Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Penyebab Dan Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows – Kerusakan pada laptop bisa terjadi pada banyak hal. Baik itu rusak pada bagian software maupun hardware. Bentuk kerusakan yang khusus adalah laptop mati total atau matot, layar lcd yang rusak dan bergaris putih vertikal dan horizontal, layar blank berwarna putih atau hitam, laptop restart secara terus menerus dan lain-lain. Salah satunya yang paling umum dan mungkin anda pernah mengalami hal demikian yaitu laptop anda tidak bisa masuk ke windows.

Kerusakan-kerusakan pada laptop atau komputer tersebut membuat penggunanya tidak nyaman. Apalagi laptop mereka tidak bisa memasuki windows.

Yang berarti tidak bisa melakukan kegiatan apapun di komputer. Seperti menulis artikel atau skripsi, internetan, mendengarkan musik, nonton video dll.

Terkadang kerusakan yang terjadi pada laptop bagi orang awam sangat sulit untuk memperbaikinya. Dan membuat mereka memilih untuk menjual laptop itu dengan harga komputer atau laptop menjadi sangat murah.

Sebab sebagian fungsi tidak berjalan baik. Namun bagi mereka yang pandai memperbaiki komputer maka segala permasalahan tersebut dapat terselesaikan secara baik.

Ketika anda menyalakan komputer atau laptop maka laptop berjalan seperti biasa. Namun di tengah jalan atau proses loading tiba-tiba berhenti dan layar menjadi hitam blank.

Tidak muncul layar dekstop atau startscreen. Bahkan tak ada kursor. Hal tersebut tak biasanya terjadi. Lalu apakah yang membuat proses boding komputer tak dapat memasuki windows? Bahkan harus restart kembali dan tetap tak bisa masuk windows.

Laptop yang tidak bisa memasuki windows biasa umumnya disebabkan oleh gagal booting. Bagi sebagian orang yang laptopnya tak bisa masuk ke windows ini merupakan bencana besar.

Baca Juga : Tips Mencegah Kehilangan Data 100% Berhasil !

Mereka kebingungan dalam mengatasinya. Umumnya kerusakan pada hardware komputer yang harus diganti dengan komputer baru.

Baca Juga :  Tips Mencegah Kehilangan Data 100 Persen Berhasil !

Penyebab Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

Sebelum menjelaskan bagaimana mengatasi laptop yang tidak bisa memasuki windows maka terlebih dahulu kita membahas penyebabnya. Adapun yang menjadi penyebab sebuah laptop dan komputer tidak bisa masuk Windows, antara lain :




1. Virus

Virus bisa membuat laptop atau komputer anda tidak bisa masuk ke windows. Disebabkan sistem operasi yang terinfeksi virus sehingga proses booting gagal dengan adanya file sistem operasi yang hilang atau file yang tak terbaca atau corrupt.

Penulis pernah mengalami laptop yang tak bisa masuk ke windows dikarenakan virus yang telah menyebar secara luas ke semua komponen laptop.

Oleh sebab itu, sebelum virus membuat sistem operasi komputer anda rusak maka anda harus selekasnya membasmi virus tersebut di komputer. Supaya tidak merusak dan menyebar ke semua bagian komputer yang penting seperti operasi sistem komputer.

2. Harddisk rusak

Harddisk yang rusak pun dapat menjadi penyebab suatu komputer dan laptop tidak dapat masuk ke windows. Sebab dengan harddisk rusak maka data file pun akan menjadi tak terbaca.

Yang ujungnya terjadi peristiwa Black Screen. Inilah yang menjadi pemicu komputer tak bisa masuk windows. Cara mengatasinya yang paling mudah adalah memperbaiki harddisk atau mengganti dengan harddisk yang baru.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Dapat Masuk Windows

Setelah mengetahui penyebab laptop atau komputer tak bisa memasuki windows, mungkin uraian di bawah ini bisa mengatasinya. Berikut beberapa cara mengatasi laptop tidak dapat masuk windows dan memperbaiki laptop dan komputer yang gagal masuk windows, antara lain :




1. Restart komputer

Jika laptop atau komputer anda yang dinyalakan tiba-tiba startscreen atau layar hitam dan tidak dapat masuk ke windows maka anda bisa mencobanya untuk mematikan laptop anda sementara waktu.

Tekan tombol Power sampai komputer mati. Beberapa saat kemudian nyalakan kembali laptop atau melakukan restart ulang.

Cara ini terbukti efektif untuk dapat memasuki windows bagi sebuah laptop dan komputer secara normal. Ilmu ini didapat dari pengalaman sendiri.

