Larangan Dalam Praktik Optimasi Paling Update

Nilai Anda Untuk Artikel Ini
Sending
User Rating ( votes)

Terdapat banyak larangan dalam praktik optimasi yang seharusnya anda ketahui di dunia SEO. Salah satu hal yang membuat aneh seorang blogger adalah blognya selalu diupdate setiap hari. Dengan menggunakan jurus-jurus SEO seperti penempatan kata kunci, keyword idensity, jumlah kata per artikel di atas 500 kata dan lain-lain.

Namun jumlah pengunjung blog atau trafik tidak kunjung naik. Jika hal ini terjadi kemungkinan bisa disebabkan kesalahan dalam praktek optimasi.

Jumlah blogger di tanah air bertambah dari tahun ke tahun.Mereka setiap hari melakukan aktifitas blogging.Untuk kalangan blogger yang sudah ahli dan pengalaman pastinya tidak mengalami kesulitan dalam praktik optimasi sebuah blog.

Namun bagi mereka yang masih pemula atau baru menekuni dunia blogger pastinya mengalami kesulitan dalam optimasi SEO yang baik dan benar.

Minimnya pengalaman dan pengetahuan menimbulkan beberapa optimasi search engine optimization yang dilakukan salah kaprah dan tak membuahkan hasil positif.

Ada banyak orang yang memilih profesi blogger sebagai pekerjaan sampingan maupun utama. Salah satunya profesi blogger yang tak terlepas dari blog dan website mampu menghasilkan pendapatan yang lumayan besar setiap bulan.

Namun untuk memulai profesi ini, seseorang mesti menyukai kegiatan menulis dan semangat berbagi informasi kepada sesama.

Larangan Dalam Praktik Optimasi Paling Update

Larangan Dalam Praktik Optimasi Paling Update

Pembuatan blog untuk ajang mencari uang tidaklah mudah. Anda harus melakukan beberapa langkah. Paling utama adalah menentukan niche atau tema blog. Pilihlah tema atau topik blog yang anda sukai, minati dan kuasai.




Kemudian jangan lupa untuk konsisten setiap hari dengan menulis artikel yang SEO friendly. Artikel SEO friendly adalah sebuah artikel yang mudah masuk ke halaman pertama google dengan menggunakan strategi khusus optimasi tertentu.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Halaman Pertama Google

Baca Juga : Tahap Mencari Penulis Artikel

Bagi orang awam pastinya tidak mengetahui bahwa praktek optimasi mempunyai ketentuan dan larangan tersendiri. Misalkan ada konten yang boleh dibagikan di media sosial dan ada yang tak diperbolehkan.

Jika anda melanggar ketentuan itu atau melakukan kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal terhadap reputasi situs atau blog anda.

Dalam praktik optimasi SEO, terdapat beberapa ketentuan larangan yang harus dihindari pada saat posting dan menulis artikel untuk konten blog anda.

Mengingat yang anda hadapi adalah mesin pencarian google berupa robotik yang mempunyai algoritma tertentu. Jangan sampai berlebihan dalam praktik optimasi yang bisa dianggap oleh Google sebagai tindakan spam.

Teknik optimasi SEO terbagi ke dalam dua bagian yaitu teknik optimasi onpage dan offpage. Keduanya saling mendukung satu sama lain dalam upaya menempatkan halaman artikel di peringkat satu mesin pencarian Google.

Namun dalam tindakan optimasi SEO onpage dan offpage tersebut, ada beberapa blogger yang memilih optimasi SEO teknik hitam yang dikenal dengan Blackhat SEO dan ada yang menggunakan teknik Optimasi White Hat.

Teknik optimasi SEO Black Hat sangat dilarang dan berbahaya bagi kelangsungan blog atau website itu sendiri. Oleh sebab itu, anda perlu menghindarkan dari tindakan berbahaya tersebut.

Apa Itu Black Hat SEO

Black Hat SEO adalah sebuah teknik optimasi yang dilakukan dengan penuh kecurangan. Yang melanggar ketentuan dari pedoman Webmaster Google.




Tekni k ini mencoba mengelabui mesin pencarian google dengan menggunakan spam link, keyword identity yang banyak dan lainnya.

Baca Juga : Langkah Mencari Niche Blog Terbaik

Hal ini biasanya dilakukan oleh seorang blogger berpikiran picik yang ingin serba instant dalam menempatkan halaman artikelnya di halaman pertama Google tanpa bersusah payah.

Perlu diketahui dalam pedoman Webmaster Google bahwa mesin pencarian Google lebih ramah terhadap blog atau website yang teknik optimasinya secara White Hat, natural dan alami. Semua itu dapat dipelajari dengan mengikuti ketentuan- ketentuan dari Webmaster Google.

Larangan dalam Praktik Optimasi yang Sering Dilakukan

Untuk  mencegah blog anda menjadi rusak akibat penggunaan optimasi yang salah maka berikut ini larangan dalam praktik optimasi SEO blog, antara lain:

1. Jangan memposting ulang artikel

Hal ini akan berakibat pada artikel yang diposting tidak SEO friendly lagi dan langsung terbenam di halaman dasar Google. Karena tampak duplikat. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam posting artikel. Jangan sampai terjadi dua kali posting artikel yang kontennya sama di blog sama atau berbeda.

