Cara Mengelola Blog Agar Menarik Perhatian Pengunjung

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Pada artikel kali ini saya akan membagikan tips cara mengelola blog agar menarik. Memiliki blog yang menarik sangatlah penting, agar para pengunjung betah untuk berlama-lama di website yang kita kelola dan masih berkeinginan untuk berkunjung kembali di lain waktu.

Mengetahui cara mengelola blog supaya menarik sangatlah penting, sayangnya banyak dilalaikan oleh sebagian blogger. Sebagian blogger terlalu memfokuskan pada desain blog yang berlebihan, menggunakan terlalu banyak widget, dan hal-hal lainnya yang sebenarnya tidak diperlukan.

Cara Mengelola Blog agar Menarik

Cara Mengelola Blog Agar Menarik Perhatian Pengunjung - Cover

Di sisi lain, sebagian blogger membiarkan penampilan websitenya apa adanya, acak-acakan dan tidak terlihat clean, dengan alasan fikus pada pembuatan konten.




Akibatnya, para pengunjung website yang datang malas untuk berkunjung kembali karena merasa kurang nyaman dengan website yang baru saja dikunjunginya.

Oleh karena itu, di bawah ini akan saya sebutkan tips cara mengelola blog agar menarik perhatian para pengunjung. Sehingga, mereka masih berkenan untuk berkunjung kembali di lain waktu.

1. Gunakan widget seperlunya

Penggunaan widget yang terlalu banyak di website Anda hanya akan merusak tampilan website tersebut. Selain itu, penggunaan widget yang terlalu banyak menjadikan loading website menjadi lambat, sehingga mesin pencari seperti Google dan lainnya jadi tidak suka dengan website tersebut.

Para pengunjung yang datang berkunjung ke website Anda akan merasa jenuh menunggu loading yang begitu lama untuk menampilkan tampilan website secara utuh. Akhirnya, para pengunjung tersebut langsung meninggalkan website Anda dan malas untuk kembali lagi.




Oleh karena itu, diantara cara mengelola blog agar menarik adalah bijak dalam menggunakan widget. Gunakan saja seperlunya yang memang betul-betul dibutuhkan. Ada beberapa widget yang memang penting untuk ditampilkan di website Anda, seperti Widget Populer Post, Archive blog, dan Recent post itu.

2. Tampilan terlihat clean dan cepat dibuka

Maksud dari tampilan website yang clean di sini bukan berarti tampilannya blank, tidak berisi apapun. Tapi yang dimaksud adalah website yang berisi widget yang berantakan dan diletakkan di sembarang tempat pada website. Oleh karena itu, gunakan widget yang diperlukan saja agar website Anda terlihat clean dan cepat dibuka.

Selain penggunaan widget yang tepat, pastikan juga theme yang digunakan sudah seo friendly agar disukai oleh mesin pencari. Ini juga termasuk salah satu cara mengelola blog agar menarik  yang perlu diperhatikan.

Jika Anda memasang iklan di website, pastikan peletakan iklannya tepat dan tidak berlebihan jumlahnya. Iklan yang berlebihan juga akan membuat loading website Anda menjadi lambat dan mengganggu kenyamanan para pengunjung website.

Terkait dengan iklan, perlu saya ingatkan akan kebiasaan buruk sebagian blogger yang memasang iklan pop-up di websitenya.

Memasang iklan pop-up sah-sah saja, asalkan Anda menaruhnya di tempat yang tepat dan tidak sulit untuk menghilangkannya.

Mengapa saya katakan demikian? Karena terkadang kita menjumpai sebuah situs yang sembarangan memasang iklan pop-up.




Ironisnya lagi, iklan tersebut sulit sekali dihilangkan dan harus diklik sampai beberapa kali baru bisa hilang. Belum lagi setiap kali klik akan membuka tab baru di browser yang kita gunakan dan menampilkan iklan-iklan yang mengganggu dan terasa kurang nyaman.

Jika memang Anda harus memasang iklan, usahakan iklan tersebut tidak mengganggu kenyamanan pengunjung yang mengunjungi website Anda.

Saran saya, cobalah Anda menggunakan iklan yang seperti banner dan iklan text yang tidak mengganggu pengunjung website Anda, tidak mencul mendadak di depan layar, serta tidak menghalangi konten atau isi dari blog atau website Anda.

3. Perhatikan jarak spasi baris pada tulisan di website

Penulisan konten atau konten yang teropload di website Anda seharusnya diberikan jarak spasi yang bagus agar lebih menarik dan nyaman ketika dibaca.

