Komunitas Blogger Indonesia : Blogger Harus Tahu

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Bagi blogger pemula yang ingin memiliki banyak teman sesama blogger, wajib tahu komunitas blogger Indonesia. Satu komunitas dibuat untuk memberi tempat berkumpulnya beberapa orang yang mempunyai hobi yang sama, kelihatannya sebagian besar hobi itu ada komunitasnya terkecuali komunitas beberapa jomblo, tetapi karena telah demikian absurdnya dunia ini mungkin saja ada.

Tidak terkecuali dengan hobi ngeblog ada juga komunitasnya serta telah terdapat beberapa sekali ada komunitas-komunitas beberapa blogger ada komunitas spesial region spesifik serta ada pula komunitas yang dapat terima anggota dari semua blogger indonesia.

Komunitas Blogger Indonesia

Komunitas Blogger Indonesia - Cover

Terdapat 4 komunitas blogger Indonesia yang akan kami bahas pada artikel ini. Komunitas ini dibangun agar blogger bisa saling bertemu sapa dengan blogger lain, dan diharapkan mampu saling bertukar ilmu sesama anggota.

Jamban Blogger

Jambanblogger.com ialah salah satunya komunitas blogger Indonesia yang cukup sudah diketahui beberapa blogger terutamanya personal blogger, mengapa namanya Jamban? selintas memang aneh, atau lebih persisnya Unik, Jamban blogger memiliki arti seperti apa pun makanan, ingin yang mahal, murah, ngga enak atau enak tentu perginya ke Jamban, ok atau bahasa yang lain WC atau Toilet.




Walau termasuk masih tetap muda dari Komunitas blogger lainnya seperti KancutKeblenger serta Warungblogger akan tetapi Jambanblogger telah agak banyak memperoleh member-member yang setia serta seringkali aktif, termasuk juga seobigbang sendiri. Dari sana tidak kenal senoiorisasi semua sama membernya begitu kekeluargaan. serta belakangan ini Jambanblogger ingin menerbitkan buku antologi bertopik “LOVETOLOGY” Analogi mengenai cinta.

Tentang Rule/ketentuan dari Jambanblogger menurut seobigbang komunitas blogger Indonesia ini tidak demikian memberatkan beberapa membernya atau calon membernya dari syarat-menyarat karena Jambanblogger itu tidak memberi banyak prasyarat ke siapa saja yang ingin gabung.

Tinggal membuat account saja di situs forumnya yakni Jambanblogger.com sesudah itu berteman di komunitas serta jadilah seseorang J-bers. gampangkan? semua Jenis Website akan di terima kok. berikut keunggulan dari Jambanblogger serta komunitas berikut sebagai komunitas blogger pertama seobigbang.

Mudah-mudahan satu waktu Jambanblogger dapat diketahui semua blogger Indonesia serta jadi komunitas blogger yang besar diindonesia.

Kancut Keblenger

Komunitas blogger Indonesia yang berikutnya adalah Kancut Keblenger yang merupakan komunitasnya beberapa blogger kreatif yang telah menerbitkan buku berjudul “Kancut Keblenger: DigitalLove” situ websitenya ialah kancutkeblenger.com.




Namanya memang aneh “KancutKeblenger” benar-benar tidak ada hubungan dengan dunia website, akan tetapi malah karena anehlah KancutKeblenger membuat beberapa orang ingin tahu untuk menstalking komunitas itu.

Awalannya seobigbang fikir Kancut Keblenger serta Jamban blogger itu sodaraan habis namanya sama-sama terkait tetapi janganlah sesekali dikaitkan ama Warung Blogger ya Kalian dapat bayangin jika Kancut, Jamban disatuin sama Warung.

Komunitas ini telah cukup berusia, muncul semenjak tahun 2011 dibuat oleh Irvina Leoni, tuturnya awalannya Kancut Keblenger cuma dibuatnya untuk tempat ngumpul rekan-rekan blogger terdekatnya, karena itu nama Kancutkeblenger benar-benar tidak mempunyai makna apa-apa cuma satu nama yang unik yang dibikin alakadarnya saja, tidak punya maksud untuk dibikin jadi komunitas blogger besar seperti saat ini.

