Cara Mengembalikan File Terhapus Di HP Android

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Cara Mengembalikan File Terhapus Di HP Android sangat penting untuk diketahui. Artikel ini akan membahas bagaimana anda bisa mengembalikan data di HP Android yang hilang karena disengaja ataupun tidak disengaja. Apa yang anda rasakan ketika file penting berupa dokumen, video, gambar, foto dan aplikasi dalam hp android tiba-tiba hilang ?

Pastinya anda merasa kesal. Apalagi file penting tersebut merupakan buah hasil pekerjaan anda selama satu bulan penuh. Terbayang anda harus mengerjakan kembali dari nol.

Anda harus bisa membedakan antara file yang terhapus dengan yang dihapus. Kalau file terhapus adalah hilangnya file disebabkan tanpa sengaja terhapus dan dilakukan tanpa sadar.

Sedangkan file yang dihapus disebabkan dihapus secara sengaja dan sadar. Dikarenakan file tersebut sudah tidak dibutuhkan lagi.

Kehilangan file penting dalam sebuah smartphone android terkadang dialami oleh seseorang. Disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal.

Contohnya faktor internal adalah adanya virus hingga menghilangkan dan merusak file penting. Selain itu, file penting jadi hilang di hp dapat disebabkan oleh smartphone android yang rusak, kembali ke pengaturan pabrik awal, dan adanya root dan flashing.

Namun yang paling dominan adalah faktor eksternal terutama kelalaian manusia. Misalkan tidak sengaja terhapus maupun dihapus oleh orang lain.

Kalau hal ini terjadi maka apa yang bisa anda lakukan? Tentunya berupaya sebisa mungkin mengembalikan file yang hilang tersebut di ponsel android.

Ponsel pintar android menjadi fenomena tersendiri. Dengan segi kepraktisan dan daya memori internal dan eksternal sangat besar membuat banyak orang yang memilih untuk menyimpan data penting di dalam smartphone mereka.

Data penting dalam smartphone tersebut sangat riskan terjadi kehilangan akibat dihapus ataupun terhapus tanpa sengaja oleh kita. Oleh karena itu, untuk mencegah kehilangan data penting diwajibkan untuk melakukan backup data penting.

Cara Mengembalikan File Terhapus Di HP Android - cover

Sementara itu, dengan banyaknya file yang kita simpan dalam ponsel android terkadang membuat kinerja smartphone menjadi lambat dan fungsi sistem tidak berjalan baik.

Baca Juga :  Cara Mengembalikan Video Terhapus Di Hp Android

Oleh karena itu, acapkali kita harus menghapus sebagian file dalam android yang dirasa tidak begitu penting.Baik berupa video, foto, file, dokumen, aplikasi dan lain sebagainya. Namun terkadang di lain waktu file yang dihapus tersebut diperlukan lagi.

Hal inilah yang membuat penyesalan bagi anda tiada akhir. Anda berupaya melakukan berbagai cara agar file yang terhapus di hp android bisa dikembalikan lagi.

Di dalam sebuah smartphone ada beberapa bagian yang dapat dipergunakan untuk menyimpan data yaitu kartu sim, memori eksternal dan memori internal.

Umumnya smartphone jaman sekarang sudah dilengkapi dengan kapasitas memori internal sangat besar. Sehingga terkadang tidak dibutuhkan lagi memori eksternal.

Untuk mengembalikan file yang terhapus dan hilang di smartphone android dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi maupun tanpa aplikasi.

Baca Juga : Cara Membalik Layar Laptop yang Jarang Diketahui

Berikut ini software untuk mengembalikan file yang terhapus di hp android, antara lain : Aplikasi Foto Recovery, Undeleter Recover File and Data, Aplikasi DiskDigger, Dumpster Recycle Bin, FonePaw Android Data Recovery, Dr Fibe, Mobikin Doctor, Recuva, Deleted Photo Recovery, dan Restore Image Super Easy.

Cara Mengembalikan File Terhapus Di HP Android

Bagi anda yang kehilangan data penting di android maka jangan risau. Anda dapat mengembalikan file penting yang terhapus di ponsel dengan sangat mudah. Untuk lebh jelasnya, inilah cara mengembalikan file terhapus di hp android, antara lain :




1. DiskDigger

Aplikasi ini berguna bagi anda untuk mengembalikan file yang telah terhapus di android. Cara ini berlaku hanya dilakukan di hp android dan tanpa menggunakan komputer desktop atau laptop.

Dimulai dari mendownload aplikasi ini di Google Playstore secara gratis. Lakukan proses instalasi sampai DiskDigger terpasang di smartphone android sobat.

Akan ada beberapa pemberitahuan. Misalkan permintaan root maka ijinkan saja. Lalu pemberitahuan upgrade to pro maka jangan dihiraukan. Anda memilih saja tulisan No Thanks.

