Fitur Rahasia Google Drive Yang Jarang Diketahui

0
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating (5968 votes)

Perusahaan Google Coorporation terus menerus mengembangkan berbagai ceruk bisnis maupun aplikasi penyimpanan atau google drive dengan fitur rahasia nya. Hal tersebut sebagai upayanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap teknologi yang terbaru.Seperti halnya Google Adword, Google Adsense, Gmail dan Google Maps yang sukses besar.

Begitupula Google Drive yang mendapatkan sambutan positif dari masyarakat secara menyeluruh. Google drive merupakan media penyimpanan daring yang berada dibawah kendali Google. Aplikasi ini diluncurkan pada tanggal 24 April 2012.

Fitur Rahasia Google Drive Yang Jarang Diketahui - cover

Google Drive memberikan kemudahan dalam menyimpan data file secara bebas dan luas. Kapasitas gratis untuk menyimpan data sekitar 5 GB. Jika ingin menambah kapasitas penyimpanan dikenakan biaya tambahan. Hal berikutnya yang paling menyenangkan dan menjadi kelebihan dari Google Drive ini adalah dapat diakses oleh berbagai perangkat eletronik lainnya. Seperti smartphone android.

Fungsi Google Drive

Berikut ini berbagai fungsi Google Drive, antara lain :




  1. Untuk membikin sebuah Formulir
  2. Dapat dipakai untuk keperluan membuat gambar
  3. Dapat membikin spreadsheet lewat online
  4. Dapat dipergunakan untuk pembuatan presentasi via online
  5. Dapat membuat dokumen dengan pengetikan online

Keunggulan Google Drive

Yang menjadi kelebihan atau keunggulan dari Google Drive sangatlah banyak, antara lain :

  1. Dapat mengakses file atau data dimanapun dan kapanpun. Mengingat aplikasi milik Google ini dapat diakses di smartphone android atau laptop. Kemudian file atau data dapat dibagikan kepada orang yang anda kehendaki
  2. Segala jenis file dapat dibuka dengan google drive. Seperti doc, pdf, video, png, jpg, rich text dll
  3. Penyimpanan data dalam satu tempat yang berlangsung sangat cepat dan aman dalam kapasitas besar sekalipun.

Kekurangan Google Drive

Kelebihan Google Drive yang banyak bukan berarti tanpa adanya kekurangan. Adapun yang menjadi kekurangan dan kelemahan Google Drive yang perlu sobat ketahui yaitu penyimpanan data bersifat online. Dalam arti, penyimpanan akan berjalan lancar jika koneksi internet lancar dan bagus.

Baca Juga : Bisnis Kedai Kopi Terpopuler di Indonesia

Sebaliknya jika koneksi internet lemah atau tak ada jaringan internet maka penyimpanan data tidak bisa dilaksanakan secara baik. Mengingat masih adanya sebagian wilayah di tanah air yang memiliki koneksi jaringan internet yang lemah.

Anda pastinya mengenal salah satu layanan yang diberikan oleh Google Corporation yaitu Google Drive. Google Drive merupakan layanan untuk menyimpan data secara cloud. Namun disamping itu terdapat sejumlah layanan atau fitur lain dari Google Drive yang masih belum banyak diketahui orang. Untuk itulah, pada kesempatan pagi hari ini, penulis akan menjelaskan beberapa fitur rahasia yang terdapat pada Google Drive. 

Fitur Rahasia Google Drive

Masyarakat umumnya mengenal Google Drive sebagai media penyimpanan data sistem cloud. Padahal masih banyak fungsi dan fitur lain. Semua itu disebabkan oleh masyarakat masih kurang pengetahuan akan layanan Google Drive secara lengkap. Fitur rahasia Google Drive yang masih tersembunyi hanya dapat diakses oleh mereka yang mengetahui seluk beluk aplikasi ini.




Baca Juga :  Penjelasan Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini

Penggunaan Google Drive sangat populer di masyarakat saat ini untuk berbagai kebutuhan terutama mengamankan semua data di ponsel pintar, komputer, netbook dan laptop.

Segala jenis data akan terjamin keamanan dan tidak akan pernah hilang serta dapat diakses kapanpun dan dimanapun oleh pemilik data dan orang yang diberikan akses terhadapnya.

Untuk lebih lebih jelas dan lengkap, berikut ini beberapa fitur rahasia Google Drive yang perlu diketahui, antara lain :

Fitur Rahasia Google Drive dapat Merubah format PDF ke dalam Teks

File berformat PDF merupakan jenis file yang sangat populer. Format PDF biasanya digunakan untuk pembuatan ebook. Untuk membuka dan membaca file ini dibutuhkan aplikasi bernama Adobe Reader. Untuk membuat file PDF harus mempunyai aplikasi Adobe Acrobat.

