5 Investasi Populer Dan Menguntungkan Di Indonesia

Investasi populer dan menguntungkan di Indonesia akan dibahas dalam artikel ini. Di Indonesia banyak pelaku bisnis yang yang terjun dalam berbagai macam bidang, namun salah satu yang paling menguntungkan adalah bisnis dalam investasi. Investasi memang perlu dilakukan bila anda menginginkan financial freedom untuk keuangan secara jangka panjang.

Semakin awal anda berinvestasi, maka semakin banyak pula hasil yang bisa anda dapatkan dalam jangka panjang. Tetapi hal te diprsebut juga dipengaruhi oleh efek compounding. Tentunya anda juga harus berhati-hati dalam memilih investasi jenis apa yang ingii dilakukan.

Investasi Populer Dan Menguntungkan Di Indonesia

Investasi Populer

Investasi menjadi suatu hal yang sedang marak dilakukan para investor di Indonesia. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai jenis investasi populer yang ada di Indonesia. Penasaran? Simak sampai selesai ya.

1. Deposito Berjangka Panjang

Deposito berjangka ialah deposito bank yang mempunyai tingkat bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa. Salah satu jenis investasi populer satu ini mempunyai tanggal jatuh tempo yang jelas. Apabila anda menginginkan pencairan deposito sebelum tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan, maka akan ada penalti yang diberikan.

Namun, jika deposito anda memang telah memasuki tanggal jatuh temponya, maka anda berhak untuk dapat mencairkan dana tanpa adanya denda yang mesti  dibayarkan. Semakin lama atau semakin besar anda dalam memberikan deposito uang, maka semakin banyak pula bunga yang bisa anda didapatkan dari hasil deposito tersebut.

Deposito jangka panjang seringkali dianggap merupakan salah satu bentuk investasi yang mempunyai risiko cukup rendah dan terbilang cukup aman. Di samping itu, untuk bisa melakukan deposito pun terbilang cukup mudah dan tak rumit, hal tersebutlah yang membuat banyak investor pemula memulai investasinya melalui deposito. Lalu sebenarnya spa saja kelemahan deposito?

Meskipun deposito termasuk jenis investasi populer di Indonesia. Namun kelemahan dari deposito ialah anda tidak akan bisa menyentuh uang anda selama jangka waktu yang telah ditentukan. Jadi, pastikan selalu bahwa anda mempunyai uang cadangan untuk dana darurat anda. Selain itu, bunga dari deposito pun terbilang cukup kecil apabila dibandingkan dengan bunga pada jenis investasi lainnya.

Baca Juga :  Bisnis Menguntungkan Di Bekasi : Info Terbaru

Bahkan terkadang bunga hasil deposito tak sebanding dengan tingkat inflasi yang terjadi. Walaupun begitu anda tetap bisa memulai berlatih dalam bidang investasi melalui deposito, karena sekali lagi bahwa deposito memiliki resiko yang paling kecil diantara yang lainnya.

2. Emas atau Logam Mulia

Investasi Populer - emas

Investasi pada emas atau logam mulia mungkin bisa disebut sebagai salah satu jenis investasi populer yang sangat klasik. Investasi ini telah dikenal oleh kalangan masyarakat Asia dari zaman dulu hingga sekarang.

Emas seperti yang kita ketahui pasti akan mengalami kenaikan harga pasar sebagai respon terhadap kejadian-kejadian tertentu yang dapat menyebabkan nilai paper investment, seperti saham dan obligasi, menurun.

Harga emas pun juga dapat memberi respon dalam jangka pendek, namun tak perlu khawatir, emas akan tetap terjaga nilainya dalam jangka panjang. Melihat hal ini, pastinya emas bisa menjadi salah satu investasi yang layak untuk anda dipertimbangkan.

Namun juga, anda perlu bersiap untuk menyediakan suatu tempat yang aman untuk menyimpan setiap emas maupun logam mulia yang sudah anda beli. Pastikan bahwa keberadaan emas, benar-benar aman dan tidak akan membuat tidur anda menjadi tidak nyenyak.

3. Properti

Investasi Populer - property

Mempunyai fungsi yang sama dengan nilai properti umumnya yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Maka hal ini seringmembuat properti menjadi salah satu pilihan dari bermacam jenis investasi populer dalam jangka panjang. Tapi perlu anda ketahui  bahwa selain keuntungan, kerugian melakukan investasi properti juga cukup besar.

