Informasi Seputar Ping Backlink : Amunisi Tambahan Blogger

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Sebagai seorang blogger tentu saja Anda tahu apa itu ping dan kegunaannya bukan? Yah, ping adalah suatu proses untuk memberitahukan kalau di blog kita terdapat konten baru atau update konten. Selain itu, ping juga berfungsi sebagai ping backlink yang memberitahukan spider google agar cepat mengindeks backlinks yang ditanam.

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa backlink sangat berperan besar dalam menaikkan peringkat blog kita pada halaman pencarian mesin pencari seperti Google dan mesin pencari lainnya. Hanya saja, kebanyakan blogger atau webmaster hanya memfokuskan peningkatan peringkat di halaman pencarian Google.

Informasi Seputar Ping Backlink - Amunisi Tambahan Blogger - Cover

Backlink tersebut ditanam dengan keyword tertentu yang mengelink ke situs yang kita targetkan untuk dioptimasi. Tetapi, sebagus apapun backlink yang kita tanam jika tidak terindeks oleh Google maka tidak akan bermanfaat sama sekali. Nah, disinilah letak dan fungsi ping backlinks dalam membantu kita mempercepat indeks backlink tersebut.

Ciri-Ciri Backlink Berkualitas

Sebelum saya menyebutkan list situs ping backlinks yang bisa digunakan untuk mempercepat indeks backlink yang kita tanam, di bawah ini saya akan sebutkan beberapa ciri-ciri backlink berkualitas.

 




 

Mengetahui ciri-ciri backlink berkualitas sangat penting, agar kita jangan sampai susah payah menanam backlink di berbagai tempat, ternyata backlink tersebut dianggap tidak berkualitas bahkan dianggap spam.

Adapun ciri-ciri backlink berkualitas adalah sebagai berikut :

1. Relevan

Salah satu ciri-ciri dari backlink berkualitas adalah adanya relevansi dengan topik/niche dari blog yang dibuatkan backlink tersebut. Ketika backlink tersebut relevan, akan terlihat lebih natural di mata search engine seperti Google.

Dari segi user experience (UX), link di website yang relevan juga tidak mengganggu kenyamanan visitor, bahkan sangat mungkin mendapatkan klik yang tentu saja menjadi kunjungan (trafik).

2. Contextual Links

Ciri-ciri berikutnya dari backlink yang berkualitas dan layak untuk dipercepat indeksnya dengan ping backlink adalah Contextual links atau link dalam artikel.

Dikategorikan sebagai backlink berkualitas karena backlink jenis ini biasanya related atau relevan dengan isi artikel (topik yang ditulis). Dan seperti yang sudah saya jelaskan di atas kalau link dari topik yang relevan sangat disukai search engine.

3. High PR (DA PA)

Google memberikan hadiah kepada blog yang authority dan trusted dengan Pagerank. Semakin tinggi pagerank berarti authority semakin tinggi. Oleh karena itu, backlink yang berasal dari domain dengan Pagerank tinggi merupakan backlink yang berkualitas.

Sayangnya, sejak tahun 2012, pagerank sudah tidak diupdate lagi sehingga penilaian Authority sebuah blog atau website memakai alternative DA PA (Domain Authority dan Page Authority) dari Moz. Metric TF (Trust Flow) dari Majestic SEO pun juga bisa Anda gunakan.

 

Baca Juga :  Pengaruh Diversifikasi Terhadap Kesuksesan SEO




 

Patokan nilai dalam mengukur authority sebuah blog yang digunakan oleh algoritma Moz dan Majestic tetap sama, semakin tinggi nilainya semakin bagus.

4. Low Outbound Links

Low outbound links terkait erat dengan Link Juice. Mendapatkan backlink dengan outbound link (link keluar) yang cukup banyak tentu akan mengurangi efektivitas backlink tersebut karena harus dibagi-bagi dengan link-link yang lain di dalam satu halaman yang sama.

Hal ini berbeda dengan low outbound links, di mana backlink yang di dapat dari halaman tersebut lebih powerful dikarenakan Link Juice nya langsung masuk ke website yang ditargetkan tanpa terlalu banyak terbagi-bagi ke link lain.

Perlu diingat bahwa terlalu sering mendapat backlink dari website dengan outbound links yang banyak bisa  membahayakan blog atau website kita karena rentan dianggap sebagai halaman spam.

