Fungsi Fetch as Google : Penjelasan Detail

0
Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating (5304 votes)

Fungsi Fetch as Google ? Bagi orang yang terjun dalam teknik SEO pastinya mengenal istilah ini. Salah satu peralatan pendukung Search engine optimization adalah Google Webmaster Tools yang didalamnya terdapat layanan Fetch as Google. Adapun fungsi dari layanan ini adalah mempercepat artikel terindeks di mesin pencarian.

Secara umum, fetch as google berfungsi untuk menjadikan sebuah artikel yang baru diposting pada blog atau web dapat terindeks secara cepat di mesin telusur google.

Pada halaman pertama atau kedua. Sehingga artikel dapat ditemukan dan dibaca banyak pengguna internet yang membutuhkannya dengan kata kunci tertentu. Semakin banyak pembaca maka artikel anda akan semakin populer.

Bagi kalangan blogger profesional yang fokus menghasilkan uang di internet melalui blog atau web akan selalu menggunakan layanan ini.

Layanan Fetch as google merupakan fitur yang wajib digunakannya setelah menulis dan memposting artikel. Mereka tidak ingin artikel yang dibuat tidak terindeks mesin pencarian google.

Karena tidak akan menambah trafik bagi blognya. Trafik sama dengan uang. Semakin banyak trafik atau pengunjung maka semakin banyak uang dari blog.

Jika anda selama ini menulis artikel di blog atau web lalu mempostingnya tanpa disertai menggunakan fetch as google maka anda dapat segera menghentikan kebiasaan ini.

Sebab ini merupakan kebiasaan yang kurang baik dan merugikan diri anda. Dimana artikel yang diposting tidak dapat terindeks google dengan cepat. Bahkan artikel yang diposting tak terindeks google. Tujuan menulis artikel dibaca banyak pengguna internet menjadi gagal.

Para blogger profesional, internet marketer dan para pakar SEO sangat menganjurkan bagi seseorang yang menulis artikel di blog lalu mempostingnya untuk segera menggunakan layanan fitur fetch as google.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Terupdate !

Sehingga artikel dapat tercantum di mesin telusur google dengan singkat menggunakan keyword tertentu yang diketikkan orang. Yang pada akhirnya dibaca sebanyak mungkin orang.

Fungsi Fetch as Google - Penjelasan Detail - cover

Fetch as google adalah layanan yang mudah dan sederhana. Ini merupakan teknik SEO yang sangat mendasar bagi pemula. Istilah teknik SEO yang rumit, kompleks dan susah terpatahkan dengan layanan fetch as google.



Ternyata teknik search engine optimization sangat mudah dan sederhana hanya dengan menulis artikel lalu posting dan selanjutnya mendaftarkan artikel di fetch as google.

Baca Juga : 9 Cara Membangun Bisnis Online Paling Jitu !

Bagi blogger yang meremehkan fungsi fetch as google akan membuat blog mereka sepi pengunjung dan artikelnya jarang dibaca orang.

Mereka melupakan teknik SEO utama yang sangat berguna dan baik yaitu dengan mendaftarkan artikel di mesin pencarian google lewat layanan fetch as google.

Untuk pemula yang sedang belajar teknik SEO tidak perlu jauh-jauh untuk mendalami ilmu ini. Langkah pertama adalah menggunakan layanan fetch as google sesudah posting artkel. Dengan menguasai layanan fetch as google yang terdapat di Webmaster Tool.

Perlu diketahui, Google tidak ingin artikel anda tak terindeks di mesin pencarian. Mereka ingin artikel original, panjang, lengkap dan berkualitas bagus yang anda miliki dapat terindeks secara cepat di mesin telusur sehingga dapat dibaca pengguna internet. Salah satu upaya google dengan menyediakan layanan fetch as google yang dapat digunakan secara gratis.

Fungsi Fetch as Google

Banyak sekali orang yang tidak mengenal fetch as google. Dimulai dari pengertian, fungsi, cara kerja dan manfaatnya. Hal ini umumnya, para blogger disibukkan dengan kegiatan menulis artikel sebanyak mungkin. Dengan menerapkan teknik SEO berupa backlink.




Fetch as google adalah suatu teknik seo yang bersifat offpage yang sangat efektif dan efisien. Untuk menggunakan fetch as google pastikan blog atau web anda telah terlebih dulu terdaftar di google webmaster tools dan terverifikasi secara baik.

Fenomena saat ini terutama pada blogger pemula, banyak dari mereka yang tak memakai fetch as google secara optimal setelah memposting artikel. Hal ini disebabkan banyak faktor. Salah satunya kekurangtahuan mereka terhadap fitur SEO yang mumpuni ini.