Kemudian pada perangkat ponsel android, carilah folder tempat file yang hilang tersebut dan mau dikembalikan lagi. File yang hilang itu bisa terdapat di memori eksternal maupun internal.

Baca Juga :  Daftar HP Xiaomi Tercanggih dengan Harga Murah

Lalu menentukan format. Dilanjutkan dengan menekan tombol Ok. Tiunggu beberapa saat. Aplikasi DiskDigger sedang menjalankan scan file hingga dapat dikembalikan file yang telah terhapus. Kemudian anda memilih file lalu simpan dalam smartphone atau memori eksternal.

2. Undeleter Recover File dan Data

Aplikasi ini juga dapat dipergunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di hp andorid. Cara kerjanya hampir sama seperti DiskDigger. Ada dua versi aplikasi ini yaitu berbayar dan gratisan.

Untuk berbayar anda dapat menggunakan fitur lengkap di dalamnya. Sedangkan untuk yang gratisan maka anda cuma dapat mengembalikan data tertentu saja yang hilang seperti txt, sms dan foto.




Langkah-langkah mengembalikan file terhapus di hp android menggunakan Undeleter Recover File And data adalah mendownload aplikasi ini di Playstore secara gratis. Lalu jalankan aplikasi ini. Notifikasi permintaan root maka izinkan. Lalu tekan tombol Restore Data atau Restore File.

Kemudian anda ingat-ingat kembali dimana folder tempat data yang hilang tersebut. Bisa di memori eksternal ataupun memori internal. Lalu akan tampak dua opsi yakni Deep scan maupun Journal Scan. Deep Scan adalah sobat dapat memilih sendiri data yang bakal direstore.

Sedangkan Journal Scan adalah sebuah scan yang dilakukan atas segala data yang sudah dihapus meliputi sms, kontak, video, foto dll. Tekan tulisan SCAN. Tunggu beberapa saat sampai proses scan berlangsung.

Akan tampak beberapa file yang telah terhapus maka anda bisa memilih file yang mau dikembalikan. Klik icon di bagian kanan pojok untuk Saving.

3. Foto Recovery

Aplikasi ini bermanfaat untuk mengembalikan foto yang hilang di hape android akibat terhapus atau dihapus. Caranya download dulu aplikasi Foto Recovery di Google Playstore.

Kemudian jalankan dan carilah foto yang telah terhapus dan mau dikembalikan lagi. Klik tombol Kembalikan Foto. Maka anda akan mendapatkan kembali foto yang telah dihapus di perangkat android sobat.

4. Restore Image Super Easy

Dengan mengamati nama aplikasi ini sudahjelas sekali bahwa aplikasi ini berguna untuk mengembalikan foto yang telah dihapus secara mudah. Anda dapat melakukan download aplikasi ini di google playstore secara gratisan untuk dipasang di hp android sobat.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows

5. Recycle Bin Dumpster

Kalau dalam komputer atau laptop sangat mudah untuk mengembalikan file atau data yang terhapus maupun yang telah dihapus. Baik dalam format dokumen, musik, gambar, foto, video dan lain-lain.



Dengan cara masuk ke program Recycle Bin. Akan banyak daftar file atau data yang telah dihapus dan bisa dikembalikan lagi dengan cara memilih file yang akan dikembalikan. Lalu klik Tombol Restore.

Software Recycle Bin di komputer hampir sama dengan aplikasi android yang bernama Dumpster. Yang berperan sebagai kotak sampah menampung banyak file atau data yang telah dihapus. Meliputi file, video, dokumen, foto dan lain sebagainya.

Penghapusan file atau data tidak permanen. Namun bersifat sementara atau backup yang dapat dikembalikan lagi. Sehingga dengan menggunakan aplikasi ini dapat mencegah file hilang akibat terhapus.

Kalaupun hilang dapat dikembalikan lagi. Jika anda tertarik menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan file yang hilang maka anda bisa mendownload aplikasi ini terlebih dulu di Google Playstore.

Lalu jalankan aplikasi Dumpster. Dilanjutkan dengan menentukan file yang akan disimpan dalam aplikasi ini. Untuk lebih detail aturlah di menu pengaturan sesuai kebutuhan.

Dengan Dumpster maka anda tidak usah risau file anda hilang akibat terhapus karena bisa dikembalikan lagi secara permanen.

Demikianlah cara mengembalikan file terhapus di hp android dengan berbagai pilihan yang menarik. Seperti melalui bantuan aplikasi, tanpa bantuan aplikasi, software maupun tanpa root.

Sobat dapat memilih salah satu cara di atas yang paling mudah dan efektif dalam mendapatkan kembali data yang sudah dihapus. Sekian penjelasan dari kami dan mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semuanya.