5. Unik (Different C class IP’s)

Backlink berkualitas juga sangat dipengaruhi oleh IP adress dari backlink yang didapatkan. Jika sebuah blog atau website mendapatkan backlink dari IP yang berbeda-beda maka backlink itu dianggap berkualitas.

Logikanya, jika backlink yang di dapat dari IP yang berbeda-beda, tentu besar kemungkinan kalau backlink yang didapat bukanlah hasil manipulasi seperti halnya jika kita membuat backlink dari website-website kita sendiri (dengan IP dan hosting yang sama).

6. Dofollow Attribut

Secara terori, dofollow link diangap oleh google sebagai sebuah ‘vote’ untuk blog atau website kita, sedangkan nofollow tidak. Oleh karean itu, jika kitamendapatkan banyak backlink berkualitas dengan kriteria-kriteria sebelumnya diatas namun link nya ternyata bukan dofollow, maka itu adalah sebuah kerugian besar.

 




 

Meskipun demikian, agar backlink yang ditanam terlihat natural, sebaiknya diselingi juga dengan backlink yang beratribut nofollow.

7. One way links

Dengan algoritma Google yang terbaru, hanya one way links (link satu arah) saja yang mengarah ke website kita yang dianggap berkualitas oleh Google.

Algoritma terbaru Google tersebut meruntuhkan aktivitas tukar backlink sesama blogger yang sempat laris dan dilakukan oleh kebanyakan blogger beberapa tahun yang lalu. 

Demikianlah 7 kriteria atau ciri-ciri backlink yang berkualitas. Backlink yang memenuhi kriteria di ataslah yang pantas untuk diupayakan dan dipercepat indeksnya dengan memanfaatkan situs-situs ping backlink.

Daftar List Situs Ping Backlink

Jika kita berhasil menanam backlink berkualitas untuk meningkatkan peringkat dan kredibilitas blog atau website kita, saatnya untuk membantu mempercepat indeks backlink tersebut dengan menggunakan situs-situs ping backlink yang banyak beredar di internet saat ini.

 

Baca Juga :  Panduan SEO Terbaru 2019 : Gapai Web Anda Rank 1 Google




 

Ada beberapa situs ping backlinks yang bisa dimanfaatkan  untuk mempercepat indeks backlink yang sudah ditanam, diantaranya adalah situs pingler.com dan pingomatic.com.

Cara menggunakan kedua situs tersebut untuk mengeping backlink agar cepat terindeks cukup mudah. Cukup masukkan url ke dalam situs ping dan enter. Biarkan sistem dari situs tersebut yang bekerja.

Sayangnya, dari kedua web ping di atas tidak ada satupun yang bisa digunakan untuk ping massal atau ping banyak url sekaligus. Ping massal tersebut tentunya akan sangat berguna jika kita mempunyai blog lebih dari satu dan ingin kita ping semuanya. Karena kalau melakukan satu-satu pastinya akan memakan waktu lama dan tidak efektif.

Oleh karena itu, jika Anda ingin ping backlink dalam jumlah banyak sekaligus, sebaiknya gunakan situs ping backlinks yang bisa melakukan hal itu. Jika kita ingin mendapatkan hasil ping yang maksimal, sebaiknya gunakan layanan premium atau berbayar untuk melakukan ping tersebut.

Ada beberapa list website ping massal yang bisa digunakan untuk melakukan ping url dalam jumlah banyak sekaligus. List website tersebut adalah :

  1. Pingfarm : http://pingfarm.com/
  2. Pingdevice : http://www.pingdevice.com/
  3. Bulkping : http://bulkping.com/

Dariu ketiga situs tersebut, meskipun manfaat dan fiturnya sama saja yaitu melakukan ping multi URL. Hanya saja saya lebih suka dan sering menggunakan Pingfarm karena tidak pernah mengalami error selama menggunakannya. Kalau lainnya masih sering terjadi error, bahkan untuk bulkping sendiri terkadang sangat lambat dalam melakukan ping.

Meskipun batasan URL yang bisa diping dalam sekali ping backlink tidak disebutkan di dalam situs-situs di atas tersebut, tetapi berdasarkan tebakan saya berkisar maksimal 100 URL untuk sekali ping agar setiap URL memang benar-benar diping semuanya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply