Cara Menulis Artikel SEO Friendly Terbaik Tahun ini

Bicara mengenai cara menulis artikel SEO Friendly, ada baiknya anda memahami arti dasar dari menulis itu sendiri. Menulis artikel adalah suatu kegiatan yang sudah diajarkan sejak seseorang duduk di bangku Sekolah Dasar. Sehingga tidak asing lagi bagi anda untuk menulis.

Bagi anda yang sudah terbiasa dengan tugas kuliah dan sekolah pastinya tidak asing lagi dengan kegiatan menulis yang merupakan bagian dari proses akademik. Begitupula seorang blogger yang setiap hari blogging tidak lepas dari aktifitas keseharian menulis artikel.

Untuk seseorang yang sudah terbiasa menulis artikel atau berprofesi sebagai penulis pastinya tidak akan mengalami kesulitan dalam menulis artikel yang baik dan benar. Dalam beberapa menit sudah bisa membuat beberapa artikel.

Namun bagi mereka yang belum mempunyai keterampilan menulis yang baik sungguh rasanya berat menulis sebuah artikel. Bahkan tak jarang mereka membutuhkan waktu berhari-hari hanya untuk menulis sebuah artikel pendek.

Menulis artikel bisa dilakukan oleh siapapun juga. Dan semua itu bisa dilatih. Jika anda mempunyai sebuah blog pastinya menulis artikel menjadi sebuah pekerjaan sehari-hari untuk mengupdate blog anda. Dan kenyataannya, menulis artikel untuk blog berbeda dengan teknik menulis artikel untuk media lain.

Menulis artikel untuk blog atau website harus ditulis secara baik dan benar, menarik untuk dibaca dan harus memenuhi ketentuan SEO. Supaya halaman artikel dapat tampil di peringkat satu mesin pencari Google, Yahoo, Bing, Yandex, dan Baidu.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Terbaik Tahun ini - cover

Lalu bagaimanakah cara menulis artikel SEO friendly yang menarik untuk dibaca dan contoh tulisan SEO Friendly? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini cara menulis artikel SEO friendly yang baik dan benar serta menarik untuk dibaca, antara lain :




Cara menulis artikel SEO dengan merancang penulisan artikel

Artikel haruslah memiliki judul yang unik dan menarik, gambar yang relevan dengan isi artikel, informasi yang diberikan lengkap sekali dengan pembukaan yang baik sehingga memberikan kepuasan pada para pembacanya, dan kesimpulan atau penutup yang baik dan benar serta memukau. Dengan demikian, artikel menarik untuk dibaca sampai tuntas dan mudah mendapatkan suka dari para pengunjung

Cara menulis artikel SEO agar human-readable

Seringkali seorang pemilik blog menulis artikel berdasarkan teknik SEO jadul yang dipelajarinya pada jaman dulu. Teknik SEO yang sudah tak berlaku lagi di jaman ini. Mengingat algoritma google sudah berubah.

Baca Juga : Bisnis Anak Muda Fenomenal di Indonesia

Pada jaman dulu, dalam menulis artikel ditujukan untuk mesin pencarian. Sehingga susunan artikel tidak beraturan, terjadi banyak manipulasi teknikal, duplikasi dan judul terkadang berbeda dengan isi konten.

Dalam menulis artikel menggunakan teknik SEO yang masih ampuh pada masanya dengan memperhatikan beberapa hal, diantaranya :

  1. Keyword density
  2. Menempatkan kata kunci di ALT gambar dan di title
  3. Menetapkan jumlah kata per artikel harus 600 kata lebih
  4. Memakai Sub Heading dan Heading dari H1 sampai H5
  5. Menggunakan teknik underland ataupun bold pada keyword
  6. Menempatkan keyword di paragraf awal, tengah dan akhir.

Namun pada waktu itu, artikel dapat muncul di halaman satu google. Sekarang situasinya berbeda. Dan teknik SEO jadul tidak berlaku efektif lagi.




Baca Juga :  Membuat Website Dengan Artikel SEO Friendly 2019

Saat ini mesin pencarian Google memperbaiki algoritma. Dengan menggunakan algoritma modern. Sehingga pencarian informasi di mesin telusur Google lebih akurat. Dan untuk tampil dalam halaman pertama Google, sebuah artikel tidak bisa menggunakan teknik SEO pada jaman dulu.

