Informasi Seputar Definisi Influencer Marketing

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating 5 (4 votes)

Influencer Marketing – Sangat penting jika sebelum memulai kegiatan pemasaran suatu produk maupun jasa (brand) yang ingin dipromosikan oleh suatu perusahaan agar terlebih dulu menguasai cara dan trik marketing tersendiri. Salah satunya adalah memahami tentang influencer marketing. Hal ini sangat penting agar pemasaran tersebut bisa memperoleh keberhasilan yang maksimal.

Seiring dengan kehadiran beragam platform media sosial yang terus mengalami perkembangan dalam beberapa tahun terakhir ini seakan membuka salah satu strategi baru dalam bidang pemasaran. Strategi ini lebih dikenal dengan nama digital marketing.

Jika sebelumnya para produsen brand hannya mampu melakukan promosi kegiatan pemasarannya dengan cara konvensional, maka seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang semakin pesat mengharuskan para pemasar untuk mengubah pola dan taktik marketing agar tidak tergilas zaman dan mampu melakukan persaingan ketat dan sehat di pasar bebas dengan para kompetitornya. Nah, salah satu cara yang dianggap sangat layak dan ampuh untuk memasarkan suatu brand di media sosial adalah melalui influencer marketer.

Tapi sebelum kita lanjut lebih jauh lagi, tahukah Anda apa yang dimaksud buzzer marketer itu? Kalau belum? Simak kelanjutann artikel di bawah ini.

Definisi Influencer Marketing

Informasi Seputar Definisi Influencer Marketing - Cover Artikel

Istilah influencer marketing digunakan untuk sebuah metode yang muncul berdasarkan kajian daripenelitian yang dilakukan oleh para ahli marketing dengan menunjuk orang-orang yang memiliki pengaruh diantara masyarakat yang dirasa dapat menjadi sasaran promosi dari brand tersebut.

Metode ini bisa dikatakan sebagai salah satu strategi yang terbilang baru di dunia pemasaran digital yang merambah media sosial, dimana sang influencer memerankan sebagai pembeli atau pengguna suatu brand yang mampu merepresentasikan berbagai hal positif yang dimiliki oleh sebuah brand.

Penunjukan seorang influencer dibangun di atas dasar keahlian, popularitas, maupun reputasi yang dimiliki oleh orang yang ditunjuk sebagai influencer. Dengan menggunakan metode Influencer marketing, suatu perusahaan (brand) nantinya akan lebih loyal kepada sang influencer dengan membangun hubungan lebih dalam. Hubungan yang dibangun bukan sekedar meng-endorse saja namun lebih kepada informasi juga privilege terhadap produk baru serta proses dibelakang layar dari brand yang dibawanya.

Tahap selanjutnya, orang-orang yang ditunjuk sebagai influencer diberikan tugas untuk bisa memengaruhi keputusan lingkungan terdekatnya (teman, keluarga, followers) agar mereka mau lebih mengenal sebuah brand yang dipasarkan lewat konten yang dibuat sendiri ataupun brand dalam postingan di berbagai platform media sosial pribadi yang dimiliki influencer tersebut. Diharapkan pengenalan tersebut akan berujung pembelian brand yang akan dipasarkan.

Tingkatan Masyarakat Pada Influencer Marketing

Saat ini terdapat 4 (empat) lapisan masyarakat dalam influencer marketing, yakni the social couch potatoes – the social engine – welebrities – celebrities. Oke, mari kita lihat karakteristik mereka satu per satu.

1.The social couch potatoes

Lapisan bawah atau the social couch potatoesadalah istilah untuk mereka yang memiliki sosial media namun belum maksimal dalam menggunakannya. Mereka tidak pernah membagikan sesuatu di akun mereka dan mereka pun tidak pernah berinteraksi dengan pengguna lain.

2.The social engine

Lalu berikutnya pada influencer marketing adalah the social engine. Lapisan ini istilah untuk orang-orang yang sudah biasa yang menggunakan sosial media dengan sangat baik, mereka membagikan sesuatu pada akun sosial media mereka dan mereka juga berinteraksi dengan pengguna lain. Umumnya orang-orang pada lapisan ini memiliki pengaruh yang cukup tinggi dan dipercaya.

