Cara Menutup akun Facebook Sementara / Permanen

Cara menutup akun facebook masih menjadi salah satu hal yang paling dicari bagi pengguna facebook. Kebanyakan dari mereka sudah memiliki alasannya masing-masing. Pada artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai cara tersebut.

Mendengar kata “Facebook” sudah tidak asing lagi bagi setiap orang yang menggunakan internet. Seperti yang kita ketahui bahwa Facebook menjadi salah satu sosial media yang paling populer dan digemari banyak orang di seluruh dunia.

Dari anak-anak, pejabat bahkan orangtua sudah menggunakan facebook. Kebanyakan dari mereka memakai facebook untuk menjalin pertemanan dan berkomunikasi dengan banyak orang, baik itu saudara, teman dekat bahkan teman jauh.

Melalui situs jejaring facebook, seseorang dapat mengunggah berbagai informasi mengenai dirinya sehingga dapat dilihat oleh pengguna lain. Tidak hanya itu, pengguna facebook dapat membuat kata-kata yang disebut dengan status mengenai berbagai hal.

Status yang dibagikan tersebut dapat dikomentari oleh pengguna lainnya. Walaupun demikian, belum banyak orang yang mengetahui definisi facebook, sejarah serta manfaat dari facebook itu sendiri.

Baca Juga : Cara Menghitung Persentase Keuntungan Berdagang

Di Indonesia, jumlah pengguna facebook aktif bulanan mencapai 77 juta. Dengan demikian, facebook merupakan jejaring sosial yang digemari dan menjamur di kalangan masyarakat Indonesia. Namun, jika ditanya mengenai definisi dari facebook, maka hanya sebagian orang saja yang mengerti definisi facebook itu.

Cara Menutup Akun FacebookCara Menutup Akun Facebook Sementara dan Permanen - cover

Lantas, apakah definisi dari facebook? Jika dilihat dari kata “Facebook” terdiri dari dua frasa dalam bahasa inggris. Face yang berarti muka sedangkan book yang berarti buku.

Baca Juga :  Belajar Marketing Facebook untuk Pemula



Sedangkan definisi facebook secara lengkap adalah sebuah situs jejaring sosial yang memungkinkan pengguna dapat saling berinteraksi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia. Frasa “Buku Muka” merupakan prinsip dasar yang membedakan facebook dengan jejaring sosialnya, yaitu menampilkan seluruh informasi dari pengguna tersebut.

Facebook menawarkan berbagai fitur canggih yang belum pernah ada di sosial media sebelumnya. Selain dapat bertukar pesan, dengan facebook seorang pengguna dapat menciptakan halaman pribadi, menambahkan teman, membuat dan mengupdate status, membagikan berbagai jenis konten, video call dan banyak lagi. Selain itu, facebook juga dilengkapi dengan alat privasi untuk membatasi siapa saja yang berhak melihat hal yang Anda bagikan.

Seperti yang kita tahu bahwa facebook merupakan monster jejaring sosial yang sangat populer. Facebook memiliki jutaan pengguna aktif setiap harinya.

Dengan adanya jejaring sosial ini, orang-orang dapat saling terhubung satu sama lain, entah dengan kerabat mereka, teman lama mereka atau bahkan teman baru yang mereka kenal di facebook.

Tidak hanya itu, dengan adanya facebook ini, kita juga bisa berjualan dan memasarkan produk yang kita miliki.




Oleh karna itu jika anda ingin menutup atau menonaktifkan  akun facebook anda maka perlu anda pikirkan matang-matang. Karena dengan menutup akun facebook, anda tak akan bisa berinteraksi kembali dengan orang-orang atau teman-teman anda yang berada di facebook atau menikmati berbagai manfaat positif di dalamnya seperti mudahnya menghubungi seseorang, mencari teman lama, memasarkan produk dan lain sebagainya.

Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan kepada anda tentang bagaimana cara menutup akun  facebook sementara ataupun permanen.

Untuk yang menonatifkan secara sementara, profil facebook anda akan disembunyikan tetapi anda bisa dengan mudah mengaktifkannya kembali selama anda masih ingat email dan password anda.

Sedangkan untuk yang permanen, jika anda tidak login selama 14 hari lebih, maka profil dan semua data anda di facebook baik foto, status dan lain sebagainya akan dihapus selamanya dan anda tidak bisa diaktifkan kembali. Jadi silakan anda pertimbangkan, mau yang sementara atau permanen.

