya yang kurang menarik.

Cara Menentukan Judul Konten Yang Memikat Pengunjung

Cara Menentukan Judul Konten Memikat Pengunjung - cover

Untuk membuat judul sangatlah mudah ketimbang membuat isi artikel yang panjang. Membuat judul dapat dilakukan dalam hitungan detik. Sedangkan menulis isi artikel lebih lama dari itu. Bagi orang yang berpengalaman membuat judul yang menarik sangat mudah. Pemberian judul konten dapat dilakukan setelah isi artikel jadi maupun sebelum isi artikel jadi.




Baca Juga :  Strategi Mempromosikan Konten Blog Paling Jitu

Pembuatan judul artikel untuk media massa dan media online seperti blog berbeda. Judul konten untuk blog sebaiknya terdiri dari 5 kata atau 7 kata yang mengandung kata kunci. Jika pemberian judul terlalu panjang maka akan membuat calon pembaca enggan untuk membaca artikel itu. Apabila judul konten terlalu pendek akan membuat bingung apa yang akan dibahas artikel tersebut.

Baca Juga : Artikel yang Baik untuk SEO

Pemberian judul konten yang salah dan asal akan berakibat fatal pada artikel tersebut. Misalkan orang tidak mau membaca isi artikel tersebut. Dan kalau digunakan dalam teknik SEO kurang bagus. Hal tersebut akan merugikan penulis itu sendiri. Sebab artikel yang dibuat berjam-jam hingga berhari-hari tidak dibaca orang. Rugi waktu, biaya dan tenaga.

Sebaliknya, jika isi artikel dibuat dengan sangat apik dan diberikan judul menarik akan membuat pembaca rela hati membaca artikel tersebut sampai tuntas. Dan target artikel dibaca sebanyak mungkin orang dapat tercapai. Untuk itu, sangat penting bagi seorang penulis untuk mengetahui cara membuat judul artikel yang menarik dan powerfull.

Seiring dengan perkembangan internet, kegiatan menulis artikel lebih gencar lagi. Menulis artikel dapat dilakukan di media massa cetak. Tapi juga di internet melalui blog yang disebut blogger. Kegiatan menulis artikel bagi seorang blogger sudah rutinitas sehari-hari yang dapat menghasilkan uang dalam jumlah besar.

Berikut ini cara menentukan judul konten yang memikat pengunjung untuk membacanya lebih lanjut, antara lain :

1. Membuat minimal tiga judul

Inilah salah satu tips yang diberikan sahabat kepada penulis mengenai cara membuat judul yang menarik. Setelah artikel dibuat maka untuk penentuan judul harus dipilih yang terbaik. Anda bisa membuat judul artikel sebanyak 3 buah. Dan memilih salah satunya yang sekiranya paling bagus dan memikat pembaca.

Related Posts
Baca Juga :  Tahap Mencari Penulis Artikel Untuk Blog Anda

2. Mengetahui tujuan penulisan artikel

Adapun tujuan penulisan artikel adalah untuk mendapatkan pembaca sebanyak-banyaknya. Dan bagi seorang youtuber membuat judul konten video untuk mendapatkan sebanyak mungkin penonton.

Seorang blogger memiliki berbagai motif dalam kegiatan menulis artikel. Seperti ajang untuk memperoleh ketenaran ataupun menghasilkan uang yang dilihat dari jumlah pembaca atau pengunjung. Oleh karenanya, penentuan judul konten sangat penting untuk menarik minat membaca artikel sobat. Disamping itu, bisa dilakukan dengan cara melakukan link berbagi di facebook atau twitter untuk mendapatkan pembaca dalam jumlah besar

3. Menggambarkan isi artikel

Judul dalam sebuah artikel mewakili gambaran isi artikel tersebut. Dengan membaca judul saja kita dapat mengetahui gambaran jelas mengenai apa yang terdapat di dalam isi artikel tersebut. Hal ini berguna untuk meningkatkan konversi calon pembaca menjadi pembaca. Ketika di share di sosial media seperti facebook da twitter maka yang terpampang adalah judulnya. Dengan judul menarik akan membuat banyak orang mengklik tautan tersebut untuk dibaca.




Sebagaimana yang dikatakan oleh Garrett Moon bahwasanya judul konten harus dibuat secara tepat dan menarik supaya dapat dioptimasi dengan baik untuk memperoleh jumlah tautan dan berbagi yang banyak di sosmed sampai sepuluh kali lipat. Sebuah artikel dengan judul konten yang tidak tepat dan tak menarik akan membuat sedikit orang berbagi di media sosial. Sebaliknya dengan judul konten yang SEO dan menarik mampu meningkatkan jumlah berbagi di medsos facebook dan twitter.

4. Judul yang mampu menarik pembaca sekaligus mengikatnya

Dengan membuat judul yang menarik pembaca (beberapa artikel viral menggunakan bahasa “click bait” atau agak sedikit dibuat heboh agar menarik pengunjung. Sehingga pembaca terus membaca artikel sampai tamat dan merasakan kepuasan.

5. Buatlah judul bukannya tema

Terkadang seorang penulis tidak bisa membedakan antara judul dan tema. Hal tersebut berakibat buruk pada judul konten yang kurang powerfull. Mereka kerapkali menggunakan topik sebagai judul. Sesuatu yang salah kaprah. Padahal untuk membedakan tema dan judul sangat gampang. Contoh topik atau tema, adalah :

  • Pedoman bermain catur
  • Cara Melamar Kerja
  • Tips Menghilangkan Stres

Dan seringkali anda melihat topik di atas dijadikan sebuah judul. Hal itu salah besar dan salah kaprah. Karena topik di atas tidak layak dijadikan judul artikel karena sebuah topik.

Baca Juga : Cara Blog Bertahan Lama di SERP

Bukannya kategori judul. Untuk mengetahui perbedaan secara jelas antara topik dan judul, anak SD pun sudah paham bahwasanya judul mempunyai sifat yang spesifik atau detail. Sedangkan topik mempunyai sifat yang umum.

Judul pada sebuah konten bersifat spesifik, bukan hanya panjang. Sehingga lebih menarik dan unik. Contoh judul yaitu :

  • Lakukan 4 hal ini supaya melamar kerja langsung diterima
  • Panduan Bermain Catur Sampai Mahir Dalam Waktu Satu Minggu
  • Tips menghilangkan Stres Dalam Satu Menit

6. Unik

Pembuatan judul konten haruslah dibuat unik. Dalam arti berbeda dari pesaing. Hal ini akan membedakan artikel sobat dengan nilai lebih dari jutaan artikel yang lain dari segi isi artikel dan pembahasannya. Dan berdasarkan pihak Google, optimasi akan berjalan efektif dan mudah masuk halaman pertama google jika judul konten sangat unik atau berbeda dari kompetitor.

Demikianlah cara menentukan judul konten yang memikat pengunjung. Teori ini dapat dipakai bukan hanya dalam pembuatan konten artikel. Tapi juga dalam membuat judul konten audio, judul buku, judul video, dan judul landing page untuk penjualan.