Langkah Membuka Bisnis Menurut Para Ahli

Bagian dari langkah membuka bisnis menurut Robert T Kiyosaki berada di kuadran keempat bersama investor. Profesi inilah yang membuat cepat kaya. Oleh sebab itu, tak jarang kita melihat setiap orang membuka bisnis untuk mendapatkan uang walaupun ia sudah memiliki penghasilan dari profesi utama sebagai karyawan swasta dan PNS.

Namun bagi orang yang hendak memulai usaha atau bisnis baru yang dikenal pemula akan menghadapi kendala dalam membuka bisnis. Darimana memulainya dan bagaimana menjalankan bisnis?

Pada artikel ini, penulis akan memberikan penjelasan lengkap bagaimana cara dan langkah membuka bisnis sendiri dari awal sampai berhasil.

Tulisan ini berdasarkan pengalaman penulis selama menjalani bisnis di dunia maya dan nyata. Diharapkan setelah membaca artikel ini, sobat dapat membuka bisnis dengan mudah dan langsung berjalan lancar tanpa mengalami kendala berarti.

Pada awal hendak membuka bisnis pastinya kita akan merasakan sejumlah kegundahan. Apakah usaha yang akan dijalani bisa berhasil? Berapa modal usaha yang harus dikeluarkan? Bagaimana jika bisnis yang dijalankan sepi pembeli dan bangkrut?

Baca Juga : Daftar Usaha Kekinian Indonesia

Siapa saja yang menjadi target pasar dan apakah mereka mau membeli produk kita? Dan berjuta pertanyaan lainnya yang kadang melemahkan semangat membuka bisnis dan terkadang melecut semangat untuk berbisnis.

Bisnis tidak memandang jenis kelamin, usia dan latar belakang. Siapapun orangnya dapat membuka bisnis dengan sukses asalkan ia berani bertindak, kerja keras, ulet, sabar, rajin, pantang menyerah, menyukai berjualan, mampu memproduksi barang, mampu menjalin kerjasama dengan pihak lain secara baik, dan lain-lain.

Bagi anda yang menyukai tantangan dan adrenalin maka membuka bisnis adalah sesuatu hal yang menyenangkan. Bisnis akan melatih kita menempa jiwa kemandirian, mental yang kuat, keharusan bersikap sensitif terhadap kondisi lingkungan sekitar, melatih sikap sikap sabar dan tahan banting dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Peluang Usaha yang Menjanjikan : 5 Ide Modal Kecil

Langkah Membuka Bisnis

Langkah Membuka Bisnis Menurut Para Ahli - cover

Bagi anda yang mau memulai usaha baru, berikut ini pedoman langkah membuka bisnis yang cepat sukses dari nol bagi pemula, antara lain :




Langkah membuka bisnis paling penting : persiapan mental

Mental seorang karyawan berbeda dengan mental seorang pebisnis. Jika anda memutuskan hendak membuka bisnis atau menjadi pebisnis maka langkah awal adalah memiliki mental seorang pebisnis.

Mental seorang pebisnis adalah kerja keras, pantang menyerah, ulet, penuh semangat, enerjik, selalu belajar, peka terhadap lingkungan, siap menanggung resiko rugi, jujur, mengutamakan kepuasan konsumen dan sikap positif lainnya.

Langkah membuka bisnis selanjutnya : Mempersiapkan modal usaha

Dalam membuka bisnis pastinya dibutuhkan suatu modal materi yang bernama uang, barang atau perlengkapan usaha dan lain sebagainya. Yang paling penting adalah modal keterampilan dan pengetahuan dalam bisnis tersebut. Kesemua modal harus menyatu dalam suatu bisnis. Tanpa adanya modal mustahil bisnis akan bisa dibuka dan berjalan lancar.

Salah satu kendala yang dialami oleh orang yang mau membuka bisnis adalah ketiadaan modal usaha yang mencukupi. Mengingat membuka bisnis membutuhkan modal besar hingga kecil.

Jika anda tak mempunyai modal uang besar untuk buka bisnis maka anda dapat membuka bisnis yang bisa dijalankan dengan modal kecil. Ada banyak pilihan jenis bisnis ini seperti jualan pulsa elektrik, bisnis online shop dll.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dalam Pribadi Sandiaga Uno

Ketiadaan modal uang seringkali menjadi alasan bagi seseorang untuk mengurungkan niatnya untuk memulai suatu bisnis. Padahal modal uang bisa dicari dan didapatkan.

Berikut ini sumber permodalan uang yang dapat anda gunakan seperti meminjam uang kepada teman, sahabat, orangtua, tetangga, sanak kerabat, relasi, bank, koperasi, dll. Atau jika anda mempunyai tabungan di bank maka anda bisa menjadikan tabungan di bank itu sebagai modal usaha membuka bisnis.

Related Posts
Baca Juga :  Contoh Proposal Usaha Makanan Terbaru

Dalam meminjam uang untuk modal usaha haruslah selektif. Pastikan uang yang dipinjam tidak berbunga. Namun lewat sistem bagi hasil atau investasi.

Contohnya meminjam uang kepada orangtua, teman, dan sahabat yang umumnya tak memakai sistem bunga. Sedangkan meminjam uang di bank untuk modal usaha harus dikaji lebih dalam. Mengingat adanya kewajiban membayar cicilan utang secara tepat waktu dan adanya beban bunga yang harus dibayarkan.

Langkah membuka bisnis jika sudah yakin : Menentukan jenis usaha

Cara paling mudahnya langkah membuka bisnis adalah menentukan jenis usaha yang hendak dilakukan. Ada berbagai jenis bisnis yang bisa sobat tekuni. Dari mulai bisnis perdagangan, peternakan, pertanian, retail, kuliner, jasa, percetakan dan usaha lainnya.




Kalau disebutkan satu persatu tidak muat halaman ini. Anda dapat melihat berbagai jenis bisnis yang ada di dunia ini dengan melihat berbagai usaha yang ada di lingkungan sekitar anda.

Dalam menentukan jenis usaha tidak boleh dilakukan secara tergesa-gesa. Supaya bisnis yang anda jalani bisa sukses dan berjalan lancar dalam waktu lama. Sebab bisnis bukan hanya untuk hari ini dan sebentar. Bisnis haruslah bersifat jangka panjang.

Anda hendaknya memilih jenis usaha yang mudah mengelolanya, pasarnya ada dan berdasarkan bakat, minat serta passion sobat terhadap bisnis itu. Sehingga jika terjadi kerugian maka anda bisa bangkit lagi.

Segala hambatan dan pekerjaan sehari-hari terasa ringan disebabkan passion dan minat anda terhadap bisnis tersebut.Misalkan anda menyukai seni masak memasak maka anda bisa menjalankan bisnis restoran atau membuka bisnis kuliner yang lainnya.

Anda dapat saja membuka bisnis berdasarkan sedang trend, populer dan booming. Namun bisnis seperti ini umumnya hanya bertahan dalam beberapa waktu saja. Ketika bisnis tersebut sudah tidak ngetrend maka akan sepi pembeli.

Mempelajari bisnis

Setelah menentukan jenis bisnis yang akan dijalankan, berikutnya adalah mempelajari seluk beluk bisnis tersebut. Dari mulai cara produksi, cara pemasaran, tempat pembelian bahan baku, rincian biaya modal usaha yang dibutuhkan.

Baca Juga : Informasi Seputar Komunikasi Bisnis




Baca Juga :  Pengertian Kerjasama, Manfaat, dan Landasannya

Siapa yang menjadi pesaing dan bagaimana memenangkan persaingan bisnis, bagaimana potensi bisnis yang hendak dibuka, pangsa pasar, tingkat kompetisi usaha, dan lain sebagainya. Hal ini terkait pula dengan survey lapangan terhadap kelayakan usaha tersebut.

Melakukan analisis SWOT

Anda harus bisa melihat apa saja kelebihan bisnis anda dibandingkan pesaing. Misalkan harga lebih murah dari pesaing, pelayanan yang lebih baik dll. Dan anda bisa melihat ancaman apa saja yang harus diantisipasi serta peluang apa saja yang bisa dikembangkan dari bisnis anda.

Menentukan lokasi bisnis

Untuk menentukan lokasi bisnis sebagai tempat produksi dan pemasaran maka anda bisa menyewa suatu tempat di daerah strategis yang banyak dilalui orang. Lokasi usaha tergantung target pasar yang anda bidik. Misalkan bisnis anda membidik kalangan mahasiswa maka lokasi usaha harus berada di dekat atau sekitar kampus.

Apabila modal uang yang anda miliki sangat minim maka anda bisa membuka bisnis di rumah. Hal ini berlaku bagi bisnis yang tidak membutuhkan pembeli datang ke lokasi. Seperti bisnis online. Sehingga menghemat keuangan dibandingkan menyewa tempat di lokasi strategis yang harga sewa tempat saat ini lumayan mahal dan menghabiskan banyak uang.

Persiapan matang

Sebuah bisnis harus direncanakan secara matang. Barangsiapa yang tidak merencanakan bisnis dengan matang maka berarti mempersiapkan bisnis untuk gagal. Oleh karena itu, persiapan bisnis yang matang harus meliputi banyak aspek.

Seperti persiapan produk beserta tempat grosir untuk suplai barang, pemasaran yang hendak dilakukan secara online dan offline, kesiapan alat usaha dan promosi dan paling utama adalah kesiapan anda untuk memulai bisnis dengan segala kemungkinan resiko keuntungan dan kerugian.

Demikianlah langkah membuka bisnis bagi pemula yang bisa saya sampaikan. Semoga niat baik anda untuk memulai usaha baru dapat berjalan sukses dan lancar sesuai pedoman yang diberikan di atas. Selamat berbisnis!!