Meskipun properti menjadi investasi populer di Indonesia. Properti memiliki kekurangan. Salah satunya ialah dimana anda akan mengeluarkan biaya yang cukup tinggi dan membutuhkan biaya yang cukup banyak untuk membeli sebuah properti.

Di samping itu, properti yang dibeli pasti juga membutuhkan perawatan untuk menjaganya supaya mempunyai nilai jual yang tinggi dalam jangka waktu beberapa tahun kedepan.

Baca Juga :  Motivator Indonesia : Merry Riana, TDW, James Gwee

Apabila anda memilih properti sebagai investasi anda, maka anda mempunyai dua pilihan untuk bisa mendapatkan keuntungan.

  • Pertama, anda bisa menunggu hingga nilai properti naik dan kemudian anda menjual kembali.
  • Kedua, properti yang anda miliki dapat disewakan, yang mana passive income akan menjadi salah satu keuntungan yang begitu menggiurkan pastinya.

Akan tetapi, pastikan pula anda sudah siap dengan segala risiko kerusakan yang mungkin akan muncul setelah masa sewa anda selesai.

4. Saham

Investasi dalam saham bisa juga dikatakan sebagai salah satu jenis investasi populer di Indonesia. Investasi saham biasanya mempunyai bentuk kepemilikan dalam pebuah perusahaan.

Jika anda memiliki saham pada perusahaan, maka anda mempunyai hak untuk dapat mendapatkan bagian dari keuntungan yang diperoleh. Investasi saham mempunyai kecenderugan dalam menawarkan hasil yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan jenis investasi yang lain. Tetapi, saham memiliki bersifat high risk, high return.

Meskipun Investasi jenis saham ini merupakan jenis investasi polpuler di Indonesia. Namun mempunyai risiko yang cukup tinggi untuk dijalankan, harga saham dapat naik dan turun dengan sangat drastis dalam jangka waktu yang sangat cepat pula. Investasi saham dapat dikategorikan menjadi dua macam, yakni saham dividen dan saham pertumbuhan.

  • Saham pertumbuhan merupakan saham pada perusahaan yang telah berkembang pesat. Akan tetapi, pertumbuhan saham tidak akan membayarkan penghasilan perusahaan terhadap para investor. Perusahaan lebih suka menggunakan pendapatan mereka sebagai langkah dalam mengembangkan bisnis, sehingga satu-satunya cara untuk bisa mendapatkan keuntungan ialah dengan menjual saham Anda.
  • Sedangkan, dividen saham justru malah sebaliknya. Perusahaan akan membayar para pemegang saham dari pendapatan yang diperoleh perusahaan. Semakin banyak saham dividen yang anda miliki, maka semakin banyak juga porsi dari dividen yang tentunya akan anda dapatkan.

5. Peer-to-Peer Lending

Jenis investasi populer yang lainnya ialah peer-to-peer lending. Bentuk investasi dari peer-to-peer lending. Investasi jenis ini dapat memungkinkan para investor untuk bisa memilih sendiri, tingkatan risiko yang dapat diterima, mulai dari low risk, medium risk, sampai high risk.

Baca Juga :  5 Cara Membangun Bisnis Startup Buat Para Pemula

Setiap jenis dari risiko biasanya memiliki bunga kompetitifnya sendiri-sendiri. Tentunya investasi jenis ini sangat cocok untuk para investor yang masih pemula untuk bisa mulai belajar dalam dunia investasi.

Kesimpulan

Investasi merupakan salah satu jenis dalam bidang bisnis yang dianggap mampu memberikan keuuntungan yang cukup berlimpah, maka tidak heran banyak dari pebisnis yang kemudian terjun dalam bidang ini. Banyak pula jenis dari investasi yang dapat dilakukan oleh anda sekalian calon investor.

Dari itu kami mengharapkan, bahwa setelah anda membaca artikel kami mengenai Investasi Populer Di Indonesia anda dapat lebih bijak dan lebih cermat jenis investasi apa yang akan anda pilih.

Demikian artikel ini kami buat. Semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa baca artikel lainnya dalam web ini.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 897

No votes so far! Be the first to rate this post.