Baca Juga :  Larangan Dalam Praktik Optimasi Paling Update

Bagi mereka yang mengetahui manfaat dan fungsi fetch as google yang sangat efektif untuk mencantumkan artikel di mesin pencarian google maka mereka memanfaatkan fitur fetch as google secara baik dan maksimal. Sehingga artikel dapat terindeks dan terbaca di mesin telusur mbah google secara lebih cepat.

Fetch as google adalah akar dari semua ilmu SEO yang ada. Sebaik apapun anda menerapkan teknik SEO yang lain. Seperti backlink, pengulangan keyword, template responsif, loading cepat, artikel yang panjang dan lain sebagainya akan percuma jika tidak menggunakan layanan fetch as google.

Pengertian fetch as google secara bahasa adalah ambil. Dalam arti, dengan menggunakan fetch as google maka pihak google akan mengambil postingan artikel kita dan langsung ditempatkan di mesin pencariannya dengan peringkat tertentu berdasarkan sistem metrik crawler.

Ada dua macam fetchs as google yang terdapat di webmaster tool yang terkadang membuat pemula kebingungan dan keheranan dalam cara menggunakannya yaitu Fetch dan Fetch and Render.




Lalu Fetchs yang mana yang bisa digunakan untuk mendaftarkan url postingan artikel terbaru anda pada mesin pencarian google?

Untuk layanan fetch saja yang berarti ambil dipakai untuk keperluan postingan artikel yang sudah diperbaharui lagi dan bukan hanya mendaftarkan artikel baru.

Artikel yang sudah lama kemudian diedit dan ditambahkan lagi maka perlu menggunakan layanan Fetch ini tanpa perubahan template.

Sementara itu, layanan Fetch Render dipakai untuk halaman blog atau website baru yang telah berubah dalam widget, kode script maupun struktur template.

Google terus memperbaharui sistem perayapan algoritmanya termasuk cara penggunaan fetch as google. Sehingga cara lama yang telah usang tak dapat dipakai lagi. Berikut ini cara menggunakan fetch as google terbaru yang bisa anda terapkan sehabis memposting artikel, antara lain :




  1. Bukalah browser di perangkat komputer, netbook atau laptop
  2. Kunjungi Google
  3. Ketikkan: google webmaster tool pada kolom pencarian dan tekan Enter
  4. Pada tulisan Google Webmaster Tools, klik hingga mendapatkan halaman utama Search Control yang akan menampilkan blog atau website milik anda. Jika anda belum masuk ke dashboard Google webmaster tools maka anda bisa melakukan log in terlebih dulu
  5. Klik nama website atau blog  anda yang berada di halaman utama webmaster tools. Pada sisi sebelah kiri, anda akan mendapatkan beberapa menu seperti tampilan penelusuran, lalu lintas penelusuran, indeks google, perayapan, masalah keamanan dan webs tools
  6. Pilih tulisan “Perayapan”. Maka anda akan mendapatkan berbagai layanan seperti Kesalahan Perayapan, Statistik Perayapan, Fetch as google, Penguji robot txt, peta situs, dan Parameter url. Pilihlah Fetch as google
  7. Jika anda mengalami kesulitan dalam menggunakan Fetch as google dengan adanya tulisan Gunakan Search Console terbaru maka anda harus mengklik link tersebut. Sehingga yang tampil adalah laman google search console terbaru
  8. Pada kolom di atas yang kosong masukkan url postingan artikel anda yang baru.Lalu tekan enter. Maka anda akan mendapatkan notifikasi berupa pesan bahwa URL tidak ada dalam properti. Yang berarti belum terindeks google
  9. Tekan tombol : “Rayapi URL” sehingga mendapatkan pemberitahuan : Sukses
Baca Juga :  Panduan SEO Terbaru 2019 : Rank 1 Google !

Cara menggunakan fetch as google sekarang ini agak berbeda dari tahun sebelumnya. Hal ini tak terlepas dari kebijakan Google yang menyediakan Webmaster tools terbaru atau migrasi yang terkini. Sehingga anda dapat mengutak atik fitur terbaru di dalamnya untuk menguasai layanan fetch as google.

Demikianlah fungsi fetch as google yang intinya dapat anda terapkan dalam upaya teknik seo. Mudah-mudahan anda dapat memanfaatkan fitur ini secara baik dan maksimal sehingga blog atau website anda dapat dikunjungi banyak orang dengan artikel yang berkualitas, panjang dan lengkap.

Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Refresh