Baca Juga :  Cara Mengembalikan Video Terhapus Di Hp Android

Cara masuk ke windows dengan melakukan restart merupakan cara sementara. Dan jangan terlalu sering dilakukan karena mematikan komputer tanpa melalui shutdown termasuk salah kaprah dan akan mengakibatkan kerusakan pada bagian hardware atau harddisk.

Jika komputer atau laptop anda rusak ditandai dengan tidak dapat masuk windows maka anda harus mencari penyebabnya. Bisa dari akibat virus maupun harddisk yang rusak.

Apabila karena virus komputer maka anda harus segera menghilangkannya menggunakan program antivirus. Sedangkan jika harddisk rusak maka anda harus memperbaikinya secepat mungkin. Kalau tidak bisa maka anda terpaksa mengganti dengan harddisk baru.

2. Masuk ke Safe Mode

Upaya lain yang bisa dilakukan supaya laptop dapat memasuki windows adalah terlebih dahulu masuk ke Safe Mode. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengecekan apakah windows yang telah diinstall berjalan baik atau tidak. Lalu lakukan uninstall sejumlah program yang membuat rusak sistem operasi komputer.

Dengan memasuki safe mode berarti anda dapat masuk ke windows. Sehingga dapat memperbaiki yang salah. Untuk cara masuk ke menu Safe Mode, langkah pertama adalah menyalakan komputer. Kemudian selepas melalui BIOS screen, pencet tombo F8 secara berkali-kali. Kemudian pilihlah Safe Mode.

3. Scan Komputer Dengan AntiVirus

Virus membahayakan komputer itu sendiri. Dan jika komputer anda tidak bisa memasuki windows bisa disebabkan ulah virus yang telah menyebar ke semua file hingga merusak file sistem.




Jika anda mengalami laptop yang tak dapat memasuki windows karena ulah virus maka anda harus membersihkan virus tersebut dalam laptop.

Scan komputer anda supaya virus hilang dan komputer anda berjalan normal sebagaimana biasa. Setelah itu dijamin komputer dapat berkinerja kecepatan maksimal dan masuk windows.

Cara scan komputer sangat mudah. Anda terlebih dulu mendownload program antivirus terbaru pada komputer lain. Selanjutnya memasukan harddisk atau flashdisk eksternal.

Disebabkan tidak bisa memasuki windows maka caranya dengan masuk ke Menu Safe Mode. Lalu install program antivirus yang terdapat di flashdisk. Berikutnya, menjalankan program antivirus dengan melakukan  Full Scan.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Whatsapp Web di Komputer

4. Memakai Sistem Restore

Apa yang dimaksud dengan sistem restore? Yaitu suatu fitur yang terdapat dalam windows yang berguna untuk mengembalikan windows ke waktu sebelumnya.



Berikut cara menggunakan system restore: menyalakan komputer. Sesudah melalui BIOS, tekan tombol F8 berulang ulang. Lalu masuk ke Menu Repair Computer. Pilih Sistem Restore.

Anda dapat melihat terlebih dulu apakah tersedia restore point ataukah tidak. Berikutnya, jika ada klik restore. Hal ini akan membuat data sobat tetap aman. Namun beberapa aplikasi akan menghilang. Cara ini dapat membuat komputer dapat masuk windows.

5. Install ulang

Inilah cara paling mudah, efektif dan praktis bagi komputer untuk memasuki windows secara lancar. Setelah melalui berbagai cara seperti sistem restore, scan virus dengan program anti virus tak berhasil, berikutnya maka jalan terakhir adalah melakukan install ulang.

Dengan install ulang maka komputer akan menjadi nomal kembali sebab semua virus yang menempel di dalam harddisk dapat terhapus dan file yang tak terbaca atau corrupt dapat diganti dengan file sistem baru.

Sebelum melakukan install ulang pastikan semua data telah diamankan atau dibackup di tempat yang aman

6. Pengecekan harddisk

File sistem terdapat di harddisk. Jika harddisk mengalami kerusakan akan berimbas pula pada kerusakan pada file sistem. Seperti beberapa file sistem menjadi error, corrupt atau tak dapat diakses sehingga tak dapat masuk windows.

Cara mengatasinya dengan mengganti dengan harddisk baru. Lakukan pengecekan kondisi harddisk menggunakan aplikasi Harddisk Sentinel atau HDTune.

Sebenarnya banyak penyebab sebuah laptop atau komputer tidak bisa masuk windows sangat kompleks. Masalah ini bukanlah kerusakan berat. Anda harus mengecek satu persatu. Silahkan anda memilih cara di atas sesuai efektifitasnya. Selamat mencoba!