Dampak Sandbox Google : Kenali dan Pelajari

Dampak sandbox google pada website ataupun blog dapat diketahui sebagai hal yang sangat mengesalkan, karena dampak ini mampu membuat pengunjung blog berkurang secara drastis. Kegiatan ngeblog akan terasa menyenangkan jika segala sesuatu berjalan lancar.

Dari mulai cara membuat blog yang baik dan benar. Dilanjutkan dengan penulisan artikel panjang setiap hari sebagai langkah update blog. Artikel yang terindeks oleh mesin pencarian google terus bertambah setiap hari.

Yang membuat blog semakin populer dan banyak menempati halaman pertama google dengan kata kunci tertentu. Dan dari hari ke hari trafik bertambah besar.

Yang kemudian dimonetisasi dengan berbagai program bisnis online hingga mendapatkan penghasilan yang lumayan besar setiap bulan.

Namun kegiatan blogging tidak semudah seperti yang diutarakan di atas. Terkadang ada banyak halangan, hambatan dan kendala yang mesti dilalui dalam mencapai target ngeblog yang sukses dan menguntungkan.

Salah satunya blog baru maupun blog lama yang tiba-tiba mengalami hukuman google sandbox. Akibat dari google sandbocx ada banyak kerugian dari pemilik blog bersangkutan. Ditandai dengan banyak artikel di blog menjadi deindeks dan penurunan trafik yang sangat drastis.

Dampak Sandbox Google - Kenali dan Pelajari - cover

Ada banyak pemicu atau penyebab sebuah blog mengalami sanksi hukuman sandbox google. Namun kebanyakan penyebabnya adalah perilaku pemilik website atau blog itu sendiri dalam mengelola blognya.

Mereka melakukan kesalahan yang tanpa disadari membuat Google marah. Salah satunya kerapkali membagikan postingan ke media sosial dan sering mensubmit url blog ke Websmater Tools.

Google pun memberikan pinalti sandbox google. Supaya tidak melakukan hal serupa bagi pengelola blog yang dianggap melakukan tindakan spam.

Baca Juga : Tempat Download Film Gratis Terupdate

Beberapa blog yang penulis kelola pun pernah beberapa kali mengalami hukuman sandbox google. Sungguh sangat menjengkelkan mendapatkan pinalti sandbox google.

Semua artikel deindeks. Trafik turun drastis hingga nol trafik. Untuk keluar dari sanksi Google Sandbox memerlukan waktu beberapa bulan.

Mengenal Sandbox Google

Bagi seorang pemula atau baru terjun dalam dunia blogging pastinya sangat asing mengenal google sandbox. Namun bagi mereka yang telah lama terjun sebagai blogger profesional sudah tak asing lagi dengan google sandbox.

Baca Juga :  Memahami Google Hummingbird Lebih Dalam

Sama seperti google penguin dan hummingbird merupakan sebuah bentuk hukuman atas pelanggaran yang telah dilakukan seseorang terhadap blognya.




Untuk mengenal dari dasar apa itu sandbox google bahwasanya sandbox google berasal dari bahasa inggris yang berarti kotak pasir.

Secara istilah merupakan suatu penalti atau hukuman yang diberikan pihak Google kepada suatu blog atau website yang telah melanggar aturan dari google.

Bentuk hukumannya seluruh artikel di blog masuk kotak pasir. Sehingga blog terbenam dan tak dapat ditemukan di mesin pencarian google beserta artikelnya.

Perasaan pemilik blog jika blognya terkena google sandbox pastinya jengkel sekali dan ketakutan. Kerugian akan dialaminya dampak google sandbox berupa penurunan trafik yang terjun bebas, penghasilan yang menurun tajam, semua artikel tidak terindeks mesin pencarian google lagi, dan kerugian lain sebagainya.

Dampak Sandbox Google

Berikut ini cara mengecek suatu blog terkena sanksi google sandbox atau belum dan dampak yang ditimbulkan dari hukuman sandbox google terhadap suatu blog, antara lain :




1. Pengunjung menurun drastis

Salah satu indikasi sebuah blog terkena sandbox google dapat dilihat dari trafik yang menurun drastis. Penurunan ini akan berlangsung secara terus menerus.

Walaupun dilakukan update artikel tetap visitor menurun secara signifikan. Yang utama diakibatkan oleh semua artikel di blog tersebut menjadi deindeks atau tidak terindeks lagi oleh mesin pencarian google

2. Penghasilan

Dampak buruk lainnya yang diakibatkan oleh pinalti sandbox google adalah penghasilan yang menurun. Disebabkan oleh jumlah trafik yang merosot turun tajam.

3. Artikel jadi tak terindeks

Jika anda terheran-heran dengan artikel yang telah ditulis di blog tiba-tiba hilang di dalam mesin pencarian google maka itu pertanda blog anda terkena hukuman google sandbox yang sangat mengerikan.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Terupdate !

