Masuk Safe Mode Windows 7 : Ini Cara Terbaiknya !

Sebelum membahas cara masuk safe mode windows 7 ada baiknya kita menjelaskan dulu apa itu Safe Mode dan turunannya. Menurut terminologi, Safe Mode adalah suatu opsi yang bisa diambil saat Start Up Windows yang bermanfaat untuk mengatasi suatu problematika dalam sistem.

Penampilan Safe Mode layaknya Windows. Namun tampak lebih sederhana atau dalam situasi minimal. Driver dan file penting saja yang akan tampak di layar dan aktif. Tanda sebuah laptop atau komputer masuk Safe Mode terlihat pula di pojok atas Windows terdapat tulisan SAFE MODE.

Banyak orang yang memilih masuk ke Safe Mode yang merupakan bagian operasi sistem Windows dengan banyak alasan. Seperti untuk melakukan perbaikan terhadap trouble yang terjadi di laptop.

Berikutnya, mereka menggunakan fungsi fitur Safe Mode sebagai media untuk memeriksa berbagai kerusakan driver, menghilangkan virus, memperbaiki dan memeriksa sistem windows yang rusak, dan lain sebagainya.

Semua sistem operasi Windows mempunyai fitur Safe Mode. Microsoft Windows 8, 7, XP maupun Vista dan lainnya menyediakan fitur Safe Mode.

Namun yang paling umum adalah Windows 7 disamping Windows XP. Untuk itulah, pada kali ini penulis akan fokus pada pembahasan Safe Mode yang terdapat di windows 7 dari mulai manfaat dan cara memasukinya.

Tak Bisa Masuk Safe Mode Windows 7

Masuk Safe Mode Windows 7 - Ini Cara Terbaiknya - cover

Apabila laptop atau komputer anda dengan sistem windows 7 tak bisa masuk ke fitur Safe Mode berarti ada kerusakan pada laptop anda. Bisa berupa diakibatkan oleh virus dalam laptop, kerusakan tombol F8 maupun kerusakan file.

Baca Juga : Tempat Download Lagu Gratis Terbaru Terupdate

Oleh sebab itu, berikut ada beberapa cara untuk mengatasi laptop yang tidak bisa masuk Safe Mode, antara lain :




  1. Gunakanlah System Restore sehingga komputer dapat dikembalikan ke pengaturan semula
  2. Apabila belum sukses, pada Command Prompt ketikkan kata SFC /Scannow. Lakukan login. Tunggu beberapa saat sampai selesai. Lalu coba Restart laptop kemudian tekan tombol F8 untuk masuk ke Safe Mode. Jika belum berhasil maka lakukan langkah 3.
  3. Gunakan MSCONFIG. Caranya klik tombol Start. Ketikkan pada kolom pencarian : MSConfig. Pada halaman System Configuration pilihlah menu Boot lalu Safe Boot dan Minimal.Lakukan Restart pada laptop.
  4. Jika cara di atas masih belum berhasil maka anda bisa menggunakan aplikasi SMFixer atau Safe Mode Fixer yang bisa anda download secara gratis di internet. Software ini akan membantu laptop anda untuk bisa masuk ke fitur Safe Mode.
Baca Juga :  Penggunaan Android Device Manager untuk Pemula

Manfaat Fitur Safe Mode

Seperti sebuah pepatah mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Oleh karena itu, untuk mencintai fitur ini sobat harus mengenalnya termasuk manfaatnya.

Berikut ini beberapa manfaat dari fitur Safe Mode, antara lain :

  1. Menonaktifkan suatu program atau aplikasi
  2. Melakukan uninstall terhadap software. Seringkali sebuah komputer atau laptop mengalami error atau hang disebabkan selepas melakukan penginstalan sebuah software tertentu. Software rusak tersebut tentu saja menjadi akar masalah utama penyebab kerusakan laptop. Oleh sebab itu, perlu dilakukan uninstall supaya komputer dapat bekerja secara baik dan normal kembali. Jika anda tak bisa melakukan uninstall lewat windows sebagaimana biasa maka anda dapat melakukan uninstall melalui fitur Safe Mode.
  3. Menghapus virus. Jika anda tidak dapat menghapus virus dengan cara biasa maka anda dapat masuk ke Safe Mode. Di Safe Mode anda dapat menghapus virus dengan melakukan scan menggunakan program antivirus lokal seperti Smadav.
  4. Membuka dan mengoperasikan fitur dari Administrative tools, Control Panel dll
  5. Mengoperasikan System Restore yang sudah diaktifkan. Yang membuat sistem komputer dapat dikembalikan ke pengaturan sebelumnya.

