Langkah Awal Memulai Blog untuk Pemula

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Langkah awal memulai blog saat ini sudah sangat mudah. Dalam hitungan menit, seseorang bisa membuat blog secara gratisan maupun berbayar. Untuk yang gratisan dapat memakai fasilitas blogspot atau blogger.com yang merupakan anak perusahaan raksasa Google Inc. Untuk yang memilih membuat blog berbayar yang lebih profesional dapat menggunakan platform WordPress.org .

Dengan memulai membuat blog ada banyak hal yang bisa sobat lakukan terutama dalam menulis artikel, mengeluarkan uneg-uneg, perasaan atau curhat maupun mengasah keterampilan anda dalam menulis artikel yang baik.

Hal tersebut dapat dilakukan dimana saja dan kapanpun secara berkala. Mengingat ngeblog saat ini bisa menggunakan smartphone maupun komputer.

Bagi seorang blogger profesional yang sehari-hari bekerja menulis dan memposting artikel pastinya tidak sembarangan dalam membuat suatu blog.

Langkah Awal Memulai Blog untuk Pemula - cover

Blog yang baru harus dibangun secara baik supaya mendatangkan uang di hari kemudian. Mereka dengan penuh kesabaran melakukan langkah demi langkah agar blognya memiliki banyak trafik dan populer.

Untuk mereka yang berprofesi sebagai blogger profesional, kegiatan ngeblog bukan hanya sekedar menyalurkan bakat, hobi dan minat.

Tapi juga harus mampu menghasilkan uang dari blog dalam nominal uang yang memadai supaya bisa mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.

Apalagi ia sudah berumahtangga yang harus mencukupi kebutuhan isteri dan anak tercinta sehari-hari.

Membuat blog itu mudah dan penting bagi seorang blogger. Tapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana memperlakukan blog yang baru jadi tersebut supaya dapat menghasilkan uang dan dikelola secara baik dan benar.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Halaman Pertama Google

Sebab banyak orang yang membuat blog lalu membiarkannya tak terurus. Ingat blog bukan hanya tempat menulis ide dan unek-unek. Tapi lebih dari itu, blog merupakan aset berharga yang bisa diciptakan sebagai mesin uang.

Gambaran besar membangun blog dimulai dari membuat blog. Kemudian mengisinya dengan beberapa artikel yang diposting setiap hari secara konsisten.

Baca Juga :  Mempercepat Loading Website Wordpress Pemula

Perlahan trafik blog mengalami peningkatan. Lalu lintas trafik yang tinggi itu bisa dimonetisasi melalui berbagai cara. Seperti google adsense, iklan mandiri, affiliate dll hingga anda mendapatkan penghasilan yang lumayan perbulan dari blog.

Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang

Untuk membuat blog gratis sudah banyak panduan yang bisa anda pelajari di mbah google. Yang lebih penting adalah membuat blog tersebut menghasilkan uang yang banyak bagi anda. Yang membuat anda menjadi blogger fulltime.




Proses membuat blog dari nol sampai menghasilkan uang memerlukan kesabaran ekstra. Dimana tidak ada cara instant menghasilkan uang dari blog.

Beberapa blogger Indonesia yang sukses pun mengalami hal demikian. Sebelum sukses mereka harus melewati berbagai rintangan dan cobaan sampai blognya menghasilkan uang. Dan semua itu terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untuk menghasilkan uang dari ngeblog, anda harus mengetahui gambaran besarnya. Dimulai dari langkah awal memulai membuat blog yang baik dan benar dengan topik yang anda sukai dan kuasai.

Dilanjutkan dengan memposting artikel sebanyak mungkin hingga mendapatkan banyak trafik. Yang kemudian dimonetisasi trafik hingga jadi uang.

Pendek kata, anda harus memahami dulu apa saja yang diperlukan untuk membuat sebuah blog bisa menghasilkan uang. Dimulai dari mengetahui sumber daya yang dibutuhkan, bagaimana cara kerjanya, sampai cara memulainya.

Banyak blogger yang merasakan keanehan kok tidak mengalami kesuksesan selama dia ngeblog. Penghasilan yang didambakan jauh dari harapan.




Padahal ia sudah bertahun-tahun memulai blog. Lalu apakah ia harus memulai blog lagi dari awal? Pertanyaan seperti itu sudah biasa dialami para blogger terutama pemula sebagai proses awal untuk memulai ngeblog lebih baik lagi.

Cara memulai blog bagi pemula harus dimulai dari menentukan tujuan ngeblog. Jika anda membuat blog untuk menghasilkan uang maka anda harus berpikir bagaimana cara menghasilkan uang dari blog yang akan dibuat.