Jika konten yang tertulis di website Anda nyaman dibaca, tentu para pengunjung akan betah berlama-lama untuk membaca artikel-artikel berkualitas yang ada di website Anda.

Jika website Anda menggunakan platform blogspot, maka Anda bisa mengatur jarak spasi dengan mengikuti cara-cara di bawah ini :

  1. Masuk ke dasboard blogger terlebih dahulu
  2. Cari menu template >> Edit Template >> cari “.post-body” bisa dengan cara CTRL + F ketikan .post-body
  3. Akan terlihat code CSS seperti di bawah ini :

.post-body{

      border:0px;

      background: #fff;

/* tambahkan Line-height pada post body  */

      line-height: 1.5;

}

Coba perhatikan pada tulisan “Line-Height” ada angka 1.5. Nah, itu adalah standar dari line spasi untuk tulisan, jadi jika Anda tidak menemukan tulisan tersebut, lakukan penambahan  seperti gambar diatas tersebut.




Untuk pengaturan jarak spasi yang bagus, Anda bisa menggunakan 1.5 sampai 2.0. Jangan terlalu kecil agar jarak antara tulisan tidak terlalu dekat dan jangan pula terlalu besar agar jarak antara tulisan tidak terlalu jauh.

4. Perhatikan jenis font atau huruf pada tulisan dan ukurannya

Cara mengelola blog agar menarik berikutnya yang juga sangat penting untuk diperhatikan adalah jenis font ini yang digunakan pada tulisan konten di website Anda. Untuk jenis font yang akan digunakan tentu saja tergantung selera masing-masing.  

Sebaiknya Anda hanya menggunakan font yang familiar atau memang sering digunakan pada internet, seperti verdana, sans serif, open sans, roboto, dan font-font familiar lainnya.

Jangan gunakan font yang aneh, apalagi font yang sudah  dibaca, karena akan menjadikan para pengunjung website Anda malas untuk berlama-lama, bahkan kemungkinan tidak akan membaca konten website Anda sampai selesai.

Ukuran font yang digunakan juga penting untuk diperhatikan. Untuk ukuran font, Anda bisa mencontoh font-font yang digunakan banyak situs web yang sudah berjalan sebelumnya dan berhasil mendapatkan pengunjung lebih banyak dari anda, seperti situs berita maupun toko online.

Sebaiknya ukuran font yang digunakan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Tujuannya, agar ukuran font yang digunakan tidak terlalu menggunakan banyak ruang dan tentu saja tidak terlalu kecil sehingga sulit dibaca.

5. Gunakan gambar yang relevan pada konten Anda

Agar konten website Anda terlihat menarik untuk dibaca, jangan lupa untuk menyertakan gambar-gambar menarik dan relevan dengan isi artikel. Ini juga termasuk salah satu cara mengelola blog agar menarik.




Tapi ingat, jangan terlalu banyak menggunakan gambar. Gunakan gambar seperlunya saja agar loading website Anda tidak lambat dan memberikan efek buruk pada mesin pencari.

Untuk jumlah gambar yang digunakan tinggal disesuaikan saja dengan panjang artikel. Kalau artikelnya hanya 300-400 kata, maka menggunakan 1 gambar masih tergolong wajar. Berbeda halnya jika artikel yang diupload di website sebanyak 2000 kata dan gambar yang dimasukkan hanya 1, tentu saja hal itu terlihat sedikit aneh.

Namun tidak semua website dengan banyak kata harus memiliki banyak gambar, karena disamping hal tersebut hemat space hosting hal lain adalah karena sang webmaster ingin artikel tersebut tidak memberatkan saat dibuka.

6. Judul yang relevan dengan isi konten

Cara mengelola blog agar menarik berikutnya adalah membuat judul artikel yang relevan dengan isinya. Coba bayangkan bagaimana perasaan Anda jika mengklik sebuah link yang berisi artikel yang tidak nyambung dengan judulnya. Tentu Anda akan merasa kesal sekali bukan.?

Oleh karena itu, pastikan judul dan isi konten saling berhubungan. Gunakan judul yang menarik dan membuat penasaran orang yang membacanya. Sehingga mereka tertarik untuk mengelik link tersebut dan memanfaatkannya hasilnya.

Demikianlah artikel tentang cara mengelola blog agar manarik minat dan perhatian para pengunjung kali ini. Semoga artikel ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang masih bingung dalam pengaturan website yang lebih menarik.