Langkah Mencari Niche Blog Terbaik Tahun ini

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Hal yang paling penting harus diperhatikan dalam membuat sebuah blog adalah memahami langkah mencari niche blog atau dengan kata lain menentukan niche yang hendak digarap. Terlihat sepele. Namun hal ini merupakan salah satu faktor utama yang menentukan kesuksesan sebuah blog di masa depan.

Percuma saja jika anda membuat sebuah blog dengan niche yang salah seperti sedikit sekali peminatnya. Karena bakalan membuat blog tak berkembang pesat dan hanya membuang-buang waktu dan tenaga. Tanpa menghasilkan uang sama sekali.

Akibat lainnya dari penentuan niche yang salah adalah terjadinya kesulitan dalam membuat sebuah konten blog. Disebabkan kurang mengerti dan paham akan niche tersebut. Yang berdampak pada timbul rasa malas dan bosan untuk menulis artikel atau konten. Sehingga blog dapat terbengkalai dalam waktu sangat lama. Kalaupun di update setiap hari, kualitas konten artikel sangat rendah atau tidak berkualitas bagus.

Langkah Mencari Niche Blog Terbaik

Langkah Mencari Niche Blog Terbaik Tahun ini

Penulis merupakan salah seorang blogger yang pernah salah memilih niche beberapa kali. Pertama, niche yang dipilih adalah blog gado-gado yang bercampur baur antara satu tema dengan tema lain.




Sehingga membuat bingung pengunjung dan trafik tak berkembang. Kedua, niche teknologi yang sama sekali penulis tidak menyukai topik blog tersebut. Sehingga menulis konten artikel sangat berat dan pada akhirnya terbengkalai.

Baca Juga : Strategi Mempromosikan Konten Blog Paling Jitu

Oleh sebab itu, anda tidak harus mengalami kesalahan yang sama seperti penulis alami. Cukup penulis saja. Dari kesalahan tersebut, dapat diambilkan pelajaran bahwasanya untuk membuat blog yang berhasil di masa kini dan masa mendatang haruslah dimulai dengan menentukan niche blog yang tepat dan terbaik.

Berikut ini beberapa langkah mencari niche blog terbaik bagi anda, antara lain :

Baca Juga :  Panduan Pemula : Informasi Seputar EDU Backlinks

Langkah mencari niche blog : Sesuai minat dan bakat atau passion

Salah satu cara menentukan niche blog terbaik adalah dengan bertanya kepada diri sendiri, “Tema atau niche  apa apa yang saya sukai, minati dan sesuai bakat saya?”. Anda dapat menjawabnya sendiri secara jujur. Kemudian tuliskan pada selembar kertas, lima niche yang anda sukai, minati dan sesuai keahlian anda.

Dengan menulis konten sesuai niche yang anda sukai dan kuasai maka menulis konten blog akan dilakukan setiap hari secara mengasyikkan dan terasa ringan serta kualitas konten benar-benar sangat baik. Menulis konten blog setiap hari berjalan lancar dan tanpa hambatan berarti. Yang pada akhirnya, trafik bertambah terus setiap hari dan benar-benar menguntungkan.

Jangan pernah memilih niche yang tidak anda  sukai dan minati. Karena kalau itu dipaksakan maka menulis konten artikel akan terasa hambar dan berkualitas kurang baik. Selain itu, kegiatan menulis konten menjadi terasa berat dan membuat rasa bosan setiap hari. Yang berakibat rasa malas menulis artikel blog  dan di masa selanjutnya blog dibiarkan terbengkalai tanpa menghasilkan uang.

Kita perlu paham saat ini persaingan blog sangat tinggi. Orang yang tidak antusias terhadap niche blog yang dipilihnya akan kalah bersaing dengan orang yang antusias dengan niche blog yang dipilih.

Baca Juga : Belajar SEO Gratis

Banyak blogger di luar sana sangat antusias terhadap suatu niche dan ahli atau menguasai dalam niche tersebut. Apakah anda demikian ?




Pendek kata, mencari niche blog terbaik bagi setiap orang berbeda-beda. Ada banyak cara yang tepat untuk mencari niche blog terbaik bagi anda. Salah satunya dengan mengetahui kegiatan atau aktifitas sehari-hari apa yang tidak membuat anda bosan atau jenuh?

Organisasi atau komunitas apa yang anda ikuti sekarang ini? Sadarilah minat anda sekarang juga sebagai langkah untuk mencari niche blog paling bagus bagi anda.

Misalkan anda hobi bermain catur maka anda dapat membuat niche blog catur. Atau jika anda hobi menggambar maka tak ada salahnya anda membuat blog niche menggambar atau melukis.