Baca Juga :  Mengenal Fungsi Aplikasi Facebook Terbaru Tahun ini

Cara Menonaktifkan Facebook di HP

Bagi anda pengguna HP, anda dapat menonaktifkan akun Facebook langsung melalui browser di HP anda dengan mudah. Untuk langkah-langkahnya bisa anda simak dibawah ini :




  • Terlebih dahulu anda harus login ke akun Facebook anda melalui browser (gunakan Chrome saja). Kemudian klik Menu (ikon garis tiga) seperti yang ditunjuk tanda panah.
  • Setelah itu, scroll sedikit kebawah kemudian pilih Pengaturan.
  • Selanjutnya scroll lagi kebawah, pada Informasi Facebook Anda, silakan pilih Kepemilikan dan Kontrol Akun.
  • Langkah selanjutnya pilih Penonaktifan dan Penghapusan
  • Akan tersedia dua opsi yang ada, yaitu menghapus akun Facebook sementara (Nonaktifkan Akun)atau permanen (Hapus Akun), silakan pilih yang sesuai dengan keinginan anda.
  • apabila anda memutuskan untuk menghapus akun Facebook secara permanen, maka semua data / file anda baik itu foto, video maupun postingan andaselama menggunakan Facebook akan dihapus. Bahkan akun Facebook yang terhubung di Messenger juga akan dihapus.
  • Jika anda siap menerima konsekuensinya, maka scroll sedikit kebawah dan klik Hapus Akun.
  • Untuk memastikan bahwa yang melakukan penghapusan akun Facebook ini adalah sang pemilik Facebook yakni anda, maka silakan masukkan password Facebook anda. Selanjutnya klik Lanjutkan.
  • Langkah selanjutnya klik Hapus Akun.
  • Berhasil! Akun Facebook anda sudah berhasil dihapus secara permanen. Pastikan anda tidak login dalam kurun waktu 14 hari, karena jika anda login kembali, maka penghapusan akun Facebookanda akan dibatalkan.

Cara Menutup Akun Facebook di Laptop / PC

Anda dapat menonaktifkan akun Facebook anda dengan mudah langsung melalui laptop / komputer anda. Selengkapnya bisa anda simak dibawah ini :

Menonaktifkan Facebook Sementara

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menutup akun facebook secara sementara :




  • Terlebih dahulu silakan anda login ke facebook kemudian pilih Pengaturan.
  • Anda akan dibawa ke pengaturan Umum akun anda. Kemudian pilih Sunting pada kolom Kelola Akun.
  • Selanjutnya pilih Nonaktifkan akun Anda seperti yang telah saya lingkari merah.
  • Anda akan melihat form seperti gambar dibawah ini, silakan pilih salah satu alasan mengapa anda memutuskan untuk keluar dari facebook. Sebagai contoh, saya memilih Lainnnya, jelaskan lebih lanjut : Isi alasan utama anda mengapa ingin menonaktifkan akun facebook anda seperti contoh dibawah. Setelah itu, centang opsi Tolak Email agar anda tidak lagi menerima email pemberitahuan dari facebook. Selanjutnya pilih Tutup.
  • Jika anda mendapatkan notifikasi seperti ini, pilih Nonaktifkan Sekarang.
  • Akun facebook anda berhasil dinonaktifkan. Jika suatu saat nanti anda ‘berubah pikiran’ dan ingin menggunakan facebook kembali, tinggal login di facebook seperti biasanya (dengan memasukkan emaildan password anda).
Baca Juga :  Cara Dapat Endorse di Instagram Mudah dan Cepat

Cara Menonaktifkan Facebook Permanen

  • Pertama-tama login ke facebook anda kemudian kunjungi link berikut ini.
  • Kemudian pilih Hapus Akun Saya.
  • Anda akan dihadapkan pada halaman sebagai berikut. Masukkan kata sandi anda beserta kode captcha yang telah disediakan, selanjutnya pilih OK.
  • Akun facebook anda berhasil dinonaktifkan atau dihapus secara permanen. Maka semua data anda yang ada, baik foto, status, video dan lain sebagainya akan dihapus. Facebook akan memberikan waktu untuk anda selama 14 hari jika ingin membatalkan permintaan penghapusan akun anda. Jika selama 14 hari anda tidak login facebook, akun facebook anda akan dihapus selamanya dan tidak bisa dikembalikan.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai cara menutup akun facebook di HP/PC Laptop semoga dari penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda terima kasih.