Info GTK : Simak Informasi Lengkapnya

Informasi Lengkap Tentang Info GTK – Pekerjaan atau profesi seorang guru merupakan profesi yang mulia. Ia memberikan penerangan dan bimbingan kepada manusia. Sehingga dari yang asalnya tak bisa menjadi bisa. Dari asalnya tak mampu menjadi mampu melakukan suatu pekerjaan. Dari tidak tahu menjadi tahu.

Untuk melakukan semua itu, seorang guru dituntut untuk ikhlas mengajarkan sesuatu yang spesialisasinya kepada para siswa. Hal ini membuat masyarakat menjuluki guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Apa itu Info GTK

Info GTK

Guru yang dimaksud di sini adalah guru sekolah yang mengajar murid secara formil. Seperti guru TK, SD, SMP dan SMA. Mungkin di daerah anda pun sudah banyak orang yang menjalani profesi sebagai seorang guru. Baik dalam status PNS maupun honorer.



Perkembangan dunia pendidikan dan profesi guru sudah mulai sedikit terlihat perubahan ke arah yang lebih baik. Dari asalnya yang kurang mendapatkan perhatian pemerintah menjadi sesuatu hal yang menjadi perhatian pemerintah. Dikarenakan profesi seorang guru sangat penting bagi kehidupan bangsa dalam menghasilkan generasi muda yang pintar, berakhlak baik dan cerdas.

Baca Juga : Tubidy – Download Video dan MP3 Gratis

Seorang guru harus menciptakan gaya mengajar yang disukai setiap muridnya. Dalam menyampaikan bahan ajaran tidak bersikap monoton. Namun ia harus bersikap kreatif dalam mengajarkan suatu disiplin ilmu supaya menyenangkan bagi para siswa. Misalkan melalui metode bercerita, outdoor maupun indoor.

Seorang guru pun harus melakukan upgrade atau meningkatkan pengetahuan terhadap mata pelajaran yang dikuasai dan diajarkannya. Mengingat perkembangan ilmu dan pendidikan berkembang cepat dan berubah secara dinamis setiap detik. Oleh karena itu, seorang guru bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan suatu disiplin ilmu dengan rajin membaca buku, melakukan penelitian dan lain-lain.



Profesi guru di jaman dahulu dengan jaman sekarang sangat berbeda. Saat ini seorang guru harus melek internet dan pengetahuan. Hal tersebut sebagai upaya meningkatkan skill keterampilan mengajar dan mengikuti perkembangan jaman yang terus berubah.

Baca Juga :  Mengenal Google My Business Secara Umum

Saat ini kesejahteraan seorang guru sangat diperhatikan oleh pemerintah. Misalkan dengan program sertifikasi guru, pengangkatan guru honorer menjadi guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS), tunjangan dana BOS, dan lain sebagainya.

Manfaat dan Kegunaan

Bagi anda yang bekerja sebagai seorang guru tentu saja mengenal betul program ini. Info GTK adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dalam rangka memuat informasi identitas tenaga pendidik dan kegiatannya. Seorang guru dituntut agar selalu mencari atau update terus informasi dirinya lewat aplikasi ini di internet.

Lalu apa yang menjadi manfaat atau kegunaan dari aplikasi info GTK ? Berikut ini beberapa kegunaannya bagi guru, antara lain :




1. Media pemantau validitas seorang guru

Seorang tenaga pendidik dapat melihat pembaharuan data dan validitas data terbaru baginya. Contohnya data tempat mengajar, jumlah siswa dan data dirinya sendiri sebagai tenaga pengajar yang diakui oleh negara.

2. Mengajarkan melek teknologi

Para guru senior biasanya dikenal jadul dan tradisional serta kuno atau ketinggalan jaman. Mereka tidak menguasai internet. Sehingga dengan adanya aplikasi Info GTK mereka dituntut untuk belajar menggunakan komputer atau smartphone untuk mengecek validitas mereka.

Dengan menguasai komputer dan teknologi internet dalam akses aplikasi ini maka akan mempermudah bagi para guru untuk mengetahui informasi penting mengenai kapan cairnya tunjangan profesi tenaga pendidik.

3. Tersajinya info secara lengkap mengenai guru

Program ini menjadi salah satu jembatan antara tenaga pendidik dan kementerian Pendidikan RI. Seorang guru harus menyesuaikan data diri dan sekolahnya yang valid sesuai dengan data terkini sistem dapodik di Info GTK.