Apabila anda mendownload atau memperoleh kiriman file jenis ini di Google Drive maka anda dapat mengkonversi format PDF ke teks secara langsung di Googgle drive tanpa aplikasi tambahan. Disebabkan Google Drive mempunyai fitur konversi PDF ke teks secara otomatis.

Baca Juga : 10 Situs Download Gratis

Cara mengubah format PDF ke teks di Google Drive sangat gampang. Langkah pertama, masuk ke halaman Google. Lalu ketik Google Drive. Pilih Google Drive : Free Cloud Storage for Personal Use. Anda akan dihadapkan pada halaman utama Google Drive.

Klik tombol “Go to Google Drive”. Kemudian carilah file format PDF yang akan dikonvert ke dalam bentuk teks. Lalu buka file tersebut. Selanjutnya di bagian atas tengah, anda dapat memilih Open With Google Docs.

Fitur Rahasia Google Drive sebagai Penterjemah

Fitur yang tersembunyi lainnya di Google Drive adalah adanya fitur penterjemah. Fitur ini dapat dipergunakan untuk menerjemahkan file berbahasa asing. Contohnya anda memperoleh kiriman file yang berisi bahasa asing tertentu.

Sedangkan Anda tidak menguasai dan memahami bahasa asing tersebut. Untuk memahaminya maka anda bisa menerjemahkannya secara langsung di Google Drive. Karena aplikasi milik Google ini mempunyai fitur Translate.




Cara menterjemahkan file berbahasa asing menggunakan Google Drive adalah upload ke akun google drive file yang menggunakan bahasa asing tersebut. Buka file. Kemudian klik kanan. Lalu klik bagian : Buka Dengan Google Docs. Tampak halaman baru. Pada bagian atas, klik menu Tool atau Alat. Pilih : Terjemahkan Dokumen.

Pada bagian bawah, pilih bahasa yang anda inginkan hasilnya. Kemudian, klik tombol: Terjemahkan. Dalam hitungan detik, bahasa asing tersebut dapat diterjemahkan ke dalam bahasa yang anda inginkan. Sehingga mengerti betul isinya.

Pencarian file yang lebih spesifik dan mudah

Bagi anda yang memakai akun Google Drive untuk keperluan usaha dan bisnis pastinya anda sering akses ke akun Google Drive. Hanya untuk melihat file yang dikirim klien maupun mengirim file kepada akun klien.

Penyimpanan data file di akun bisa membesar. Hal tersebut jika berlangsung lama akan membuat banyak file yang menumpuk di Google Drive anda.

Baca Juga : Transaksi Online Aman via Danamon Online Banking

Ketika anda membutuhkan file tertentu namun lupa nama file tersebut pastinya akan sulit rasanya mencari file tersebut di Google Drive secara satu persatu atau manual.

Mengingat jumlah file dan data yang tersimpan bisa mencapai ribuan. Langkah termudahnya adalah menggunakan fitur pencarian canggih di Google Drive.

Cara mencari file tertentu di Google Drive cukup gampang. Di Telusuri Drive atau kolom pencarian, anda dapat memilih jenis file yang hendak dicari.

Seperti kategori Dokumen, PDF, Spreadsheet, Presentasi, Foto & Gambar, dan Video. Lalu mengetikkan nama file tersebut atau anda bisa mengetikkan nama klien anda sehingga muncul file yang anda butuhkan.

Drag & Drop

Fitur Google Drive yang canggih dan dapat dipergunakan lainnya adalah Drag and Drop. Sebuah fitur yang berguna untuk mengoptimalkan kegiatan upload file. Biasanya upload file memakai cara manual lewat klik tulisan NEW. Lalu menekan tombol Upload File.

Dilanjutkan dengan memilih data file yang akan diupload di direktori hingga selesai. Namun cara ini kurang efektif. Anda bisa menggunakan teknik yang lebih mudah dan lebih cepat menggunakan fitur Drag and Drop. Dengan cara ini bisa memangkas jalur yang panjang.

Demikianlah fitur rahasia Google Drive yang masih jarang diketahui orang. Sangat sayang untuk dilewatkan fitur canggih dari Google Drive ini. Anda dapat memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan anda sehari-hari. Untuk semua keperluan, anda dapat menggunakan aplikasi ini.Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Refresh