Warung Blogger

Warung Blogger ialah salah satunya komunitas blogger Indonesia untuk mewadahi beberapa blogger di negara ini, walaupun sebetulnya ada pula anggota yang ada di luar indonesia, Warung Blogger dibangun di tahun 2011 oleh lozz besar serta warungblogger.org ialah situs resminya.




Komunitas yang memiliki jargon “ngopi asyik bareng blogger” ini di isi beberapa jenis blogger dengan jenis yang tidak sama baik personal, panduan semua berada di Warungblogger.

Ada perihal yang membuat Komunitas blogger Warung Blogger ini beda dari yang lainnya yakni ada Pergerakan PKK (perduli keyword) yang tetap diadakan Warung Blogger untuk beberapa membernya.

Pergerakan PKK ini tidak hanya mempunyai tujuan untuk ada, ada yang lebih di prioritaskan yakni bersama merontokkan konten-konten yang tidak cocok kata kunci (keyword) seperti “narasi ABG” “Perkiraan Tepat” serta “Anak SMA” dan sebagainya.

Komunitas Blogger Medium

Dahulu terdapat beberapa komunitas-komunitas website yang berjejaring. Ketemuan teratur serta membuat acara bareng yang umumnya ialah mengenai dunia kepenulisan serta bangun jaringan.

Kami sendiri sampai sekarang ini belumlah terafiliasi dengan komunitas blogger mana saja. Sebab kami sendiri ialah blogger yang masih tetap seumur jagung (entahlah usia jagung berapakah).




Beberapa jenis website sempat kami pakai, dari mulai Blogspot, WordPress serta saat ini Medium. Pergantian atau lebih persisnya geser rumah dari basis ke basis sebetulnya berlangsung dengan alami. Evolusi basis yang semasing berkembang membuat terdapat beberapa pergantian ekosistem.

Katakanlah blogspot, yang dahulu termasuk gampang dimengerti oleh pemakai di Indonesia sering jadikan alat menulis buat pemula. Entahlah itu ditingkat anak sekolah atau sebatas hobi. Lalu blogspot sedikit di kembangkan oleh Google serta banyak pemakainya lupa jika miliki blogspot. Saat mereka ingin menulis, pada akhirnya mereka buka website baru di basis baru. Googling, research sesaat, pada akhirnya pilihan jatuh ke WordPress.

Menulis serta blogging di WordPress sebenarnya ialah perihal yang termudah dikerjakan siapa saja. Tetapi nyatanya banyak yang memandang basis WordPress begitu susah untuk meningkatkan basis pembaca. Mengapa? sebab memanglah bukan diperuntukkan menjadi wadah untuk penulis serta pembaca.

Sampai sekarang ini WordPress ialah basis paling mudah untuk buka satu web. Sebagian besar web dalam dunia sekarang ini memakai engine WordPress untuk mengurus content.

Akan tetapi rasa-rasanya, permasalahan fundamental dari dunia kepenulisan ialah bukan mengenai tehnis web yang sophisticated, bagus atau bahkan juga sederhana setelah. Tetapi lebih mengenai bagaimana tulisan-tulisan pemakainya gampang diketemukan oleh pembacanya. Itu lalu Ev William membangun Medium.

Pemikirian Komunitas Blogger Medium




Medium yang dibangun Ev pun sebenarnya mempunyai semangat untuk melakukan perbaikan Internet, yang dipandangnya telah jadi jaringan yang begitu tidak sehat. Pembuat content tidak dibayar dengan wajar, blog-blog scam dan lain-lain. Melalui Medium dianya begitu ingin untuk memberi content berkualitas serta berguna yang dapat jadi mengkonsumsi buat beberapa orang.