Pada aplikasi ini terdapat informasi tentang jumlah jam mengajar seorang guru. Apabila jumlah jam mengajar masih kurang maka akan terdapat penjelasan belum valid dan tak berhak memperoleh tunjangan guru.

Baca Juga :  Informasi Seputar Definisi Influencer Marketing




Oleh sebab itu, seorang guru yang baik dan bertanggung jawab harus memantau terus aplikasi ini merupakan perpanjangan dari Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.

Adanya aplikasi Info GTK merupakan upaya pemerintah khususnya Kementerian Pendidikan untuk mengelola sistem pendidikan secara modern dan canggih di Indonesia. Seorang guru diharapkan mampu menguasai teknologi internet dalam proses belajar mengajar supaya lebih maksimal hasil pembelajaran di sekolah.

Penjelasan Lain Tentang Info GTK

Info GTK adalah aplikasi online yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan melalui Direktorat GTK. Aplikasi yang canggih untuk para guru ini bisa diakses oleh semua guru kapanpun dan dimanapun secara langsung maupun lewat SIM PKB.

Baca Juga : Musicpleer – Kemudahan Mendengarkan MP3

Untuk menggunakan aplikasi Info GTK maka seorang guru harus mendownload aplikasi ini di Google Playstore jika ia menggunakan ponsel pintar. Sedangkan jika ia pengguna komputer desktop dapat mendownload aplikasi yang berjalan pada komputer dengan sistem operasi windows.




Setelah mengunduh aplikasi Info GTK maka diharuskan membuat akun dengan mengklik tombol register. Dilanjutkan dengan mengisi identitas diri secara lengkap beserta informasi lain. Sesudah terisi dengan benar maka dilanjutkan dengan klik tombol ok. Maka secara tak langsung seorang guru sudah mempunyai akun Info GTK yang sangat bermanfaat bagi dirinya sebagai tenaga pendidik yang telah terdaftar di Kementerian Pendidikan.

Sesudah mempunyai akun maka seorang tenaga pengajar bisa dengan bebas mengakses akun mereka kapan pun dan dimana pun tanpa kesulitan berarti menggunakan smartphone atau laptop. Namun tentu saja pastikan kecepatan internet sangat tinggi supaya akses akun Info GTK berjalan lancar.

Dengan mengakses akun Info GTK maka seorang guru bisa mengetahui berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar yang telah ia lakukan beserta identitas dirinya dan sekolah induknya tempat ia mengajar. Dapat diketahui pula jumlah rombongan belajar dari sekolah tempat bernaungnya.

Baca Juga : Stafaband – Kenali dan Cara Menggunakannya

Pendek kata, Info GTK merupakan aplikasi khusus guru yang bermanfaat untuk pengecekan validitas data tenaga kependidikan terbaru. Semua informasi tentang identitas guru dan kegiatan yang dilakukan di sekolah sistem dapodik dapat terpantau secara jelas. Hal ini akan berdampak pada besaran tunjangan guru.

Baca Juga :  Daftar Promo Garuda Indonesia : Jakarta Bali Terjangkau

Untuk mengubah data guru dalam akun Info GTK tidak sembarangan. Namun melalui pihak berwenang. Apabila terjadi ketidak sesuaian antara data di aplikasi Info GTK dengan data yang sebenarnya maka seorang guru bisa mengubah data dapodik dengan melaporkan pada petugas operator sekolah yang berwenang.

Info GTK Di Google Playstore

Untuk mengetahui informasi seputar aplikasi ini sekaligus mengunduh secara gratis maka anda dapat berkunjung langsung ke Google Playstore. Lalu pada kolom pencarian masukkan kata Info GTK maka akan muncul beberapa aplikasi mirip. Seperti Info GTK PTK 2020, Info GTK 2020 Kemdikbud, dan Cek Info GTK 2020.




Besaran memori aplikasi ini sangat kecil dikisaran 2 MB sampai dengan 4 MB. Sehingga memudahkan bagi para tenaga pendidik untuk mendownload aplikasi ini di ponsel pintar mereka tanpa perlu khawatir kekurangan memori ponsel.

Dalam keterangannya, aplikasi ini akan membantu para tenaga pendidik dalam mengecek data secara lengkap untuk mengetahui Sertifikasi, SKTP dan JJM di akun SIMPKB.

Demikian penjelasan tentang Info GTK. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda semua. Sehingga ketika mendengarnya lagi anda sudah tak asing dan sudah memahaminya secara  baik dan benar mengenai aplikasi ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.