Semua artikel lama no index padahal banyak artikel yang dulu menjadi penyumbang trafik terbesar dari blog tersebut tiba-tiba menghilang dari search engine.

Artikel baru yang selesai dibuat pun tidak terindeks oleh google. Padahal sebelumnya, sebuah artikel yang diposting langsung bisa terindeks mesin pencarian google dalam beberapa menit.

Untuk mengatasi deindeks tersebut, terkadang pemilik blog melakukan submit url ulang ke Webmaster Tools. Tapi tetap saja artikel lama dan baru pada suatu blog tak terindeks google karena sedang mendapatkan hukuman google sandbox.

Dan pada dasarnya tidak semua artikel deindeks. Namun hanya ada satu atau dua artikel yang masih terindeks google. Tapi secara keseluruhan artikel tidak terindeks google lagi.

Cara Mengecek Blog Terkena Sandbox Google

Yang menjadi bahan pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara cek suatu blog terkena sandbox google atau tidak secara mudah? Hal ini sangat gampang. Anda dapat merasakan kondisi blog anda saat ini.

Jika ada sesuatu yang berbeda sekali dari blog anda seperti hal di atas maka anda bisa melakukan pengecekan terhadap blog anda terhadap kemungkinan terkena sandbox google.

Google sandbox dapat mengenai blog siapa saja. Termasuk blog anda. Jika blog anda mengalami beberapa kelainan dari biasanya seperti di atas maka anda bisa dengan mudah mengecek blog anda terkena sandbox google atau tidak. Dengan cara mengunjungi : www.searchenginegenie.com/sandbox-checker.htm.

Kemudian, anda diharuskan mengisi data. Lalu memasukkan keyword. Yang dilanjutkan memasukkan captcha. Tekan tombol submit. Dalam beberapa detik, akan tampak hasilnya yang menunjukan blog anda terkena sandbox google atau tidaknya. Contohnya :




  1. Your site not in Google sandbox, yang berarti blog anda tidak terkena google sandbox
  2. Your site is still in google sandbox, yang berarti blog anda mengalami kerusakan terkena hukuman google sandbox yang mematikan.

Penyebab Blog Terkena Sandbox Google

Oleh sebab itu, anda sebagai pemilik web atau blog harus waspada dan berhati-hati terhadap hukuman google sandbox. Jangan sampai terjadi pada blog kesayangan anda.

Lebih baik mencegahnya ketimbang mengobati blog yang terkena sandbox google. Karena cara lepas dari hukuman sandbox google sangat rumit dan memakan waktu berbulan-bulan.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Halaman Pertama Google

Selain itu, anda bisa mempelajari beberapa penyebab terjadinya hukuman sandbox google sehingga sobat dapat menghindari penyebab tersebut. Berikut ini sejumlah penyebab blog terkena sandbox google, antara lain :

1. Terlalu sering Submit URL

Submit URL merupakan langkah SEO untuk menampilkan artikel di mesin pencarian google. Namun jika anda berlebihan dalam submit URL seperti beberapa kali submit URL akan membuat google marah.



Yang kemudian blog sobat dapat langsung terkena hukuman google sandbox. Karena dianggap spam. Oleh sebab itu, upaya berlebihan dalam seo ini perlu dihindari sejauh mungkin supaya blog anda aman dari hukuman google sandbox. Untuk proses submit URL blog dilakukan satu kali saja dengan jeda waktu cukup lama.

2. Backlinks

Backlinks yang otomatis dan tak natural serta berkualitas buruk dapat menjadi penyebab sebuah blog terkena hukuman google sandbox. Disebabkan Google mencurigai anda telah melakukan spam backlinks.

3. Pengulangan keyword

Pengulangan kata kunci yang merupakan bagian dari teknik seo apabila dilakukan berlebihan akan membuat blog anda terkena sanksi google sandbox. Pengulangan kata kunci haruslah bersifat natural yakni pada bagian awal paragraf pertama, tengah dan akhir.

Jangan terlalu banyak mengulang kata kunci di sembarang tempat. Karena itu akan dianggap oleh google sebagai tindakan spam atau stuffing keyword. Untuk menghindarinya, anda melakukan pengulangan kata kunci sangat sedikit.

4. Sunting postingan

Penyebab lain yang bisa membuat blog terkena sandbox google adalah melakukan suntingan artikel yang telah dipublish. Untuk itu, sebelum mempublikasikan artikel lebih baik anda memastikan kondisi artikel tersebut sudah baik, benar, dan lengkap serta terhindar dari ejaan yang salah pengetikan.

5. Link mati

Link yang mati atau error pada sebuah blog bisa menjadi pemicu terjadinya sanksi google sandbox terhadap suatu blog. Oleh karena itu, sobat bisa mengecek semua link pada blog sobat. Pastikan link berfungsi dengan baik. Jika anda mendapatkan link yang mati pada blog maka anda dapat segera menghapusnya.