Baca Juga :  Cara Membuat Blog Adsense dan Cara Monetize Blog

Kemudian apabila anda senang bermain game di smartphone setiap hari maka anda dapat membuat niche blog tentang game.

Pemahaman yang jelas perlu anda ketahui secara jelas. Mengapa banyak trafik pada suatu niche blog. Perlu dipahami bahwa blog sebagai sumber pengetahuan bagi orang mau belajar suatu keahlian atau keterampilan maupun mengetahui secara mendalam suatu bidang.

Dengan ilmu dan pengetahuan yang diberikan sangat lengkap dan berkualitas bagus maka blog tersebut akan dikunjungi banyak orang dan setiap harinya untuk mengetahui atau menguasai bidang itu.

Jadi, fokus anda adalah menjadikan blog sebagai sumber pengetahuan yang paling hebat dibandingkan blog pesaing. Sehingga anda harus benar-benar ahli dan menguasai di bidang tersebut.

Kalaulah anda membuat sebuah niche blog yang anda tidak menguasai niche tersebut dan kalah pintar dari pengunjung maka bagaimana anda dapat memberikan pelajaran berharga bagi mereka.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Pribadi di Instagram

Blog anda akan dinilai tak berguna dan perlahan-lahan ditinggalkan oleh mereka untuk selamanya.

Oleh karena itu, sekali lagi anda harus menguasai niche blog yang anda tulis. Dan anda lebih ahli atau lebih pandai dari mereka yang mengunjungi blog anda tersebut setiap harinya.




Hal inilah yang membuat menentukan niche blog haruslah sesuai keahlian atau keterampilan anda. Sehingga orang awam mau belajar kepada anda dengan mengunjungi blog anda secara rutin.

Mungkin daftar di bawah ini beberapa keahlian atau keterampilan yang sobat kuasai dan bisa dijadikan niche blog terbaik anda, antara lain : Bahasa Inggris, Matermatika, menggambar, photoshop, programming, berjualan, menulis buku, dll.

Lihat pula bidang apa yang anda dapatkan prestasi terbaik dengan berbagai penghargaan atau sertifikat ?  Apa yang sering orang lain ucapkan terhadap anda mengenai suatu kelebihan anda seperti selera humor yang bagus, cerdas dalam berpikir, jago nyanyi, pandai berbusana dan lain-lain. Dari jawaban di atas, anda dapat menentukan niche blog terbaik bagi anda untuk meraih kesuksesan.

Tingkat pencarian besar sekali

Dengan memilih niche yang banyak dicari maka blog yang anda buat bisa menghasilkan uang dalam jumlah besar seiring dengan trafik blog yang melimpah setiap harinya. Penentuan niche blog terbaik berdasarkan tingkat  pencarian besar sekali dapat dilakukan menggunakan alat riset.

Baca Juga :  Cara Membangun SEO Pemula Tanpa Ribet

Baca Juga : 9 Blogger Indonesia Paling Inspiratif

Seperti Webmaster Tools Planner. Sedikit bocoran, berikut ini sejumlah niche blog yang memiliki tingkat pencarian tertinggi di internet yaitu teknologi, kesehatan, bisnis, tips dan trik, hal yang misterius dan aneh, dan niche lainnya.

Untuk mencari niche terbaik berdasarkan tingkat pencarian tinggi di internet dapat melihat pula niche yang sedang populer atau trend. Contoh kasus. Pada tahun 2014, blog niche drone sudah mulai tumbuh dan dikenal di tanah air.

Namun masih minoritas. Karena trend terus bergulir terhadap blog tema drone  maka blog niche drone banyak yang menjadi blog besar saat ini. Oleh karena itu, sobat dapat mengambil niche blog berdasarkan trend terkini.

Usaha yang tengah anda lakukan saat ini

Untuk lebih mudahnya dalam memilih niche blog terbaik selanjutnya adalah berdasarkan jenis bisnis yang anda lakukan sekarang. Misalkan jika anda saat ini sedang berbisnis es krim maka anda bisa membuat blog niche es krim yang isinya banyak hal berkaitan es krim.

Seperti pembuatan es krim yang enak, pemasaran es krim hingga promosi bisnis es krim anda.  Inilah yang akan membuat bisnis anda akan berkembang di dunia online dan nyata.

Demikianlah langkah mencari niche blog terbaik bagi anda. Mudah-mudahan anda tidak salah dalam memilih niche blog paling baik bagi anda. Sehingga kesuksesan dalam dunia blogging dan bisnis online dapat diraih dengan cepat dan mudah. Selamat mencoba dan semoga sukses !!