3.Welebrities

Lapisan berikutnya lagi pada influencer marketing adalah welebrities. Lapisan ini istilah untuk orang-orang yang memang menggunakan social media sebagai salah satu / sumber utama pencaharian mereka.

Biasanya orang-orang yang berada pada kalangan ini adalah foodblogger, fashionblogger, dan lain-lain. Intinya mereka yang membuat content dan mempublikasikannya pada sosial media atau sebuah situs. Tingkat kepercayaan orang yang berada pada tingkatan ini cukup tinggi, namun tidak setinggi the social engine.

4.Celebrities

Lapisan berikutnya lagi pada influencer marketing adalah celebrities. Lapisan ini istilah untuk kalangan artis yang memang sudah dikenal masyarakat luas. Impression yang bisa dihasilkan akan sangat tinggi namun tidak berbanding dengan trustlevel nya.

Karena masyarakat tentu mengetahui kalau selebriti bersangkutan dibayar dengan harga yang mahal untuk mempromosikan sebuah produk. Selain itu, gaya hidup, strata sosial, serta perilaku selebriti tidak sepenuhnya relatable dengan kebanyakan masyarakat pada umumnya.

Pentingnya Influencer Marketer

Satu pertanyaan penting yang cukup mendasar, yaitu mengapa sebuah brand butuh influencer marketer dalam pemasarannya? Penyebab mengapa buzzer marketing tidak lain dikarenakan dewasa ini masyarakat para calon konsumen cenderung antipati terhadap metode pemasaran konvensional yang bersifat hard selling.

Dalam dunia pemasaran digital, para calon konsumen akan lebih memercayai kata-kata, kalimat maupun melihat suatu brand yang dikenakan oleh seseorang yang dianggap memiliki pengaruh terhadap dirinya. Namun perlu dilihat kembali 4 lapisan influencer di atas untuk lebih mengenal siapa influencer yang paling cocok dengan calon konsumen.

Fakta yang didapatkan dari riset sederhana yang perlu diketahu tentang manfaat dan efektivitas influencer marketing diantaranya ialah iklan di Negara Amerika Serikat yang dibintangi oleh selebriti terkenal ternyata hanya memberikan pengaruh sebesar 25% terhadap penjualan. Hal ini sangat bertolak belakang dengan promosi lain yang ternyata lebih berpengaruh 92% bagi para konsumen ketika berasal dari teman, kerabat, dan saudara.

Influencer marketing saat ini sudah menjadi salah satu trik marketing dunia yang dipercaya 2 kali lebih efektif & efisien dibanding dengan iklan konvensional.

Manfaat Influencer Marketing

Setelah didapat beberapa fakta akan pentingnya influencer marketing maka selanjutnya adalah mengetahui manfaat jelas dari influencer marketing yang diketahui lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand.

Selain itu metode marketing ini juga lebih mudah menjangkau konsumen yang ditargetkan atau juga dapat memilih target konsumen dengan lebih spesifik, tergantung pada pihak influencer (dari mana asalnya, seperti apa, siapa) yang dipilih oleh brand, sehingga brand positioning menjadi lebih focus.

Pada saat yg bersamaan, jika platform media sosial yg digunakan oleh influencer mencakup jangkauan luas, maka secara otomatis pemasaran brand juga dapat menjangkau konsumen yg lebih luas menyesuaikan dengan media sosial tersebut. Ini tentu merupakan sebuah keuntungan yang besar dalam hal ini.

Selain itu, ada lagi beberapa manfaat penting lainnya seperti meningkatkan brand awareness dengan cepat dan mudah, serta meningkatkan arus traffic ke situs brand yang dipasarkan.

Bukan hanya itu saja, influencer marketing juga membantu meningkatkan kredibilitas brand di mata konsumen, serta lebih menghemat anggaran dan biaya jika dibandingkan dengan metode marketing konvensional. Selain itu influencer marketing cenderung mudah pada segi maintenance namun hasil yang didapat tetap maksimal.

Demikianlah informasi seputar influencer marketing, pengertian, pentingnya, serta  berbagai hal yang berkaitan dengannya. Semoga informasi yang kami bagikan melalui artikel ini betul-betul memberikan tambahan informasi bagi Anda khususnya yang banyak tahu tentang apa itu buzzer marketing.

Leave a Reply