Jadi sebelum membuat blog dipikirkan dahulu cara memperoleh duit dari ngeblog melalui metode tertentu yang bisa anda pelajari dari blog pesaing yang telah sukses.

Baca Juga :  Belajar Memahami Keamanan Website untuk Pemula

Langkah Awal Memulai Blog

Bagi seorang pemula yang kebingungan dalam memulai membangun blog. Berikut ini langkah awal memulai blog, antara lain :

1. Mindset yang benar

Langkah awal memulai blog adalah memiliki pemikiran yang benar dari kegiatan ngeblog. Kegiatan ngeblog bukanlah suatu cara menghasilkan uang secara mudah dalam waktu singkat.




Anda membutuhkan waktu lama untuk menghasilkan uang dari blog dimana sebelumnya memerlukan pengorbanan, loyalitas, kerja keras, tenaga dan waktu.

Selain itu, setelah melalui proses membuat blog yang mudah harus dilanjutkan dengan suatu proses untuk mendapatkan banyak pengunjung atau trafik.

Trafik = uang. Berbicara mengenai penghasilan uang dari ngeblog harus menjadi point terakhir. Karena anda harus membangun blog itu sampai trafik melimpah.

2. Navigasi yang lengkap

Setelah blog dibuat, langkah selanjutnya yang penting adalah melengkapinya dengan navigasi blog yang jelas. Meliputi menu kebijakan privasi, kontak, about atau tentang, ketentuan dan syarat pengguna, profil blog, kategori, dan sub kategori dan lain sebagainya yang akan memudahkan pengunjung mendapatkan informasi yang diinginkannya.




Ada banyak alasan sebuah blog baru perlu dilengkapi navigasi yang jelas, baik dan benar, antara lain : untuk memudahkan pengunjung memahami susunan blog anda, memudahkan dalam mencari infromasi yang diperlukannya, dan meminimalkan bounce rate atau meningkatkan waktu kunjungan pengguna. Yang akan meningkatkan point nilai di mata mesin pencarian.

3. Menulis artikel yang panjang

Inilah yang wajib dilakukan setelah blog jadi yakni menulis artikel pertama. Tulislah artikel yang panjang sesuai dengan topik blog anda.

Berdasarkan pengalaman penulis selama malang melintang dalam dunia blogging dan melakukan ujicoba beberapa artikel maka artikel yag ditulis panjang lebih mudah diindeks oleh google dan langsung mendapatkan ranking di halaman pertama google mengalahkan para pesaing.

Posisi serp di di halaman kesatu google bertahan sangat lama. Berbeda dengan tulisan artikel yang pendek yang sangat sulit masuk ke halaman satu google dalam jangka waktu lama.




Jaman sudah berubah. Era artikel pendek sudah berakhir. Sekarang artikel panjang yang menempati halaman pertama google. Disebabkan algoritma google yang memutuskan untuk memberikan informasi yang lengkaap dan relevan bagi penggunanya.

Baca Juga :  Panduan Lengkap Bing Webmaster Tools Pemula

4. Memperbaiki penampilan

Pastikan tampilan blog sangat cantik. Loading cepat dan rapi yang membuat nyaman pengunjung. Sehingga betah berlama-lama di blog anda yang membuat tingkat bounce rate sangat rendah.

5. Unik

Ada banyak pesaing dari blog anda. Mungkin mencapai ratusan juta blog. Oleh sebab itu, jika blog anda sama dengan yang lain maka blog anda akan terbenam di jutaan blog lain.



Inilah yang membuat anda mesti membangun blog yang unik dan berbeda dari pesaing. Sebab blog sukses dan berpenghasilan besar sangat sulit jika blog anda sama dengan yang lain.

Persaingan blog saat ini sangat ketat. Setiap menit bertambah jutaan blog baru. Blog anda harus bersaing dengan blog lama ditambah dengan blog baru yang mencapai puluhan juta blog. Bagaimana blog anda bisa sukses kalau tak ada berbeda dengan blog yang lain.

Oleh sebab itu, blog anda harus menonjol dari jutaan blog lain. Hal ini dilakukan oleh para blogger Indonesia dan mancanegara yang telah sukses. S

eperti Eka Lesmana, Mas Sugeng, Seth Godin, Pat Flynn dan Darren Rowse. Mereka mampu menyajikan sesuatu yang berbeda atau out off the box.

Misalkan jika kebanyakan blogger membahas sesuatu dengan tulisan pendek maka mereka membuat artikel yang sangat panjang.

Kemudian jika kebanyakan blogger posting artikel berupa tulisan dan gambar maka mereka menambahkan dengan video sebagai tambahan konten.

Demikianlah langkah awal memulai blog yang sangat mudah dan sederhana. Anda dapat mengikuti tips dan trik di atas untuk membuat blog anda sukses. Selamat mencoba!