Perbaikan Algoritma pada Google

Namun SEO modern yang mengharuskan artikel berkualitas bagus di mata pembaca atau manusia. Hal inilah yang membuat mesin pencarian membuat ketentuan supaya artikel dapat masuk ke peringkat satu Google haruslah berkualitas bagus dan nyaman di mata pembaca atau manusia.

Baca Juga : Panduan SEO Terbaru 2019

Fakta tersebut tak terlepas dari komitmen google untuk memberikan artikel yang akurat dan berkualitas terbaik bagi para pembacanya.

Jadi lupakan teknik SEO yang selama iini diagung-agungkan. Karena teknik SEO yang ada selama ini sudah basi. Sekarang mulailah fokus, menulis artikel untuk manusia dan bukannya untuk mesin telusur.

Dengan menulis artikel untuk manusia dan mudah dipahami oleh manusia dengan sendirinya akan masuk ke peringkat satu google. Karena itu merupakan salah satu elemen SEO artikel saat ini yakni user experience.

Contoh Tulisan Yang Tidak Berkualitas Dan SEO Friendly

Untuk contoh tulisan artikel yang kurang SEO friendly dan tak berkualitas bagus di mata mesin telusur dan pembaca, antara lain :

  1. Informasi yang disajikan telah diketahui banyak orang atau basi
  2. Isi konten biasa saja dan membuat membacanya cepat bosan. Hal ini karena menulis artikel tidak ramah manusia dan memilih untuk mesin telusur
  3. Mengulang kata yang sama yang tak dibutuhkan atau keyword stuffing dalam artikel
  4. Artikel singkat berisi kurang dari 500 kata

Jika anda merasakan trafik blog tak kunjung naik padahal artikel sudah banyak maka sangat mungkin karena artikel di dalam blog anda tidak berkualitas baik.

Buat Artikel SEO 2019




Baca Juga :  Tahap Mencari Penulis Artikel Untuk Blog Anda

Perubahan algoritma Google membawa perubahan pada cara menulis artikel yang SEO friendly. Berikut ini beberapa contoh artikel yang tidak SEO friendly, antara lain : 

  • Artikel tulis ulang atau rewrite
  • Artikel hasil spinner atau hasil menyalin, dan
  • Artikel otomatis hasil AGC

Semua artikel tersebut dapat muncul di halaman pertama Google. Namun hanya dalam kurun waktu sebentar. Setelah satu bulan akan hilang dalam mesin pencarian google disebabkan terkena Sandbox Effect Google.

Baca Juga : Tips Meningkatkan CTR Google Adsense

Sehingga tak aneh jika anda mendapatkan sebuah blog dengan ratusan konten artikel tapi jumlah pengunjungnya dikisaran puluhan perhari.

Dari sinilah jelas bahwa dalam pembuatan artikel SEO 2019 haruslah mengandung konten yang inovatif, ide segar, unik dan terbaik yang memperhatikan kenyamanan pembaca. Berikut ini ciri sebuah tulisan artikel SEO friendly menurut versi Google terbaru, antara lain :

  1. Informasi yang disajikan sangat lengkap, detail, bersifat deskriptif dan mengandung banyak ide baru
  2. Penerapan Heding dan Sub Heading masih berlaku untuk H1 sampai H3
  3. Penggunaan Latent Semantix Indexing (LSI) pada tulisan artikel
  4. Penerapan kata kunci di meta title
  5. Tulisan berguna untuk para pembaca dan memperhatikan kepuasan para pembaca
  6. Menghindari melakukan praktek Keyword Stuffing

Dengan melakukan hal-hal di atas dalam menulis artikel maka secara otomatis artikel anda akan mendapatkan peringkat yang baik di mata mesin penelusuran.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita dapat memahami bahwa untuk menempatkan artikel di halaman atau peringkat satu google tidak mudah. Tidak ada ilmu pasti. Anda tidak bisa lagi mengandalkan cara-cara lama. Seperti menerapkan keyword density atau keyword stuffing. Jika anda melakukan ini, artikel anda tidak akan bertahan lama di halaman satu Google bahkan hilang sama sekali oleh artikel pesaing.

Saat ini era teknik SEO modern sistem LSI. Seseorang tidak dapat memastikan artikel yang ditulisnya akan masuk peringkat satu Google. Karena algoritma google sangatlah rahasia dan berubah-ubah. Hanya google yang tahu. Jasa penulis artikel SEO yang sekarang marak di dunia maya tidak bisa menjamin artikelnya bisa masuk ke peringkat satu Google.