Setelah mengetahui kegunaan atau manfaat Safe Mode, sekarang penulis akan menjelaskan bagaimana cara masuk ke Safe Mode Windows 7 secara langkah demi langkah, antara lain :




  1. Menyalakan komputer atau laptop. Atau anda bisa melakukan Restart
  2. Dalam proses booting, beberapa saat di keyboard tekan Tombol F8
  3. Apabila sobat gagal menampilkan halaman Advanced  boot Options berarti sobat telat dalam menekan tombol F8. Maka anda bisa mengulangi lagi atau Restart ulang sampai bisa tampil halaman Advanced boot options yang berisi opsi : Safe Mode, Safe Mode With Networking dan Safe Mode With Command Prompt.
  4. Pilihlah Safe Mode berdasarkan keperluan
  5. Selamat anda sudah masuk ke Safe Mode yang berguna bagi anda dalam rangka memperbaiki masalah pada laptop sobat.
Baca Juga :  Cara Mengembalikan Video Terhapus Di Hp Android

Cara Masuk Safe Mode Windows 7

Ilmu komputer sangat luas.Mencakup banyak hal software dan hardware. Dengan menguasai ilmu komputer anda bisa memperbaiki sendiri laptop anda apabila terjadi kerusakan.

Salah satu bagiannya adalah mengenal manfaat, fungsi dan cara masuk Safe Mode Windows. Fitur Safe Mode merupakan bagian dari sistem operasi windows yang berguna untuk memperbaiki kerusakan pada laptop dan komputer.

Bagi orang yang terbiasa menggunakan komputer atau laptop pastinya sudah tak asing lagi dengan fitur ini. Namun terkadang mereka mengetahui adanya fitur ini. Tapi tidak tahu manfaat, fungsi dan cara menggunakannya.

Untuk masuk ke Safe Mode sangat gampang yang berlaku pada semua versi windows. Pada waktu laptop sedang booting maka anda tekan tombol F8 secara berulang sampai masuk ke halaman Advande Options Menu yang mengandung beberapa opsi, antara lain :




  1. Safe Mode. Untuk masuk ke Safe Mode maka anda bisa memilih opsi ini. Dimana anda menjalankan windows secara minimalis. Dalam arti hanya beberapa software, file dan driver penting saja yang bisa dijalankan di komputer atau laptop sobat
  2. Safe Mode With Networking. Pilihan layaknya Safe Mode. Namun Safe Mode ini mendapatkan dukungan dari networking atau jaringan
  3. Safe Mode With Command Prompt. Opsi yang dipilih untuk masuk ke Fitur Safe Mode dengan model MS Dos Prompt atau Command Prompt dan bukan Explorer
  4. Enable VGA Mode. Windows akan bekerja dengan desain minimal. Seperti 640×480
  5. Enable Boot Logging
  6. Last Known Good Configuration. Opsi ini dapat dipilih apabila windows tak dapat masuk ke halaman desktop atau anda keliru dalam konfigurasi sistem. Dengan memilih ini maka proses konfigurasi sistem berjalan berdasarkan shutdown terakhir yang telah disimpan dalam komputer.

Teknik Masuk Ke Fitur Safe Mode Tanpa Menekan Tombol F8

Ada dua cara untuk masuk ke Safe Mode yaitu menekan tombol F8 pada saat laptop booting dan masuk ke fitur Safe Mode tanpa menekan tombol F8. Berikut ini langkah-langkah cara masuk Safe Mode Windows 7 tanpa menekan tombol F8, antara lain :

Baca Juga :  Daftar HP Xiaomi Tercanggih dengan Harga Murah
  1. Menyalakan llaptop terlebih dahulu
  2. Pada tampilan halaman windows desktop, klik tombol START
  3. Pada kolom RUN atau pencarian ketikkan MSCONFIG. Kemudian tekan tombol ENTER
  4. Akan muncul halaman Safe Configuration beserta menu-menu yang tersedia. Seperti : General, Boot, Services, Startup, dan Tools
  5. Pilihlah menu Boot
  6. Ceklis pada bagian Safe Boot dan Minimal
  7. Klik tombol APPLY
  8. Klik tombol OK
  9. Lakukan RESTART laptop. Dengan sendirinya proses booting laptop akan masuk ke Safe Mode Windows 7 tanpa perlu menekan tombol F8. Jika anda ingin mengembalikan kepada pengaturan awal maka anda bisa mengulangi cara di atas.
  10. Dengan cara melepaskan tanda centang pada bagian Safe Boot dan Minimal. Lalu klik tombol OK. Selanjutnya Restart laptop sampai pada kondisi awal. Teknik ini bisa digunakan pada Windows 7, Windows XP, Vista dan versi windows yang lain.

Demikianlah cara masuk Safe Mode Windows 7 yang berlaku juga untuk windows XP, Vista, dan versi lain sebagainya. Panduan yang penulis sampaikan ini mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca semuanya.