Baca Juga :  Belajar SEO Gratis : 10 Tahapan Ideal Pemula

2. Jangan memakai banyak foto berukuran besar

Penilaian Google terhadap kualitas suatu konten bukan hanya dilihat dari segi panjang pendeknya tulisan, pemakaian kata kunci, dan kecepatan loading dan lain-lain.




Tapi juga meliputi gambar artikel. Pastikan gambar artikel original bukan hasil copy paste dari google image. Karena gambar di google image memiliki hak cipta tersendiri. Yang tidak sembarang orang dapat memposting ulang.

3. Larangan dalam praktik optimasi : Spam komentar

Hal yang sering dilakukan oleh blogger pemula adalah melakukan komentar di blog orang lain secara berlebihan dengan menanamkan link blog  miliknya.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Adsense

Tindakan ini bisa dianggap sebagai tindakan spam dan sangat dibenci oleh Google yang memiliki algoritma lebih canggih dan modern.

Tindakan spam dapat dilakukan pula di media sosial, email, dll. Tidak ada gunanya perbuatan spam. Justeru membuat blog atau website anda masuk ke sandbox atau tak terindeks sama sekali.

4. Tak memahami praktik optimasi SEO dari dasar

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula adalah tidak menggunakan teknik optimasi dalam segi artikel yang dipostingnya, template blog dll.

Sehingga artikelnya tidak masuk atau tenggelam di halaman google. Bahkan lebih parah tidak terindeks google dan mesin pencari lainnya.

Oleh sebab itu, diperlukan ilmu optimasi yang mencukupi supaya artikel dapat nangkring di halaman pertama google. Sehingga mendapatkan limpahan trafik yang sangat besar.

Semua itu dapat dipelajari. Di Google dan Youtube banyak master yang memberikan tips dan trik cara melakukan optimasi artikel secara SEO yang baik dan benar. Anda dapat mempelajari apa itu SEO dari tingkat paling dasar, menengah hingga mahir.




Untuk mempelajari dan menguasai optimasi SEO tidaklah dapat dilakukan secara cepat. Semua membutuhkan proses dari nol dan memerlukan waktu lama.

Yang dibutuhkan adalah sikap sabar, rajin, ulet, teliti, pantang menyerah dan banyak berdoa kepada Allah SWT. Oleh karena itu, dilarang melakukan praktik optimasi SEO bagi orang yang belum memahaminya dari dasar.

Baca Juga :  Panduan Pemula : Informasi Seputar EDU Backlinks

Penulis pun pernah melakukan banyak kesalahan selama ngeblog. Salah satunya tidak melakukan optimasi pada artikel dan blog.

Sehingga blog mati suri dan terbengkalai sampai saat ini tanpa menghasilkan uang sepeserpun karena trafik pun tak kunjung ada seorang pun.

5. Larangan dalam praktik optimasi : Tidak adanya Riset Kata Kunci

Larangan dalam praktik optimasi selanjutnya adalah tidak melakukan riset keyword. Padahal riset keyword sangat diperlukan untuk meningkatkan jumlah trafik blog.

Baca Juga : Peluang Usaha Makanan Kuliner Paling Laku

Hal ini pula yang sering dilakukan oleh blogger pemula yang membuat website dan blognya tidak ada trafik sama sekali.

Untuk melakukan riset keyword yang banyak dicari orang, sobat dapat menggunakan bantuan tools : keywordrevealer.com atau menggunakan Webmaster Google Tools.

6. Membuat konten tak berkualitas baik

Konten is raja. Begitulah petuah akan pentingnya konten artikel pada sebuah blog sebagai unsur utama untuk menarik semakin banyak pengunjung.




Apabila konten yang anda buat kurang baik maka akan membuat pengunjung enggan untuk datang lagi ke blog anda. Begitu sebaliknya, ketika seorang blogger menghasilkan artikel yang berkualitas baik di blognya maka akan membuat pengunjung terkesan dengan tulisan tersebut.

Kemudian mereka melakukan bookmark hingga berkunjung ke blog sobat di lain waktu. Ciri artikel berkualitas baik adalah disukai pembaca dan mesin pencarian seperti Google, yahoo dan bing.

7. Tak menggunakan Google Webmaster Tools

Larangan dalam optimasi SEO berikutnya adalah tidak menggunakan Google Webmaster Tools. Aplikasi ini sangat penting sebagai penunjang SEO.

Di dalamnya terdapat sejumlah fitur dan tools yang dapat melihat perkembangan kinerja blog maupun website sobat di mata mesin pencarian google.

Sehingga anda dapat melihat kekurangan blog anda dan kelebihannya. Di Google Webmaster Tools, anda dapat melihat artikel yang deindeks atau error, jumlah halaman artikel yang terindeks, keyword populer, kata kunci yang banyak dicari orang, dan kualitas backlink yang tertanam di sejumlah tempat.

Demikianlah larangan dalam praktik optimasi SEO blog. Semoga berguna bagi anda semua. Tetaplah bersemangat dalam aktifitas blogging dan semoga berhasil !