Kami termasuk juga orang yang telah temukan Medium semenjak awal kehadirannya. Akan tetapi waktu itu kami masih tetap setia dengan situs catatan pribadi kami di WordPress. Hingga ketertarikan kami pada Medium belumlah tumbuh. Diluar itu, di waktu awalannya, penulis berkualitas di Medium amat sedikit banyaknya. Kalau ada, umumnya ialah berbahasa Inggris.

WordPress mulai kami tinggalkan awalnya ialah sebab kami tak akan banyak membuat catatan pribadi. Serta mulai berubah berupaya menulis suatu yang lebih berguna untuk pembaca. Saat itu kami terasa WordPress begitu susah untuk mengundang perhatian pembaca sebab ekosistem pembacanya tidak terkelompok. Sederhananya, engagement begitu rendah.




Berlainan perihal dengan Medium, kami lihat Medium dapat demikian dinamis dalam hubungan pada penulis serta pembaca. Penampilannya yang sederhana serta beberapa feature yang mempermudah orang untuk menulis rasa-rasanya jadi fakta kenapa Medium jadi popular.

Sekarang ini kami lihat Medium telah mengundang perhatian banyak kelompok. Tidak kecuali beberapa penulis serta blogger dari Tanah Air. Walau tulisan-tulisan bahasa Indonesia masih tetap cukuplah susah diketemukan (sebab Medium belumlah memberikan sarana multi-bahasa), kami masih tetap dapat menemukannya melalui penelusuran tagging “Bahasa Indonesia” atau “Indonesia”.

Sayangnya, hasil tulisan dari kawan-kawan itu kami meyakini tingkat pembacanya begitu rendah. Tampak dari jumlahnya recommendation (saat ini clap) yang cukuplah memprihatinkan. Itu kenapa kami terasa butuh untuk lakukan suatu supaya penulis-penulis Indonesia dapat bergabung untuk sama-sama mempromokan tulisannya. Dari inspirasi itu, Komunitas Blogger Medium lalu lahir.

Harapan Komunitas Blogger Medium

Komunitas ini harapannya dapat jadi satu wadah berhubungan, promo tulisan, dan jaringan untuk sama-sama bertukar panduan serta info berkaitan menulis di Medium.

Melalui komunitas ini kami berupaya tidak untuk memprioritaskan ego kami pribadi. Sedapat mungkin, komunitas ini ialah punya bersama-sama dan butuh dicatat, kami tidak terafiliasi sedikitpun dengan Medium terkecuali menjadi pemakai aplikasi, penulis serta pembaca teratur.



Kami cuma ingin berusaha untuk dapat sama-sama memberikan faedah buat kawan-kawan penulis di Medium. Sukur jika masa datang Medium melihat jika feature multi-bahasa ialah suatu yang prioritas. Hingga tulisan Indonesia atau berbahasa Indonesia dapat lebih terekspos.

Awalnya, Komunitas Blogger Medium sekedar hanya group Facebook. Akan tetapi kami mengerti jika di lingkaran persahabatan Facebook kami, sedikit yang mempunyai kegiatan rutin menjadi penulis. Lebih-lebih kenal basis blogging seperti Medium. Hingga kami putuskan untuk buka Publication baru untuk Komunitas Blogger Medium. Publication ini nanti sekedar hanya papan info atas nama komunitas. Hingga pemakaiannya tidak lebih dari satu pengumuman. Termasuk juga introduksi ini.



Berkaitan nama publication yang memakai “Komunitas Blogger M”, itu berlangsung sebab pihak Medium nyatanya melarang digunakannya kata “Medium” di publikasi. Kelihatannya nama Medium telah jadi hak mereka serta mungkin untuk menghadapi terdapatnya penyalahgunaan nama medium oleh pemakai. Jadi berharap dimaklumi untuk pemakaian nama. Jika ada input berkaitan ini, mungkin dapat dikatakan.

Di waktu yang akan datang, bukan mustahil ada bentuk media sosial lainnya dari Komunitas Blogger Medium. Fans page, Line, Telegram Channel ialah beberapa yang telah terpikirkan. Tetapi Mari singkirkan itu dahulu serta mengawali apakah yang dapat diawali.

Leave a Reply